21 Oleh-Oleh Khas Bandung Paling Populer

Oleh-oleh khas Bandung

Berburu oleh-oleh khas merupakan hal yang tak boleh dilewatkan saat melakukan perjalanan ke suatu daerah. Setiap daerah di Indonesia menawarkan berbagai produk olahan khas yang menjadi oleh-oleh wajib bagi para turis.

Salah satu contoh misalnya di Bandung. Bandung adalah satu dari sekian banyak kota besar di Indonesia yang terus mengembangkan sektor pariwisata guna menarik semakin banyak wisatawan untuk berkunjung.

Tidak hanya sektor destinasi atau objek wisatanya saja yang dikembangkan, Bandung juga terus mengembangkan inovasi produk oleh-oleh sebagai daya tarik wisata lain. Seperti beberapa oleh-oleh khas Bandung berikut ini yang tak boleh Anda lewatkan untuk dibawa pulang.

Oleh-Oleh Khas Wajib Dibawa Dari Bandung

1. Peuyeum

Peuyeum

Image Credit by Adira.co.id

Peyeum atau yang dalam bahasa Indonesia disebut tape ini terbuat dari singkong yang sudah difermentasi. Makanan ini sangat digemari warga Bandung karena bisa menghasilkan rasa hangat di tubuh saat dikonsumsi.

Sebagai salah satu oleh-oleh khas, tidak sulit untuk menemukan peuyeum ini. Selain dimakan langsung, peuyeum ini juga nikmat diolah menjadi berbagai olahan kuliner lain.

2. Surabi Bandung

Surabi Bandung

Image Credit by Dolandolen.com

Diantara banyaknya kuliner khas Bandung yang harus Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh adalah surabi. Jika dulu surabi dikenal sebagai jajanan tradisional dan kurang diminati, maka kini berbeda.

Inovasi berupa berbagai toping menarik di atasnya menjadikan surabi sebagai salah satu oleh-oleh wajib dibawa pulang dari Bandung. Surabi ini juga cocok dihidangkan dengan minuman hangat seperti teh untuk menambah sensasi nikmat rasanya.

3. Pisang Bollen

Pisang Bollen

Image Credit by Mayasaribakery.com

Kalau Anda adalah wisatawan yang datang dari luar kota yang jaraknya jauh dari Bandung, oleh-oleh pisang bollen ini bisa menjadi pilihan tepat. Kue ini termasuk dalam kategori pastry yang diberi inovasi isian beraneka rasa.

Salah satu toko yang menjual pisang bollen ini sudah ada bahkan sejak tahun 1970an. Meskipun begitu, cita rasa yang diberikan juga tidak berubah. Oleh-oleh ini cocok jika dibawa pulang untuk oleh-oleh bagi Anda yang datang dari luar Kota Bandung.

4. Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong

Image Credit by Rainbowskitchen.wordpress.com

Kalau Anda mencari oleh-oleh khas Bandung yang tahan lama, gepuk Nyonya Ong ini bisa menjadi pilihan utama. Gepuk yang merupakan olahan daging ayam atau sapi kemudian dipipihkan dengan cara digeprek, kemudian ditusuk dengan lidi.

Oleh-oleh ini menjadi incaran banyak wisatawan saat berkunjung ke Bandung, karena selain rasanya yang nikmat, dari gepuk ini pun bisa diolah lagi menjadi berbagai jenis masakan. Oleh-oleh ini mudah dijumpai di seluruh Kota Bandung.

5. Picnic Roll

Picnic Roll

Image Credit by Unileverfoodsolutions.co.id

Meskipun tergolong pastry, namun roll ini memiliki cita rasa yang berbeda. Adanya isian di dalam roll yang terbuat dari bahan daging cincang yang sudah dibumbui, dicampur dengan telur rebus dan dimasukkan ke dalam kulit pastry untuk selanjutnya dipanggang.

Oleh-oleh ini sangat khas bahkan hanya bisa ditemukan di Bandung. Di Bandung sendiri, hanya ada beberapa toko yang menyediakan oleh-oleh ini. Pokoknya kalau ke Bandung, Picnic Roll tak boleh dilewatkan untuk dibawa pulang.

6. Oncom

Oncom

Image Credit by Sepanjangjk.wordpress.com

Masyarakat Bandung pasti sudah tidak asing dengan olahan oncom, karena merupakan salah satu jenis makanan tradisional. Namun kini, dengan berbagai inovasi yang dibuat, makanan tradisional ini berubah menjadi oleh-oleh khas dari Bandung.

Oncom sendiri terbuat dari bahan dasar kacang yang kemudian difermentasi. Dari bahan baku oncom ini Anda bisa membuat lebih banyak jenis olahan makanan lain.

7. Basreng

Basreng

Image Credit by umkm.online

Selain terkenal dengan jajanan pinggir jalan seperti siomay atau batagor, Bandung juga terkenal dengan camilan basrengnya. Basreng yang merupakan singkatan dari baso goreng ini terbuat dari bahan dasar ikan yang dibuat seperti baso.

Setelah menjadi bentuk bakso, kemudian diiris tipis lalu digoreng. Ada berbagai varian rasa yang bisa Anda pilih, yaitu rasa original dan pedas.

8. Wajit Cililin

Wajit Cililin

Image Credit by Flickr.com

Wajit ini adalah jajanan tradisional yang menyerupai dodol. Terbuat dari bahan dasar beras ketan, kelapa serta gula merah yang membuatnya bertekstur lengket dan manis.

Keunikan jajanan ini adalah pada pengemasannya. Berbeda dengan dodol, wajit dibungkus dengan kulit jagung. Dengan cara ini wajit jadi memiliki aroma yang khas dan bisa bertahan lama.

9. Seblak

Seblak

Image Credit by Blogunik.com

Belangan ini, seblak menjadi makanan populer dan kekinian yang banyak diminati.  Makanan ini sendiri terbuat kerupuk basah yang dibumbui pedas serta diberi tambahan bahan lain.

Kalau Anda ingin menikmati makanan ini, tak perlu jauh-jauh datang ke Bandung. Anda bisa membawa pulang seblak instan yang sudah dikemas rapi. Dengan begitu, ketika sampai tinggal diseduh.

10. Cireng

Cireng

Image Credit by Pegipegi.com

Cireng merupakan singkatan dari aci goreng, terbuat dari bahan dasar kanji, kedelai yang dibumbui dengan merica dan bawang putih memang selalu menjadi favorit wisatawan untuk oleh-oleh.

Oleh-oleh cireng ini pun kini bisa dinikmati dengan berbagai varian isi. Jangan lupakan bumbu rujak atau sambal kacang untuk melengkapinya.

11. Bolu Bakar

Bolu Bakar

Image Credit by Qraved.com

Kalau biasanya bolu dikukus, bolu bakar ini juga tak kalah lezat dari bolu umumnya. Bolu bakar ini cocok dijadikan buah tangan. Ada dua varian bolu yang bisa dipilih, bolu asin dan manis.

Setiap varian bolu juga memiliki berbagai jenis isian yang dijamin membuatnya semakin lezat. Bolu ini juga bertahan cukup lama untuk dijadikan oleh-oleh.

12. Tahu Susu

Tahu Susu

Image Credit by Tempatwisatadibandung.info

Satu lagi oleh-oleh yang tak boleh dilewatkan saat ke Bandung adalah tahu susu. Tahu ini berbeda dengan tahu lainnya, karena memiliki tekstur lebih lembut dan kenyal.

Untuk pengolahan sendiri bisa diolah seperti tahu lainnya, yaitu digoreng atau dijadikan olahan lain. Untuk mendapatkan tahu susu ini juga hanya ada di kawasan Lembang Bandung.

13. Keripik Moring

Keripik Moring

Image Credit by Omiyago.com

Tak hanya basreng, Bandung juga memiliki cemilan yang cocok dijadikan oleh-oleh, yaitu moring. Moring sendiri merupakan cimol kering yang terbuat dari bahan yang sama seperi cimol namun digoreng kering.

Moring ini tersedia dalam berbagai varian rasa. Ada moring original asin dan moring rasa pedas. Tidak hanya dimakan langsung sebagai camilan, moring juga bisa menjadi teman makan nasi yang nikmat.

14. Kafetaria Pia

Kafetaria Pia

Image Credit by Openrice.com

Pia tidak hanya terkenal di Jogja namun juga di Bandung. Kafetaria Pia adalah jajanan yang wajib Anda bawa sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Bandung.

Berbeda dengan pia pada umumnya, pia ini memiliki rasa butterscotch yang menjadi andalannya. Karena bertahan lama, jajanan ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan rekan-rekan.

15. Kopi Aroma

Kopi Aroma

Image Credit by Kopiaromabandung.net

Bandung tidak hanya terkenal dengan jajanan dan makanan khasnya. Kopi juga bisa menjadi salah satu daftar oleh-oleh wajib dari Bandung.

Kopi Aroma yang berdiri sejak tahun 1930 ini bahkan sudah terkenal hingga ke luar negeri. Cita rasa yang khas didapat dari proses penanaman organik serta penggunaan alat tradisional dalam pengolahannya.

16. Tempe Gila

Tempe Gila

Image Credit by Bukalapak.com

Bahan makanan tradisional seperti tempe pun bisa dikreasikan menjadi camilan hits dan kekinian seperti tempe gila. Olahan dari tempe ini cocok menjadi buah tangan untuk teman-teman dan keluarga.

Rasa renyah tempe yang digoreng, kemudian dipadukan dengan bumbu pedas dijamin akan membuat ketagihan. Untuk mendapatkan cemilan ini pun cukup mudah.

17. Tahu Bandung

Tahu Bandung

Image Credit by Bukalapak.com

Jika di Lembang terkenal dengan oleh-oleh tahu susu, maka tahu Bandung bisa menjadi alternatif lainnya. Tahu ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan tahu-tahu lainnya.

Teksturnya lebih empuk namun tetap lembut membuatnya terasa nikmat saat dimakan. Tahu ini pun bisa diolah menjadi beragam variasi olahan makanan.

18. Batagor

Batagor

Image Credit by Pegipegi.com

Bandung terkenal dengan makanan khasnya, yaitu batagor. Selain dimakan di tempat, Anda pun bisa membawa pulang makanan ini sebagai oleh-oleh.

Makanan yang terbuat dari bahan ikan tengiri yang dibungkus dengan tahu kemudian digoreng. Kalau Anda mau menjadikannya sebagai oleh-oleh bisa dengan cara memisahkan batagor dengan kuah atau bumbunya.

19. Siomay

Siomay

Image Credit by Wikipedia.org

Satu lagi makanan khas Bandung yang tak boleh Anda lewatkan adalah siomay. Makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan tengiri yang dihaluskan kemudian dicampur ke dalam adonan tepung ini tak pernah gagal menarik selera.

Anda pun bisa menjadikan siomay sebagai oleh-oleh. Caranya juga sama seperi batagor, Anda bisa memisahkan antara siomay dengan bumbunya. Dengan begitu siomay bisa bertahan lama.

20. Bandung Makuta

Bandung Makuta

Image Credit by Prelo.co.id

Kue kekinian menjadi alternatif lain jika Anda ingin mencari oleh-oleh khas Bandung. Seperti Bandung Makuta ini misalnya.

Kue ini merupakan kue pastry dengan berbagai varian isi di dalamnya. Banyaknya pilihan isi membuat kue ini menjadi alternatif oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Bandung.

21. Brownies Kukus Amanda

Brownies Kukus Amanda

Image Credit by Resepsedapku.com

Terakhir ada brownies kukus terkenal dari Bandung, Brownies Amanda. Brownies ini menawarkan cita rasa khas yang berbeda dengan jenis brownies pada umumnya.

Rasa manis yang berasal dari coklat melimpah di dalam adonan berpadu dengan lembutnya tekstur brownies. Selain rasa coklat, ada berbagai pilihan rasa lain yang bisa Anda coba.

5 Pusat Oleh-Oleh Wajib Dikunjungi di Bandung

1. Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong Bandung

Lokasi: Jl. Pasir Kaliki No.106, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung. – Image Credit by Gitacinta.com

Kalau Anda mencari oleh-oleh gepuk khas Bandung, toko Gepuk Nyonya Ong adalah tempat yang harus dituju. Di gerai gepuk ini Anda bisa mendapatkan olahan gepuk Nyonya Ong asli khas Bandung. Lokasinya ada di Jl. Setia Budi, Jl. Pasir Kaliki dan lain-lain.

2. Kartika Sari

Kartika Sari

Lokasi: Jl. H. Akbar No.4, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung. – Image Credit by Elbatours.wordpress.com

Pusat oleh-oleh satu ini terkenal dengan produk pisang bollennya. Selain pisang bollen, Anda juga bisa menemukan berbagai oleh-oleh khas Bandung lain. Gerai ini bisa Anda temukan di beberapa wilayah seperti di Antapani, Cimahi dan lainnya.

3. Toko Iteung

Toko Iteung

Lokasi: Jl. Dr. Djunjunan No.39, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung. – Image Credit by Traveloka.com

Toko ini tidak hanya menyediakan oleh-oleh makanan namun berbagai produk lainnya. Mulai daei souvenir, kaos, sepatu dan lain-lain. Toko ini bisa ditemukan di beberapa tempat, seperti di Carefour Transmart, Citywalk dan beberapa lokasi lainnya.

4. Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang

Lokasi: Jl. Raya Lembang – Bandung No.177, Jayagiri, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat. – Image Credit by Pergidulu.com

Oleh-oleh tahu susu memang hanya bisa didapatkan di Lembang. Lokasi tepatnya di Jl. Raya Lembang Kabupaten Bandung Barat. Tidak hanya menawarkan produk oleh-oleh tahu susu saja, tempat ini juga dibuat sangat menarik.

5. Brownies Amanda

Brownies Amanda

Lokasi: Ruko Paskal Hyper Square Blok A No. 43, Jl. Pasir Kaliki No.25-27, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung. – Image Credit by 9lik.blogspot.com

Pusat oleh-oleh ini menyediakan olahan brownies sebagai produk utamanya. Namun selain brownies, ada pula berbagai jenis oleh-oleh khas Bandung bisa ditemukan disini. Lokasinya juga tersebar, seperti di Jl. Lengkong Besar, Jl. Rancaboleng dan lainnya.

Itulah tadi berbagai pilihan oleh-oleh khas Bandung yang bisa Anda bawa pulang beserta pusat oleh-oleh untuk mendapatkannya. Informasi ini bisa menjadi referensi saat Anda berkunjung ke Bandung.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak