15 Wisata Pantai di Cirebon Paling Hits Dikunjungi

Wisata Pantai Cirebon

Cirebon adalah salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Barat. Selama ini, Cirebon identik dengan wisata religi dan sejarah. Tapi sebenarnya, kota ini memiliki berbagai macam tempat wisata yang dapat Anda kunjungi. Cirebon juga memiliki banyak wisata alam yang tak kalah dengan Kota Bandung, Bogor, ataupun kota besar lain.

Kini Cirebon telah dikenal sebagai tujuan wisata favorit, terbukti dengan meningkatnya jumlah pengunjung setiap tahunnya. Selain itu, kota ini juga terkenal dengan hasil udangnya. Tak mau kalah dengan kota-kota besar yang menawarkan banyak destinasi wisata seperti Bali atau Jogja, Cirebon juga menawarkan beragam objek wisata alam yang indah, terutama pesona pantai-pantainya.

Untuk menjawab rasa penasaran Anda terkait pantai-pantai yang ada di Cirebon. Berikut adalah beberapa daftar wisata pantai di Cirebon yang memiliki pemandangan indah dan wajib Anda kunjungi saat berlibur.

1. Pulau Biawak

Pulau Biawak

Image Credit: Oleholehmami.com

Jika di Nusa Tenggara Barat atau NTB ada Pulau Komodo, Cirebon juga punya tempat wisata yang serupa, yaitu Pulau Biawak. Pulau tersebut dihuni oleh banyak kawanan reptil biawak. Pulau ini memiliki luas sekitar 120 hektar dan didominasi oleh pantai serta tanaman bakau.

Pantai serta bakau sendiri kini sudah menjadi salah satu objek wisata yang paling diincar oleh para wisatawan, baik wisatawan dari dalam atau luar negeri. Ketika tiba di Pulau Biawak, Anda akan langsung melihat hamparan pasir putih yang indah dan juga megahnya mercusuar yang telah berdiri sejak zaman Belanda dulu.

Selain indahnya pantai dan bakau, Pulau Biawak juga menawarkan pesona bawah laut yang tak kalah indah, sepeti gugusan bunga karang dan berbagai jenis ikan.

Lokasi: Kepulauan Biawak, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.

2. Pasir Putih Losari

Pasir Putih Losari

Image Credit: Idntimes.com

Pantai ini merupakan tempat bermuaranya sungai besar dan sungai sehingga menyebabkan daerah pantainya menjadi menjorok ke arah laut progading. Hamparan pasir putih serta ombak yang tenang, membuat pantai ini semakin eksotis dan mempesona.

Sebenarnya destinasi wisata yang satu ini terletak di Kabupaten Brebes. Namun karena lokasinya dekat dengan Cirebon, jadi banyak warga yang menjadikan pantai ini menjadi destinasi favorit. Karena pantai ini tidak memiliki ombak yang terlalu besar, maka tempat wisata ini cocok untuk berenang atau mandi air laut bersama teman-teman dan keluarga.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Bekasi Paling Populer

Untuk harga tiketnya sendiri sudah pasti terjangkau dan pas dikantong. Berhubung lokasinya di tengah laut, maka Anda harus membayar 20 ribu untuk membayar perahu yang akan mengantar Anda pulang pergi.

Lokasi: Karangdempel, Kec. Losari, Kab. Brebes.

3. Pantai Baro Gebang

Pantai Baro Gebang

Image Credit: Idebebas.com

Untuk mengelilingi indahnya laut dari pantai Baro Gebang dengan perahu, Anda hanya cukup membayar 5 ribu saja. Selain itu, disini Anda juga bisa memancing, bersantap aneka hidangan kuliner laut yang pastinya enak dan lezat. Duduk santai dengan teman-teman atau keluarga menikmati matahari terbit atau tenggelam, merupakan beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan di pantai ini.

Tak hanya memiliki pesona pantai yang indah, Bari Gebang juga kerap dijadikan lapangan untuk berlatih mobil atau motor. Untuk Anda yang memiliki rencana berlibur di Cirebon, pantai Baro Gebang dapat dimasukkan ke daftar tempat wisata yang patut dikunjungi.

Lokasi: Gebang Mekar, Kec. Gebang, Kab. Cirebon.

4. Pantai Balongan

Pantai Balongan

Image Credit: Radarcirebon.com

Sekarang ini Balongan menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati oleh wisatawan dari dalam dan luar kota, setelah tempat ini dijadikan sebagai lokasi pertandingan selancar PON 2016. Lokasinya sendiri sangat strategis dan mudah untuk diakses.

Pantai ini memiliki panorama yang indah dan begitu cantik. Sebab, pantai ini sudah dikelola dengan baik dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit keluarga.

Lokasi: Jl. Raya Balongan, Balongan, Kec. Balongan, Kab. Indramayu.

5. Pantai Glayem

Pantai Glayem

Image Credit: Jabarprov.go.id

Objek wisata laut yang satu ini merupakan destinasi wisata paling favorit masyarakat sekitar, khususnya Kuningan, Brebes, dan Subang. Lokasinya sangat strategis karena dekat dengan kota dan juga disini tersedia berbagai tempat makan. Hal ini tentu yang membuat Glayem tidak pernah sepi pengunjung.

Di tempat wisata ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, seperti hunting foto, menikmati deburan ombak, dan pastinya Anda juga bisa menikmati berbagai hidangan kuliner.

Lokasi: Juntinyuat, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.

6. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan

Image Credit: Saegaleri.com

Objek wisata selanjutnya yang memiliki panorama indah, bagus, dan terkenal di Cirebon adalah Pantai Kejawan. Pantai ini menawarkan pemandangan laut biru dengan latar belakang Gunung Ciremai menjadi suguhan yang akan memanjakan setiap mata yang menyaksikan.

BACA:  Telaga Remis Kuningan, Wisata Alam Nan Asri & Cerita Mitosnya

Selain itu, Anda juga bisa duduk santai di pinggir pantai pada sore hari untuk menikmati panorama matahari tenggelam. Hal ini tentu akan menambah kesan romantis. Apalagi jika kesini bersama pasangan.

Lokasi: Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

7. Pasir Putih Pangandaran

Pasir Putih Pangandaran

Image Credit: Indonesiakaya.com

Untuk yang memiliki hobi snorkling atau berselancar, pantai ini sangat cocok untuk Anda. Disini Anda bisa menikmati indahnya bawah laut dan mengeksplorenya. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna putih dan bersih.

Tak hanya berselancar atau snorkling, di pantai ini Anda juga bisa melihat seekor kera yang berkeliaran di sekitar pantai. Sebab pantai ini berada di wilayah konservasi.

Lokasi: Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Ciamis.

8. Mangrove Kasih Sayang

Mangrove Kasih Sayang

Image Credit: Pegipegi.com

Sesuai dengan namanya, di sepanjang tepi pantainya dikelilingi oleh hutan bakau atau tumbuhan mangrove. Destinasi wisata yang satu ini memiliki pemandangan terbaik serta sederet fasilitas pendukung. Maka tak heran jika banyak pengunjung yang berbondong-bondong mendatangi tempat wisata ini.

Disini kalian bisa berswafoto dengan latar belakang hutan bakau. Selain itu, Anda juga menikmati indahnya pemandangan pantai dan deburan ombak.

Lokasi: Mundupesisir, Kec. Mundu, Kab. Cirebon.

9. TPI Bondet

TPI Bondet

Image Credit: Medcom.id

Karena Cirebon terletak di pesisir pantai utara atau lebih dikenal dengan singkatan pantura, maka kota ini tak mau kalah jika berbicara tentang objek wisata laut atau pantai. Letaknya yang berada di pesisir pantai, maka tak heran jika kota ini memiliki banyak destinasi wisata pantai, salah satunya adalah TPI Bondet ini.

Berlokasi tak jauh dari pusat kota, objek wisata TPI bondet memiliki spot foto yang paling populer serta tempat yang tepat bagi para pemburu sunset dan juga pecinta sea food.

Lokasi: Mertasinga, Kec. Gunungjati, Kab. Cirebon.

10. Tirtamaya

Tirtamaya

Image Credit: Travel.detik.com

Untuk mencapai lokasi pantai ini, Anda harus menghabiskan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota. Pantai ini hadir dengan membawa pemandangan yang sangat indah. Meski memiliki ombak yang cukup besar, pantai ini tetap aman digunakan untuk berenang atau bermain air laut.

Seperti halnya pantai-pantai lain, disini Anda bisa menikmati hembusan angin dan hamparan laut yang membentang luas. Sudah pasti akan membuat Anda semakin rileks dan tenang jika bersantai di pinggir pantai.

BACA:  Paralayang Majalengka, Wisata Ekstrim yang Harus Anda Coba

Lokasi: Juntikedokan, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.

11. Pantai Mundu

Pantai Mundu

Image Credit: Rekreasialam.co.id

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang belum cukup terkenal, karena masih baru dibuat untuk kawasan wisata mangrove. Dengan didukung transportasi yang memadai serta tempat kuliner, supaya bisa dinikmati oleh keluarga.

Pesisir pantai ini diharapkan akan menjadi objek wisata yang diminati oleh para wisatawan. Mengingat potensi yang ada di pesisir pantai ini yang sangat menjanjikan.

Lokasi: Setupatok, Kec. Mundu, Kab. Cirebon.

12. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan

Image Credit: Limakaki.com

Seperti halnya pantai Mundu, Pantai Bandengan juga masuk dalam daftar pantai pesisir yang akan dijadikan destinasi wisata mangrove. Pesisir pantai yang akan digali potensinya antara lain pantai desa Bandengan, Mundur, Waruduwur, dan Citemu atau disingkat BMWC.

Deretan pesisir pantai ini sangat berpotensi sekaligus memiliki sumber daya alam yang perlu dikembangkan menjadi potensi ekonomi desa.

Lokasi: Bandengan, Kec. Mundu, Kab. Cirebon.

13. Pantai Citemu

Pantai Citemu

Image Credit: Tribunnews.com

Pantai ini menawarkan pemandangan hamparan lautan yang luas serta indahnya hutan mangrove dengan suara deburan ombak yang menenangkan. Selain itu, disini Anda bisa menemukan kerajinan dari warga lokal yang bisa dibeli dan dibuat oleh-oleh

Barangkali pantai adalah destinasi wisata yang paling tetap jika Anda menginginkan tempat yang menenangkan dan pastinya menyenangkan.

Lokasi: Citemu, Kec. Mundu, Kab. Cirebon.

14. Pantai Waruduwur

Pantai Waruduwur

Image Credit: Khazanah.republika.co.id

Pantai ini menjadi destinasi wajib ketikan berkunjung ke Cirebon. Selain bisa menikmati keindahan pantai dan hutan mangrove, di Pantai Waruduwur Anda juga bisa menikmati olahan kuliner ikan yang pastinya akan menggoyang lidah Anda.

Menikmati suasana matahari tenggelam dengan teman-teman, keluarga, ataupun pasangan, ditemani kuliner yang enak adalah suatu hal yang sulit sekali diabaikan atau bahkan ditolak.

Lokasi: Waruduwur, Kec. Mundu, Kab. Cirebon.

15. Cirebon Waterland

Cirebon Waterland

Image Credit: Pegipegi.com

Cirebon Waterland merupakan salah satu destinasi wisata baru yang terletak di bibir pantai. Menawarkan pesona matahari terbit yang dapat Anda nikmati saat fajar tiba.

Tempat wisata ini juga menawarkan berbagai macam wahana permainan yang dapat Anda coba. Kapan lagi bisa liburan di pinggir pantai dengan fasilitas lengkap.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Itulah 15 wisata pantai terbaik yang ada di Cirebon. Jika Anda berencana untuk berlibur di Cirebon, tidak ada salahnya mengunjungi salah satu pantai yang ada di kota ini. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan membuat Anda tidak bingung lagi jika suatu saat Anda berlibur di Cirebon.