10 Wisata Pantai di Bulukumba yang Hits & Populer

Wisata Pantai Bulukumba

Tertarik Liburan di Pantai? Periksa List Wisata Pantai Favorit di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Destinasi Wisata Bahari Terindah, Eksotis, Populer & Paling Hits untuk Dijelajahi Saat Liburan.

Bulukumba terkenal sebagai salah satu daerah yang memiliki banyak pantai. Keindahan alam pesisir dari daerah ini pun sudah begitu populer di kalangan traveler. Tidak heran jika daerah yang berada di Sulawesi Selatan ini sering dijadikan destinasi liburan bagi masyarakat dari berbagai daerah.

Ada begitu banyak destinasi wisata pantai eksotis yang ditawarkan daerah ini. Pemandangan yang mengagumkan dari wisata bahari di Bulukumba pun berhasil memikat banyak wisatawan untuk datang.

Objek wisata yang ada di Bulukumba ini bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin berlibur di alam bebas. Anda tidak perlu bingung, berikut objek wisata pantai di Bulukumba yang hits dan populer bisa menjadi referensi tujuan berlibur Anda.

1. Pantai Lemo-Lemo

Pantai Lemo-Lemo

Image Credit: Twitter.com @tkny_

Kawasan wisata Pantai Lemo Lemo terkenal dengan pemandangannya yang mempesona. Pantai berpasir putih dengan air laut yang begitu jernih. Pengunjung juga akan disambut dengan beberapa burung yang biasa bermain di sepanjang pesisir pantai.

Suasana pantai masih sangat asri dengan diapit oleh bukit-bukit karang. Perjalanan menuju Pantai Lemo Lemo, Bulukumba juga berupa perbukitan kecil dengan jalan yang berkelok. Saat berkunjung ke pantai ini, jangan lewatkan pesona keindahan saat matahari mulai terbenam.

Selain pantai, di sekitar objek wisata ini juga dapat ditemui sebuah gua yang memiliki nama yang sama yaitu Gua Lemo-Lemo. Keberadaan gua akan menyambut wisatawan sebelum memasuki kawasan pantainya.

Menariknya dari gua dengan air jernih ini adalah sumber mata air yang ada di dalamnya. Kondisi gua dan Pantai Lemo-Lemo masih terjaga dengan baik kealamiannya.

Lokasi: Tanah Lemo, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.

2. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira

Image Credit: Pegipegi.com

Salah satu pantai di Bulukumba yang hits di kalangan traveler adalah Tanjung Pira. Sebuah pantai yang indah dan eksotis dengan hamparan pasir pantainya yang putih dan halus. Panorama yang ada kian mempesona dengan air lautnya begitu jernih dengan warna biru yang menyegarkan mata.

Pantai Tanjung Bira merupakan lokasi yang cocok untuk Anda menikmati langit kemerahan saat sunrise maupun sunset. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Lemo-Lemo yang hanya sekitar 300 meter.

Salah satu aktivitas yang menarik untuk wisatawan yang berkunjung adalah snorkeling. Pemandangan bawah lautnya cukup indah dengan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik.

BACA:  10 Cafe Instagramable di Makassar yang Bikin Betah Nongkrong

Objek wisata Pantai Tanjung Bira menjadi salah satu destinasi liburan yang cukup populer. Cocok untuk liburan bersama sahabat maupun keluarga. Pengunjung tidak hanya bersantai di pinggir pantai, tetapi juga bisa mencoba permainan seru seperti banana boat atau berkeliling dengan perahu nelayan.

Lokasi: Jl. Tanjung Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.

3. Pantai Apparalang

Pantai Apparalang

Image Credit: Facebook.com @indonesia1117

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Apparalang akan disuguhkan dengan pemandangan laut biru dan tebing karang. Gradasi warna air laut di pantai ini terlihat begitu cantik dengan warna hijau toska tepat di bawah tebing karang yang mengelilinginya.

Objek wisata pantai yang cukup terkenal di Bulukumba ini lokasinya sekitar 5km dari Pantai Tanjung Bira. Akses jalan menuju pantai tidak begitu sulit walaupun di beberapa titik berupa jalanan berkelok. Bagi Anda yang membawa sepeda motor atau kendaraan pribadi lainnya disarankan untuk berhati-hati.

Apabila Anda berencana mengunjungi pantai ini, sebaiknya membawa bekal makanan sendiri. Fasilitas seperti warung makan cukup jarang dan biasanya hanya pada hari-hari libur yang memang pengunjungnya lebih banyak.

Lokasi: Ara, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.

4. Pantai Marumasa

Pantai Marumasa

Image Credit: Facebook.com @kopihitam.me

Pemandangan laut biru dengan pantai berpasir putih menjadi suguhan bagi wisatawan yang datang ke Pantai Marumasa, Bulukumba. Deretan pohon kelapa juga banyak ditemui di sepanjang pesisir yang memberikan suasana khas pantai tropis.

Walaupun tidak begitu luas, area pantainya memiliki pasir yang cukup halus dengan ombak yang relatif tenang. Wisatawan dapat bersantai di pantai atau lebih menepi di bawah pohon kelapa agar tidak kepanasan.

Beberapa perahu nelayan juga sering parkir di kawasan pantai ini. Jika tertarik, Anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling Pantai Marumasa. Salah satu sisi pantai memiliki tebing yang cukup landai untuk wisatawan menikmati pemandangan pantai dari ketinggian.

Lokasi: Darubiah, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.

5. Pantai Samboang

Pantai Samboang

Image Credit: Ksmtour.com

Salah satu pantai di Bulukumba yang sedang hits dan banyak dikunjungi wisatawan adalah Pantai Samboang. Memiliki pemandangan eksotis dengan pasir putih dan air laut yang begitu jernih. Ditambah lagi dengan pohon-pohon kelapa yang membuat panorama di kawasan pantai ini semakin mempesona.

BACA:  15 Tempat Wisata di Jeneponto Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Wisatawan dapat menikmati suasana pantai sambil duduk santai di atas pasir putihnya yang cukup bersih. Hamparan pasir pantai di Samboang ini cukup luas untuk Anda yang ingin berlari-lari kecil atau bermain kejar-kejaran dengan si kecil. Ombaknya tidak begitu besar sehingga cukup aman untuk Anda yang ingin mengajak anak berlibur ke sini.

Selain menawarkan keeksotisan pantai, pengunjung juga bisa menyeberang ke sebuah pulau kecil yang jaraknya hanya sekitar 20 meter dari bibir pantai. Lokasi tersebut merupakan salah satu spot terbaik untuk Anda yang ingin berenang atau snorkeling.

Lokasi: Ekatiro, Kec. Bontotiro, Kab. Bulukumba.

6. Pantai Ujung Tiro

Pantai Ujung Tiro

Image Credit: Instagram.com @luther_mallipu

Pantai Ujung Tiro terkenal dengan pemandangan sunrise yang begitu indah. Mengunjungi pantai ini di pagi hari adalah waktu terbaik untuk bisa menikmati suasana hangat saat matahari terbit.

Pemandangan di pantai ini semakin cantik saat siang hari. Sinar matahari yang mengenai permukaan laut membuatnya terlihat berkilau. Warnanya lautnya begitu cantik dengan biru kehijauan di tepi pantai dan semakin ke tengah laut warnanya semakin biru.

Wisatawan yang datang ke Pantai Ujung Tiro juga akan menemukan gugusan pulau karang kecil yang terhubung dengan bibir pantai. Anda bisa menyeberang melalui sebuah jembatan kayu sepanjang 10 meter. Tepat di bawah jembatan, Anda bisa menyaksikan ikan-ikan kecil yang berenang ke sana-kemari.

Air laut di kawasan ini cukup bersih dan jernih sehingga cocok untuk kegiatan snorkeling. Terumbu karang yang masih terjaga dengan baik dan kawanan ikan-ikan berwarna-warni menjadi pemandangan bawah laut yang sayang untuk dilewatkan.

Lokasi: Ekatiro, Kec. Bontotiro, Kab. Bulukumba.

7. Pantai Bara

Pantai Bara

Image Credit: Twitter.com @satu_empat_

Pantai dengan pasir putih ini sudah begitu terkenal sebagai salah satu destinasi wisata pantai di Bulukumba. Lokasinya sekitar 2km dari Pantai Tanjung Bira dan sekitar 40km dari Kota Bulukumba.

Pengunjung dapat menikmati suasana pantai dengan semilir angin yang segar. Anda juga bisa berteduh di bawah pohon kelapa yang banyak berderet di sepanjang pesisir pantai.

Pemandangan dari hamparan laut biru yang tenang bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin melepas penat. Setelah liburan ke Pantai Bara yang indah dan asri ini, pikiran akan lebih fresh dan siap melanjutkan aktivitas-aktivitas seperti biasa.

Lokasi: Jl. Tanjung Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.

BACA:  Intip Indahnya Pulau Kayangan Makassar yang Memukau

8. Pantai Kaluku

Pantai Kaluku

Image Credit: Instagram.com @sewadronemakassar

Salah satu destinasi liburan keluarga di Bulukumba adalah Pantai Kaluku. Objek wisata yang menawarkan pemandangan pantai indah dengan ombak yang tidak begitu besar. Cocok untuk liburan Anda bersama anak-anak.

Lokasi Pantai Kaluku, Bulukumba masih satu garis pantai dengan pelabuhan Bira. Pantai terbaik untuk menikmati sunrise ini terkenal dengan pemandangan eksotis dari hamparan pasir putih dengan laut yang biru dan tenang.

Bagi wisatawan yang datang pagi hari, bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit yang terkenal indah di Pantai Kaluku. Selain itu, kawasan wisata yang masih cukup alami ini sudah memiliki fasilitas seperti gazebo. Pengunjung dapat bersantai di gazebo-gazebo yang sudah disediakan tersebut.

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kaluku juga bisa menemui beberapa penginapan di sekitar kawasan pantai. Cocok untuk Anda yang ingin beristirahat atau bersantai dengan nyaman sambil menikmati pemandangan pantai.

Lokasi: Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.

9. Pantai Mandala Ria

Pantai Mandala Ria

Image Credit: Facebook.com @pajokaecobeachhouse

Pantai di Bulukumba yang hits selanjutnya adalah Pantai Mandala Ria. Objek wisata bahari yang terkenal dengan hamparan pasir pantainya yang luas dan tekstur pasir yang begitu halus.

Bermain atau sekedar duduk santai di pantai bisa menjadi aktivitas yang menenangkan untuk wisatawan Pantai Mandala Ria. Air lautnya pun jernih dan tenang sehingga pinggiran pantai ini cukup aman untuk wisatawan bermain air atau berenang.

Pantai yang berada di Lembana ini merupakan salah satu alternatif liburan bagi masyarakat yang ingin menikmati pantai eksotis dengan suasana yang tenang. Beberapa bangku dan payung juga tersedia untuk wisatawan bersantai dan berteduh di tepian pantai.

Lokasi: Lembanna, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.

10. Pantai Pusahelu

Pantai Pusahelu

Image Credit: Instagram.com @zhenelektro

Pantai berpasir putih dengan tebing karang di sekelilingnya menjadi pemandangan utama dari Pantai Pusahelu, Bulukumba. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Bara yang banyak dikunjungi wisatawan.

Walaupun area pantai berpasir putih ini tidak begitu luas, tebing-tebing karang yang mengapit area pantai membuat panorama Pantai Pusahelu terlihat menawan. Tebing-tebing karang tersebut ditumbuhi pepohonan hijau yang membuat pemandangannya terlihat lebih segar.

Pantai Pusahelu menawarkan pemandangan pantai dengan ombak yang tenang. Air lautnya begitu bersih dan jernih dengan suasana pantai yang begitu asri. Wisatawan yang datang juga bisa mencoba snorkeling untuk dapat melihat pesona keindahan bawah lautnya.

Lokasi: Darubiah, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba.

Itulah beberapa wisata pantai di Bulukumba yang populer dan banyak dikunjungi wisatawan. Beberapa pantai yang terkenal di Kabupaten ini bahkan sering mendapat kunjungan dari wisatawan mancanegara.