Pulau Dutungan dikenal dengan daya tarik alamnya yang sangat kuat. Destinasi bahari di Barru ini sangat cocok bagi Anda para penikmat keindahan alam.

Lokasi: Cilellang, Kec. Mallusetasi, Kab. Barru.
Map: Cek Lokasi

Salah satu pulau yang eksotis di Provinsi Sulawesi Selatan adalah Pulau Dutungan. Pulau Dutungan lebih tepatnya berada di Kabupaten Barru. Di pulau ini, Anda akan menyaksikan panorama alam yang mengagumkan. Pulau Dutungan cocok dikunjungi oleh Anda, para penikmat keindahan alam. Sebab, Pulau Dutungan memiliki suasana yang indah, sejuk, dan jauh dari keramaian kota.

Meskipun pulau ini terbilang cukup kecil, tapi personanya mampu bersaing dengan pulau-pulau lain yang mungkin memiliki luas lebih besar. Jika dilihat di bagian luarnya, maka akan tampak deretan pepohonan yang sangat rindang. Pepohonan tersebut tumbuh sampai menutup hampir seluruh bagian pulau. Oleh karena itu, Anda akan tetap merasa sejuk meski tengah berada di laut.

Selain itu, hamparan laut nan biru dan gugusan batu karang yang menghiasi pantai, melahirkan kesatuan panorama yang begitu menawan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati keindahan alam bawah laut yang berada di sekitar Pulau Dutungan. Nah, berikut ini adalah serangkaian informasi bermanfaat bagi Anda yang hendak mengunjungi Pulau Dutungan.

Bertandang ke Pulau Dutungan, Pulau yang Menawan

Bertandang ke Pulau Dutungan
Image Credit: Akbarpost.com

Pulau yang terletak di tengah lautan ini cukup populer karena memiliki pesona yang sangat mengagumkan. Walaupun Pulau Dutungan hanya memiliki luas sebesar 9 hektare, namun Pulau Dutungan memiliki daya pikat yang luar biasa bagi para wisatawan. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika banyak wisatawan yang menyempatkan diri singgah ke Pulau ini.

Hamparan pasir putih yang bersih dan lembut semakin mempercantik tampilan pulau ini. Selain itu, air lautnya yang sangat jernih mampu menampakkan keindahan biota laut yang beragam. Jika Anda ke pulau ini dalam keadaan cuaca cerah, maka keindahan akan semakin lengkap karena refleksi langit biru tergambar jelas di permukaan laut.

Di samping itu, desau angin yang menrabas dedaunan bakau turut membuat nyaman para wisatawan yang tengah bertandang ke Pulau Dutungan. Anda juga akan memperoleh panorama yang sama menawannya, baik tatkala mentari menyapa maupun tatkala mentari menuju peradu.

Hal menarik lainnya adalah bahwa Pulau Dutungan tidak mengalami penyempitan luas akibat terkikis oleh proses abrasi. Hal tersebut dikarenakan pulau ini dominasi oleh pohon bakau. Oleh sebab itu, struktur Pulau Dutungan menjadi lebih kuat karena akar pohon bakau berperan sebagai penahan dari kemungkinan terjadinya abrasi.

Keasrian Pulau Dutungan juga tidak terlepas dari populasi pohon kelapa. Pohon kelapa ini ditanam dan dibudidayakan langsung oleh masyarakat setempat. Tujuan dari hal itu adalah sebagai upaya masyarakat dalam menjaga kelestarian Pulau Dutungan.

Rute Menuju Lokasi Wisata Pulau Dutungan

Rute Menuju Pulau Dutungan
Image Credit: Detik.com

Pulau Dutungan terletak di lokasi yang cukup strategis. Anda bisa menggunakan berbagai moda transportasi untuk dapat sampai ke kawasan pulau ini. Tentu saja, hal ini memudahkan para wisatawan yang ingin bertandang ke pulau yang asri dan menawan ini.

Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Makassar, maka Anda membutuhkan waktu selama kurang lebih 4 jam. Namun jika perjalanan Anda mulai dari kota Pare-pare, maka hanya 40 menit waktu yang Anda butuhkan hingga sampai di kawasan Pulau Dutungan. Adapun tempat yang pertama kali dituju adalah Tanjung Indah.

Karena Pulau Dutungan terletak di tengah laut, maka Anda memerlukan akses tambahan untuk benar-benar sampai di Pulau Dutungan. Akses tambahan tersebut, yaitu menyeberangi laut menggunakan perahu.

Proses penyeberangan dari Tanjung Indah hingga ke Pulau Dutungan relatif cepat. Anda hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk sampai di pulau tersebut. Dikatakan demikian, karena ombak di sekitar laut Pulau Dutungan cukup tenang, sehingga memberikan akses yang lebih mudah untuk sampai lebih cepat ke Pulau Dutungan.

Biaya Wisata ke Pulau Dutungan yang Bersahabat

Biaya ke Pulau Dutungan
Image Credit: Detik.com

Di tempat wisata pada umumnya, keindahan tempat wisata yang luar biasa berbanding lurus dengan harga tiket yang cukup tinggi. Keberadaan wahana dan fasilitas tentu juga memengaruhi harga tiket yang ditetapkan. Di industri pariwisata, hal tersebut tentu merupakan hal yang lazim terjadi.

Berbeda halnya jika Anda bertandang ke Pulau Dutungan. Jika Anda bertandang ke Pulau Dutungan, maka Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Anda juga tidak perlu membayar berkali-kali karena harus memasuki dua area yang berbeda. Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 50.000,- saja.

Sebenarnya, uang tersebut dikeluarkan ketika anda menyeberangi lautan dari Tanjung Indah menuju Pulau Dutungan. Dengan kata lain, ongkos menaiki perahu. Dengan uang tersebut Anda sudah bisa menikmati kesejukan dan keindahan Pulau Dutungan. Namun, jika hendak camping di pulau ini, maka ada biaya tambahan lagi sebesar Rp 50.000,-.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Dutungan

Kegiatan di Pulau Dutungan
Image Credit: Google Maps (Fhitry Chelsea)

Selain Menikmati keindahan alam yang luar biasa, Anda juga bisa mencoba kegiatan yang mengasyikkan di Pulau Dutungan. Di Pulau ini, Anda bisa melakukan kegiatan snorkeling bersama keluarga atau kerabat Anda. Airnya yang sangat jernih dan ombak yang cukup tenang akan membuat pengalaman snorkeling di Pulau Dutungan menjadi tak terlupakan.

Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa perlengkapan untuk melakukan kegiatan snorkeling karena di tempat ini Anda bisa menyewa perlengkapan tersebut. Perlengkapan yang dimaksud seperti scuba diving mask dan pelampung. Anda bisa melakukan kegiatan snorkeling dengan mematuhi rambu-rambu tertentu agar dapat ber-snorkeling dengan aman.

Selanjutnya, Anda juga bisa melakukan kegiatan yang tidak kalah asyiknya, yaitu menyewa banana boat. Anda bisa menumpangi banana boat bersama kerabat dengan durasi selama 1 jam. Dengan menggunakan banana boat ini, Anda akan diajak mengitari keindahan Pulau Dutungan yang luar biasa.

Setelah Anda merasa cukup melakukan kegiatan seru di laut, Anda diperkenankan untuk membersihkan diri menggunakan air tawar yang sudah disediakan oleh pengelola. Selanjutnya, Anda bisa melakukan kegiatan mangasyikkan lainnya tanpa harus bersentuhan secara langsung dengan air laut, yakni memancing.

Anda bisa bersantai sambil menunggu kehadiran senja tiba dengan memancing ikan. Jika Anda ingin memancing, maka telah disediakan tempat khusus yang aman dan nyaman. Adapun kegiatan memancing ikan ini sangat menyenangkan karena hasil tangkapan ikan bisa Anda olah dan Anda makan sendiri.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Dutungan

Fasilitas Pulau Dutungan
Image Credit: Makassarterkini.com

Berlibur merupakan satu hal yang harus disiapkan dengan matang. Sebelum memutuskan untuk pergi ke suatu tempat, maka harus dipastikan terlebih dahulu keterjangkauan tempat dan biaya, kemudahan akses, dan kelengkapan fasilitas yang ditawarkan. Hal tersebut dilakukan agar perjalanan liburan dapat dinikmati secara maksimal.

Apabila Anda memutuskan untuk pergi berlibur ke Pulau Dutungan, maka Anda akan memperoleh sejumlah fasilitas yang lengkap. Fasilitas-fasilitas tersebut tersedia untuk menunjang kegiatan berlibur Anda. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu untuk bertandang ke Pulau Dutungan.

Di Pulau Dutungan tersedia gazebo yang dibangun menghadap ke laut. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang tidak menyukai aktivitas di dalam air, tetapi sangat senang menikmati keindahan alam. Di gazebo ini Anda bisa merasakan kesejukan dan ketenangan alam Pulau Dutungan, sehingga membuat pikiran menjadi lebih rileks dan nyaman.

Selain bersantai di gazebo, Anda juga bisa bersantai di atas hammock. Sebagaimana yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa Pulau Dutungan ditumbuhi oleh pepohonan yang rimbun. Oleh karena itu, Anda bisa mengikat hammock Anda di antara pepohonan yang tumbuh saling berdekatan.

Apabila Anda menginginkan tinggal lebih lama di Pulau Dutungan, maka Anda dapat menyewa tempat beristirahat yang tersedia. Namun, jika Anda ingin bermalam dengan cara lain yang lebih dekat dengan alam, Anda bisa camping di bawah naungan pohon rindang. Kegiatan camping pada malam hari, dapat diisi dengan membakar ikan hasil pancingan sendiri.

Wisata Bahari Menawan untuk Diabadikan

Wisata Bahari Menawan untuk Diabadikan
Image Credit: Instagram.com @gondrong.petualang

Berbicara soal keindahan Pulau Dutungan memang tidak akan pernah menemui ujungnya. Pulau ini memiliki daya pikat yang luar biasa, sehingga banyak orang yang jatuh cinta terhadap keindahan Pulau Dutungan. Keindahan-keindahan tersebut akan jauh lebih berarti jika diabadikan dalam sebuah potret.

Satu hal penting yang harus masuk dalam daftar barang bawaan saat berlibur ke Pulau Dutungan adalah kamera yang memadai. Kamera dapat mengabadikan pesona menawan Pulau Dutungan dan aktivitas berlibur Anda. Momen ini tentu saja tidak boleh terlewatkan agar Anda bisa selalu ingat pengalaman seru di pulau asri dan menawan ini.

Pulau Dutungan memiliki banyak spot foto yang sangat menarik. Oleh karena itu, Pulau Dutungan banyak diminati para fotografer sebagai tempat melangsungkan foto pre-wedding. Selain itu, keindahan pulau ini juga sempat beberapa kali menjadi latar tempat pembuatan film layar lebar lho!

Itulah sejumlah informasi penting tentang Pulau Dutungan. Jika Anda tengah berada di Burru, jangan melewatkan destinasi wisata yang satu ini. Pulau Dutungan dengan keasrian dan pesona menawannya akan memberikan pengalaman berharga dan berkesan selama Anda berada di Barru.