15 Oleh-Oleh Khas Tangerang Paling Populer

15 Oleh-Oleh Khas Tangerang Paling Populer

Berwisata ke suatu tempat tentu tidak akan lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Masing-masing daerah umumnya memiliki oleh-oleh khas yang otentik dan hanya bisa ditemukan di daerah itu saja.

Tangerang juga memiliki beragam jenis oleh-oleh khas, bisa berupa cindera mata, camilan, dan lain-lain. Setiap oleh-oleh mempunyai identitas yang menunjukkan bahwa produk tersebut berasal dari Tangerang.

Berikut rekomendasi 15 oleh-oleh khas Tangerang yang bisa Anda jadikan referensi untuk buah tangan. Anda bisa mendapatkannya di sentra oleh-oleh terdekat dengan harga ramah di kantong.

1. Gantungan Kunci Khas Tangerang

Gantungan Kunci Khas Tangerang

Image Credit by Mamikos.com

Tangerang juga mempunyai oleh-oleh khas berupa gantungan kunci yang umumnya memiliki tema Baduy atau gambar destinasi wisata di Tangerang.

Souvenir khas Tangerang satu ini terdapat berbagai variasi yang bisa dipilih sesuai selera. Gantungan kunci ini bisa didapatkan di pusat oleh-oleh, dan dijual dengan harga terjangkau. Biasanya jika dibeli dalam jumlah banyak Anda bisa mendapatkan harga lebih murah.

2. Ketan Bintul

Ketan Bintul

Image Credit by Traveloka.com

Apabila Anda ingin membeli oleh-oleh dari Tangerang dalam bentuk makanan, maka ketan Bintul bisa menjadi salah satu opsi. Makanan satu ini terbuat dari ketan yang kaya karbohidrat dan diolah menyerupai ketan bubuk dengan taburan topping gurih.

Makanan ini sering dikonsumsi, dan mempunyai rasa manis gurih yang nikmat. Jika Anda ingin membeli ketan Bintul, tidak akan susah mencarinya karena bisa didapatkan di pasar tradisional atau sentra oleh-oleh kuliner.

3. Bolu Tape Benteng

Bolu Tape Benteng

Image Credit by Enaknyakemana.com

Bolu tape benteng berbentuk kue dengan bahan tepung dan tape yang diolah hingga membentuk tekstur lembut yang bercita rasa manis, lumer, dan memanjakan lidah tentunya.

Ada banyak varian rasa bolu tape, serta Anda juga bisa memilih topping apa yang ditambahkan ke atas bolu. Yang paling populer adalah bolu tape rasa original dengan topping keju dan coklat. Anda bisa membelinya di gerai bolu tape terdekat di Tangerang.

4. Dodol Ny. Lauw

Dodol Ny. Lauw

Image Credit by Mamikos.com

Meskipun dodol telah umum di berbagai daerah di Indonesia, tapi dodol Ny. Lauw yang berasal dari Tangerang ini unik dan tidak bisa dijumpai di tempat lain. Rasanya manis dengan tekstur empuk yang tidak lengket ketika dimakan.

Dodol Ny. Lauw tersedia dalam berbagai varian rasa, mulai dari original, wijen, bahkan duren. Pada bagian kemasan terdapat cap Ny. Lauw yang menjadi bukti olahan asli dari Ny. Lauw untuk menjamin kualitas produk.

5. Kecap Manis SH

Kecap Manis SH

Image Credit by Bacatangerang.com

Tangerang memiliki kecap yang asli dari daerah tersebut. Kecap ini diberi nama Kecap SH yang telah terkenal di masyarakat dan bisa dijumpai hampir di mana-mana. Kecap ini ada yang memiliki rasa manis, ada juga yang asin, Anda bisa menyesuaikannya dengan selera.

Kecap SH disebut khas karena mempunyai rasa yang tidak ditemukan pada kecap lain. Manisnya pas, serta kekentalannya pun pas. Kemasannya juga praktis.

6. Tas Khas Baduy

Tas Khas Baduy

Image Credit by Indonesiakaya.com

Selain gantungan kunci, Anda juga bisa memilih tas khas Baduy sebagai cindera mata dari Tangerang. Tas Baduy ini masih sering digunakan oleh masyarakat Baduy. Bentuknya unik yang terbuat dari bahan serat tradisional.

Tas ini banyak diminati oleh para wisatawan dari luar daerah karena khas dan hanya bisa ditemukan di Tangerang saja. Selain itu, anyamannya tampak sederhana namun elegan menampilkan kesan lokalitas yang kuat.

7. Sate Bandeng

Sate Bandeng

Image Credit by Pesona.travel

Sate Bandeng merupakan salah satu kuliner khas Tangerang yang memiliki cita rasa lezat dengan perpaduan gurih dan asin. Hasil olahan bandeng ini memiliki tekstur yang unik dengan bumbu rempah dan bumbu bakar yang menggugah selera.

Sajian sate bandeng ini cocok dijadikan oleh-oleh bagi Anda yang asalnya tidak jauh dari daerah Tangerang karena makanan ini kurang cocok jika disimpan terlalu lama. Anda juga bisa membeli dalam bentuk sate bandeng yang belum dimasak.

8. Ceplis

Ceplis

Image Credit by Satubanten.com

Ceplis adalah nama camilan yang bentuknya menyerupai emping, dengan bahan dasar melinjo. Bentuk ceplis tipis dan pipih dengan warna putih sedikit kekuningan jika sudah digoreng.

Anda bisa memilih ceplis sebagai oleh-oleh khas berupa camilan yang sudah matang (sudah digoreng) ataupun yang masih mentah. Rasanya gurih dan cocok dijadikan makanan ringan saat waktu luang.

9. Kue Gipang

Kue Gipang

Image Credit by Satubanten.com

Sebagian orang mungkin sudah familiar dengan gipang. Hasil olahan ketan dengan air gula ini mempunyai rasa yang manis dengan tekstur yang sedikit lengket pada bagian luarnya. Camilan ini cocok dinikmati bersama kopi atau teh.

Anda bisa mendapatkan gipang di berbagai pusat oleh-oleh di Tangerang. Gipang juga tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti rasa pandan, gula merah, dan lain-lain.

10. Sirup Rosella

Sirup Rosella

Image Credit by Tokopedia.com

Sirup rosella banyak digemari oleh masyarakat karena memberikan kesegaran yang luar biasa ketika diminum. Sesuai namanya, minuman ini berasal dari bahan rosella yang diolah dan diambil sarinya.

Sirup rosella memiliki berbagai manfaat kebaikan bagi tubuh, selain rasanya yang manis dan menyegarkan. Oleh karena itu tidak heran jika banyak orang menyukai minuman ini bahkan hingga menjadikannya oleh-oleh khas Tangerang.

11. Sagon Bakar

Sagon Bakar

Image Credit by Kabarhiburan.com

Satu lagi camilan khas Tangerang yang bisa Anda jadikan oleh-oleh adalah sagon bakar. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dengan tekstur lembut dari sagon yang dipanggang. Tersedia pula dalam berbagai varian rasa.

Anda bisa mendapatkan sagon bakar di berbagai pusat kuliner di Tangerang dengan harga yang ramah di kantong.

12. Lapis Beneng

Lapis Beneng

Image Credit by Abouttng.com

Lapis Beneng menjadi makanan oleh-oleh yang saat ini menjadi favorit banyak orang. Lapis Beneng memiliki rasa manis dengan berbagai pilihan rasa yang tersedia mulai dari original chocopandan, keju, dan lain-lain.

Lapis Beneng ada yang berbentuk roll cake, brownies, hingga kue lapis yang sebagian besar bahannya terbuat dari tepung singkong.

13. Cecuer

Cecuer

Image Credit by Flickr.com @kotaserang

Cecuer merupakan kudapan yang terbuat dari tepung berasa dengan campuran perasan daun suji. Cecuer memiliki warna hijau dan biasanya disajikan bersama parutan kelapa. Rasanya manis, gurih dan tentunya sangat nikmat.

Anda bisa mendapatkan cecuer hampir di berbagai tempat karena makanan ini cukup terkenal dan telah banyak penjualnya.

14. Kue Jojorong

Kue Jojorong

Image Credit by Goodnewsfromindonesia.id

Sering disebut juga Kue Jorong, merupakan makanan khas Tangerang yang berwarna putih dengan bahan terbuat dari tepung beras, gula merah, serta tepung kanji. Makanan ini dibungkus dengan wadah daun pisang.

Karena dibuat tidak menggunakan pengawet, Kue Jorong tidak begitu tahan lama sehingga cocok dijadikan oleh-oleh bagi Anda yang asalnya tidak jauh dari daerah Tangerang.

15. Bontot

Bontot

Image Credit by Putratravel.net

Bontot terbuat dari bahan tepung acci yang dicampur dengan ikan serta terasi. Makanan ini mempunyai tekstur yang kenyal dengan rasa yang gurih dan sedikit asin.

Anda bisa mendapatkan bontot di sentra oleh-oleh Tangerang yang dijual dengan harga terjangkau. Biasanya dijual dengan kemasan besar yang berisi banyak bontot, ada juga yang porsi kecil.

Rekomendasi 5 Tempat Oleh-Oleh yang Ada di Tangerang

1. Gerai Lapis Beneng

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh lapis Beneng tidak perlu bingung akan membelinya di mana, karena telah banyak dibuka gerai lapis Beneng.

2. Toko Ny. Lauw

Ny. Lauw terkenal dengan dodolnya yang laris dan banyak diburu oleh wisatawan. Rasa dodol ini manis dan legit yang unik sehingga banyak dicari. Disini juga menjual dodol dalam kemasan kiloan.

3. Mama Bolu

Bolu Benteng banyak diminati oleh masyarakat karena rasanya yang lezat dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Anda bisa membeli bolu benteng salah satunya di toko yang paling populer di Tangerang yaitu Mama Bolu.

4. Toko Irma Husnul Hotimah

Toko ini terkenal dengan sagon bakar yang menjadi langganan para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Sagon di tempat ini dijual dengan harga terjangkau sehingga jika Anda ingin membeli dalam jumlah banyak tidak perlu khawatir.

5. Pasar Lama

Di Pasar Lama terdapat banyak toko yang menjadi sentra oleh-oleh khas dari Tangerang, mulai dari gerai kecap, gerai jajanan pasar, dan lain-lain. Akses ke Pasar Lama juga mudah karena terletak di kota dan menyediakan beraneka produk yang dijual dengan harga terjangkau.

Itulah rekomendasi oleh-oleh khas Tangerang beserta tempat untuk membelinya yang bisa Anda jadikan referensi jika suatu saat berkunjung ke daerah ini.