Situbondo memiliki beragam jenis oleh-oleh khas yang unik untuk dibawa pulang. Buah tangan yang populer di dominasi makanan khas tidak boleh Anda lewatkan setelah puas menjelajahi tempat wisatanya.

Situbondo adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Ditinjau dari etnisnya, Situbondo dihuni oleh mayoritas etnis Jawa dan Madura. Perpaduan antara kedua etnis ini, kini telah melahirkan kebudayaan yang multikultural. Hal tersebut tercermin dari penggunaan bahasa sehari-hari, yaitu percampuran antara bahasa Jawa dan bahasa Madura.

Tidak hanya bahasa, masyarakat Situbondo yang hidup di pesisir pantai dan mata pencaharian sebagai nelayan juga mengadopsi sejumlah kebiasaan-kebiasaan etnis Madura dalam melaut. Hal ini menjadi nilai penting sebagai daya tarik bagi masyarakat luar Situbondo untuk menyelami lebih dalam karakteristik masyarakat Situbondo.

Potensi budaya tersebut juga didorong oleh potensi wisata alam yang mengagumkan. Wisata yang paling kondang di antaranya Pantai Pasir Putih, Wisata Kampung Kerapu, dan Taman Nasional Baluran. Oleh karena itu, banyak pendatang yang tertarik untuk berkunjung ke Situbondo. Jika Anda salah satunya, maka jangan melewatkan daftar oleh-oleh khas Situbondo paling populer berikut.

1. Tape Sorgum

Tape Sorgum
Image Credit: Mangyono.com

Tape sorgum adalah oleh-oleh yang wajib Anda beli ketika bertandang ke Situbondo. Tape sorgum barangkali masih terdengar asing di telinga Anda. Padahal tape ini memiliki rasa yang tak kalah enak dibandingkan dengan jenis tape lainnya. Sejauh ini, pemerintah Situbondo terus memopulerkan tape sorgum agar semakin dikenal oleh masyarakat dari luar Situbondo.

Tape sorgum terbuat dari biji sorgum yang diolah dengan cara difermentasikan. Mungkin tidak sedikit yang mengenal biji sorgum sebagai pakan ternak. Padahal di berbagai belahan bumi ini, banyak masyarakat yang memanfaatkan biji sorgum sebagai makanan pokok. Sebab, biji sorgum dinilai memiliki jumlah kandungan karbohidrat yang tinggi.

Adapun di Situbondo banyak petani yang menanam dan membudidayakan sorgum secara berkelanjutan. Artinya, biji sorgum menjadi salah satu hasil bumi yang utama yang dihasilkan oleh masyarakat Situbondo. Oleh karena itu, pengolahan sorgum menjadi tape dapat menjadi ikon baru Kabupaten Situbondo sebagaimana yang diharapkan oleh pemerintah setempat.

2. Tajin Palappa

Tajin Palappa
Image Credit: Belanga.id

Jika ditarik ke belakang benang sejarah makanan yang satu ini, tajin palappa merupakan makanan yang berasal dari Madura. Lantas, mengapa makanan ini bisa menjadi ikon bagi Kabupaten Situbondo?

Jawaban untuk pertanyaan di atas adalah karena Situbondo merupakan perpaduan antara dua etnis, yaitu etnis Jawa dan Madura. Oleh karena itu, tidak perlu heran jika terdapat unsur-unsur kebudayaan Madura yang terselip dan melekat kuat di masyarakat Situbondo.

Tajin palappa merupakan bubur khas Situbondo. Pada umumnya, bubur selalu diberi taburan ayam suwir di atasnya. Namun, tajin palappa tidak demikian. Tajin palappa menyajikan bubur dengan sayuran kangkung dan tauge sebagai pelengkapnya. Setelah itu, bubur diseduh dengan kuah khas berbahan dasar bumbu kacang dan diberi topping bakwan sayur.

3. Manisan Kelapa

Manisan Kelapa
Image Credit: Shopee.co.id

Manisan kelapa dari Situbondo akan dengan mudah Anda temui di toko oleh-oleh. Manisan kelapa biasanya dikemas menggunakan kemasan plastik transparan sehingga akan tampak irisan kelapa berbalut gula warna-warni. Jika Anda membeli manisan kelapa sebagai oleh-oleh, keluarga yang menanti Anda pasti senang mendapatkan oleh-oleh manis ini.

Kelapa merupakan salah satu komoditas utama masyarakat Situbondo, sehingga Anda tidak perlu heran jika melihat berbagai olahan kelapa di Situbondo. Salah satunya adalah manisan kelapa. Manisan kelapa terbuat dari bahan-bahan yang cukup simpel, yakni buah kelapa yang setengah tua, gula pasir, air, dan pewarna makanan.

4. Nasi Karak

Nasi Karak
Image Credit: Cookpad.com

Sebelum Anda pulang dari Situbondo, Anda wajib membeli nasi karak terlebih dahulu. Nasi karak biasanya menjadi menu makan malam masyarakat Situbondo. Akan tetapi, nasi karak juga tetap bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Nasi karak biasanya disajikan dengan lauk ikan tongkol, oseng tahu tempe, dan taburan kelapa parut di atasnya.

Nasi yang digunakan untuk nasi karak adalah nasi yang telah dimasak hingga setengah matang. Kemudian, nasi setengah matang tersebut diberi garam. Lalu, nasi dimasak kembali hingga matang. Tujuan pemberian garam tersebut adalah untuk menghindari penggumpalan saat masih panas maupun dingin.

5. Mangga

Mangga
Image Credit: Caritanamanonline.blogspot.com

Situbondo terkenal akan buah mangganya yang berkualitas premium. Dagingnya yang tebal dan rasanya yang manis bahkan diminati oleh konsumen yang berasal dari mancanegara. Oleh karena itu, oleh-oleh yang tidak boleh absen untuk dibeli ketika berada di Situbondo adalah mangga.

Ada berbagai jenis mangga yang dihasilkan oleh para petani di Situbondo, salah satunya adalah mangga arum manis. Mangga yang berkualitas tinggi di atas mangga arum manis, yaitu mangga madu. Kedua buah mangga jenis ini memiliki rasa yang sangat legit dan warna daging yang terang.

Cita rasa mangga yang sangat mantap tersebut berasal dari pemilihan bibit terbaik dan cara perawatan yang tepat. Di samping itu, keadaan geografis Situbondo dengan tanah yang cenderung kering memang sangat potensial untuk ditanami pohon mangga. Oleh karena itu, mangga yang ditanam di Situbondo dapat tumbuh dengan sangat baik.

6. Ikan Bakar Asap

Ikan Bakar Asap
Image Credit: Instagram.com @kuliner_with_mark

Ikan bakar asap adalah makanan khas Situbondo selanjutnya. Bahan baku ikan yang dijual merupakan hasil laut yang diperoleh para nelayan dari laut Utara Pulau Jawa. Kemudian, ikan tersebut dibakar di atas asap dan bara api sabut kelapa. Oleh karena itu, ikan bakar asap dari Situbondo memiliki aroma dan cita rasa yang khas, alias benar-benar smoky.

Fakta lainnya adalah ikan bakar asap dari Situbondo diolah tanpa menggunakan racikan rempah-rempah. Para pedagang mengandalkan kesegaran ikan yang hendak diolah untuk mendapatkan cita rasa yang gurih. Pada proses pembakarannya juga tidak menggunakan nyala api, melainkan semata-mata panas dari bara sabut kelapa dengan kepulan asapnya.

Jika Anda ingin lebih mudah mendapatkan ikan bakar asap, Anda cukup pergi ke pantai-pantai yang terdapat di Situbondo. Di sana akan banyak penjual-penjual ikan bakar asap. Aroma asapnya bahkan tercium dari kejauhan. Anda harus bersiap terhipnotis untuk membeli dan merasakan kelezatannya!

7. Kerajinan Kerang

Kerajinan Kerang
Image Credit: Lokalkarya.com

Sebelumnya sudah dibahas oleh-oleh berupa makanan. Selanjutnya, oleh-oleh yang wajib Anda beli adalah kerajinan kerang. Situbondo terkenal akan kekayaan biota lautnya, termasuk spesies kerang yang beraneka ragam. Kemudian, hal itu dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk mengolahnya menjadi kerajinan tangan yang menarik.

Perlu diketahui, kerang yang digunakan oleh para pengrajin kerang tentu berasal dari cangkang kerang yang sudah tidak terpakai. Pemanfaatan limbah cangkang kerang dengan langkah seperti ini merupakan pilihan yang tepat. Sebab, selain mengurangi limbah juga dapat menambah pemasukan ekonomi bagi masyarakat.

Kerajinan kerang yang dijajakan sangat beraneka ragam, mulai dari perhiasan seperti kalung dan gelang, figura, jam dinding, dan lain-lain. Semua itu bisa Anda beli di toko-toko yang berderet sepanjang pantai di Situbondo. Pernak-pernik kerajinan kerang yang cantik-cantik ini siap mempercantik diri dan rumah Anda.

8. Sate Lalat

Sate Lalat
Image Credit: Kompasiana.com

Sate lalat merupakan makanan dengan nama yang unik. Penyematan kata lalat pada makanan ini dikarenakan ukuran daging ayam yang digunakan dipotong kecil-kecil sehingga menyerupai lalat. Namun, untuk rasanya tidak perlu diragukan lagi. Kelezatan bumbu kacangnya yang khas akan memanjakan lidah Anda.

Sate lalat bisa menjadi pilihan buah tangan untuk orang tercinta. Ada sedikit tips jika Anda ingin melakukannya, yakni pastikan Anda memesan sate lalat terpisah dari bumbunya. Hal ini adalah cara yang dapat dilakukan agar sate lalat tidak cepat basi. Sesampainya di rumah, cukup menghangatkan kembali sate lalat dan bumbunya sebelum disantap.

9. Batik Situbondo

Batik Situbondo
Image Credit: Alfinrusmindari.wordpress.com

Selain kerajinan kerang, Anda juga bisa membeli batik Situbondo sebagai oleh-oleh. Batik Situbondo memiliki kekhasan tersendiri terutama dari motifnya. Pada umumnya, motif batik Situbondo merupakan motif-motif alam, khususnya alam pesisir. Motif tersebut diciptakan dengan sentuhan warna-warna yang kontras dan gambar yang indah.

Motif batik Situbondo banyak terinspirasi dari biota laut, yaitu kerang. Ada banyak penamaan untuk motif batik jenis ini seperti motif kerang tempel, kerang bertopeng, gelang bahari, dan motif yang lainnya. Anda bisa membeli batik Situbondo untuk membuat pakaian atau sekadar mempercantik dinding rumah.

10. Nasi Sodu

Nasi Sodu
Image Credit: Cookpad.com

Selain nasi karak, nasi sodu juga dapat menjadi pilihan oleh-oleh Anda. Meskipun berupa makanan berat, pemilihan nasi sodu sebagai oleh-oleh dapat disiasati dengan cara membeli nasi dan lauknya yang dibungkus secara terpisah. Jika begitu, nasi sodu akan tetap nikmat disantap oleh keluarga Anda yang berada di luar Situbondo.

Nasi sodu terkenal akan kelezatannya. Nasi sodu disuguhkan dengan lauk berupa ikan, sayuran, sedikit kuah, dan kerupuk. Rasanya yang gurih dan mengenyangkan akan membuat Anda ingin segera berwisata kembali ke Situbondo.

Itulah rekomendasi oleh-oleh khas dari Situbondo yang sangat diburu wisatawan dan bikin nagih. Alamnya yang kaya dan komoditasnya yang melimpah telah menjadikan pesona Situbondo kian bersinar. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak wisatawan yang bertandang ke tempat ini.