Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Balocci Baru, Kec. Balocci, Kab. Pangkajene Dan Kepulauan, Sulawesi Selatan; Map: Cek Lokasi

Pesona keindahan Danau Hijau Balocci memang sudah cukup terkenal di kalangan traveler. Banyak wisatawan lokal atau dari luar daerah yang tertarik untuk melihat langsung keindahan danau dengan airnya yang tampak hijau ini.

Selain Danau Hijau, masyarakat juga sering menyebutnya sebagai Danau Cinta. Hal tersebut karena bentuk tepian danau yang jika dilihat tampak membentuk gambar cinta. Wisatawan dapat melihat bentuk tersebut dengan naik ke atas puncak bukit di sekitar danau.

Tempat ini bisa menjadi salah satu referensi untuk Anda yang ingin menenangkan diri dan menyatu dengan alam. Lokasinya yang dikelilingi tanah lapang juga cocok dijadikan spot camping. Walaupun untuk fasilitasnya kurang memadai, akses jalan ke kawasan danau ini terbilang mudah.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Hijau Balocci

Daya Tarik Danau Hijau Balocci
Image Credit: Instagram Summarecon Mutiara Makassar

1. Pemandangan Hijau

Warna-warna hijau yang ada di Danau Balocci tentunya menyegarkan mata. Wisatawan dapat melihat danau dengan airnya yang terlihat hijau dari kejauhan. Permukaan air danau yang tenang memberikan kedamaian tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya.

Tidak hanya danaunya yang hijau, pemandangan di sekeliling danau pun dipenuhi dengan warna-warna hijau. Pada rumput di sekitar danau dan perbukitan hijau menyempurnakan keindahan yang ada. Pemandangan hijau tersebut tentu menyegarkan untuk dipandang.

2. Suasana Tenang

Objek wisata danau yang dikelilingi perbukitan batu kapur ini menawarkan suasana yang tenang dan damai. Ditambah lagi dengan udara yang bersih dan segar. Anda yang lelah dan penat dengan rutinitas harian, dapat sejenak menyegarkan tubuh dan pikiran di danau ini.

Kawasan Danau Hijau Balocci juga tidak terlalu ramai turis sehingga suasananya benar-benar tenang. Pengunjung dapat leluasa bersantai di sekitar danau tanpa terganggu pengunjung lainnya.

3. Alam yang Asri

Jika Anda ingin lebih dekat dengan alam, danau ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Tempat ini masih cukup tersembunyi dan belum dikelola oleh pemerintah. Hal tersebut tentu memberikan keuntungan tersendiri yaitu alamnya yang masih asri dan terjaga.

Wisatawan dapat melihat keasrian dari danau yang dulunya merupakan tempat pertambangan batu kapur ini. Semuanya masih dalam kondisi yang terjaga keasriannya. Mulai dari kolam danau, bukit-bukit kapur yang mengelilingi danau, dan lain sebagainya.

Daya Tarik Dimiliki Danau Hijau Balocci
Image Credit: Google Maps Adnan Mubarak

4. Hidden Sunset

Kawasan Danau Hijau dibatasi oleh beberapa perbukitan batu kapur yang menjulang tinggi. Keberadaan bukit tersebut tentunya menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini. Selain menambah kesan asri dan hijau, bukit-bukit tersebut juga menampilkan pemandangan alam yang mempesona.

Wisatawan dapat menyaksikan keindahan hidden sunset di danau ini. Matahari yang terbenam dan menghilang di balik bukit tentunya merupakan pemandangan yang tidak ditemukan di sembarang tempat.

5. Danau Berbentuk Cinta

Selain keindahan alamnya, daya tarik Danau Hijau Balocci adalah dari bentuk danaunya itu sendiri. Saat wisatawan mengunjungi danau ini mungkin tidak terlalu jelas dan hanya melihat hamparan kolam air yang berwarna hijau.

Namun apabila wisatawan mendaki sedikit ke atas bukit, pemandangan seluruh danau akan terlihat. Di atas puncak bukit tersebut, wisatawan dapat melihat bentuk tepian danau yang membentuk cinta.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Danau Hijau
Image Credit: Google Maps Max Janek

Danau Hijau ini berada di sebuah lokasi bekas tambang batu kapur. Masuk dalam wilayah Kecamatan Balocci yang jaraknya sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Makassar. Akses menuju tempat wisata yang masih cukup tersembunyi ini tidak terlalu sulit karena jalannya sudah beraspal.

Wisatawan yang ingin datang ke lokasi danau tidak bisa menggunakan angkutan umum. Tidak ada rute angkutan umum yang mencapai lokasi danau tersebut. Jadi pilihan transportasinya adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Selama perjalanan, Anda akan ditemani pemandangan indah seperti sawah dan perbukitan.

Jalan menuju lokasi danau cukup bagus untuk dilewati kendaraan bermotor, baik itu sepeda motor maupun mobil. Dari Makassar dapat menggunakan rute menuju arah Barru untuk mencapai lokasi danau cantik ini. Papan petunjuk arah belum terlalu banyak, sebaiknya jika ragu Anda bisa bertanya ke warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Danau Hijau
Image Credit: Google Maps Fajar Agriawan

Menikmati wisata alam di Danau Hijau adalah salah satu alternatif liburan yang murah-meriah. Tiket masuk kawasan wisata danau untuk pengunjung adalah gratis. Tempat wisata ini memang belum dikelola oleh pemerintah sehingga masyarakat dapat menikmatinya dengan bebas.

Anda bisa datang kapan saja karena kawasan danau ini terbuka setiap hari selama 24 jam untuk masyarakat umum. Parkir untuk wisatawan juga tidak dikenai biaya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Danau Hijau Balocci

Aktivitas Menarik di Danau Hijau Balocci
Image Credit: Instagram MAKASSAR INFO

1. Bersantai di Tepi Danau

Tempat wisata ini memang paling cocok untuk acara santai-santai. Anda yang setiap hari dikejar target atau deadline pekerjaan, bisa sejenak bersantai di kawasan danau ini saat akhir pekan. Pengunjung bisa duduk santai di dekat danau sambil menikmati pemandangan indah di sekelilingnya.

Bercengkerama dengan teman atau keluarga dan menikmati suguhan alam yang begitu indah. Air danau yang tampak hijau, tanah lapang yang hijau, dan perbukitan yang juga ditumbuhi pepohonan hijau. Pemandangan yang menyegarkan dan suasana yang menenangkan dapat wisatawan nikmati.

2. Camping di Padang Rumput

Memiliki padang rumput yang hijau dan luas membuat wisatawan dapat dengan leluasa bermain, berlari, atau berjalan-jalan santai di sekitar danau. Apabila Anda bisa membawa sepeda, berkeliling dengan sepeda bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan di Danau Hijau Balocci ini.

Jika Anda ingin menikmati tempat wisata ini dengan suasana yang sedikit berbeda, Anda bisa mendirikan tenda di kawasan padang rumputnya. Tanah lapangnya begitu luas sehingga bisa untuk mendirikan banyak tenda. Cocok untuk acara sekolah, keluarga, atau komunitas.

3. Berfoto-foto

Beragam keindahan yang tersaji di Danau Cinta tentunya akan sayang kalau tidak diabadikan dalam jepretan kamera. Jangan lupa untuk membawa peralatan foto Anda saat akan mengunjungi tempat ini.

Anda bisa memilih latar seperti danau dan bukit yang tentunya akan menghasilkan foto apik. Bisa juga di tengah-tengah padang rumput yang luas dan hijau. Spot foto menarik lainnya membutuhkan sedikit perjuangan. Anda perlu mendaki ke puncak bukit untuk mendapatkan pemandangan terbaik dari seluruh kawasan ini.

Aktivitas di Danau Hijau Balocci
Image Credit: Instagram Summarecon Mutiara Makassar

4. Piknik dan Makan-makan

Berkumpul bersama teman dan keluarga tentu menjadi hal yang menyenangkan. Jangan hanya di cafe atau restoran, coba Anda melakukannya di alam terbuka seperti di Danau Hijau Balocci ini.

Cukup membawa tikar dan bekal makanan dari rumah, Anda bisa piknik seru dan tentunya terjangkau. Anda bisa membeli snack atau minuman ringan di jalan, karena tidak ada penjual makanan di tempat ini. Tanah lapang di sekitar danau ini sendiri kondisinya cukup kering sehingga bisa digunakan untuk menggelar tikar.

Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Di tempat ini, belum tersedia tempat sampah umum. Oleh sebab itu, sebaiknya wisatawan membawa pulang sampah makanan untuk dibuang di tempat sampah.

5. Memancing

Selain untuk bersantai, tempat wisata ini juga bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang hobi memancing. Beberapa masyarakat yang tinggal di sekitar danau ini juga sering memancing ikan. Rumput-rumput yang ada sering dimanfaatkan untuk pakan ternak milik masyarakat sekitar.

6. Menikmati Pemandangan dari Atas Bukit

Wisatawan yang baru datang ke tempat ini, pasti akan terkesima dengan keindahan danau hijau yang tampak tenang. Pesona keindahan yang semakin sempurna dengan bukit-bukit karst di sekeliling danau.

Namun, pemandangan yang lebih spektakuler tersembunyi di tempat yang lebih tinggi. Wisatawan sebaiknya mendaki ke salah satu bukit yang ada di sekitar danau ini. Bukit-bukit di tempat ini tidak terlalu tinggi, sehingga untuk pendakian tidak terlalu menguras tenaga.

Pendakian hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Setelah itu, semua tenaga dan perjuangan Anda akan terbayar dengan pemandangan indah dari danau yang menyerupai bentuk cinta. Semua pemandangan yang ada di kawasan wisata ini akan terlihat jelas dari puncak bukit ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Danau Hijau
Image Credit: Google Maps Muhammad Idrus

Mengenai fasilitas di Danau Balocci tidak terlalu banyak. Hanya sebatas tempat parkir pengunjung yang berada di sekitar kawasan danau.

Di sekitar tempat wisata ini belum ada warung makan. Wisatawan yang akan berkunjung sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Ada beberapa tempat makan atau warung di sepanjang jalan yang akan Anda lalui saat menuju kawasan Danau Hijau ini.

Wisatawan yang akan mengunjungi tempat wisata ini sebaiknya mempersiapkan bekal sendiri mengingat fasilitas yang belum cukup memadai. Bawa peralatan camping sendiri apabila ingin mendirikan tenda di dekat danau ini karena tidak ada fasilitas penyewaan alat camping.

Itulah pesona Danau Hijau Balocci yang menawarkan banyak keindahan alam untuk siapa saja yang mengunjunginya. Wisatawan disarankan untuk tetap menjaga kebersihan agar tidak merusak keindahan dan keasrian danau ini.