Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sukasari Kidul, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Terasering Panyaweuyan merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di kawasan Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Berada di area dataran tinggi, membuat suasana sekitaran Panyaweuyan begitu sejuk dan nyaman. Pemandangan yang disuguhkan pun sangat cantik dan menawan. Mengujungi wisata satu ini di pagi hari pasti sangat seru.

Sebenarnya lokasi wisata satu ini tidak terlalu diekspos karena lokasinya yang berada jauh di kawasan pedesaan. Panyaweuyan terkenal disebabkan oleh viralnya kawasan tersebut yang indah dan cantik. Tatanan sawah warga yang dibuat terasiring menjadi spot pengambilan foto yang ciamik dan menarik, utamanya bagi kalangan remaja.

Berbagai fasilitas bisa wisatawan nikmati selama menghabiskan waktu liburan di Panyaweuyan, Majalengka. Fasilitas tersebut tentu sengaja disediakan untuk memanjakan siapa pun yang datang berkunjung. Diharapkan dengan semakin dikenalnya Terasering Panyaweuyan, wisata ini selalu padat wisatawan di musim liburan atau pun hari biasa.

Daya Tarik yang Dimiliki Terasering Panyaweuyan

Daya Tarik Terasering Panyaweuyan
Image Credit: Google Maps (Dhimas Angga)

Terasering Panyaweuyan menjadi tujuan destinasi wisata alam yang berada di kawasan Kabupaten Majalengka. Memberi suguhan pemandangan alam yang cantik dengan sejuknya suasana sekitar, menjadikannya banyak diburu wisatawan asal daerah perkotaan. Kebanyakan dari mereka mengunjungi wisata ini untuk melepas rasa penat.

1. Bentuk Kebun dan Sawah yang Dibuat Terasiring

Sudah menjadi rahasia umum jika kawasan destinasi wisata alam ini terletak di area dataran tinggi. Selain itu, letaknya yang berada di lereng Gunung Ciremai, membuat bentuk dataran sekitar naik-turun. Dengan mempelajari berbagai macam cara berkebun, memunculkan rasa inisiatif warga sekitar untuk membuat sistem terasering.

Terasering sendiri secara umum, yakni pembuatan lahan kebun yang dibuat naik-turun. Penggunaan sistem terasering juga bertujuan untuk meminimalisir lahan. Ada sawah yang berada di atas, namun ada juga yang berada di bawah. Sistem penanaman semacam ini sudah banyak ditetapkan di beberapa lahan di Indonesia.

2. Lokasi yang Strategis dengan Kondisi Jalan yang Memadai

Meskipun letak wisata Terasering Panyaweuyan sangat jauh dari pusat Kota Majalengka, dan berada jauh di kabupatennya, bisa dibilang kawasannya masih terbilang strategis. Sebagai rute yang dilewati untuk bisa sampai di area wisata ini, merupakan jalanan umum yang biasa digunakan masyarakat sekitar untuk melakukan kegiatan sehari-hari, seperti bekerja.

Kondisi jalan pun juga sudah mulus dan layak dilewati. Penerangan juga sudah memadai dengan banyaknya lampu-lampu yang ada di sekitaran pinggir kanan-kiri jalan. Hanya saja bagi pengunjung yang melewati kawasan Sukasari, perlu kewaspadaan yang tinggi. Kondisi jalan di area ini cukup curam dan terjal. Bahkan cenderung membahayakan.

Daya Tarik Dimiliki Terasering Panyaweuyan
Image Credit: Twitter.com @ronsimawan

3. Pemandangan Sekitar yang Menakjubkan

Daya tarik lainnya yang tidak kalah menarik, yakni pemandangan alam alami yang luar biasa indahnya. Wisatawan bisa melihat indahnya Panyaweuyan dari atas. Hijaunya perkebunan warga sekitar yang asri, dipadu dengan sejuknya angin sekitar, dijamin akan menciptakan suasana tenang dan nyaman, utamanya bagi mereka yang datang dari kota.

Kebun milik warga sekitar pun bermacam-macam. Mulai dari sayur, seperti bawang putih, bawang merah, kubis, hingga cabe. Sedang tumbuhan umumnya adalah padi. Ada pula sebagian lahan khusus yang ditanami tumbuhan teh. Kawasan kebun teh menjadi spot yang sering dikunjungi wisatawan karena dibuat sebagai spot foto yang menarik.

4. Banyaknya Spot Foto yang Menarik

Menjadi tempat para remaja dalam mengambil foto yang instagramable dan aesthetic, membuat wisatawan selalu berhasil menemukan spot-spot foto alami yang cantik. Kebanyakan dari pengunjung tersebut memilih untuk berfoto di spot yang banyak dipilih. Dari atas ketinggian, kebun teh, serta kebunnya langsung tak luput dari jepretan.

Pengelola Terasering Panyaweuyan juga membuat spot foto buatan yang bisa dinikmati sepuasnya. Wisatawan yang menyukai kegiatan fotografi alam, bisa menjadikan wisata satu ini sebagai pilihan. Tempatnya yang sejuk dan nyaman, serta jauh dari perkotaan, dijamin akan membuat Anda nyaman dan betah selama berkunjung ke kawasan satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Terasering Panyaweuyan

Alamat Terasering Panyaweuyan
Image Credit: Google Maps (Chandra 1313)

Terasering Panyaweuyan secara umum berada di kawasan Majalengka. Masuk dalam kabupatennya, destinasi wisata tersebut masuk di wilayah tiga desa sekaligus, yakni Desa Tejamulya, Sukasari Kaler, dan Sukasari Kidul, serta berada di kawasan Kecamatan Argapura. Bagi pengunjung yang ingin datang ke sana, ada beberapa rute tersedia.

Pengujung harus bertolak menuju Panyaweuyan dengan melewati Tol Kertajati. Sebelumnya pengujung akan melewati Pasar Kadipaten. Setelahnya tinggal mengikuti Jalan Raya Kadipaten – Majalengka. Sesampainya di kawasan Kota Majalengka, pengujung harus menemukan bundaran Cigasong, pilih arah menuju area Maja.

Jika pengunjung sudah tiba di kawasan Maja, pengujung tinggal pilih arah menuju kawasan Argapura. Pengunjung bisa bertanya langsung pada warga sekitar. Nantinya minta arah paling mudah agar bisa cepat sampai di tujuan utama. Selain rute tadi, ada rite lain yang memang biasa digunakan pengunjung Panyaweuyan, yakni dari Tol Sumberjaya.

Dari exit Tol Sumberjaya menuju area Pnyaweuyan dengan melewati Jalan Raya Cirebon – Bandung. Sesampainya di lampu merah pertama, pengunjung silahkan memilih belok ke kanan menuju arah Jatiwangi. Setibanya di area Jatiwangi, tinggal pakai rute Majalengka – Cigasong – Maja – Sukasari. Tinggal ikuti arahan warga sekitar dan Anda akan sampai.

Untuk akses jalan di Kota Majalengka bisa dibilang sudah cukup bagus. Hanya saja yang sedikit membuat jengkel ialah begitu memasuki area Sukasari. Bukan akses jalan yang jelek, namun lebar jalan yang sempit terkadang membuat kendaraan harus antri dan maju satu persatu. Biasanya kawasan Sukasari banyak menjadi area yang rawan kemacetan.

Selain itu, kondisi kanan dan kiri jalan di area Sukasari masih dipenuhi tebing yang curam dan cukup berbahaya. Ada baiknya bagi Anda yang melewati kawasan ini saat akan bepergian ke wisata Panyaweuyan dengan memakai kendaraan pribadi, ada baiknya cek terlebih dahulu kondisi kendaraan. Utamanya, yakni rem, lampu kendaraan, dan kopling.

Harga Tiket Masuk Terasering Panyaweuyan Majalengka

Harga Tiket Terasering Panyaweuyan
Image Credit: Google Maps (Uya Setiawan)

Demi menikmati keindahan Terasering Panyaweuyan, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk, serta biaya retribusi kendaraan atau biaya parkir. Memberlakukan tiket masuk sebesar Rp 2.000,00 per orang, dengan parkir Rp 2.000,00 untuk motor dan Rp 5.000,00 untuk mobil, bisa dibilang sangat murah dan terjangkau di kantong.

Namun, ada beberapa saran karena wisata satu ini masih sangat viral di media sosial ada baiknya untuk mendatangi Panyaweuyan saat weekdays. Lonjakan wisatawan yang datang saat weekend sangat meningkat. Akses jalan yang sempit dan sedikit curam sudah dipastikan akan sangat macet, serta padat wisatawan akibat hari libur.

Atau jika memang Anda tetap ingin berlibur di saat weekend, ada baiknya untuk berangkat lebih awal untuk menyiasati terjadinya hal tersebut. Buat perkiraan perjalanan dari tempat keberangkatan, hingga sampai di area Panyaweuyan. Sedikit bocoran pula, kebanyakan wisatawan wisata satu ini ramai dikunjungi di waktu pagi dan sore hari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Terasering Panyaweuyan

Kegiatan di Terasering Panyaweuyan
Image Credit: Instagram.com @shelvykres

1. Menikmati Pemandangan dari Puncak

Kegiatan menarik satu ini menjadi kegiatan wajib yang mesti dilakukan saat mengujungi Panyaweuyan. Dengan melihat panoramanya yang sangat hijau asri dan sejuk, tentu memberi sensasi tersendiri. Hal tersebut pasti utamanya akan banyak dirasakan oleh wisatawan yang jauh-jauh datang dari kawasan perkotaan yang padat penduduk.

Pengunjung bisa melakukan kegiatan satu ini dengan menikmati hidangan di warung makan yang tersedia. Bisa juga sambil menyeruput kopi panas yang nikmati. Terlihat sederhana, namun akan cukup berdampak bagi Anda yang sangat jenuh, penat, serta stress akibat urusan pekerjaan. Kunjungi bersama dengan rekan agar semakin seru.

2. Hunting Foto di Semua Spot

Walaupun letaknya yang begitu alam, serta jauh dari hiruk pikuk perkotaan, siapa sangka jika Terasering Panyaweuyan dapat dikenal banyak masyarakat luar. Keindahan alamnya yang masih sangat asri, dengan banyaknya tumbuhan hijau membuat siapa pun berlomba-lomba untuk bisa mengunjungi wisata alam satu ini.

Lokasinya juga yang terletak di lereng Gunung Ciremai membuat kawasan destinasi ini sangat sejuk dan dingin. Dengan kondisi tersebut, banyak pengunjung yang dapat membuat spot foto alami yang instragramable abis. Yang paling sering diburu sebagai spot foto ialah puncak Panyaweuyan atau area kebun teh yang berada di bawah puncak.

3. Ikut Menanam di Kebun Milik Warga Sekitar

Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan bercocok tanam, Anda bisa berkesempatan untuk mengetahui proses berkebun warga sekitar. Sayur mayur banyak dibudidayakan di kawasan wisata Majalengka satu ini. Posisinya yang masuk dalam dataran tinggi, mendukung sebagai tempat petani berkebun. Kondisi tanah sekitar juga sangat subur.

Jika Anda berkesempatan melihat proses penanaman sayur atau lainnya, petani sekitar memberi pengujung kesempatan tersebut. Nantinya Anda bisa melihat prosesnya, lalu mempraktekkannya langsung. Hal ini tentu menjadi pengalaman yang tidak akan Anda dapatkan di lokasi wisata yang ada di sekitar perkotaan, bukan?

Sayuran umum yang biasanya ditanam di sana ialah bawang merah dan putih. Pemanenan juga akan menjadi aktifitas seru saat di berkebun.

Fasilitas yang Tersedia di Terasering Panyaweuyan Majalengka

Fasilitas di Terasering Panyaweuyan
Image Credit: Google Maps (Yad Mulyady)

Fasilitas umum yang disediakan pengelola wisata Terasering Panyaweuyan bisa dibilang sudah cukup lengkap, serta sudah seperti fasilitas tempat wisata pada umumnya. Terdapat lahan khusus tempat parkir kendaraan, Musholla bagi wisatawan yang muslim, hingga toilet umum yang selalu dibuka pada jam operasional wisata Panyaweuyan.

Jika Anda merasa haus atau lapar, ada juga area khusus yang memang disediakan dan dijadikan sebagai warung-warung makan. Kebanyakan dari tempat makan di area ini, menyediakan menu-menu khas masyarakat Majalengka. Terdapat pula rumah makan yang menjual beraneka ragam masakan lokal dari berbagai daerah di Indonesia.

Tidak ketinggalan, fasilitas spot-spot foto juga sangat menarik di kawasan wisata satu ini. Mulai dari yang alami, sampai dengan buatan bisa wisatawan nikmati. Foto yang diambil pun pasti akan sangat kece dan menarik. Dijamin siapa pun yang datang akan menyukai keindahan tempat wisata terkenal yang berada di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ini.

Sudah cukup lengkap bukan informasi mengenai Terasering Panyaweuyan di atas? Informasi tersebut bisa Anda jadikan referensi sebelum memutuskan Panyaweuyan sebagai destinasi liburan Anda bersama dengan keluarga, rekan, atau sahabat di Kabupaten Majalengka. Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi kendaraan untuk menjaga keselamatan Anda.