10 Oleh-Oleh Khas Jepara Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Jepara

Bagi wisatawan dari luar daerah yang sedang berkunjung ke Jepara, tentu saja mereka harus mencari oleh-oleh khas daerah tersebut. Ternyata, di Jepara ada cukup banyak makanan khas dan oleh-oleh yang unik dan wajib dibeli. Apa saja? Ini dia daftarnya.

1. Carang Madu

Carang Madu

Image Credit by Detik.com

Salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli ketika di Jepara adalah carang madu. Carang madu adalah camilan yang terbuat dari adonan tepung beras yang digoreng. Bentuknya mirip kerupuk. Rasanya juga renyah dan nikmat saat digigit.

Carang madu ini diberi topping gula merah sehingga rasanya manis dan membuat ketagihan. Carang madu bisa ditemukan di aneka toko oleh-oleh di seluruh Jepara.

2. Kacang Listrik

Kacang Listrik

Image Credit by Tic.jepara.go.id

Namanya memang unik, kacang listrik. Namun, tenang saja, tidak ada unsur listrik apapun dalam makanan ini. Mengapa camilan khas Jepara ini diberi nama kacang listrik?

Jawabannya karena kacang goreng dengan rasa gurih ini dulunya dijual oleh pedagang-pedagang yang menggelar dagangannya di bawah tiang-tiang listrik. Rasanya gurih, nikmat, dan juga renyah.

3. Kerupuk Echo

Kerupuk Echo

Image Credit by Bukalapak.com (Windi intiana)

Kerupuk Echo adalah produk UMK lokal berupa kerupuk berbahan dasar ikan tenggiri dan juga udang. Rasanya sangat renyah dan juga gurih.

Saat ini, kerupuk ini sudah berkembang dengan adanya berbagai varian rasa. Selain original, Kerupuk Echo ada juga dalam varian rasa pedas dan lainnya.

4. Kebaya Kartini

Kebaya Kartini

Image Credit by Wenweding.blogspot.com

Salah satu sosok paling terkenal dan melegenda di Jepara adalah R.A. Kartini. Pahlawan wanita Indonesia ini terkenal dengan sosoknya yang memakai kebaya.

Maka tak heran jika salah satu souvenir khas Jepara adalah kebaya dengan model seperti yang dikenakan R.A. Kartini. Kebaya jenis ini bisa dibeli di berbagai toko pakaian dan pasar di Jepara.

5. Keripik Bawang

Keripik Bawang

Image Credit by Tokopedia.com

Keripik bawang memiliki rasa gurih dan nikmat saat dimakan. Untuk menemukan oleh-oleh camilan yang satu ini, kalian bisa datang di aneka pusat oleh-oleh Jepara dan keripik yang satu ini pasti akan tersedia di sana.

Harganya juga tidak terlalu mahal dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi mereka yang menempuh perjalanan panjang karena kerupuk ini cukup awet dan tahan lama.

6. Durian Petruk

Durian Petruk

Image Credit by Goodnewsfromindonesia.id

Durian Petruk adalah durian khas Jepara. Rasanya legit dan aromanya benar-benar menggoda. Durian jenis ini dijual di berbagai tempat di seluruh Jepara,

Harganya berkisar antara 50 ribuan hingga 100 ribuan. Tak usah khawatir karena nikmatnya durian ini setara dengan banyaknya uang yang dikeluarkan.

7. Kaos Qimo

Kaos Qimo

Image Credit by Jeparahariini.com

Jika Bali punya Joger dan Jogja punya Dagadu, maka Jepara punya Qimo. Qimo adalah produk kaos khas Jepara dengan desain yang unik dan khas daerah ini.

Pembelian kaos ini bisa dilakukan di aneka outlet resminya. Namun, jika tak sempat ke sana, banyak juga kaos Qimo yang dijual bebas di aneka toko oleh-oleh.

8. Ukiran Kayu

Ukiran Kayu

Image Credit by Mebeljepara1.blogspot.com

Jenis UMK terbesar di Jepara adalah ukiran kayu. Tentu saja hal ini bisa dipahami mengingat Jepara dan ukiran kayu sudah tidak bisa dipisahkan sejak bertahun-tahun yang lalu.

Souvenir dan oleh-oleh berupa ukiran kayu bisa ditemukan di berbagai sudut kota Jepara, baik di pusat kota, maupun di desa-desa wisatanya.

9. Tenun Troso

Tenun Troso

Image Credit by Astinsoekanto.com

Selain ukiran kayu, Jepara juga memiliki kerajinan khas lainnya yaitu tenun troso. Tenun jenis ini dikerjakan oleh penduduk lokal Jepara sejak bertahun-tahun yang lalu. Hal yang membuat kain tenun ini unik adalah teknik menenunnya.

Proses penenunan menggunakan teknik yang disebut dengan teknik “gedok”. Pola tenunan menjadi khas dan unik karena hasil dari teknik ini. Harga kain tenun ini berkisar antara 100 ribuan hingga jutaan Rupiah.

10. Jeruk Swing

Jeruk Swing

Image Credit by Lintaspublik.com

Jeruk Swing atau disebut juga dengan Jeruk Jepara adalah jenis jeruk yang banyak tumbuh di daerah ini. Bentuknya mirip jeruk nipis namun agak besar dan banyak keriputnya.

Rasanya pun unik karena meski mirip jeruk nipis, ada rasa perpaduan antara asam dan asin di dalamnya.

Toko Pusat Oleh-Oleh Khas Jepara

1. Toko Sinar Barokah

Toko Sinar Barokah

Lokasi: Jl. Raya Jepara – Kudus, Margoyoso II, Margoyoso, Kec. Kalinyamatan, Kab. Jepara. – Image Credit by Toko-oleh-oleh-khas-jepara-sinar-barokah.business.site

Salah satu toko oleh-oleh paling terkenal di Jepara adalah Toko Sinar Barokah ini. Di toko oleh-oleh ini, kalian bisa membeli semua makanan khas Jepara dan segala macam oleh-oleh, termasuk kacang disko, carang madu, dan lain sebagainya.

Tak hanya makanan, toko ini juga menyediakan aneka oleh-oleh berupa sovenir, termasuk juga kaos-kaos, gantungan kunci, dan juga ukiran-ukiran kecil yang notabenenya merupakan kerajinan khas Jepara.

2. Chandra Jepara Wood Craft

Chandra Jepara Wood Craft

Lokasi: Jl. Diponegoro, Kauman, Kec. Jepara, Kab. Jepara. – Image Credit by Facebook.com @Jualbelimebeljepara

Tidak bisa dipungkiri lagi jika Jepara sangat identik dengan ukir-ukiran kayu. Kerajinan yang satu ini sudah ditekuni oleh masyarakat Jepara sejak ratusan tahun yang lalu. Untuk membeli oleh-oleh berupa ukiran kayu, salah satu tempatnya adalah di Chandra Jepara Wood Craft.

Di toko ini, tersedia aneka jenis ukiran kayu, mulai yang ukurannya kecil hingga yang besar-besar seperti hiasan dinding dan juga patung. Harganya juga bervariasi, tergantung ukuran, jenis kayu, dan tingkat kesulitan dari kerajinan yang dijual.

3. Outlet Kaos Qimo

Outlet Kaos Qimo

Lokasi: Jl. KH. Moliki No.02, Pengkol VII, Pengkol, Kec. Jepara, Kab. Jepara. – Image Credit by Jeparahariini.com

Kaos Qimo adalah kaos khas Jepara. Layaknya Joger di Bali atau Dagadu di Jogja, penjualan Kaos Qimo dilakukan di outlet-outlet resmi. Jika ingin membeli Kaos Qimo yang asli, datang saja ke outlet atau toko resmi dari kaos ini.

Di outlet resminya, kalian tidak hanya akan menemukan kaos, tapi juga jenis pakaian yang lainnya dan aksesoris Qimo lainnya, seperti topi, gantungan kunci, dan masih banyak lainnya. Semuanya cocok dijadikan oleh-oleh.

4. Pusat Oleh-Oleh Kacang Khas Jepara

Pusat Oleh-Oleh Kacang Khas Jepara

Lokasi: Rw. V, Bapangan, Kec. Jepara, Kab. Jepara. – Image Credit by Google.com

Sudah bukan rahasia lagi jika kacang listrik merupakan salah satu oleh-oleh paling identik dengan daerah Jepara. Untuk membeli kacang listrik, ada banyak tempat di sudut-sudut kota ini. Salah satunya adalah di Pusat Oleh-Oleh Kacang Khas Jepara.

Semua jenis kacang listrik dengan berbagai varian dan rasa dijual di toko ini. Harganya terjangkau dan tidak hanya kacang yang ada di etalase toko ini, namun juga jenis makanan dan camilan lainnya.

5. Toko Kerupuk Ramayana

Toko Kerupuk Ramayana

Lokasi: Jobokuto II, Jobokuto, Kec. Jepara, Kab. Jepara. – Image Credit by Tempatiklanjepara.wordpress.com

Toko Kerupuk Ramayana yang ada di Jl. Yos Sudarso ini merupakan tempat yang tepat di mana kalian bisa belanja oleh-oleh Jepara terutama yang berjenis kerupuk dan keripik. Kerupuk Echo dan keripik bawang tersedia di toko ini dengan harga yang ramah di kantong.

Selain itu, toko ini juga menyediakan aneka jenis makanan ringan lainnya. Di sini kalian bisa menikmati one-stop shopping untuk oleh-oleh. Tidak perlu mampir ke tempat lain karena semua oleh-oleh khas Jepara sudah tersedia di toko ini.

Itu dia tadi daftar makanan, souvenir, dan oleh-oleh lain khas Jepara. Ada juga daftar tempat-tempat untuk membelinya. Tak perlu khawatir lagi jika nanti berkunjung ke Jepara dan harus membeli oleh-oleh. Informasi di atas tadi bisa digunakan untuk mencari semua oleh-oleh yang diinginkan.