50 Tempat Wisata di Tangerang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

23 Tempat Wisata di Tangerang

Tangerang, sebuah kota yang mungkin tidak banyak menjadi tujuan wisata bagi para pelancong. Selama ini Tangerang dikenal sebagai kota urban yang menjadi pusat bisnis. Namun jangan salah karena di Tangerang Anda juga bisa menikmati berbagai jenis destinasi wisata menarik layaknya kota wisata.

Terletak di bagian utara Provinsi Banten, Tangerang selama ini dikenal sebagai salah satu kota penyangga dari Ibukota Jakarta. Selain terkenal sebagai kota industri, tidak banyak orang yang menjadikan Tangerang sebagai destinasi wisata. Padahal, jika dilihat kota ini cukup strategis dan menyimpan banyak pesona tersembunyi.

Ditambah dengan adanya Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang seharusnya bisa menjadi destinasi unggulan Provinsi Banten. Jika Anda ingin mencari destinasi wisata untuk menghabiskan waktu berlibur atau setidaknya menghabiskan akhir pekan, cobalah beberapa rekomendasi destinasi berikut.

1. Telaga Cisoka

Telaga Cisoka

Image Credit: Denubay.com

Destinasi Wisata di Tangerang yang bisa menjadi rekomendasi menghabiskan akhir pekan adalah Telaga Cisoka. Danau berwarna biru yang eksotik dikelilingi perbukitan kapur ini tidak hanya sangat eksotik dan menawan, namun juga bisa menjadi lokasi yang Instaworthy.

Danau eksotik yang berada di kawasan Cisoka Tangerang ini memang sangat populer bagi warga Tangerang maupun daerah di sekitarnya. Danau yang terbentuk dari bekas galian dan tambang ini tak disangka menawarkan pemandangan yang cantik dan eksotik di tengah hiruk pikuk kota megapolitan Tangerang.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cigaru Cisoka, Kec. Cisoka, Kota Tangerang, Banten.

2. Bendungan Pintu Air Sepuluh

Bendungan Pintu Air Sepuluh

Image Credit: Facebook.com (Moya Project)

Peninggalan sejarah masih eksis dan dijuluki “Sangego”. Pemberian nama berasal dari tiang penyangga menyerupai pintu dan berjumlah 10. Dibangun pada jaman penjajahan Belanda tahun 1920-an. Dibangun sebagai bentuk manifestasi politik etis oleh pemerintah Belanda dengan rakyat Indonesia.

Jaman penjajahan Belanda bendungan ini digunakan sebagai benteng pertahanan. Fungsi utama lainnya yaitu membendung dan mengontrol ketinggian air sungai. Awalnya bukan sebagai tempat wisata tapi oleh warga sekitar dijadikan tempat wisata.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Mekarsari, Kec. Neglasari, Kota Tangerang, Banten.

3. Tebing Koja

Tebing Koja

Image Credit: Rutemu.com

Siapa bilang di kawasan Megapolitan seperti Tangerang tidak bisa menemukan destinasi wisata alam yang asri dengan pemandangan menakjubkan? Tebing Koja ini buktinya. Daya tarik dari destinasi ini adalah susunan tebing batu yang menjulang dikelilingi sungai dengan air jernih dan pepohonan hijau yang asri.

Tebing Koja menjadi salah satu destinasi yang sangat populer beberapa waktu belakangan karena daya tariknya tersebut. Banyak traveler yang sengaja datang untuk mengabadikan gambar di lokasi ini. Keunikan dan pemandangannya yang luar biasa membuat pengunjung serasa berada di dimensi lain. Karena itu banyak yang menyebut destinasi ini dengan sebutan Kandang Gozila.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cireundeu, Kec. Solear, Kota Tangerang, Banten.

4. Masjid Al-Azhom

Masjid Al-Azhom

Image Credit: Panduanwisata.id

Kubah masjid terbesar di dunia menjadikan wisata religi terkenal di kota Tangerang. Lokasi di area Sukaasih dan tanah seluas 2,25 hektar. Kapasitas masjid dapat memuat 1500 orang. Bangunan berarsitektur Yunani dan Romawi dipadukan dengan Oriental Asia menarik wisatawan berkunjung.

Dibangun tahun 2003 oleh arsitek Ir. H. Slamet Wirasonjaya. Arsitek yang merupakan lulusan ITB Bandung. Bangunan ini terisnpirasi dari museum Istanbul di Turki dan menari yang terinspirasi masjid Sultan Salahuddin di Malaysia. Tertarik untuk menyaksikan kemegahan masjid Al-azhom?

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Satria Sudirman, Sukaasih, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

5. Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Image Credit: Tangselmedia.com

Jika berada di daerah Tangerang, Anda tak akan kesulitan menemukan destinasi wisata alam meskipun di tengah kota. Salah satunya ada di kawasan danau buatan Situ Gintung. Seperti di Taman Wisata Pulau Situ Gintung.

Di kawasan wisata alam ini Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang asri dengan pepohonan hijau yang mengelilingi serta kesejukan dari air danau saja. Disini Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga air maupun aktivitas permainan luar ruangan lain yang menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 45.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pisangan Raya No. 20, RT. 03/09, Cireundeu, Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten.

6. Marcopolo Waterpark Tangerang

Marcopolo Waterpark Tangerang

Image Credit: Panduanwisata.id

Wisata rekreasi air pertama di Indonesia karena lokasinya di atas bangunan. Lokasi tepat di lantai 5 bangunan resort hotel membuat wisata ini unik. Bangunan yang memiliki ketinggian 50 meter di atas permukaan air laut. Walaupun begitu suasana disajikan seperti di daratan biasa.

Jam operasional dari jam 10 pagi-5 sore. Wahana permainan dimiliki atraktif dan bervariasi. Wahana permainan juga cocok untuk segala usia. Fasilitas penunjang juga lengkap membuat liburan bersama keluarga menjadi nyaman.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kampung No. 58, Panunggangan Utara, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten.

7. Pulau Cangkir Kronjo

Pulau Cangkir Kronjo

Image Credit: Spot.gojos.tech

Satu lagi destinasi wisata alam yang menjadi favorit, terutama para traveller saat berkunjung ke Tangerang. Pulau Cangkir Kronjo adalah destinasi di daerah utara Tangerang yang menyimpan keindahan dan keunikan yang berbeda dengan destinasi lainnya.

Ketika pertama kali masuk ke pulau yang memiliki bentuk menyerupai cangkir ini Anda harus melewati sebuah jembatan panjang yang menghubungkan pulau dengan daratan. Di dalam pulau, Anda bisa menikmati pemandangan khas pesisir pantai yang eksotik. Ditambah Anda juga bisa melakukan ziarah ulama besar di pulau ini. Sungguh destinasi yang sangat lengkap.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kronjo, Kec. Kronjo, Kota Tangerang, Banten.

8. Flavor Bliss Alam Sutera

Flavor Bliss Alam Sutera

Image Credit: Travelask.ru

Wisata yang cocok untuk kaum milenial telah hadir di Tangerang. Dibuka bulan Oktober 2020 wisata ini mulai dipadati wisatawan lokal. Konsep teater broadway ala Amerika Serikat hal baru di Tangerang. Spot foto instagramable dapat memuaskan hasrat berfoto.

Lokasi strategis di area pertokoan bunga Falvor Bliss. Tiket masuk gratis dan boleh membawa kamera membuat tempat ini ramai didatangi wisatawan. Selain spot foto menarik juga ada deretan restoran dan kafe. Menu makanan bervariasi dengan rasa yang lezat hadir di tempat ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Alam Sutera Boulevard, Pakulonan, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten.

9. Ocean Park BSD

Ocean Park BSD

Image Credit: Casaindonesia.com

Ingin mencari tempat wisata keluarga dimana Anda dan anak-anak bisa bermain permainan menyenangkan namun tetap aman? Cobalah ke Ocean Park BSD. Sama seperti wahana permainan air yang ada di kota lain, Ocean Park juga menawarkan beragam wahana permainan air yang menyenangkan.

Ada beragam wahana menyenangkan yang bisa Anda coba, mulai dari wahana bermain air yang aman untuk anak-anak hingga wahana permainan air menguji adrenalin yang memang ditujukan khusus untuk pengunjunh dewasa. Di sisi lain dari destinasi oni juga menawarkan spot-spot menarik untuk berfoto.

Harga Tiket: Rp 42.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: CBD Area, Jl. Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten.

10. Water World Citra Raya

Water World Citra Raya

Image Credit: Citrarayawaterworld.com

Wisata air yang cocok dikunjungi setelah melepas penat dari pekerjaan. Jangan lupa ajak keluarga atau teman-teman untuk menikmati wahana seru disini. Lokasi yang strategis membuat tempat ini mudah dicari. Wahana permainannya yang dimiliki tak kalah menarik.

Konsep tematik dibangun di tanah seluas 5 hektar terbilang unik. Fasilitas yang ditawarkan berupa, food court, area parkir, gathering place, dan lain-lain. Ingin membeli oleh-oleh juga tersedia di souvenir shop. Beragam wahana menarik juga ada seperti Sea devil pirate ships, Power slider, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Citra Raya Utama Timur, Mekar Bakti, Kec. Cikupa, Kota Tangerang, Banten.

11. Taman Potret

Taman Potret

Image Credit: Wisatanegeri.com

Taman menjadi destinasi wisata alternatif bagi warga yang tinggal di metropolitan. Ketika akhir pekan kamu bisa mengunjungi Taman Potret di Tangerang ini. Memiliki luas sekitar 5 ha, kamu bisa melakukan banyak hal menyenangkan.

Taman ini dilengkapi dengan berbagai spot untuk selfie karena sebelumnya memang namanya Taman Selfie. Kamu bisa memanfaatkan wifi gratis di taman ini. Terdapat juga pasar jajan sebagai teman ngobrol atau bersantai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

12. Lippo Karawaci

Lippo Karawaci

Image Credit: Haloserpong.com

Bingung liburan akhir pekan kemana? Lippo Karawaci saja. Dibangun tahun 1992 dan sempat berubah nama berulang kali. Mulai dari Lippo Supermall berganti menjadi Supermall karawaci dan terakhir Lippo Mall karawaci. Mall ini masih jadi favorit warga Tangerang.

BACA:  10 Taman Keren di Tangerang untuk Mengisi Akhir Pekan

Store mulai dari Foodmart primo, Matahari department store, Hypermart dan lain-lain. Arena bermain seperti Amazone dan Maxx games. Hanamasa, Ace hardware, dan Gramedia juga dapat ditemui disini. Fasilitas dan pelayanan seperti area parkir yang luas, musholla dan kamar mandi yang bersih, dan lain-lain menjadi keunggulan di tempat ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Boulevard Palem Raya No. 7, Bencongan, Kec. Kelapa Dua, Kota Tangerang, Banten.

13. Benteng Heritage Museum

Benteng Heritage Museum

Image Credit: Bentengheritage.com

Di Tangerang kamu juga bisa melakukan wisata sejarah yang tak kalah menarik. Benteng Heritage Museum merupakan museum yang dibangun sekitar abad 17. Sentuhan arsitektur Tionghoa tradisional begitu melekat.

Berbagai koleksi barang kuno mulai dari barang kolonial hingga koleksi seni bisa kamu temukan. Di tempat ini kamu juga bisa mengerti sejarah dari Armada Cheng Ho yang singgah di Indonesia. Tak jarang area museum juga dijadikan tempat berbagai acara.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cilame No. 18&20, RT.001/RW.004, Pasar Lama, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

14. Gading Serpong

Gading Serpong

Image Credit: Kampungserpong.wordpress.com

Dulunya area ini merupakan area pemukiman yang dikembangkan oleh Summarecon Agung menjadi Summarecon Serpong. Area ini memiliki luas sekitar 1500 hektar. Tahun 1993 dikembangkan lagi dan berubah nama menjadi Gading Serpong. Keris Grup turut andil serta dalam pengembangan wilayah ini.

Gading Serpong memiliki beragam fasilitas. Fasilitas yang dimiliki mulai dari sekolah sampai tempat wisata. Tempat wisata seperti Scientia convention center, Garden walk & food village, Scientia square park, dan masih banyak lagi. Pusat belanja, gedung pertemuan , dan hotel juga tersedia disini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Kec. Kelapa Dua, Kota Tangerang, Banten.

15. Amsterdam Water Park

Amsterdam Water Park

Image Credit: Bukalapak.com

Bermain air menjadi salah satu aktivitas liburan yang menyenangkan. Dan kamu bisa menikmati keseruan bermain air di Tangerang. Tepatnya di Amsterdam Water Park yang memiliki keunikan bangunannya. Kamu akan menemukan bangunan mirip di Belanda.

Berlibur bersama keluarga terutama dengan anggota keluarga anak anak akan sangat menyenangkan. Belum lagi fasilitas waterparknya juga terbilang lengkap serta memadai.

Harga Tiket: Rp 38.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Boulevard Gelamjaya Pasarkemis, Kuta Jaya, Kec. Pasar Kemis, Kota Tangerang, Banten.

16. Taman Menteng Bintaro

Taman Menteng Bintaro

Image Credit: Bintarojaya.id

Taman Menteng Bintaro berlokasi tak jauh dari Pusat pemerintahan Tangerang Selatan. Selain itu taman ini juga berbatasan dengan kota Jakarta. Taman ini memiliki 2 jembatan di area pintu masuk. Jembatan tersebut berada di atas sungai yang membagi area parkir dan taman.

Pemandangan berwarna hijau dari pohon dan rerumputan tersaji di taman ini. Pemandangan tersebut membuat wisatawan merasakan kesegaran. Pilihan yang tepat untuk anak-anak bermain baik di sore hari maupun di hari libur. Karena area yang luas dan ramah anak yang dimilikinya cocok untuk anak-anak.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wahid Hasyim, Pondok Ranji, Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten.

17. Taman Gajah Tunggal

Taman Gajah Tunggal

Image Credit: Marjanotmorenot.blogspot.com

Taman Gajah Tunggal menjadi taman unik selanjutnya yang bisa kamu jumpai di kota Tangerang. Bagaimana tidak unik, ada banyak instalasi yang terbuat dari bahan bekas. Salah satu instalasi itu adalah patung gajah yang akan menyambutmu.

Fasilitas yang ditawarkan Taman Gajah Tunggal terbilang lengkap, mulai dari ruang terbuka untuk olahraga atau piknik hingga ruang rekreasi yang dipenuhi wahana bermain anak.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan I No.1, RT.006/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

18. BSD Xtreme Park

BSD Xtreme Park

Image Credit: Facebook.com @bsdxtremepark

Wisata yang menawarkan olahraga pemacu adrenalin ini patut dicoba. Konsep outdoor membuat wahana di tempat ini semakin seru. Permainan yang berada disini aman bagi segala usia. Baik anak-anak maupun dewasa yang akan mencobanya.

Banyak sekali arena yang menarik ditawarkan di tempat ini. Arena tersebut seperti Paint ball, Go kart, Skate park, dan lain-lain. Untuk tiket masuk dipisahkan berdasarkan arena yang mau dimainkan. Harga yang ditawarkan bervariasi dan sudah termasuk perlengkapan arena dan air mineral.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: BSD City, Jl. Damai Foresta, Desa Sampora, Kec. Cisauk, Kota Tangerang, Banten.

19. Citra Raya World of Wonders

Citra Raya World of Wonders

Image Credit: Swiss-belhotel.com

Destinasi ini juga cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Daya tarik destinasi ini selain beragam wahana permainan air mulai dari permainan yang biasa hingga menguji adrenalin, juga ada pada kawasan yang menawarkan berbagai bangunan landmark terkenal di dunia.

Di kawasan ini, Anda bisa melihat miniatur landmark terkenal dari seluruh dunia, mulai dari menara Pisa, Piramid, bahkan Borobudur. Jadi, Anda tidak hanya bersenang-senang saat berkunjung namun juga sekaligus belajar.

Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ecopolis Boulevard, Kel. Mekar Bakti, Kec. Panongan, Kota Tangerang, Banten.

20. Fun Park Water Boom

Fun Park Water Boom

Image Credit: Instagram.com @asmara_puput

Wisata yang digemari anak-anak ini cocok dijadikan rencana liburan sekolah. Harga tiket murah meriah tidak membuat kantong menjadi jebol. Wisata ini buka setiap harinya mulai pukul 8 pagi sampai 5 sore. Fasilitas yang dimiliki pun ramah anak dan aman.

Wahana yang bervariasi memberi ketertarikan sendiri bagi anak-anak. Wahana tersebut seperti Peluncuran air, Jamur air, Ember tumpah, Tiang air, dan masih banyak lagi. Setelah puas menikmati wahana dapat pula menikmati makanan lezat di Food court wisata ini. Mushola dan toiletnya yang bersih juga tersedia di wisata ini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Perumahan Permata Blok BG, Jl. Raya II, Kuta Jaya, Kec. Pasar Kemis, Kota Tangerang, Banten.

21. Pintu Air 10

Pintu Air 10

Image Credit: Okezone.com

Belum lengkap jika berkunjung ke Tangerang tapi tidak berkunjung ke trademarknya. Pintu Air 10 ini merupakan salah saty arsitektur peninggalan jaman kolonial yang masih berfungsi dengan baik hingga saat ini. Tak heran jika dilihat sekilas pun bisa dilihat desain klasik khas arsitektur Belanda kuno.

Dinamakan Pintu Air 10 karena pintu ini berjumlah 10 dengan lebar masing-masing pintu adalah 10m. Daya tarik lain dari lokasi ini adalah pemandangan lampu kerlap kerlip di malam hari yang selalu menjadi spot favorit para pemburu fotografi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Mekarsari, Kec. Neglasari, Kota Tangerang, Banten.

22. Boen Hay Bio Temple

Boen Hay Bio Temple

Image Credit: Indonesia-tourism.com

Lokasinya di daerah Serpong, Tangerang. Walaupun dibangun tahun 1694 tak banyak warga yang tahu tentang tempat ini. Hal tersebut karena lokasinya tidak berada di pinggir jalan utama. Wisata ini memiliki bangunan yang termasuk klenteng tertua di Tangerang Selatan.

Bangunan klenteng disini memiliki arsitektur khas. Arsitekturnya sangat kental nuansa Tionghoa. Dinding klenteng berlapis warna merah terang. Terdapat juga ornamen patung dan atap berbentuk garuda khas negeri Tionghoa.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. M Arohim No.45, Cilenggang, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten.

23. Floating Castle Froggy Edutography

Floating Castle Froggy Edutography

Image Credit: Instagram @sadagusphoto

Apabila Anda adalah penyuka kisah-kisah princess Disney, mungkin destinasi ini adalah rekomendasi terbaik untuk Anda. Konsep utama yang diambil dari dongeng Jack and The Bean Talk dengan bangunan kastil megah yang menjulang kokoh di arena Objek Wisata di Tangerang ini membuat Anda seakan berada di atas awan.

Tak berhenti sampai disitu saja, fantasi Anda yang serasa berada di dunia dongeng juga akan semakin lengkap dengan berbagai spot menarik di dalam istana yang dibuat sangat mirip dengan setting dalam dongeng. Belum lagi adanya sebuah kereta kencana yang terpajang apik di dalamnya akan membuat Anda merasa benar-benar seperti seorang Cinderella.

Harga Tiket: Rp 75.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. BSD Grand Boulevard, Kec. Pagedangan, Kota Tangerang, Banten.

24. Klenteng Tjo Soe Kong

Klenteng Tjo Soe Kong

Image Credit: Google Maps (Beny Surjadinata)

Klenteng Tio Soe Kong memiliki julukan terkenal yang panjang dan unik. Julukan tersebut ialah “Klenteng Tanjung Kait dan Rong Jia Yi Da Bong Gong Miao”. Lokasi klenteng juga dekat dengan pantai Tanjung kait. Klenteng yang sudah berusia sangat tua ini memiliki halaman seluas 100 meter diukur dari tepi jalan utama.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Serang yang Enak & Wajib Anda Coba

Bangunan yang dibuat tidak menghadap laut dan itu ke arah barat. Hal tersebut tak lazim karena klenteng biasanya dibuat menghadap laut atau membelakangi gunung. Klenteng yang tidak mempunyai ornamen patung naga atau burung hong ini memberikan kesan sederhana. Selain itu terdapat fakta unik bahwa klenteng ini didirikan oleh para petani tebu keturunan Tionghoa yang bertempat tinggal di Mauk.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Anom, Kec. Mauk, Kota Tangerang, Banten.

25. Situ Cihuni

Situ Cihuni

Image Credit: Ihategreenjello.com

Tangerang memiliki banyak destinasi berupa situ atau danau dengan berbagai daya tarik yang berbeda-beda. Seperti Situ Cihuni ini misalnya. Danau yang berada di daerah Pagedangan Kabupaten Tangerang ini bisa menjadi lokasi yang cocok untuk Anda penggemar aktifitas bersepeda.

Di kawasan Situ Cihuni ada rute bersepeda yang sangat populer dan menantang bagi para pesepeda. Tak hanya itu, jika Anda berkunjung bersama keluarga, disini Anda juga bisa menikmati aktivitas outdoor menarik, seperti memanen buah dan sayuran di kawasan agrowisatanya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Cihuni, Kec. Pagedangan, Kota Tangerang, Banten.

26. Pantai Tanjung Kait

Pantai Tanjung Kait

Image Credit: Aroengbinang.com

Tangerang juga memiliki destinasi wisata pantai yang tak kalah cantik dengan pantai di Bali. Pantai Tanjung Kait menjadi destinasi wisata favorit bagi para traveller yang ingin menikmati pemandangan pantai yang cantik dan mempesona di tengah hiruk pikuk megapolitan.

Pantai Tanjung Kait menawarkan daya tarik laut yang jernih dengan jejeran rumah panggung di atasnya. Sunset di Pantai Tanjung Kait adalah pemandangan yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung kesini. Berbagai olahan Seafood dari Tanjung Kait juga menjadi daya tarik lain bagi para wisatawan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Tanjung Kait, Ketapang, Kec. Mauk, Kota Tangerang, Banten.

27. Kandank Jurank Doank

Kandank Jurank Doank

Image Credit: Gatra.com

Berwisata sembari belajar mungkin bisa kamu lakukan di tempat unik satu ini. Kandang Jurank Doank adalah tempat yang memiliki konsep layaknya sekolah alam. Kandang Jurang Doank didirikan oleh seniman Dik Doank di tahun 1993.Awalnya memang digunakan untuk anak anak sekitar yang tidak bisa sekolah. Dan kini semakin berkembang untuk dijadikan sebagai lokasi wisata. Suasana alam yang terjaga dan asri bisa kamu nikmati di tempat satu ini.

Bukan hanya itu, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan outbond yang akan membuat liburan makin seru. Program sekolah alam biasanya dibuka pada hari Minggu pada jam 8 pagi hingga 10 pagi. Tes untuk mengikuti program ini adalah dengan menggambar garuda pancasila. Mengunjungi Kandang Jurank Doank, kamu juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang menarik. Mulai dari fasilitas multimedia hingga kegiatan outdoor seperti outbond.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kompleks Alvita Blok Q No. 14, Sawah Baru, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten.

28. Situ Bulakan

Situ Bulakan

Image Credit: Globetangerang.blogspot.com

Situ Bulakan merupakan sebuah danau yang memiliki luas sekitar 300.000 meter persegi. Pengunjung yang mengunjungi situ bulakan kebanyakan untuk bersantai dan juga menikmati suasananya. Terutama ketika akhir pekan, tempat satu ini akan mendapatkan banyak kunjungan.

Kamu bisa mencoba untuk menaiki perahu kayuh yang hanya membayar sekitar Rp. 30 ribu saja. Selain itu kamu juga bisa menjajal berbagai sajian kuliner.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Villa Mutiara Pluit, RT.004/RW.013, Kec. Periuk, Kota Tangerang, Banten.

29. Pasar Lama Tangerang

Pasar Lama Tangerang

Image Credit: Kompas.com

Untuk kamu yang ingin berburu kuliner di malam hari, Pasar Lama Tangerang ini bisa menjadi pilihan. Tempat yang memang buka di malam hari ini selalu dipadati pengunjung setiap hari. Berbagai macam kuliner tradisional hingga modern bisa kamu temui.

Sangat cocok untuk menghabiskan waktu makan malam bersama keluarga atau teman teman. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berbelanja kebutuhan lainnya di pasar lama Tangerang ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kisamaun, RT.001/RW.006, Pasar Lama, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

30. Taman Buaya Tanjung Pasir

Taman Buaya Tanjung Pasir

Image Credit: Tangerangnews.com

Mengunjungi Taman Buaya Tanjung Pasir, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang membuat kamu tertantang. Ya, karena taman buaya ini memanglah penangkaran buaya yang terbilang besar. Kamu bisa melihat secara langsung buaya yang jumlahnya ratusan dengan berbagai ukuran.

Meskipun begitu, kamu tidak perlu takut mengingat keamanannya sangat terjaga. Kamu bisa berkunjung pada pukul 08.00 hingga 18.00 dengan tiket yang terjangkau.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Pasir, Kec. Teluknaga, Kota Tangerang, Banten.

31. The Breeze BSD City

The Breeze BSD City

Image Credit: Thebreeze.bsdcity.com

BSD City merupakan sebuah kawasan berkonsep kota di dalam kota yang sangat terencana. Kawasan ini memang terkenal sebagai pusat bisnis dan lifestyle. Namun siapa sangka jika kawasan ini juga bisa menjadi destinasi pilihan untuk sekedar melepas penat diantara padatnya aktivitas.

Meskipun dibangun dengan konsep utama modern city, namun disini Anda juga bisa menikmati pemandangan layaknya berada di alam terbuka. Dengan adanya danau buatan taman-taman yang didesain sangat menarik yang akan membuat Anda seakan tidak sedang berada di tengah kota yang sibuk.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. BSD Grand Boulevard, Kec. Sampora, Kota Tangerang, Banten.

32. Scientia Square Park

Scientia Square Park

Image Credit: Ceciliaadrianto.com

Saat akhir pekan, Anda pasti ingin keluar sejenak menikmati waktu bersantai bersama keluarga. Apa salahnya mencoba destinasi wisata yang tidak hanya memberikan ketenangan dan kesenangan, namun juga bisa sekaligus menjadi tempat belajar bagi anak-anak.

Scientia Square Park adalah kawasan wisata outdoor yang menawarkan berbagai fasilitas outdoor, mulai dari fasilitas olahraga hingga permainan. Disini Anda juga bisa mengajarkan anak-anak untuk mencintai alam dengan berbagai aktivitas menarik seperti belajar bercocok tanam, mengamati ikan koi hingga menunggang kerbau.

Harga Tiket: Rp 45.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kec. Kelapa Dua, Kota Tangerang, Banten.

33. Tanah Tingal

Tanah Tingal

Image Credit: Jejakpiknik.com

Destinasi selanjutnya ini adalah sebuah kawasan berkonsep hutan kota yang menawarkan berbagai aktifitas outdoor menarik di dalamnya. Tanah Tingal adalah lokasi di tengah kota yang tepat untuk dijadikan tujuan melarikan diri dari rutinitas yang membuat jenuh.

Disini terdapat berbagai fasilitas pendukung aktivitas outdoor lengkap. Seperti fasilitas perahu kayak jika Anda ingin menikmati olahraga ini di tengah danau. Kolam renang yang bisa Anda nikmati untuk sekedar bermain air atau area wall climbing jika Anda gemar permainan menantang adrenalin.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Merpati Raya No. 32B, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten.

34. Kampung Bekelir

Kampung Bekelir

Image Credit: Kompas.com

Wisata kampung tematik memang sedang menjadi trend wisata di Indonesia. Salah satu yang banyak menarik perhatian adalah Kampung Bekelir di Tangerang. Kampung yang sangat cantik dan berwarna warni ini dulunya adalah kawasan kumuh. Namun dengan kreativitas, kampung Bekelir menjadi destinasi favorit yang instagramable.

Setiap sudut di kampung ini dibuat dengan desain menarik dan berwarna warni. Belum lagi dengan adanya gambar-gambar unik serta pernak-pernik seperti payung berwarna warni yang digantung layaknya melayang, membuat tempat ini semakin instagramable.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

35. Situ Cipondoh

Situ Cipondoh

Image Credit: Gedoor.com

Satu lagi situ atau danau di Tangerang yang bisa menjadi destinasi menghabiskan akhir pekan. Situ Cipondoh menjadi destinasi keluarga favorit. Beragam fasilitas untuk keluarga ditawarkan disini untuk menunjang waktu istirahat Anda bersama keluarga.

Selain pemandangan danau yang asri dengan pohon-pohon rindang di sekelilingnya, di Situ Cipondoh juga disediakan berbagai fasilitas wisata menarik. Ada jalur bersepeda, perahu berbentuk bebek, area untuk memancing, hingga wahana bermain flying fox.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. KH. Hasim Ashari, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten.

36. Taman Kota 1 BSD

Taman Kota 1 BSD

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Tangerang sebagai salah satu kota yang cukup sibuk, memang cukup sulit untuk menemukan tempat wisata. Namun Taman Kota 1 BSD ini bisa menjadi alternatif jika ingin mencari udara segar. Taman kota ini didesain mirip dengan hutan sehingga bisa dijadikan tempat mengusir penat.

BACA:  10 Wisata Pantai di Banten Paling Hits Dikunjungi

Kamu bisa sekadar nongkrong atau jajan di pinggiran taman. Fasilitas yang ditawarkan taman ini juga terbilang memadai dan membuat kamu terhibur.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Letnan Sutopo, Lengkong Gudang Timur, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten.

37. Masjid Pintu Seribu

Masjid Pintu Seribu

Image Credit: Tangselmedia.com

Di Tangerang ada sebuah masjid yang unik dan mendapat julukan sebagai masjid dengan seribu pintu. Hal ini disebabkan karena masjid ini memiliki banyak pintu serta ventilasi pada setiap sisinya. Masjid dengan 3 lantai ini terlihat semakin unik dengan desain yang lain daripada yang lain.

Jika ingin merasakan kemegahan dan keunikannya, kamu bisa langsung mengunjunginya. Etika serta norma harus tetap dijaga ketika berkunjung ke masjid dengan pintu seribu ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kampung Bayur, RT.003/RW.004, Periuk Jaya, Kec. Periuk, Kota Tangerang, Banten.

38. Taman Prestasi

Taman Prestasi

Image Credit: Wisatasia.com

Lahan terbuka hijau di perkotaan cukup sulit untuk ditemukan. Sehingga Taman Prestasi ini bisa dijadikan sebagai pilihan. Berbagai pohon rindang sengaja di tanam untuk menyuplai udara segar sekitarnya.

Taman ini sangat cocok untuk kamu melakukan kegiatan luar ruangan seperti olahraga, wushu atau lainnya. Bahkan kamu juga bisa bersantai sambil bercengkrama bersama teman atau keluarga.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jend. Ahmad Yani, RT.002/RW.001, Sukarasa, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

39. Vihara Padumuttara

Vihara Padumuttara

Image Credit: Wisatalengkap.com

Untuk kamu yang mencari tempat berburu spot bagus, maka Vihara Padumuttara bisa menjadi pilihan. Dari segi bangunan Vihara satu ini memiliki ciri khas yang tersendiri. Bangunan dengan bentuk pagoda dengan warna merah dan kuning yang mendominasi.

Meskipun terbuka untuk umum dan sering jadi tempat foto foto, kamu tetap harus sopan dan santun. Bagaimanapun tempat unik satu ini merupakan tempat untuk ibadah.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bakti No.14, RT.001/RW.004, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

40. Upside-Down World Alam Sutera

Upside-Down World Alam Sutera

Image Credit: Side.id

Bagi Anda travellers yang suka berburu destinasi hits dan kekinian, upside-down world ini tidak boleh dilewatkan. Destinasi tematik dengan tema utama yang diusung adalah dunia serba terbalik ini dijamin akan membuat Anda tak berhenti berdecak kagum.

Disini Anda bisa berfoto di ruangan-ruangan dengan berbagai tema menarik yang pastinya serba terbalik. Tak usah khawatir mati gaya karena disini juga ada pemandu yang siap menunjukkan pose yang bisa sesuai dengan tema ruangan. Setelah dari sini, dijamin instagram Anda akan jadi semakin kece.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Alam Sutera Boulevard No. 5-6, Pakulonan, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten.

41. Garden Lantern Maze Market

Garden Lantern Maze Market

Image Credit: Ecnolantworld.blogspot.com

Pernahkah Anda melihat puluhan bahkan ratusan lampion dengan berbagai bentuk dan warna menyala di malam hari? Jika belum, cobalah datang ke Garden Lantern Maze Market di kawasan Cikokol Tangerang.

Disini Anda bisa menikmati cantiknya warna warni lampu lampion yang dibungkus dengan berbagai bentuk lampion menyala secara bersamaan. Bagi Anda yang hobi fotografi, lokasi ini juga bisa menjadi lokasi foto untuk bisa menghasilkan gambar yang cantik meskipun diambil saat malam hari.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. MH. Thamrin Blok P8 No. 18, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

42. Taman Kunci Cikokol

Taman Kunci Cikokol

Image Credit: Explorefiles.blogspot.com

Masih dari kawasan Cikokol Tangerang, ada satu taman yang sedang hits dan banyak dikunjungi anak-anak muda Tengerang. Taman Kunci Cikokol mungkin menawarkan hal yang sama seperti taman-taman kota lainnya, suasana sejuk dan asri dengan berbagai fasilitas penunjang rekreasi keluarga.

Yang menarik di taman ini adalah adanya berbagai spot yang didesain sangat menarik untuk dijadikan sebagai lokasi berfoto pengunjung. Tak heran jika banyak anak muda yang datang ke taman ini sekedar mencari spot foto instagenik. Belum lagi adanya kelinci dan kupu-kupu di area taman akan semakin membuat anak-anak betah bermain di taman ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

43. BX Rink

BX Rink

Image Credit: Bxrink.com

Sebagai negara tropis, di Indonesia tentu tidak akan bisa ditemui wahana atau area bermain permainan es. Nah, kini Anda bisa merasakannya di BX Rink. Disini Anda bisa menikmati sensasi bermain seluncur es yang biasanya hanya bisa dinikmati di negara dengan iklim dingin.

Wahana ini bisa menjadi alternatif wisata yang bisa Anda coba jika tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke negaranya. Anda bisa bermain ice skating dengan puas dan pastinya aman disini. Tak perlu khawatir soal perlengkapan, karena disini juga sudah disediakan penyewaan peralatan skating lengkap.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: CBD Bintaro Jaya Blok O-2, Bintaro Jaya Sektor VII, Kec. Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten.

44. Branchsto Equestrian Park

Branchsto Equestrian Park

Image Credit: Travelspromo.com

Kalau Anda mencari destinasi wisata yang menarik dan antimainstream, cobalah datang ke Branchsto Equestrian Park. Destinasi ini juga sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

Destinasi ini menawarkan daya tarik utama wisata belajar berkuda. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa belajar berkuda dengan kuda poni yang lucu. Tak perlu khawatir karena akan ada pelatih profesional yang menjamin keamanan pengunjung. Selain berkuda, Anda juga bisa menikmati aktivitas lain seperti bermain ATV ataupun memanah.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. BSD Raya Barat, Pagedangan, Kec. Serpong, Kota Tangerang, Banten.

45. Cisadane Walk

Cisadane Walk

Image Credit: Jejakdara.blogspot.com

Cisade Walk merupakan salah satu ikon dari kota Tangerang yang tidak boleh dilewatkan. Sungai Cisadane ini kini memang sudah berganti wajah. Kawasan yang dulunya kumuh kini sudah tertata rapi dan bahkan menjadi tempat wisata.

Cisadane Walk ini memiliki jembatan yang bisa kamu gunakan untuk swafoto. Belum lagi penjual makanan serta cafe yang berjejer di pinggir sungai cocok untuk tempat nongkrong.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Benteng Jaya, RT.004/RW.005, Sukarasa, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

46. Pantai Tanjung Pasir

Pantai Tanjung Pasir

Image Credit: Pantainesia.com

Mendengar deburan ombak lengkap dan bermain di garis pantai menjadi hal menyenangkan ketika berlibur ke Pantai. Salah satu pantai di Tangerang yang bisa kamu jadikan destinasi liburan adalah Pantai Tanjung Pasir. Pantai ini tidak terlalu jauh dari pusat kota dan mudah dijangkau.

Selain bermain air, kamu bisa melakukan beragam aktivitas menarik seperti menyewa perahu atau memancing. Fasilitas yang ada di pantai ini terbilang lengkap dan juga memadai.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Pasir, Kec. Teluknaga, Kota Tangerang, Banten.

47. Phi Phi Club Greenwich Park

Phi Phi Club Greenwich Park

Image Credit: Rumahdijual.com

Phi Phi Club Greenwich Park merupakan bagian dari Greenwich Park BSD City. Tempat satu ini sangat cocok untuk liburan bersama anak anak. Memiliki banyak fasilitas memadai seperti kolam bermain, ruang permainan hingga perpustakan.

Bukan hanya untuk anak anak, terdapat juga Bora Bora Club yang memiliki desain khusus remaja. Dan jangan lupakan Barbuda Club yang bisa digunakan untuk orang dewasa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lengkong Kulon, Kec. Pagedangan, Kota Tangerang, Banten.

48. Sakura Garden AEON Mall

Sakura Garden AEON Mall

Image Credit: Anakjajan.com

Destinasi ini sebenarnya sama seperti pusat perbelanjaan lain yang banyak ditemui di kota besar. Bedanya, di halaman mall ini Anda akan menemukan taman sakura yang dibuat dari ribuan lampu berwarna warni yang bertaburan.

Dengan dekorasi dan penataan yang cantik, pelataran mall ini bahkan sering dijadikan tempat wisata anak muda yang berburu foto keren dan kekinian. Mengunjungi taman ini paling tepat pada senja hingga malam hari saat lampu-lampunya dihidupkan di tengah gelapnya malam.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. BSD Raya Utama, Kec. Pagedangan, Kota Tangerang, Banten.

49. Klenteng Boen Tek Bio

Klenteng Boen Tek Bio

Image Credit: Indonesiakaya.com

Destinasi berikutnya yang juga bisa menjadi rekomendasi terutama untuk Anda yang ingin menikmati suasana pecinan yang khas. Tempat ibadah tertua di Tangeran yang juga sudah dijadikan sebagai cagar budaya Indonesia ini akan membawa Anda seakan berpetualang menjelajah waktu ke Tiongkok di tahun 1900an.

Disini Anda bisa menikmati kentalnya budaya china serta uniknya arsitektur Tionghoa yang kental dengan nuansa merah dan emas. Berpose di depan gerbang klenteng akan membuat Anda nampak berada di negeri Tirai Bambu untuk sesaat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bakti No. 14, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

50. Taman Bambu

Taman Bambu

Image Credit: Tempat.me

Destinasi terakhir yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda menghabiskan akhir pekan di Tangerang adalah Taman Bambu. Seperti namanya, selain deretan pohon bambu yang rindang, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas menarik yang terbuat dari bahan bambu.

Spot utama dari taman ini adalah jembatan bambu yang membentang di sekeliling taman. Dari atas jembatan ini Anda bisa menikmati sepoi-sepoi angin dari pohon bambu serta melihat pemandangan di bawah Anda dengan lebih jelas.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

Itulah tadi 50 rekomendasi Tempat Wisata di Tangerang yang harus dikunjungi. Meskipun terkenal sebagai kota Megapolitan, Tangerang juga tak kalah memiliki destinasi wisata menarik dan pastinya kekinian.