Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Cipasung, Kec. Lemahsugih, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Pergi ke perkebunan teh sepertinya bukanlah sesuatu yang sangat menarik lagi bagi kalangan pemuda seiring dengan banyak café serta destinasi modern. Akan tetapi, Anda haruslah benar-benar memikirkan kegiatan wisata ke Kebun Teh Cipasung sebab terdapat beragam hal menarik yang ditawarkan oleh tempat tersebut.

Bersama keluarga ataupun kawan, Anda bisa melakukan penjelajahan sepuasnya untuk menyusuri area perkebunan teh ini. Jalanan setiap yang luas membentang di atas dataran yang tinggi menjadikan suguhan suasana di sana menjadi semakin menyenangkan. Dari gerbang masuknya sampai gerbang keluar tempat wisata akan memanjakan wisatawan.

Kebun Teh Cipasung yang sangat indah ini dapat Anda jumpai ketika berwisata di kawasan Kabupaten Majalengka. Bagi Anda yang gemar dengan tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang kental, maka harus datang ke perkebunan teh ini. Berikut sajian informasi seputar tempat wisata ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Teh Cipasung

Daya Tarik Kebun Teh Cipasung Majalengka
Image Credit: Google Maps Andre Setiawan

1. Kabut Tipis

Telah menjadi suatu hal yang lumrah bila menjumpai kabut tipis yang melingkupi kawasan di dataran tinggi. Demikian pula ketika Anda berkunjung di Kebun Teh Cipasung. Banyak sekali wisatawan yang berdatangan untuk merasakan secara langsung kabut tipis yang ada di perkebunan ini.

Hamparan teh yang terliat seperti karpet sintetis dengan warna hijau dan dilengkapi oleh kabut tipis membuat kecantikan yang disajikan sangat natural. Wisatawan bahkan bisa mencoba untuk melukis ketika ada di kaki gunung yang begitu artistik tersebut.

2. Kesejukan yang Alami

Kebun Teh Cipasung tak perlu diragukan lagi oleh Anda sebagai salah satu area yang menyuguhkan hawa sejuk dengan alami. Oleh sebab itu, wisatawan tak akan lagi membutuhkan alat elektronik seperti air purifier dan AC supaya bisa mendapatkan udara yang segar. Kesejukan di kebun tersebut dipengaruhi dengan lokasinya yang terletak di kaki Gunung Cakrabuana.

Selain itu, juga disebabkan oleh banyaknya pepohonan yang tumbuh subur di sana. Terkadang hal ini bahkan dapat membuat wisatawan ingin terlelap ketika ada di perjalanan. Oleh karena itu, alangkah lebih baik bila Anda hati-hati ketika mengemudi maupun menjadi penumpang dari kendaraan roda dua.

3. Pengalaman Perjalanan yang Mengesankan

Walau medannya memanglah kurang bersahabat bila dilalui oleh pengendara yang masih pemula, namun beda halnya ketika Anda berkunjung dengan orang yang sudah terbiasa melewati jalanan menanjak. Medan yang susah akan terasa menyenangkan bila dilalui dengan perasaan yang tenang.

Panorama alam yang indah bahkan selalu siap untuk menemani perjalanan wisatawan begitu masuk ke Kabupaten Majalengka. Hal ini tentu saja menjadikan perjalanan yang Anda lalui terasa jauh lebih berkesan walaupun matahari sedang terik, namun hawa terasa dingin.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kebun Teh Cipasung Majalengka
Image Credit: Google Maps Vieans Almadian

Untuk sampai di Kebun Teh Cipasung, maka Anda harus mengarahkan kemudi ke Selatan pusat perkotaan Majalengka kisaran 2 jam lamanya untuk mencapai Kecamatan Lemah Sugih. Tepatnya ada di Desa Cipasung, tampak membentang perkebunan teh yang mempesona sebab diperindah oleh lanskap Gunung Cakrabuana.

Kebun teh ini menjadi salah satu tempat wisata keluarga yang cukup unggulan di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Anda harus hati-hati selama berkendara karena kondisi jalanannya terbilang kurang bersahabat.

Oleh sebab itu, masih memerlukan keahlian berkendara yang bagus. Walaupun begitu, kecantikan pemandangan yang ada di sepanjang jalan akan mampu menghibur hati wisatawan agar tak merasa bosan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Kebun Teh Cipasung Majalengka
Image Credit: Google Maps Taufik Rosidik

Cukup terjangkau mengenai biaya yang diperlukan untuk duduk-duduk santai di salah satu area Kebun Teh Cipasung ini, yaitu hanya sekitar 5 ribu rupiah. Namun, ini masih belum termasuk ke dalam biaya untuk sewa mobil dan motor yang mana masing-masing akan dikenai biaya sebesar 2 ribu dan 5 ribu rupiah.

Selain itu, wisatawan juga dimungkinkan untuk berkunjung kapanpun setiap hari salam 24 jam penuh, sehingga cukup fleksibel. Alangkah lebih baik Anda merencanakan agande berkunjung pada akhir pekan dengan teman terdekat. Hal ini supaya Anda makin menikmati apa yang disuguhkan oleh perkebunan yang menarik tersebut.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kebun Teh Cipasung

Aktivitas Kebun Teh Cipasung Majalengka
Image Credit: Google Maps Awizz Tok

1. Berjelajah di Perkebunan Teh

Kegiatan menjelajah akan semakin melengkapi pengalaman berwisata Anda ketika ada di Kebun Teh Cipasung. Wisatawan dapat menuruni perbukitan yang ditumbuhi oleh teh, melalui ruas-ruas jalanan kemudian menghabiskan waktu sembari bersenandung ria.

Ini pun dapat menjadi kesempatan wisatawan untuk cari tahu lebih jauh mengenai tanaman teh kepada petani-petani yang mungkin dijumpai di sana. Dengan begitu, bukan hanya sekedar cari hiburan saja untuk mengisi waktu luang, tetapi Anda juga bisa menambah pengetahuan tentang teh bila memungkinkan.

Sembari menunggu sunset, Anda bis cari tempat terbaik guna menyaksikannya. Hasilnya pasti dapat berkali lipat lebih cantik berkat kawasan pegunungan yang akan ditimpa oleh cahaya jingga.

Selain itu, Anda pun dapat datang ke sini lebih pagi apabila ingin menyaksikan sunrise, walaupun ini sedikit susah dilakukan. Tetapi, tak ada salahnya untuk mencoba mengendarai di pagi buta untuk mencari pemandangan yang memuaskan mata. Setibanya di lokasi pun Anda bisa memanfaatkan jalanan setapaknya untuk aktivitas jogging.

2. Bersantai dengan Ditemani Alam yang Indah

Bila ingin santai namun tidak mau terus-terus di rumah seharian, maka bisa datang ke Kebun Teh Cipasung. Ada sejumlah cara yang bisa dipilih supaya aktivitas santai Anda semakin bermakna. Wisatawan bisa baca buku sembari baring di atas rerumputan ataupun duduk-duduk di gazebo.

Memilih salah satu dari pepohonan yang kokoh lalu bersandar di batangnya sembari mendengarkan musik pun patut untuk dicoba. Alternatif lainnya adalah Anda dapat mengajak teman untuk mengobrol santai di tempat wisata alam ini.

3. Camping di Area Perkebunan

Mengingat kalau perkebunan teh ini memberikan kesempatan selama 24 jam bagi wisatawan untuk berkunjung, maka tak ada salahnya apabila melakukan kegiatan camping di sini. Wisatawan bisa menghabiskan waktunya hingga malam dengan teman-teman terdekat.

Kegiatan tambahan saat camping adalah bermain gitar, bernyanyi, menatap langit, menyalakan api unggun, membakar jagung atau sosis, dan lain-lain. Apalagi, camping merupakan aktivitas yang seru bagi kebanyakan orang di beragam rentang usia.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kebun Teh Cipasung Majalengka
Image Credit: Google Maps Taufik Rosidik

Beragam jenis fasilitas akan siap memanjakan setiap wisatawan yang mengunjungi Kebun Teh Cipasung. Fasilitas di sana lebih dari sekedar untuk memenuhi kebutuhan utama saja. Mushola yang cukup bersih, area parkiran yang luas, dan begitu juga dengan beberapa toilet umum yang dapat Anda jumpai pada sejumlah titik tempat wisata ini.

Wisatawan pun memiliki pilihan untuk singgah di warung sederhana yang ada di tepian jalan ketika merasa lapar ataupun haus. Bila ingin sekedar santai sembari menikmati udara sejuk, maka pihak pengelola wisata telah melengkapi perkebunan indah tersebut dengan fasilitas gazebo.

Kebun teh yang cukup populer di Jawa Barat ini pun sudah menyediakan area outbond serta area bermain yang cukup luas. Sejumlah rintangan sudah disiapkan sehingga wisatawan cukup menggunakannya saja. Tidak kalah menarik, terdapat juga spot berfoto buatan yang memanglah didedikasikan untuk wisatawan yang memiliki hobi narsis pada sosial media.

Kebun Teh Cipasung siap membawa wisatawan untuk merasakan keindahan yang dimiliki oleh lereng Gunung Cakrabuana. Suasana di sana begitu tenteram karena adanya rumput yang merambat luas di lapangan sampai banyaknya pepohonan yang tinggi menjulang. Untuk menikmatinya, segera agendakan kunjungan Anda ke perkebunan teh tersebut.