Namanya mengingatkan kita akan kasus mega korupsi beberapa tahun silam. Taman Fathan di Bukit Hambalang merupakan tempat nongkrong yang hits dengan view yang menakjubkan di Citeureup, Bogor.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 09.00-21.00 WIB Alamat: Hambalang, Kec. Citeureup, Kota Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Berlokasi di atas perbukitan, Taman Fathan Hambalang termasuk dalam bagian Agrowisata Villa Bukit Hambalang. Sebagian masyarakat mungkin tidak asing lagi dengan kosa kata “Hambalang” dan mengidentikkannya dengan kasus korupsi fenomenal beberapa tahun silam. Namun, perspektif Anda akan berubah 180 derajat ketika berkunjung ke sini.

Didominasi oleh bangku berwarna putih dengan panorama menakjubkan yang dapat Anda nikmati sepuasnya. Tampak lereng gunung berdiri gagah di kejauhan, hamparan pepohonan bernuansa hijau segar, hingga deretan awan yang tampak menggantung di atas kepala. Belum lagi, banyak sajian kuliner yang relatif bersahabat di kantong dengan cita rasa mampu menggoyang lidah.

Beragam aktivitas seru telah menanti, tinggal Anda pilih sesuka hati. Entah sekadar memanjakan mata melalui panorama indah, atau berburu kuliner demi penuhi hobi makan. Secara menyeluruh, pemandangan di Taman Fathan sungguh luar biasa. Memadukan gunung dan pepohonan di bawah naungan langit yang sama nun jauh di sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Fathan Hambalang

Daya Tarik Taman Fathan
Image Credit: Google Maps (JACX 2277)

1. Bukit dengan Suasana yang Sejuk

Berada di wilayah dataran tinggi berkarakter bebatuan kars menjadikan kontur tanah di taman ini cenderung gersang. Ini karena kars memiliki ciri umum seperti drainase permukaan dan gua berbentuk batuan kapur atau gamping. Tak heran, para penambang bahan baku semen begitu memfavoritkan kawasan sekitar sini.

Meski demikian, suasananya tetap terasa sejuk, sama sekali tidak berkurang akibat kondisi kontur tanah. Pasalnya, Taman Fathan Hambalang berdiri gagah di atas dataran tinggi Kabupaten Bogor. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Bogor dan sekitarnya menawarkan cuaca sejuk sehingga kerap dijadikan tempat berlibur oleh wisatawan di Jabodetabek.

2. Objek Wisata yang Ramah Keluarga

Tidak hanya sekadar menyuguhkan keindahan alam yang memikat hati, objek wisata ini juga menjadikan fasilitas memadai sebagai daya tarik unggulan. Tersedia bangku dan meja bernuansa serba putih sehingga menonjolkan kesan yang klasik. Di samping itu, ada pula sarana penunjang seperti arena outbound, lintasan jogging, kolam renang, bahkan penginapan eksklusif.

Di sudut taman yang lain, Anda akan menemukan sejumlah gazebo. Kerap digunakan oleh pengunjung untuk duduk bersantai alias lesehan sambil menatap lanskap indah karya Sang Pencipta. Barangkali, destinasi ini bisa menjadi salah satu cara untuk menambah rasa syukur. Situasi demikian tentunya memberi keuntungan tersendiri jika Anda berencana liburan bersama keluarga.

3. Bagai Negeri di Atas Awan

Saat berkunjung pada pagi hari di tengah cuaca yang cerah, Anda punya peluang besar untuk merasakan sensasi bermain di atas awan. Jajaran awan putih seolah bagai kumpulan kapas menggantung di angkasa. Sesuatu yang tidak bisa Anda nikmati jika tetap berada di ibu kota karena pandangan justru akan terhalangi oleh gedung pencakar langit.

Namun demikian, Anda harus pandai menentukan momentum, di mana sensasi bagai tinggal di atas awan tidak bisa dirasakan setiap saat. Ketika berkunjung saat hujan atau mendung, yang ada justru terkesan menakutkan karena Anda berada di atas ketinggian tatkala langit sedang tidak bersahabat. Waktu terbaik yang dapat dipertimbangkan memang hanya pagi hari di tengah cuaca cerah relatif terik.

Daya Tarik Taman Fathan Hambalang
Image Credit: Google Maps (Ayatullah Mfp)

4. Setiap Saat Lanskapnya Terbilang Indah dengan Pesona Berbeda

Datang pada pagi, siang, sore, atau bahkan malam hari pesona Taman Fathan Hambalang tetap luar biasa. Saat pagi hari, Anda punya peluang melihat kabut tipis atau gumpalan awan sebagai latar belakang objek wisata ini. Menjelang siang, udaranya masih terasa sejuk walau mungkin pandangan akan sedikit silau karena pancaran sinar sang surya.

Menjelang sore, langit mulai berubah menjadi berwarna jingga kemerahan, hawa udara perlahan mendingin, serta lampu-lampu kota telah dinyalakan. Begitu malam tiba, hawa udara semakin bertambah dingin karenanya Anda harus membawa jaket untuk menghangatkan badan. Di samping itu, pesona langit tak lagi terlihat, tetapi digantikan oleh kilau lampu kota nun jauh di bawah sana.

5. Cukup Luas dan Banyak Spot Foto

Taman ini membentang di atas lahan seluas 150 hektare, di samping menawarkan panorama menawan, juga menyediakan aneka spot foto. Agaknya, pihak pengelola memang menyasar kawula muda sebagai wisatawan utama. Mengingat, masa kini aktivitas berfoto ria seolah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan bersosial media.

Kursi dan bangku berjajar rapi, membentang dari sisi kiri ke kanan. Sejauh mata memandang, kelompok usia muda akan mendominasi kawasan wisata. Mahasiswa atau pelajar yang sedang mengerjakan tugas, sepasang kekasih berkencan, atau sekawanan gadis-gadis tengah bercanda ria, pemandangan semacam ini merupakan sesuatu yang sangat lazim ditemukan selagi berdiam di sini.

Karenanya, suasananya jadi terasa segar, bersemangat, dan romantis. Di antara spot foto yang paling laris adalah ayunan di sisi kanan taman dan saling berhadapan, panggung kecil di dekat pohon, serta bingkai buatan berbentuk love. Jika dilihat secara sekilas saja, sebenarnya terkesan biasa, namun pesonanya akan menguat ketika Anda memilih menjelajahi semua kawasan.

Tak perlu khawatir mengenai letaknya yang ada di atas dataran tinggi karena pihak pengelola telah memasang pagar pembatas di sekeliling Taman Fathan. Kira-kira tingginya mencapai pinggang orang dewasa. Meski demikian, usahakan menghindari bermain terlalu di dekat pagar, khususnya jika Anda datang bersama anak kecil sebab itu bisa jadi berbahaya.

6. Bunga Hias Terpangkas Rapi dengan Tanah Berlapis Paving Block

Selanjutnya, walau kontur tanahnya didominasi material bebatuan kars, tetapi tidak terlalu menonjol karena telah dilapisi paving block. Selain itu, rumput dibiarkan merambat di atasnya, dilengkapi beberapa blok semen yang bisa dijadikan tempat berpijak terutama pada waktu turun hujan. Masih belum cukup, pihak pengelola juga merawat sejumlah tanaman hias.

Tanaman hias di sini juga terbilang cukup variatif, baik itu yang memiliki daun berwarna hijau, merah cenderung ungu, atau sebangsanya. Dipangkas dan ditata sedemikian rupa hingga tampak artistik. Ada yang terletak di sekitar gazebo, tumbuh di dekat pagar pembatas, hingga tersebar di antara bangku dan meja.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Taman Fathan

Alamat Taman Fathan
Image Credit: Google Maps (Suwarta Djanoarta)

Terpaut kurang lebih sejauh 20 km dengan pusat Kota Bogor, setidaknya memerlukan waktu 30 menit untuk sampai di Taman Fathan. Anda bisa memanfaatkan Google Maps untuk mengetahui rute spesifiknya dengan menginput alamat Desa Hambalang, Citeureup, Bogor. Tempat ini dapat diakses menggunakan kendaraan umum maupun pribadi, baik mobil atau motor.

Tarif masuk yang diberlakukan oleh pihak pengelola terbilang sangat terjangkau bila mengingat keindahan dan fasilitas di Taman Fathan. Anda hanya akan dikenakan biaya tiket senilai Rp 5.000 dan tambahan Rp 3.000 jika membawa motor, sementara mobil Rp 5.000. Sembari menikmati pemandangan, telah disediakan sejumlah menu mulai dari yang sensasinya dingin hingga panas.

Namun demikian, untuk mendapatkan fasilitas ekstra berupa rooftop Anda perlu membayar lagi sejumlah Rp 10.000. Jam operasionalnya pun tak kalah beragam, di mana Senin-Rabu pada pukul 09.00-21.00 WIB. Sementara itu, hari kami pukul 09.00-17.30 WIB, dan terakhir Sabtu-Minggu pukul 09.00-21.30 WIB. Dengan begitu, Anda memiliki banyak pilihan saat mengatur jadwal keberangkatan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Fathan

Kegiatan Menarik di Taman Fathan
Image Credit: Google Maps (Diidie Friiyanto)

1. Menikmati Panorama Eksotis

Taman Fathan layaknya surga bagi para pecinta fotografi atau sekadar traveler merangkap pengguna aktif sosial media. Pertimbangan utama dan mungkin menjadi alasan sebagian besar wisatawan tertarik berkunjung ke sini karena dilandasi oleh aspek eksotisme. Pengunjung berkesempatan menyaksikan berbagai panorama alam dalam satu tempat.

Lampu-lampu kota di malam hari, pegunungan di kejauhan, selimut awan tebal di angkasa, dan masih banyak lagi. Pesona yang ditawarkan bisa berbeda menyesuaikan waktu kedatangan. Karena alasan inilah, sekadar melihat-lihat panorama eksotis merupakan rekomendasi aktivitas paling utama untuk Anda laksanakan.

2. Mencicipi Kuliner

Taman ini memiliki nama lain yaitu Cafe De’Kendor Hambalang. Tidak mengherankan bila di sini tersedia aneka kuliner, khususnya yang bernuansa kekinian. Menu yang menarik untuk dicoba antara lain jagung bakar, bakso bakar, dan sejenisnya. Adapun minumannya menyajikan aneka kopi baik komoditas lokal maupun mancanegara, teh, dan susu. Tinggal menyesuaikan selera pembeli.

Pasti akan menyenangkan jika berkunjung pada malam hari sambil menyeruput minuman hangat. Di samping itu, juga aktif berbincang-bincang dengan orang terkasih. Bagi yang ingin menyendiri pun tak masalah, cafe ini cukup luas untuk mengakomodir beragam karakter pengunjung. Pilihan tempat duduknya cukup banyak, baik itu sarana lesehan maupun bangku-bangku panjang.

Kegiatan di Taman Fathan
Image Credit: Google Maps (Tony SAC)

3. Menyempatkan Diri Menengok Museum Mega Korupsi Wisma Atlet

Pada dasarnya, Bukit hambalang tidak hanya menawarkan satu objek wisata saja, melainkan menggabungkan beragam hiburan dalam satu wilayah. Sebagai contohnya, Museum Mega Korupsi Wisma Atlet yang menjadi pengingat akan kejadian menggemparkan beberapa tahun silam.

Kasus korupsi wisma atlet yang mendatangkan kerugian bagi negara hingga mencapai triliunan rupiah itu kini dilepaskan begitu saja. Walau bisa dikatakan sebagai proyek gagal, tetapi tidak ada salahnya mengintip kondisi museum ini. Barangkali, itu bisa menjadi pelajaran berharga dan mengingatkan Anda betapa tidak baiknya perilaku korupsi dan turunannya. Selain wisata, bisa jadi ajang muhasabah.

Penginapan Murah Dekat Taman Fathan

Penginapan Dekat Taman Fathan
Image Credit: Agoda.com

1. Lorin Sentul Hotel

Menawarkan fasilitas berupa sarapan gratis dan akses WiFi 24 jam. Terpaut sekitar 4,32 km dari destinasi tujuan, sewa per malam ditaksir mulai dari Rp 420.000-an.

2. Villa Bukit Hambalang

Harga yang dipatok terbilang variatif menyesuaikan pilihan paket Anda. Fasilitasnya pun demikian, di antaranya terdapat arena outbound, kolam ikan, kolam renang, dan sebagainya. Letaknya tidak jauh dari Taman Fathan Hambalang.

3. RedDoorz Near Sirkuit Sentul

Penginapan ini bisa menjadi rekomendasi yang tepat karena jaraknya yang dekat. Terpaut sejauh 4,43 km dengan Villa Bukit Hambalang, tarif per malam Rp 299.000-an.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Fathan Hambalang Bogor

Fasilitas di Taman Fathan Hambalang
Image Credit: Google Maps (Eka Neng)

Fasilitas di taman keren ini meliputi mushala, cafe, WiFi gratis, parkiran dan sebagainya. Beragam kebutuhan pengunjung telah diperhitungkan dengan baik oleh pengelola, sehingga pengunjung dapat lebih nyaman dalam menikmati beragam pesona keindahan yang tersaji.

Sangat direkomendasikan untuk datang pada malam atau pagi hari di Taman Fathan Hambalang. Keduanya merupakan momentum paling istimewa, di mana Anda berkesempatan menggabungkan panorama taman itu sendiri dengan riuhnya aktivitas kota dari jauh. Sebaiknya datang bersama orang lain agar terasa lebih menyenangkan dan mengesankan.