5 Oleh-Oleh Khas Brebes Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Brebes

Inilah rekomendasi oleh-oleh khas dari Brebes yang populer diburu wisatawan saat berkunjung. Buah tangan berupa makanan khas yang cocok untuk dibawa pulang.

Penduduk di Kabupaten Brebes merupakan jumlah yang paling banyak dibandingkan daerah lain di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Brebes sangat terkenal dengan telur asinnya. Namun, ternyata makanan khas di Brebes yang dapat dijadikan oleh-oleh tidak hanya telur asin. Masih ada beberapa oleh-oleh yang unik dari daerah ini yang dapat Anda bawa pulang ke rumah setelah berkunjung di tempat ini.

Perjalanan berkunjung ke suatu daerah ataupun berwisata akan lebih terasa menyenangkan jika Anda melalui daerah yang mempunyai beragam makanan yang khas. Hal ini karena makanan khas yang biasanya hanya menjadi pengetahuan saja yang dilihat melalui televisi, kini dapat dinikmati langsung. Bagi Anda yang melewati jalur pantura di Provinsi Jawa Tengah, pasti akan melewati Kabupaten Brebes.

Selain beberapa tempat wisata yang ada di daerah tersebut, Brebes juga memiliki beragam makanan olahan yang bersumber dari potensi besar wilayah setempat. Makanan tersebut menjadi ikon-ikon wilayah yang terkenal luas di berbagai wilayah di Indonesia. Sehingga ketika pengunjung datang ke daerah ini, mereka akan sangat antusias untuk membeli makanan khas tersebut menjadi oleh-oleh untuk keluarga. Berikut daftar oleh-oleh khas Brebes yang bisa Anda pilih saat berkunjung.

1. Abon Ikan Bandeng

Abon Ikan Bandeng

Image Credit: Abonabonikan.blogspot.com

Olahan ikan bandeng tidak hanya ada di Kota Semarang saja, di Brebes juga dapat dijumpai olahan ikan bandeng berupa abon. Cita rasa dari abon ini juga tak berbeda jauh dengan abon sapi yang biasa dikonsumsi. Bahkan, rasa dari ikannya tidak terasa ketika dimakan. Inilah keunikan dari makanan yang satu ini.

Ikan bandeng yang digunakan untuk membuat abon hanyalah ikan yang berkualitas baik. proses pengolahannya masih sederhana, namun tetap memperhatikan higienitas. Ikan bandeng sendiri merupakan salah satu ikan yang kandungan kolesterolnya rendah. Harga dari makanan ini cukup terjangkau, dengan manfaat yang dapat diperoleh.

Lemak jenuh adalah salah satu faktor yang menyebabkan darah arteri tersumbat sehingga bisa menyebabkan sakit jantung koroner. Kandungan yang ada di abon ini termasuk aman untuk dikonsumsi.

Abon ikan bandeng ini dikemas dalam dua jenis kemasan, yaitu dikemas menggunakan vakum berisi 250 gram dan dikemas menggunakan kotak berisi 100 gram. Makanan ini dapat menjadi langkah alternatif ketika malas memisahkan ikan dengan durinya saat ingin makan ikan bandeng.

BACA:  9 Wisata Pantai di Pekalongan Paling Hits Dikunjungi

2. Telur Asin Rasa Udang

Telur Asin Rasa Udang

Image Credit: Kompasiana.com

Sebagian orang yang mendengarkan nama dari makanan ini bisa timbul rasa penasaran. Pada umumnya masyarakat hanya mengetahui telur asin bakar yang juga merupakan makanan khas dari daerah ini. Telur asin rasa udang ini tidak berbeda jauh dengan telur asin bakar dan cita rasa dari telur asin juga tidak mengalami perubahan.

Telur asin di wilayah ini dikenal dengan bagian kuning telurnya masir serta rasa asin yang pas dan lezat. Saat telur ini dibelah, pada bagian kuning telur akan terdapat lelehan minyak yang terlihat seperti madu. Penampilan dan warna pada telur ini pasti akan menarik perhatian siapapun yang melihatnya.

Langkah pembuatan telur asin ini sama dengan telur asin pada umumnya, yakni menggunakan telur bebek yang berkualitas baik. Hanya saja perbedaannya terletak pada proses pemberian makanan pada bebek yang dibudidayakan. Makanan yang akan diberikan kepada bebek diberi campuran tepung udang. Sehingga akhirnya akan menghasilkan telur yang beraroma udang.

Selain itu, terdapat beberapa produsen yang justru mencampur tepung udang tersebut bersama dengan abu saat memasuki tahap pengasinan. Tahap pengasinan ini dilakukan dengan cara merendam telur ke dalam larutan abu gosok atau serbuk batu bata yang telah dihaluskan. Tahapan ini memakan waktu satu sampai dua pekan. Telur ini tersedia di toko oleh-oleh.

3. Kerupuk Tulang Bandeng

Kerupuk Tulang Bandeng

Image Credit: Keluyuran.com

Kerupuk menjadi jenis makanan yang menjadi camilan favorit untuk berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Bahkan, bagi beberapa orang, ketika sedang makan namun belum ada kerupuk, rasanya kurang lengkap. Masyarakat juga telah mengenal beragam rasa dan jenis kerupuk. Beberapa daerah di Indonesia juga memiliki kerupuk khas yang digemari masyarakat.

Di Kabupaten Brebes, terdapat jenis kerupuk terbaru yang bisa Anda coba serta dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah, dengan nama kerupuk tulang bandeng. Kerupuk ini diolah dengan bahan dasar berupa tulang ikan bandeng, di mana bandeng merupakan budidaya terbaik yang ada di daerah ini.

BACA:  14 Tempat Wisata di Wonogiri Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Makanan ini merupakan ide kreatif untuk mengolah limbah dari tulang ikan bandeng. Ikan bandeng sendiri juga mempunyai tulang yang masih dapat memberikan manfaat bagi tubuh, karena kandungan dan manfaatnya juga tak berbeda jauh dengan bagian daging ikannya. Duri dan tulang pada ikan ini mengandung tinggi kalsium apabila dibandingkan dengan jenis ikan lain.

Kerupuk ini aman untuk dikonsumsi oleh siapapun pada semua usia, karena higienitas dalam proses pengolahannya senantiasa terjaga walaupun masih menggunakan cara pengolahan yang sederhana. Masyarakat yang memproduksi makanan ini telah memahami akan pentingnya menjaga kebersihan demi kesehatan siapapun yang nantinya menjadi konsumen.

Anda dapat membeli kerupuk ini dalam bentuk yang sudah matang maupun yang masih mentah sebagai oleh-oleh perjalanan wisata Anda di Kabupaten Brebes. Olahan kerupuk ini menjadikan Anda dapat memakan tulang bandeng dengan rasa yang enak tanpa khawatir tersedak.

4. Camilan Krispi Ikan Serinding

Krispi Ikan Serinding

Image Credit: Bukalapak.com

Terdapat berbagai jenis camilan dalam bentuk kerupuk di daerah ini. Salah satunya yaitu camilan krispi ikan serinding. Camilan ini juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh untuk Anda bawa pulang ke rumah. Makanan ini sudah cukup terkenal, bahkan sudah terkenal sampai di Pulau Kalimantan. Ikan serinding ini memang banyak dijumpai di wilayah pesisir utara.

Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat dengan menggunakan bahan ikan serinding. Ikan ini merupakan salah satu ikan yang berada di perairan wilayah Kabupaten Brebes. Pada umumnya, jenis ikan serinding ini memiliki ukuran yang kecil dan berwarna keperakan yang transparan. Ikan ini dapat bergerak cepat dan lincah, serta sesekali terlihat berkelompok.

Ikan diperoleh dari hasil tangkapan nelayan yang melaut. Setelah ikan ini ditangkap proses pengolahan langsung dilakukan, yaitu dengan membersihkan sisik pada ikan, baru kemudian digoreng dalam minyak panas, dengan diberi bumbu. Ikan ini digoreng sampai kering dan bertekstur krispi.

Ikan ini mudah matang dan kering, karena ikannya tipis dan kecil. Makanan ini dikemas menggunakan kemasan plastik yang eksklusif dan tersedia dalam berbagai rasa, seperti original, pedas manis, keju, wijen, barbeque, pizza, balado, dan ayam bakar. Makanan ini mempunyai rasa yang begitu lezat.

Rasa dari camilan ini sangat dipengaruhi oleh bumbu yang memiliki beberapa varian rasa tersebut. Misalnya untuk rasa wijen, ikan ini akan terasa renyah serta taburan wijennya akan semakin menambah cita rasa pada ikan kering ini. Ikan kering ini dapat dijadikan lauk makan bersama nasi maupun sebagai camilan sembari bersantai.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Temanggung yang Enak & Wajib Anda Coba

5. Kerupuk Rumput Laut Aneka Rasa

Kerupuk Rumput Laut

Image Credit: Tfamanasek.com

Rumput laut memang dapat diolah menjadi beragam bentuk makanan yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas. Beberapa jenis olahan yang telah dikenal oleh masyarakat diantaranya jelly rumput laut, agar kertas, dodol rumput laut, serta sirup rumput laut. Di Brebes juga terdapat olahan lain dari bahan ini, yaitu kerupuk rumput laut.

Di daerah ini terdapat budidaya rumput laut dengan jenis Gracillaria sp. Rumput laut tersebutlah yang menjadi bahan untuk memproduksi kerupuk ini. Kerupuk rumput laut ini memiliki beberapa pilihan rasa yang ditawarkan, diantaranya rasa kerang dan rasa bandeng presto. Rasa ini sangat unik dan berbeda dengan rasa kerupuk biasa.

Budidaya rumput laut di Kabupaten Brebes ini termasuk melimpah, sehingga dapat menjadi salah satu potensi besar di daerah ini. Untuk membuat kerupuk, terlebih dahulu rumput laut dibuat dalam bentuk tepung. Setelah itu baru dicampurkan dengan bahan lain berupa tepung tapioka. Adonan tersebut diaduk sampai merata dan benar-benar tercampur.

Rasa dari kerupuk, yaitu rasa kerang dan bandeng presto diekstrak terlebih dahulu, lalu dimasukkan dalam adonan kerupuk. Keunggulan dari produk ini diantaranya mempunyai rasa yang khas, renyah, gurih, dan memiliki banyak sekali dampak positif untuk kesehatan badan manusia. Hal ini dikarenakan kandungan gizi yang ada pada rumput laut cukup lengkap.

Biasanya camilan ini dikonsumsi sebagai pembangkit selera makan. Selain itu juga bisa hanya sekedar menjadi makanan ringan ketika sedang bersantai dan beraktifitas. Makanan ini bisa menjadi pilihan buah tangan untuk dibawa pulang ke rumah. Selain harganya yang terjangkau, makanan ini juga tidak memiliki masa yang berat, sehingga tidak merepotkan ketika dibawa.

Beberapa daftar makanan yang dapat dijadikan buah tangan di atas bisa Anda dapatkan ketika berkunjung di Kabupaten Brebes. Sebagian besar olahan makanannya memang berbentuk kerupuk atau camilan. Bahkan, bahan-bahan utama yang digunakan untuk memproduksi makanan bersumber dari budidaya yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Hal ini bisa diteladani oleh daerah lain di Indonesia.