12 Tempat Wisata di Enrekang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Enrekang

Bentang luas wilayah yang mencapai 1.786,01 km sudah pasti memiliki sejuta potensi yang menarik. Wilayah itu adalah Enrekang, sebuah daerah yang berada di Sulawesi Selatan dengan daya tarik unik di dalamnya. Kabupaten Enrekang berada di tengah-tengah perbukitan dan beberapa gunung di sekitarnya.

Setelah selesai menyusuri wilayah tersebut, bisa juga Anda mengunjungi Tana Toraja yang berada di sebelah utara Kabupaten Enrekang. Sedangkan untuk bagian selatan, terdapat Kabupaten Rappang, dan di bagian Timur ada daerah menarik yaitu Kabupaten Luwu.

Melihat letak geografis yang strategis itu, Kabupaten Enrekang menyimpan destinasi wisata yang unik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah 12 tempat wisata di Enrekang yang harus Anda kunjungi akhir pekan nanti.

1. Mata Dewa

Mata Dewa

Image Credit: Indoholidaytourguide.com

Ini adalah spot favorit para fotografer untuk berburu milky way. Istilah familiarnya sering disebut juga sebagai Bukit Dondeng, namun ada juga yang menyebutnya sebagai wisata Mata Dewa Enrekang.

Sesuai dengan namanya yaitu Mata Dewa, coba saja Anda berkunjung ketika malam hari. Pasti akan disuguhkan ribuan bintang yang bertebaran diatas langit. Akan nampak dengan jelas pula kerlap-kerlip Kota Enrekang dari puncak wisata Mata Dewa.

Lokasi: Mata Dewa, Kec. Enrekang, Kab. Enrekang.

2. Buttu Macca

Buttu Macca

Image Credit: Desapandungbatu.blogspot.com

Buttu Macca masuk dalam kategori wisata alam karena menyajikan pemandangan eksotis dan sejuk. Sejuknya tempat ini akibat adanya dua pegunungan yang menghampitnya, yaitu Gunung Bambapuang dan Gunung Nona. Apabila bosan dengan pemandangan yang itu-itu saja, Anda bisa mencoba spot baru di Buttu Macca.

Penduduk setempat terbilang kreatif dalam memberikan fasilitas untuk wisatawan. Hampir setiap satu bulan sekali tempat ini selalu dilakukan Pembaharuan oleh pengeolal wisata, terbukti dengan adanya spot foto seperti sarang naga, gerbang cinta, ruang keluarga, hingga spot perahu yang paling diminati wisatawan.

Lokasi: Bamba Puang, Kec. Anggeraja, Kab. Enrekang.

BACA:  15 Pantai di Makassar & Sekitarnya Favorit Dikujungi Para Wisatawan

3. Bukit Saletta

Bukit Saletta

Image Credit: Rakyatku.com

Terdapat satu lagi wisata puncak di wilayah Enrekang, yaitu Bukit Saletta. Hampir setiap akhir pekan tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan akibat adanya lahan luas seperti savana di dasar bukit. Ketika berada diatas puncak, Anda akan melihat lereng gunung yang luas membentang.

Sebagai rekomendasi saja, Anda bisa mengunjungi tempat wisata lain yang berdekatan dari Buttu Saletta yaitu Gunung Bambapuang dan Perkampungan Kotu.

Lokasi: Tindalong, Tindallun, Kec. Anggeraja, Kab. Enrekang.

4. Waterbak Matua

Waterbak Matua

Image Credit: Facebook.com @Blogger.Enrekang

Tempat wisata di Enrekang selanjutnya adalah pemadian segar dari Waterbak Matua. Indahnya destinasi ini karena terdapat pemandangan yang nampak jelas di belakang air terjun.

Tempat ini diberi nama Waterbak Matua karena miripnya penampungan air tersebut layaknya bak mandi. Sedangkan tingkat kedalaman dari pemandian ini sekitar 2 meter. Jadi, hati-hati saat ingin bermain air, apabila belum bisa berenang sebaiknya bermain di sekitar air terjun saja.

Lokasi: Matua, Kec. Alla, Kab. Enrekang.

5. Air Tejun Lagandang

Air Tejun Lagandang

Image Credit: Bataritours.com

Berbeda dengan wisata air terjun sebelumnya. Ada lagi Air Tejun Lagandang yang tak kalah menarik dari yang lain. Bayangkan saja, tingkat ketinggian dari air terjun tersebut mencapai 40 meter.

Jangan pertanyakan lagi mengenai kondisi lingkungan disana. sudah pasti Air Terjun Lagandang sangat sejuk, indah, asri, serta mempunyai sensasi segar di air tersebut.

Lokasi: Puserren, Kec. Enrekang, Kab. Enrekang.

6. Kebun Massenrempulu

Kebun Massenrempulu

Image Credit: Traveltodayindonesia.com

Piknik tidak lagi pusing setelah melihat lokasi indah berikut ini. Inilah tempat wisata terpopuler di Enrekang yaitu sebuah Kebun Massenrempulu. Apa yang menarik dari sana? Anda akan menemui puluhan koleksi tanaman layaknya wisata luar negeri.

Tumbuhan itu adalah palem, taman wangi, taman hias, serta beberapa tanaman obat yang menarik untuk dipelajari. Adapaun kolam ikan cukup luas yang berada di tengah-tengah Kebun Massenrempulu sebagai pelengkap dekorasi wisata ini.

BACA:  10 Hotel dan Penginapan Murah di Malino (Gowa)

Lokasi: Jl. Poros Sidrap Enrekang Tator KM.22, Karrang, Kec. Cendana, Kab. Enrekang.

7. Hutan Pinus Baredok

Hutan Pinus Baredok

Image Credit: Tuankembara.blogspot.com

Lokasinya sangat sejuk dan sering dijadikan tempat camping oleh wisatawan. Ada juga yang sekedar berjalan-jalan santai menikmati suasana sunyi. Ketika berkunjung, akan lebih seru jika Anda datang bersama keluarga, terlebih untuk anak-anak karena banyaknya fasilitas hiburan disana.

Tempat ini terkenal akan rimbunnya hutan pinus yang tumbuh. Sebaiknya datang ketika musim kemarau saja, mengingat jika kondisi hujan jalanan sulit diakses karena masih sejenis tanah liat.

Lokasi: Buntu Mondong, Kec. Buntu Batu, Kab. Enrekang.

8. Dante Pine

Dante Pine

Image Credit: Makassar.sindonews.com

Tipikal orang memang berbeda-beda, ada yang suka akan alam ada juga yang senang akan wisata buatan seperti waterpark. Dante Pine adalah contoh wisata alam yang berada di sekitar pegunugan.

Akses menuju puncak terbilang ekstrem apalagi saat musim hujan datang. Hampir setiap jalan dipenuhi dengan lumpur. Buktikan sendiri, apakah Anda mampu menguji adrenalin di tempat wisata tersebut.

Lokasi: Tanete, Kec. Anggeraja, Kab. Enrekang.

9. Kolam Renang Matua

Kolam Renang Matua

Image Credit: Adsafainana.wordpress.com

Selain berlibur apa salahnya untuk berolahraga sembari menyehatkan kesehatan badan. Tidak perlu olahraga berat, pilih saja olahraga renang di Kolam Renang Matua. Uniknya dari wisata ini adalah letaknya yang berada di puncak bukit. Sudah terbayang pastinya, bagaimana nuansa asri dan dinginnya air disana.

Terdapat beberapa pilihan kolam yang bisa Anda coba. Untuk anak-anak sebaiknya pilih kolam renang di bagian selatan karena cukup dangkal di area tersebut. Sedangkan untuk Anda yang dewasa pilihlah area seberang. Ketika musim liburan datang, tempat ini akan ramai oleh pengunjung, namun jika Anda suka suasana yang sunyi bisa datang sebelum liburan tiba.

BACA:  Pantai Akkarena, Pantai Indah Tujuan Wisata Keluarga di Makassar

Lokasi: Jl. Poros Enrekang-Makale, Buntu Sugi, Kec. Alla, Kab. Enrekang.

10. Wisata Alam Lewaja

Wisata Alam Lewaja

Image Credit: Jamkridasulsel.co.id

Tempat wisata Enrekang berikutnya masih seputar wisata alam. Apa lagi kalau bukan air terjun biru toska dari Wisata Alam Lewaja. Kondisi lingkungan disini masih terjaga dengan baik, sekaligus asri dan nyaman untuk berlibur.

Keunikan dari warna air inilah yang membuat daya tarik seluruh wisatawn. Jika umumnya, air terjun hanyalah air jernih dari aliran pegunungan. Wisata Alam Lewaja berbeda tentunya, ketika momen-momen tertentu air ini mampu berubah menjadi biru toska yang mengagumkan.

Lokasi: Lewaja, Kec. Enrekang, Kab. Enrekang.

11. Bukit Cekong

Bukit Cekong

Image Credit: Rakyatku.com

Namanya adalah bukit cekong, mengapa diberi nama tersebut? Ketika Anda datang ke lokasi ini pasti akan melihat beberapa bukit yang memiliki tekstur melengkung tajam. Orang yang memberi nama itu adalah Hafsaan, yaitu seorang pecinta alam yang hobi dengan olahraga ekstrem. Nah, saking seringnya Hafsaan berkunjung ke wisata tersebut akhirnya dijulukilah tempat itu Bukit Cekong.

Bukit ini bisa dibilang cukup tinggi dari deretan bukit pada umumnya. Bukit Cekong mempunyai ketinggian mencapai 10000mdpl. Rekommended sekali untuk Anda yang ingin berlatih menjadi seorang pendaki.

Lokasi: Lamba Doko, Kec. Anggeraja, Kab. Enrekang.

12. Tebing Mandu Tontonan

Tebing Mandu Tontonan

Image Credit: Tribunnews.com

Semakin unik nama wisata, semakin tinggi pula minat orang untuk datang berkunjung. Apakah benar? Sangat tepat sekali, terbukti dari adanya Tebing Mandu Tontonan menjadi spot wisata yang selalu ramai oleh pengunjung.

Apalagi ketika sore hari, Tebing Mandu Tontonan tidak pernah sepi pengunjung. Adanya kuburan tua di setiap tebing-tebing itulah yang menjadi data tarik wisatawan. Namun, hati-hati saat berkunjung mengingat sampai hari ini makam tersebut adalah tempat sakral bagi masyarakat setempat.

Lokasi: Tontonan, Tanete, Kec. Anggeraja, Kab. Enrekang.

Itulah ulasan singkat mengenai 12 rekomendasi tempat wisata di Enrekang, Sulawesi Selatan. Silahkan pilih yang menurut Anda terbaik atau mudah untuk dikunjungi. Namun, sangat rugi sekali ketika datang ke Enrekang hanya menyusuri satu objek wisata saja. Semoga bermanfaat!