Kabupaten Gowa terletak di provinsi Sulawesi Selatan. Gowa memiliki beberapa tempat wisata yang juga dapat disebut surga tersembunyi di Sulawesi. Di Kabupaten ini Anda akan menemukan beragam tujuan wisata seperti air terjun, perkebunan dan bahkan lokasi tujuan berliburan keluarga.

Tentunya tempat-tempat eksotis tersebut patut Anda kunjungi. Nah, Anda tidak perlu bingung ketika berwisata ke Gowa, karena berikut ini ada 22 rekomendasi tempat wisata di Gowa yang menarik dan patut dikunjungi.

1. Padivalley Golf Club

Padivalley Golf Club
Image Credit: Twitter.com @gogolf_app

Tempat ini merupakan sebuah arena untuk bermain golf yang ada di Makassar. Lapangan golf berkelas internasional tersebut memiliki sebuah pemandangan yang indah. Hal tersebut juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang melawat ke sana. Pengunjung pun juga tidak harus jauh-jauh untuk mencapai lokasi tersebut.

Perjalanan mencapai tempat tersebut dapat ditempuh kurang dari 1 jam jam dengan titik awal kota Makassar. Lapangan tersebut terhampar pada lahan seluas 320 hektar. Pemandangan yang disuguhkan pun juga cukup indah seperti perbukitan serta lapangan hijau bak hamparan sabana. Pengunjung juga dapat menikmati beberapa fasilitas yang ditawarkan.

Selain fasilitas-fasilitas dasar seperti kamar mandi dan tempat untuk duduk, tempat ini juga memberikan beberapa hal lainnya. Diantaranya yaitu itu adanya sebuah restoran dan area khusus untuk berkendara serta sebuah bar. Ada juga sebuah ruang pertemuan yang dapat disewa dengan kapasitas ratusan orang.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pattalassang, Kec. Pallantikang, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

2. Air Terjun Parangloe

Air Terjun Parangloe
Image Credit: Anekawisatanusantara.blogspot.com

Salah satu tempat wisata di Gowa adalah Air Terjun Parangloe. Air Terjun Parangloe memiliki keistimewaan tersendiri dari air terjun lainnya. Susunan bebatuan yang unik menjadikan daya tarik tersendiri. Disini Anda dapat menikmati keindahan alam dan sejuknya suasana. Selain itu air di Air Terjun Parangloe sangatlah jernih.

Ketika Anda ingin mengunjungi Air Terjun Parangloe, jalur yang ditempuh masih terbilang sulit. Karena Anda akan melewati jalan setapak yang cukup terjal dan berbatu. Pastikan Anda berhati-hati saat melewatinya. Namun, letih selama perjalanan akan terbayar dengan keindahan pesona Air Terjun Parangloe ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Belapunranga, Kec. Parangloe, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

3. Museum Balla Lompoa

Museum Balla Lompoa
Image Credit: Wikipedia.org

Jika Anda ingin melakukan kunjungan wisata yang mengedukasi, Anda dapat mengunjungi Museum Balla Lompoa. Disini Anda dapat menyaksikan berbagai benda yang tentunya sarat akan sejarah. Bangunan museum ini sendiri merupakan rekonstruksi dari istana Kerajaan Gowa ke 31 pada tahun 1936.

Museum Balla Lampoa ini menyimpan berbagai sejarah terutama sejarah pada peradaban masa Kerajaan Gowa. Jika Anda menyusuri di setiap sudut museum ini, Anda akan melihat beberapa benda yang menjadi bukti kisah pada masa lalu. Anda dapat memperkaya pengetahuan atau wawasan Anda saat berkunjung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. K. H. Wahid Hasyim No.39, Sungguminasa, Kec. Somba Opu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

4. Lembah Ramma

Lembah Ramma
Image Credit: Wartapalaindonesia.com

Lembah Ramma merupakan objek wisata yang sangat menarik dikunjungi terutama bagi Anda yang menyukai suasana alam untuk bertamasya. Di Lembah Ramma ini, Anda akan disuguhkan kesegaran dari pegunungan yang mengelilingi. Kesejukan yang disertai dengan hamparan tumbuh-tumbuhan asri menjadikan Anda nyaman berada disini.

Lembah Ramma merupakan tempat wisata yang memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi para petualang. Karena sebelum Anda mencapai Lembah Ramma, Anda harus melewati jalan yang berkelok-kelok dan berliku terlebih dahulu. Namun seketika Anda sampai, pasti letih itu akan terbayarkan dengan sambutan panorama yang menakjubkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bonto Lerung, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

5. Danau Tanralili

Danau Tanralili
Image Credit: Mujahidzulfadli.wordpress.com

Danau Tanralili merupakan salah satu surga yang ada di Gowa. Disini Anda dapat menyaksikan panorama alam yang sangat memukau dari pegunungan. Di sekitar Danau Tanralili terdapat tetumbuhan yang hijau yang sangat nyaman untuk dikunjungi. Selain itu air di danau ini juga sangatlah jernih.

Bagi Anda yang berminat mengunjungi keindahan Danau Tanralili, Anda harus melewati medan yang tidak mudah telebih dahulu. Karena akses menuju Danau Tanralili cukup sulit, Anda harus mempersiapkan diri dengan matang. Namun jika Anda telah sampai ke Danau Tanralili, Anda pasti akan terpukau dengan pesonanya hingga lupa akan rasa letih.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Manimbahoi, Kec. Parigi, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

6. Air Terjun Salewangan

Air Terjun Salewangan
Image Credit: Instagram.com @taufiqrahman92

Tempat ini cukup terkenal sehingga jika mengunjungi daerah Gowa, sangat disayangkan jika tidak melawat ke sana. Objek wisata alam tersebut berada di daerah dataran tinggi bernama Moncong. Pesona yang diberikan kepada siapapun yang datang begitu indah dan memanjakan mata. Pengunjung tidak akan kecewa mendatangi tempat tersebut.

Air Terjun itu memiliki aliran air yang cukup deras. Debit itulah yang membuat tempat tersebut nampak berbeda jika dibandingkan dengan objek-objek wisata yang sejenis. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun air yang mengalir nampak begitu lebar. Hal tersebut seolah menyatu dengan hijaunya pemandangan di sekeliling air yang mengalir.

Kolam sekitar air terjun tersebut cukup luas untuk dijadikan arena bermain pengunjung yang datang. Di sekitar kolam tersebut juga terdapat bebatuan yang berukuran cukup besar. Tempat itulah yang sering dijadikan sebagai titik untuk mengabadikan momen. Keindahan wisata ini memang sangat disayangkan jika tidak diabadikan dengan mengambil beberapa gambar.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Malino, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

7. Air Terjun Cinta

Air Terjun Cinta
Image Credit: Culturenesia.com

Disebut Air Terjun Cinta karena Air Terjun ini memiliki kolam yang berbentuk hati. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik yang khas. Air Terjun Cinta memiliki air yang sangat bersih dan jernih, kondisi lingkungan di lokasi ini juga masih sangat terjaga dan tidak tercemar. Menjadikan Air Terjun Cinta semakin membuat penasaran para pengunjung.

Namun Air Terjun Cinta masih terbilang merupakan destinasi wisata yang belum banyak diketahui oleh orang. Menjadikan kawasan di Air Terjun Cinta memiliki suasana yang amat damai. Cocok bagi Anda yang ingin melakukan relaksasi atau meditasi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tamalatea, Kec. Manuju, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

8. Air Terjun Bantimurungna Gallang

Air Terjun Bantimurungna Gallang
Image Credit: Google Maps (Aswira Romo)

Destinasi yang satu ini memiliki sebuah sejarah dibaliknya. Dahulu terdapat 3 kerajaan di sekitarnya. Konon air terjun tersebut dijadikan sebagai tempat untuk eksekusi rakyat kerajaan-kerajaan tersebut. Jika ada yang melanggar adat pada masing-masing kerajaan tersebut, maka akan dihukum dan mendapatkan eksekusi itu.

Dengan cerita dibaliknya, tempat ini sebenarnya dikenal cukup angker. Namun saat ini ramai orang datang berlibur ke sana, sehingga tidak ada lagi kesan angker pada tempat tersebut. Justru orang-orang akan disuguhkan dengan pemandangan elok air terjun ini. Objek wisata itu berada pada lereng Gunung Buhung Langit dengan banyak pepohonan yang tumbuh di sekitarnya

Air terjun ini tidak terlalu tinggi namun kenampakannya terlihat begitu indah. Air yang mengalir turun tersebut tidak hanya nampak satu saja, namun beberapa aliran air yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Kolam yang ada di bawahnya pun terlihat hijau karena terdapat beberapa alga yang hidup di sana. Hal ini membuatnya nampak lebih eksotis.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pao, Kec. Tombolo Pao, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

9. Malino Highland

Malino Highland
Image Credit: Anekatempatwisata.com

Malino Highland merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi orang yang suka berkumpul bersama sahabat maupun keluarga. Kawasan wisata ini didesain agar pengunjung dapat bersantai menikmati pemandangan hijau yang sangat asri. Disini Anda juga dapat menikmati kuliner yang tersedia di kafe-kafe sekitar kawasan.

Sebelum Anda menuju Malino Highland ini, Anda akan melewati hutan pinus yang tinggi. Disaat perjalanan pun Anda bisa menemukan hewan seperti rusa ataupun kuda. Hal ini tentu akan membuat banyak pengunjung penasaran dan ingin berkunjung kesana. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan pemandangan untuk berfoto ria.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pattapang, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

10. Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu
Image Credit: Kompas.com

Benteng Somba Opu merupakan tempat wisata yang sarat akan budaya. Cocok bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang adat dan budaya. Di Kawasan Somba Opu Anda juga dapat menemukan rumah tradisional yang khas adat Bugis. Di Benteng Somba Opu juga terdapat museum dan juga meriam yang tentunya sarat akan sejarah.

Bangunan ini sebelumnya pernah terendam dan hancur oleh ombak pasang. Namun, Benteng Somba Opu telah mendapatkan pemugarannya pada tahun 1990. Kawasan ini dapat Anda kunjungi bersama anak-anak juga, agar anak-anak dapat mempelajari budaya dan adat istiadat setempat.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Daeng Tata, Benteng Somba Opu, Kec. Barombong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

11. Air Terjun Balang Bulang

Air Terjun Balang Bulang
Image Credit: Facebook.com @arnon.ampugo

Tempat wisata ini berada di daerah Tinggimoncong dengan panorama alam hijau yang ditawarkan kepada pengunjung. Air terjun yang satu ini memang nampak lain dari tempat wisata sejenis. Tempatnya tidak terlalu tinggi namun tetap memiliki pesonanya tersendiri. Air yang mengalir ke bawah tersebut juga langsung mengenai tebing-tebing yang ada di sana.

Tempat wisata tersebut memiliki kolam tumpah yang dapat dibuat sebagai area bermain air siapapun yang singgah. Eksotisme kawasan tersebut membuatnya layak untuk menjadi destinasi wisata nasional.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gantarang, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

12. Air Terjun Takapala

Air Terjun Takapala
Image Credit: Indonesiakaya.com

Air Terjun Takapala dapat Anda jadikan pilihan berwisata saat berkunjung ke Gowa. Dikarenakan Air Terjun Takapala memiliki pemandangan air terjun eksotis yang diapit oleh tebing batu yang sangat tinggi. Menjadikan Air Terjun Takapala megah oleh pesona yang dimiliki.

Di Air Terjun Takapala ini Anda dapat melihat pancaran cahaya pelangi yang sangat indah. Hal ini tentunya akan membuat siapapun yang datang kesana akan terpukau oleh kecantikan yang dimiliki oleh air terjun ini. Anda dapat menikmati air yang segar ataupun sekedar bersantai menikmati suasana yang begitu damai.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bonto Lerung, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

13. Taman Wisata Holyland Malino

Taman Wisata Holyland Malino
Image Credit: Daisyjuliaaa.blogspot.com

Taman Wisata Holyland Malino memiliki kawasan yang luasnya sekitar 45 hektar. Dinamakan Taman Wisata Holyland Malino adalah karena pada kawasan ini didesain menyerupai replika Holyland yang ada di Israel. Bangunan kuno yang berada sekitar awal abad masehi ini yang menjadi keunikan dan sukses menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Disini Anda dapat melakukan berbagai macam hal seperti berfoto, berolahraga, atau sekedar bersantai menikmati suasana yang menyenangkan. Akses ke Taman Wisata Holyland Malino juga sudah baik, sehingga wisatawan dapat dengan mudah berkunjung ke Taman Wisata Holyland tanpa melalui medan yang susah.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lonjoboko, Kec. Parangloe, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

14. Wisata Kebun Gowa

Wisata Kebun Gowa
Image Credit: Malltronik.com

Wisata Kebun Gowa merupakan kawasan wisata yang mengusung tema agrowisata. Anda dapat menikmati buah-buahan langsung dari pohon, yang tentunya merupakan pengalaman yang menyenangkan.

Disini Anda juga dapat berenang, memancing, dan bermain ATV. Kesegaran dari perkebunan ini tentunya akan menjadikan liburan menyenangkan bagi Anda dan keluarga.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Malino, Bontomanai, Kec. Bontomarannu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

15. Hutan Pinus Bissoloro

Hutan Pinus Bissoloro
Image Credit: Facebook.com @Wisata-Hutan-Pinus-Bissoloro-City

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata yang berbeda, Anda dapat mengunjungi Hutan Pinus Bissoloro ini. Anda dapat berfoto dengan background pohon pinus yang cantik.

Jika Anda mengunjungi kawasan ini, Anda akan disuguhkan keasrian dari deretan pohon pinus. Menjadikan pengunjung merasa nyaman berada disini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bissoloro, Kec. Bungaya, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

16. Air Terjun Lembanna

Air Terjun Lembanna
Image Credit: Winnetnews.com

Objek wisata ini berada di sebuah desa bernama Lembanna. Terletak di kawasan Gunung Malino, membuat tempat ini cukup mudah untuk didatangi para wisatawan. Menawarkan sebuah pemandangan air terjun yang berada pada tebing-tebing bebatuan tepat pada aliran air yang mengalir turun, membuatnya nampak unik.

Banyak pengunjung yang memutuskan untuk bermalam di sekitarnya dengan mendirikan tenda-tenda perkemahan. Tempat tersebut memang cukup cocok bagi pengunjung yang menyukai kegiatan ini. Untuk mengaksesnya, pengunjung harus melewati hutan pinus yang ada di sekitar desa. Tempat tersebut juga tidak kalah indah untuk dijadikan titik berfoto oleh wisatawan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pattapang, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

17. Bendungan Kampili

Bendungan Kampili
Image Credit: Ksmtour.com

Bendungan Kampili disebut-sebut memiliki keindahan yang setara dengan Grand Canyon. Tidak mengherankan, jika kawasan ini memiliki keindahan yang memukau dengan adanya bebatuan besar di sekeliling danau.

Anda dapat mengunjungi tempat ini untuk berfoto atau sekedar melepas penat dengan melihat keindahan alam. Juga Anda disarankan mengunjungi saat musim kemarau karena bebatuan akan terlihat jelas.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampili, Bontoramba, Kec. Pallangga, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

18. Gowa Discovery Park

Gowa Discovery Park
Image Credit: Travelspromo.com

Destinasi ini sangat cocok dikunjungi untuk liburan keluarga. Gowa Discovery Park menawarkan berbagai macam wahana menarik seperti waterboom yang tentunya mengasyikkan.

Anda juga dapat menikmati keasrian taman disini. Terdapat taman burung yang menyimpan 18 jenis unggas dari berbagai daerah yang dapat menambah keseruan liburan Anda.

Harga Tiket: Rp 55.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tumanurung Benteng, Barombong, Kec. Somba Opu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

19. Pemandian Lembah Biru

Pemandian Lembah Biru
Image Credit: Mari-liburan-yuk.blogspot.com

Pemandian ini memiliki kolam dengan air berwarna biru. Selain itu, juga terdapat pemandangan perbukitan yang memesona.

Anda dapat menghabiskan waktu untuk berenang disini. Rekomendasi berkunjung terbaik ketika langit sedang cerah.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Patene, Malino, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

20. Air Terjun Ketemu Jodoh

Air Terjun Ketemu Jodoh
Image Credit: Google Maps (Allank90)

Nama destinasi wisata yang unik ini tidak dapat dipisahkan dari legenda yang ada. Konon dahulu seorang bangsawanlah yang menemukan tempat tersebut. Pada saat itu, ia melihat seorang laki-laki yang datang ke sana untuk memohon agar dipertemukan dengan jodohnya. Akhirnya ia pun mendapatkan seorang wanita yang entah dari mana muncul tiba-tiba.

Kisah tersebutlah yang membuat nama tempat ini dan sekaligus menjadi daya tarik bagi orang-orang yang hendak ke sana. Banyak orang berdatangan ke tempat wisata yang ada di daerah Bonto Lerung tersebut. Kolam di sekitar air terjun tersebut banyak didapati bebatuan yang cocok untuk dijadikan tempat duduk maupun lokasi berfoto-foto para pengunjung.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bonto Lerung, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

21. Bendungan Bili-Bili

Bendungan Bili-Bili
Image Credit: Flickr.com @Arnon Ampugo

Bendungan Bili-Bili merupakan kawasan wisata yang ramah keluarga. Anda dapat mengajak anggota keluarga untuk bersantai di kawasan ini.

Terdapat berbagai kuliner yang dapat Anda coba. Selain itu Anda juga dapat menikmati panorama bendungan yang juga menarik.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bili-Bili, Kec. Bontomarannu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

22. Air Terjun Biroro

Air Terjun Biroro
Image Credit: Detik.com

Air Terjun Biroro merupakan tempat yang Anda patut kunjungi. Keindahan alam dari Air Terjun Biroro ini tentunya akan sangat memukau.

Disini Anda dapat merasakan air jernih yang mengalir di air terjun. Serta tetumbuhan hijau yang asri ikut serta menambah pesona Air Terjun Biroro.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bonto Lerung, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

Itulah 22 tempat wisata di Kabupaten Gowa yang wajib Anda kunjungi saat liburan. Jangan ragu-ragu untuk mengunjunginya beragam destinasi menarik yang ditawarkan kabupaten berseberangan dengan Kota Makassar ini.