16 Oleh-Oleh Khas Lampung Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Lampung

Lampung memiliki beragam oleh-oleh khas yang populer sayang untuk dilewatkan. Buah tangan berupa minuman dan makanan khas wajib Anda beli untuk teman dan orang di rumah.

Lampung merupakan provinsi paling ujung di Pulau Sumatra dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara karena keragaman pariwisatanya. Seperti banyak kota-kota lain di Indonesia, Lampung memiliki banyak makanan yang dijadikan oleh-oleh khas daerah tersebut. Nah, di bawah ini ada daftar beberapa makanan yang bisa dibeli di Lampung dan dijadikan oleh-oleh.

Bagi yang berencana mengunjungi Lampung dalam waktu dekat, tentu saja daftar oleh-oleh di bawah ini bisa dijadikan referensi untuk mencari makanan atau camilan apa saja yang bisa dibeli di Lampung dan diberikan pada saudara dan teman-teman di kota asal. Jangan khawatir, Lampung sangat kaya ragam kuliner sehingga banyak sekali nantinya jenis-jenis makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Berikut ini adalah daftar oleh-oleh yang dibutuhkan oleh wisatawan yang datang ke Lampung. Semua makanan atau camilan di bawah ini sudah sangat terkenal di seluruh pelosok Lampung dan banyak dicari oleh wisatawan sebagai buah tangan. Sebelum berkunjung ke Lampung, pastikan dulu daftar oleh-oleh khas di bawah ini dibaca dengan seksama agar di sana tak perlu pusing lagi soal membeli buah tangan.

1. Keripik Pisang

Keripik Pisang

Image Credit: Tribunnews.com

Bukan rahasia lagi jika Lampung merupakan daerah penghasil pisang. Maka, banyak sekali makanan dan camilan khas Lampung yang menggunakan bahan dasar buah kaya gizi ini. Salah satu yang paling terkenal tentu saja adalah keripik pisang. Pisang diiris tipis-tipis kemudian digoreng atau dipanggang hingga renyah.

Keripik pisang khas Lampung kini sudah menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kadang diberi banyak rasa kekinian seperti rasa coklat, keju dan beberapa jenis perasa gurih lainnya seperti rasa sambal balado dan rasa pedas. Keripik pisang sangat mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Lampung.

2. Bejak Enjak

Bejak Enjak

Image Credit: Kompas.com

Selain dibuat menjadi keripik, pisang juga dibuat menjadi salah satu kue khas Lampung yang disebut dengan kue Bejak Enjak. Kue ini bentuknya seperti lemper yang dibungkus dengan daun pisang. Bahan utama pembuatan kue ini adalah pisang raja dan ketan putih. Rasanya sangat manis dan nikmat karena rasa manis natural dari pisang ditambahkan dengan gula merah.

Kue ini banyak sekali dijumpai di pasar tradisional di seluruh Lampung. Harganya murah dan cukup tahan lama, apalagi jika disimpan di kulkas. Inilah mengapa banyak wisatawan yang tertarik untuk membeli kue jenis ini sebagai oleh-oleh. Kue ini bisa dijadikan teman di kala menikmati secangkir kopi atau teh di sore hari.

BACA:  20 Makanan & Minuman Khas Lampung yang Terkenal Enak

3. Sambal Ikan Peda

Sambal Ikan Peda

Image Credit: Tokopedia.com

Orang Lampung suka dengan makanan bercitarasa pedas. Ini alasannya mengapa banyak sekali jenis sambal yang dibuat di Lampung. Salah satunya adalah sambal ikan peda. Ya, seperti namanya, memang sambal ini bahan dasarnya adalah ikan peda atau jenis ikan yang banyak ditemukan di sungai-sungai seputaran Lampung.

Sambal ini memiliki rasa pedas dan rasa khas ikan yang diasap. Rasanya sangat nikmat, apalagi jika disajikan dengan lauk-pauk dan juga dengan sepiring nasi hangat. Sambal ikan peda kini sudah umum ditemukan dalam kemasan botol dan harganya berkisar antara 20,000 hingga 30,000 rupiah per botolnya.

4. Sambal Lingkung

Sambal Lingkung

Image Credit: Cookpad.com

Sambal lingkung merupakan sambal khas Lampung lainnya yang bentuknya cukup unik. Sambal ini bentuknya kering seperti abon dan bahan utamanya adalah dari ikan gabus. Rasanya sangat nikmat dan biasanya memang digunakan untuk memberi cita rasa pedas pada banyak sajian. Tak heran jika sambal ini selalu ada di atas nasi goreng, bubur ayam dan banyak sajian lainnya.

Jika ingin membeli sambal lingkung ini, sudah banyak produsen yang membuat sambal ini dalam kemasan botol maupun kemasan praktis lainnya. Sambal lingkung juga sudah mudah sekali ditemukan di berbagai toko oleh-oleh dan tempat perbelanjaan di seluruh Lampung. Untuk oleh-oleh, sambal ini cocok sekali karena memang awet dan mudah dibawa.

5. Sambal Tempoyak

Sambal Tempoyak

Image Credit: Okezone.com

Sambal tempoyak merupakan jenis sambal yang menjadi khas di beberapa daerah di Pulau Sumatra, termasuk di Lampung. Sambal ini merupakan sambal yang dibuat dari fermentasi buah durian. Rasanya tentu saja unik dan tidak ada jenis sambal lain yang memiliki cita rasa yang manis-pedas seperti sambal tempoyak ini.

Sambal tempoyak biasanya dibuat dengan menambahkan cabai dan rempah pada buah durian yang sudah difermentasi. Sambal ini memiliki rasa legit dan sangat cocok dinikmati sebagai cocolan atau sebagai teman sepiring nasi panas. Bagi yang penasaran ingin mencoba, sambal ini sekarang sudah sangat mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Lampung.

6. Kue Pisang Lampung

Kue Pisang Lampung

Image Credit: Infolpg.com

Lampung memang memiliki tanaman pisang yang melimpah. Tak heran jika sajian apapun bisa ditambahkan pisang di dalamnya. Kali ini, pisang dibuat menjadi kue yang dikenal dengan nama Kue Pisang Lampung.

Bentuknya asli seperti pisang karena pembuatannya hanya dengan membelah pisang menjadi dua (memanjang) kemudian isi pisang dikeluarkan dan dagingnya dicampur dalam adonan kue. Kulit pisang kemudian menjadi loyang sehingga membuat kue ini terlihat unik dan menarik.

7. Kue Lapis Legit

Kue Lapis Legit

Image Credit: Cookpad.com

Kue lapis legit tidak hanya terkenal di Jawa saja tapi juga di Sumatra, terutama Lampung. Kue dengan rasa khas rempah ini dikenal sebagai salah satu kue tradisional di Lampung.

BACA:  17 Wisata Pantai di Lampung Favorit Dikujungi Para Wisatawan

Biasanya, kue basah ini dijual utuh per loyang atau sudah dipotong menjadi bentuk kecil-kecil. Tentu kue ini cocok dijadikan snack untuk acara apapun.

8. Kemplang Tenggiri

Kemplang Tenggiri

Image Credit: Silausurya.com

Kemplang adalah semacam kerupuk yang tebal dan agak keras. Rasanya gurih dan cocok disantap dengan sepiring nasi atau dicocol dengan sambal pedas.

Sebagai oleh-oleh, kemplang sangat cocok karena memang sudah dijual dalam keadaan kering sehingga bisa awet berhari-hari lamanya.

9. Pempek Lampung

Pempek Lampung

Image Credit: Idntimes.com

Jangan salah, tak hanya Palembang saja yang khas dengan pempeknya. Lampung juga demikian. Ada perbedaan besar antara pempek Palembang dengan pempek Lampung. Pempek Palembang yang asli menggunakan bahan dasar ikan belida dan bukan jenis ikan lainnya.

Kalau di pempek Lampung, bahan utamanya adalah ikan tenggiri. Jadi, dari segi cita rasa saja sudah beda dan keduanya sama-sama nikmat disantap, apalagi dalam keadaan hangat dan sudah disiram dengan kuah cuko.

10. Lempok Durian

Lempok Durian

Image Credit: Makananlampung.com

Orang Sumatra, tak hanya Lampung, pasti sudah tak asing lagi dengan lempok durian. Ya, sajian ini memang berbahan dasar durian dan memiliki cita rasa yang legit. Lempok merupakan sejenis dodol yang teksturnya lengket di mulut namun sangat lezat disantap.

Di Lampung, lempok durian ada yang dibuat dengan bentuk tradisionalnya namun ada pula yang sudah diberi sentuhan modern dan dijual dalam plastik-plastik resealable. Makanan ini cocok sebagai oleh-oleh karena memang awet dan mudah ditemukan di mana-man.

11. Keripik Nangka

Keripik Nangka

Image Credit: Makananlampung.com

Selain pisang, nangka juga banyak digunakan untuk bahan dasar membuat keripik. Rasa keripik menjadi lebih manis karena nangka memang pada dasarnya mengandung cukup banyak rasa manis yang alami.

Kripik nangka biasanya dijual kiloan di toko oleh-oleh, namun juga ada banyak yang sudah dijual berupa kemasan layaknya snack jenis lainnya. Kripik ini terbilang cocok sebagai oleh-oleh karena memiliki tingkat keawetan yang cukup tinggi.

12. Kopi Lampung

Kopi Lampung

Image Credit: Ahlikopilampung.com

Di Lampung, kopi merupakan salah satu sajian minuman wajib. Ada berhektar-hektar kebun kopi di seluruh Lampung dan kopi Lampung sudah menjadi oleh-oleh yang dianggap wajar untuk dibeli. Inilah mengapa jika ada keluarga yang suka kopi, oleh-oleh ini menjadi pilihan.

Kopi Lampung banyak dijual dalam bentuk kemasan plastik maupun dibungkus dengan aneka jenis botol. Harganya relatif murah dan wajar untuk ukuran kopi yang fresh dan asli. Temukan aneka jenis kopi ini di department store atau di aneka toko lainnya.

BACA:  11 Tempat Wisata di Metro Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

13. Kopi Durian

Kopi Durian

Image Credit: Facebook.com @kopi durian khas lampung

Selain kopi khas Lampung, kopi durian juga merupakan oleh-oleh khas yang termasuk dalam kategori kopi. Kopi ini merupakan campuran antara biji kopi dengan fermentasi buah durian. Rasanya tentu saja unik dan dari bentuknya saja sudah beda. Kopi memiliki warna yang tidak kehitaman, namun lebih pada warna coklat pekat.

Untuk penggemar kopi, kopi durian ini sangat wajib dicoba karena memang enak dan unik. Kopi bisa ditemukan di aneka toko oleh-oleh yang tentu saja tersebar di berbagai penjuru Lampung. Harganya juga tidak mahal dan ramah di kantong.

14. Aneka Manisan Buah

Aneka Manisan Buah

Image Credit: Makananlampung.com

Jika yang dicari adalah oleh-oleh yang awet hingga beberapa waktu ke depan, pilihan harus jatuh pada aneka manisan buah. Di Lampung memang teknik pengawetan buah sangat terkenal. Buah dipotong kecil-kecil kemudian direndam dalam cairan gula hingga awet dan manis hingga berminggu-minggu kemudian.

Di toko oleh-oleh, biasanya aneka manisan buah ini dijual kiloan dan pembeli bisa bebas memilih buah apa saja yang ingin dibeli. Beberapa jenis buah yang sangat sering dibuat manisan antara lain adalah salak, nanas, dan kedondong. Nantinya manisan buah akan dikemas dalam plastik tebal sehingga aman dibawa sebagai oleh-oleh.

15. Kue Browkis

Kue Browkis

Image Credit: Tribunnews.com

Ya, namanya memang bukan brownies, tapi browkis. Browkis merupakan sejenis brownies yang sama-sama memiliki cita rasa coklat yang kental. Namun, browkis ini unik karena ada satu jenis bahan yang tidak umum di dalamnya. Bahan ini adalah kulit pisang. Karena di Lampung pisang sangat melimpah ruah, maka banyak sekali sajian yang melibatkan pisang, bahkan kulitnya.

Pembuatan kue browkies layaknya pembuatan brownies seperti biasanya, namun kulit pisang yang tentu sudah dibersihkan akan dicincang dan dimasukkan dalam adonan. Kulit pisang ternyata mengandung banyak sekali vitamin dan menambah cita rasa unik dalam kue yang pastinya lezat dan legit ini.

16. Bakso Sapi

Bakso Sapi

Image Credit: Uzone.id

Bakso sapi yang menjadi oleh-oleh khas dari Lampung adalah yang berbentuk frozen atau beku. Bakso ini biasa dijual di toko-toko oleh-oleh. Wisatawan suka dengan oleh-oleh bakso ini karena praktis dan nanti begitu sampai rumah bisa diolah menjadi aneka jenis masakan, bukan hanya menjadi semangkuk bakso dengan kuah saja.

Karena bentuknya yang beku, bakso bisa dibawa dengan sangat mudah sepanjang perjalanan antara Lampung ke kota asal. Bakso tidak akan basi di jalan dan tetap bisa diolah dengan mudah begitu nanti sampai rumah. Inilah mengapa salah satu oleh-oleh wajib yang harus dibawa wisatawan saat berkunjung ke Lampung adalah bakso ini.

Itulah beberapa makanan atau camilan yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh khas saat berada di Lampung. Sebenarnya, oleh-oleh khas Lampung lainnya juga banyak yang berupa kain atau souvenir. Tapi, tetap saja yang paling ditunggu-tunggu adalah oleh-oleh dalam bentuk makanan seperti yang dijabarkan di atas tadi.