15 Oleh-Oleh Khas Cirebon Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Cirebon

Cirebon memiliki potensi wisata yang cukup menarik perhatian bagi para wisatawan. Selain wisata Cirebon juga menyimpan pesona kuliner yang siap memanjakan lidah Anda. Berbagai kudapan khas menjadi daya tarik sendiri kota Cirebon.

Ketika Anda berkunjung ke Cirebon tidak sah kiranya apabila tidak membawa buah tangan. Oleh-oleh khas di Cirebon harus Anda bawa pulang ke rumah. Bagi Anda yang kebingungan dalam mencari oleh-oleh, berikut ini akan di ulas 15 Oleh-oleh khas Cirebon yang popular dan wajib Anda bawa pulang.

1. Tape Ketan

Tape Ketan

Image Credit by Cirebonradio.com

Oleh-oleh pertama yang wajib Anda bawa pulang yaitu tape ketan. Makanan ini merupakan olahan dari beras ketan yang telah difermentasi kemudian dibungkus dengan daun pisang. Anda akan merasakan sensasi rasa manis dan asam yang khas.

Namun, perlu diperhatikan ketika Anda membeli tape ketan haruslah di simpan didalam pendingin ruangan maupun tempat yang sejuk. Pasalnya makanan ini mudah busuk.

2. Cirebon Sultana

Cirebon Sultana

Image Credit by Kompas.com

Makanan khas cirebon yang kekinian dan tengah hits saat ini yaitu Cirebon sultana. Kudapan lezat ini merupakan kue bolu dengan varian rasa yang berbeda mulai dari rasa cokelat, keju, dan berbagai varian rasa lainnya.

Cirebon sultana sangat cocok untuk menjadi buah tangan Anda karena rasa yang enak serta dikemas dalam kemasan yang cantik. Hal tersebut membuat oleh-oleh ini cukup diminati oleh para traveller.

3. Jeniper

Jeniper

Image Credit by Tokoadecirebon.wordpress.com

Mendengar kata jeniper mungkin akan mengingatkan Anda terhadap artis mancanegara. Namun, jeniper di Cirebon berbeda karena jeniper merupakan akronim dari jeruk nipis peras. Minuman ini memiliki citra rasa yang khas dan sangat menyegarkan tenggorokan.

Rasa yang khas serta harga yang murah menjadi pertimbangan traveller untuk menjadikanya buah tangan. Selain rasa yang nikmat dan harga yang murah, minuman ini juga diklaim menyehatkan tubuh.

4. Emping Cirebon

Emping Cirebon

Image Credit by Detik.com

Oleh-oleh khas Cirebon selanjutnya yaitu emping Cirebon. Emping cirebon ini berbahan dasar melinjo yang sudah diolah menjadi semacam bentuk keripik. Makanan ini sangat populer dan disukai oleh masyarakat Indonesia.

Emping khas cirebon mempunyai kelebihan di banding emping lainnya dari sisi varian rasa. Anda dapat membeli emping Cirebon dengan varian rasa udang, rumput laut, dan berbagai rasa unik lainnya.

5. Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay

Image Credit by Kumparan.com

Salah satu legenda sirup tanah air yaitu Sirup Tjampolay. Sirup ini sudah diproduksi sejak tahun 1936. Spesialnya sirup ini diproduksi di Kota Cirebon. Oleh sebab itu, maka sirup Tjampolay merupakan oleh-oleh wajib yang harus Anda bawa pulang.

Sirup Tjampolay memiliki aneka jenis rasa mulai dari melon, pisang susu, dan berbagai varian rasa lainnya. Dari sisi harga sirup ini cenderung ekonomis.

6. Terasi Udang Khas Cirebon

Terasi Udang Khas Cirebon

Image Credit by Wisatatempat.com

Cirebon dikenal olah masyarakat luas sebagai Kota Udang. Hal tersebut membuat masyarakat Cirebon gemar membuat makanan dengan olahan udang. Salah satu olahan dari udang yang cukup populer di Cirebon yaitu terasi udang.

Terasi Udang Cirebon memiliki kekhasan karena aroma sungguh khas dan rasa yang kuat membuatnya cocok melengkapi bumbu masakan di rumah.

7. Kue Gapit

Kue Gapit

Image Credit by Kompaswisata.com

Ketika Anda melihat kue gapit mungkin yang terpikir oleh Anda pertama kali yaitu bentuknya yang mirip dengan makanan asal Jerman, Waffle. Namun, berbeda karena kue gapit memiliki bentuk yang lebih tipis dan crunchy.

Kue gapit umumnya disajikan bersama dengan minuman teh ataupun kopi. Kue ini juga memiliki aneka rasa seperti rasa bawang, keju, dan kencur. Rasa yang terakhir merupakan rasa original dari kue ini.

8. Jambal Roti

Jambal Roti

Image Credit by Liputan6.com

Jambal roti merupakan produk asli Cirebon yang sangat diminati oleh para traveler. Hasil olahan laut dari masyarakat cirebon tersebut berbahan baku ikan manyung. Makanan ini diklaim memiliki rasa yang enak dengan kandungan gizi yang tinggi.

Untuk mendapatkan jambal roti Anda dapat mencarinya di sekitaran pasar maupun pusat oleh-oleh yang tersebar di jalan protokol kota cirebon.

9. Serabi Cirebon

Serabi Cirebon

Image Credit by Doyankuliner.com

Kudapan Cirebon yang dapat menjadi oleh-oleh berikutnya yaitu Serabi Cirebon. Kudapan ini akan lebih terasa nikmat ketika disajikan dengan hangat dengan ditemani dengan kopi maupun the hangat.

Anda dapat menemukan serabi cirebon di pinggir jalan yang menjajakan kuliner khas cirebon ini. Anda dapat memilih aneka rasa yang sesuai dengan keinginan seperti rasa cokelat, keju, durian, dan berbagai varian rasa lainnya.

10. Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak

Image Credit by Ramesia.com

Sekilas kerupuk rambak telihat seperti kerupuk kulit yang disajikan pada rumah makan padang. Memang bentuk dan rasanya sama. Namun kerupuk rambak ini umumnya dihidangkan bersama dengan kudapan khas cirebon yaitu empal gentong.

Kerupuk Rambak memiliki citra rasa yang khas serta tekstur yang cukup chruncy. Untuk dapat mendapatkanya Anda dapat membelinya di pasar maupun pusat oleh-oleh di Kota Cirebon.

11. Kripik Tempe Sagu

Kripik Tempe Sagu

Image Credit by Bukalapak.com (Burhanudin)

Kripik tempe sagu merupakan salah satu pilihan oleh-oleh yang dapat menjadi buah tangan Anda ketika berkunjung ke kota cirebon. Keripik ini berbahan dasar tempe yang diiris tipis kemudian digoreng menggunakan minyak yang sangat panas.

Ketika Anda membeli kripik tempe sagu, Anda dapat memilih berbagai varian rasa yang ditawarkan mulai dari rasa pedas, keju, hingga rasa keju panggang yang siap menggoyang lidah.

12. Kerupuk Udang

Kerupuk Udang

Image Credit by Tokokrupukmurah.blogspot.com

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Cirebon dikenal sebagai Kota Udang. Oleh sebab itu, maka banyak sekali kudapan berbahan dasar udang. Salah satu kudapan khas Cirebon yaitu kerupuk udang.

Kerupuk udang memiliki citra rasa yang khas yakni rasa yang gurih serta tekstur yang cukup crunchy. Oleh sebab itu, makanan ini cocok untuk menjadi oleh-oleh khas Cirebon.

13. Petis Cirebon

Petis Cirebon

Image Credit by Food.detik.com

Petis adalah bumbu dapur tradisional yang banyak digunakan oleh banyak orang untuk membuat suatu kuliner yang khas. Salah satu petis yang cukup populer berasal dari Cirebon. Petis Cirebon memiliki kekhasan karena memiliki citra rasa yang gurih karena berbahan baku udang segar.

Citra rasa yang khas dan unik membuat petis Cirebon menjadi oleh-oleh yang cukup layak untuk Anda bawa pulang ke rumah.

14. Rengginang

Rengginang

Image Credit by Rengginangkidal.business.site

Kudapan khas Cirebon yang dapat menjadi oleh-oleh selanjutnya yaitu rengginang. Makanan ini berbahan dasar beras ketan yang diproduksi oleh home industry yang dikembangkan masyarakat lokal. Oleh karena itu, membeli produk ini sama dengan membantu perekonomian masyarakat.

Tersedia berbagai varian rasa dari rengginang cirebon. Rasa yang khas dari rengginang yaitu rasa udang, rasa rumput laut, dan rasa original.

15. Empal Gentong

Empal Gentong

Image Credit by Kumparan.com

Oleh-oleh yang wajib Anda bawa pulang selanjutnya yaitu empal gentong. Makanan ini merupakan makanan khas dari Kota Cirebon.

Empal gentong merupakan makanan berbahan dasar daging sapi yang sangat miri dengan gulai. Kuliner ini dimasak dengan menggunakan kayu bakar di dalam gentong. Hal tersebut membuat citra rasanya khas di lidah.

5 Pusat Oleh-Oleh Kota Cirebon

1. Pasar Pagi

Pasar Pagi

Lokasi: Jl. Sukalila blok Mambo, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. – Image Credit by Travel.detik.com

Pusat oleh-oleh yang pertama wajib dikunjungi yaitu pasar pagi. Ketika berbelanja di sini jangan ragu untuk menawar. Bagi Anda yang memiliki skill menawar, maka bisa dipastikan harga yang Anda dapatkan sangat murah dan akan menghemat budget.

2. Pasar Kanoman

Pasar Kanoman

Lokasi: Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. – Image Credit by Kompas.com

Bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh camilan ringan dapat mengunjungi pasar kanoman. Hal itu karena varianya cukup lengkap. Selain itu, pasar kanoman juga dikenal dengan pasar yang menawarkan harga yang murah serta ramah di kantong.

3. Toko Pangestu

Toko Pangestu

Lokasi: Jl. Sukalila Selatan No.49, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon. – Image Credit by Cirebonmedia.com

Pusat oleh-oleh yang cukup lama berdiri di Cirebon yaitu toko pangestu. Toko ini sudah berdiri sejak tahun 1992. Anda dapat menemukan berbagai oleh-oleh khas cirebon mulai dari petis, kerupuk udang, rengginang, kerupuk rambak, hingga berbagai macam sambal dan abon.

4. Toko Daud

Toko Daud

Lokasi: Jl. Sukalila Utara No.12 – 14, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. – Image Credit by Jdlines.com

Toko daud dapat menjadi pilihan Anda berikutnya dalam mencari oleh-oleh khas cirebon. Di tempat ini Anda akan menemukan oleh-oleh dengan harga terjangkau mulai dari Rp 5.000,- hingga mencapai Rp 40.000,-.

5. Batik Trusmi

Batik Trusmi

Lokasi: Jl. Trusmi No.148, Weru Lor, Gedung Kantor Pasar Batik Trusmi LT 2 Sekretariat Kampung UKM Digital Pasar Batik Trusmi Desa, Weru Lor, Kec. Weru, Kota Cirebon. – Image Credit by Pergidulu.com

Salah satu pusat oleh-oleh yang menyediakan batik khas cirebon yaitu Batik Trusmi. Pusat oleh-oleh batik trusmi ini sudah dikenal luas oleh masyarakat sebagai pusat batik cirebon, oleh sebab itu maka Anda wajib mengunjunginya.

Itulah oleh-oleh khas Cirebon serta pusat oleh-oleh yang dapat menjadi referensi Anda. Ketika Anda pelesiran tidak sah kiranya tidak membawa buah tangan khas kota tersebut, oleh sebab itu maka beli lah oleh-oleh untuk menyenangkan sanak famili Anda.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak