Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00–18.00 WIB, Alamat: Kec. Betoambari, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara; Map: Cek Lokasi

Sulawesi Tenggara merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menyimpan banyak sekali tempat wisata alam, salah satu contohnya adalah Goa Lakasa yang berada di Kota Baubau. Pada tahun 1999 seorang kakek bernama La Kasa mendapatkan mimpi bahwa ada sebuah mata air yang dibawah tanah tepat di lokasi perkebunannya.

Karena lahan perkebunan tersebut memiliki banyak batu tajam, jadi kakek La Kasa kemudian mengambil batu-batu tersebut sampai terjadi longsor dan muncul mulut gua. Setelah itu si kakek pun masuk kedalam gua tersebut dan alangkah terkejutnya ketika dia menemukan mata air yang sangat jernih dan segar.

Gua tersebut kemudian diberi nama Lakasa sesuai dengan nama sang kakek yang menemukannya. Gua yang memiliki banyak Stalaktit dan Stalakmit tersebut kemudian mulai mencuri perhatian wisatawan dari sekitaran Baubau, kini dengan semakin berkembangnya teknologi membuat banyak wisatawan dari luar Baubau juga datang berkunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Lakasa

Daya Tarik Wisata Goa Lakasa
Image Credit: Google Maps sayf bsy

1. Stalaktit dan Stalakmit

Stalaktit merupakan sejenis batuan yang tergantung pada langit-langit gua, sedangkan Stalakmit adalah batuan meruncing ke atas dari dasar gua. Biasanya jika ada Stalaktit pada langit-langit gua maka tepat di bawahnya akan ada Stalakmit karena Stalaktit terbentuk dari Kalsium Karbonat kemudian tetesannya airnya akan membentuk Stalakmit pada dasar gua.

Pada Goa Lakasa terdapat banyak sekali Stalaktit dan Stalakmit, maka dari itu untuk bisa masuk ke gua yang memiliki kedalaman mencapai 58 meter ini memerlukan tenaga ekstra dan harus berhati-hati. Sebaiknya gunakan sarung tangan dan sepatu agar menghindari goresan baik tangan atau kaki terhadap Stalaktit dan Stalakmit.

2. Mata Air di Dasar Gua

Daya tarik berikutnya yang dimiliki oleh gua asal Provinsi Sulawesi Tenggara ini adalah mata air yang berada di dasar gua. Mata air tersebut sangat jernih dan segar, sehingga kebanyakan orang yang sudah mencapai titik paling dalam di gua cantik ini akan membasuh muka atau bermain air untuk melepaskan rasa capek selama memasuki gua.

3. Tempat Wisata yang Cocok Bagi Anda yang Memiliki Hobi Wisata Ekstrim

Dengan ukuran mulut gua yang hanya bisa dimasuki oleh satu orang dewasa, ditambah badan gua yang penuh dengan Stalaktit dan Stalakmit membuat hanya orang-orang tertentu yang berani memasukinya. Apalagi mengingat kedalaman dari gua ini mencapai 58 meter membuat wisatawan harus super berhati-hati dalam menelusuri gua tersebut.

Maka dari itu, bagi anda yang memiliki hobi wisata ekstrim wajib mencoba wisata menakjubkan asal Kota Baubau ini. Rasa capek dan lelah akan terbayarkan begitu anda tiba di titik terdalam gua yang memiliki mata air super jernih dan segar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Goa Lakasa
Image Credit: Instagram jk. Rangga [jeyy]
Alamat dari Goa Lakasa berada di Kota Baubau, Sulaa, Kecamatan Betoambari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Untuk rute perjalanannya anda bisa menggunakan Kota Baubau di Pulau Buton sebagai patokannya, dimana perjalanan bisa dimulai dari Kantor Walikota Baubau di Jl. Raya Palagimata menuju Simpang Lima Palagimata.

Dari Simpang Lima Palagimata silahkan ambil jalur keluar ketiga menuju pertigaan Jl. Dayanu Ikhsanuddin lalu belok kiri. Terus ikuti jalan tersebut sampai anda menemukan pertigaan setelah Depot Air Isi Ulang Hisyam kemudian belok kiri dan tidak jauh dari pertigaan sebelumnya anda akan menemukan lokasi wisata yang dituju.

Rute perjalanan tersebut memiliki panjang sekitar 5,8 km dengan lama perjalanan sekitar 11 menit menggunakan kendaraan bermotor. Jika anda bingung dengan rute perjalanan tersebut maka bertanya kepada warga sekitar bisa menjadi solusi yang bagus, karena tempat wisata alam ini sangat populer di kalangan masyarakat setempat.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Goa Lakasa
Image Credit: Twitter Kakaban Trip

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Goa Lakasa harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Harga tiket masuk tersebut berlaku untuk anak kecil dan orang dewasa di hari biasa atau hari libur.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Goa Lakasa

Aktivitas Menarik di Goa Lakasa
Image Credit: Instagram Anis Asmawati

1. Menjelajah Goa

Kegiatan menarik pertama yang wajib dilakukan oleh wisatawan ketika mengunjungi tempat wisata ekstrim asal Kota Baubau ini adalah menjelajah seluruh ruang goa. Untuk bisa melakukan hal tersebut persiapan yang matang sangatlah dibutuhkan, mulai dari persiapan kondisi tubuh hingga persiapan alat bantu penjelajahan.

Hal tersebut dikarenakan goa yang menakjubkan ini memiliki banyak sekali bebatuan tajam yang muncul dari langit-langit maupun dari dasarnya. Oleh karena itu untuk bisa menjelajah semua ruang tersebut sangat tidak direkomendasikan bagi seorang pemula, tetapi kegiatan yang satu ini sangat direkomendasikan kepada mereka yang sudah ahlinya.

2. Bermain Air dan Berenang di Mata Air yang Ada di Dalam Goa

Beralih ke kegiatan menarik selanjutnya yang bisa dilakukan di goa populer ini adalah bermain dan berenang di mata air yang berada di dasar goa. Mata air tersebut memiliki air yang sangat jernih dan segar, dimana hal tersebut membuat siapa saja yang melihatnya akan terpana untuk membasuh diri atau berenang di dalamnya.

Bagi wisatawan yang merasa capek dan lelah selama melakukan perjalanan bisa membasuh wajah mereka dengan air di mata air tersebut. Berkat kesegaran dari air disini bisa membuat semua rasa capek dan lelah seseorang akan hilang secara perlahan.

3. Berfoto

Sangat disayangkan jika anda melewatkan kegiatan berfoto ketika berkunjung ke Goa Lakasa. Pasalnya di objek wisata ini ada banyak sekali spot menarik yang bisa digunakan untuk berfoto, sebut saja seperti mulut gua, Stalaktit, Stalakmit, hingga mata air di dasar gua. Maka dari itu, pastikan berfoto menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Goa lakasa
Image Credit: Instagram jk. Rangga [jeyy]

1. Tempat Parkir Kendaraan

Fasilitas paling pertama yang dapat ditemukan di goa nan indah ini adalah tempat parkir kendaraan. Di tempat parkir kendaraan tersebut wisatawan bisa memarkirkan kendaraan yang mereka gunakan mulai dari kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

2. Toilet Umum

Selain tempat parkir kendaraan, Goa Lakasa juga memiliki toilet umum. Bagi wisatawan yang ingin buang air besar atau kecil bisa menggunakan toilet umum tersebut. Untuk masalah kebersihan tidak perlu khawatir karena ada petugas pembersihnya juga.

3. Warung Makan

Fasilitas terakhir yang dimiliki oleh tempat wisata hits asal Sulawesi Tenggara ini adalah warung makan. Dengan adanya fasilitas tersebut membuat wisatawan yang tidak membawa bekal makanan dari rumah tidak perlu khawatir soal urusan perut karena warung makan yang ada di lokasi wisata alam ini menjual berbagai jenis makanan dan minuman.

Itulah review singkat mengenai Goa Lakasa yang berlokasi di Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara. Sedikit himbauan bagi wisatawan yang ingin berlibur ke lokasi wisata goa ini adalah selalu jaga kebersihan baik di luar maupun didalam goa, selain itu bagi wisatawan yang memiliki riwayat penyakit sesak nafas (seperti asma) jangan sekali-kali memasuki goa.