26 Tempat Wisata di Bandung

Bandung merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menjadi destinasi wisata favorit, baik bagi wisatawan dalam maupun luar negeri. Bandung menawarkan daya tarik wisata berbeda yang tidak akan ditemukan di daerah lain. Berbagai pengembangan dan inovasi pun terus dilakukan untuk semakin mendukung sektor pariwisata di ibu kota Jawa Barat ini.

Bagi para traveler, Bandung adalah daerah yang tak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Berbagai jenis dan variasi destinasi bisa Anda temukan di Bandung. Mulai dari destinasi alam yang menakjubkan hingga destinasi modern yang kekinian. Semuanya bisa Anda temukan di Bandung.

Anda yang ingin berkunjung ke Bandung, tak perlu khawatir karena ada banyak rekomendasi destinasi wisata di Bandung yang bisa dicoba. Baik itu destinasi wisata dengan budget terbatas atau untuk backpacker hingga destinasi berkelas dengan kualitas mewah dan bintang 5.

1. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Lokasi: Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat. – Image Credit By Travel.uzone.id

Kalah berkunjung ke Bandung rasanya tak akan lengkap jika tidak mengunjungi destinasi wisata alamnya. Salah satu yang menjadi favorit adalah kawah putih ciwidey. Lokasinya berada di selatan Kabupaten Bandung, sekitar 50km.

Daya tarik dari wisata ini adalah kawah putihnya yang termasuk dalam kategori kawah vulkanik. Kawahnya yang berwarna putih karena kandungan belerang di dalamnya serta warna airnya yang jernih namun tak jarang juga bisa berubah warna menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri yang menarik wisatawan untuk berkunjung.

2. Puncak Bintang

Puncak Bintang

Lokasi: Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. – Image Credit By Taufikttc12.blogspot.com

Destinasi alam selanjutnya di Bandung yang wajib Anda kunjungi adalah Puncak Bintang. Lokasinya yang tak jauh dari kota menjadi keuntungan karena mudah diakses. Namun, meskipun berada tak jauh dari pusat kota tak mengurangi daya tarik keindahan destinasi ini.

Lokasi ini menjadi tujuan utama untuk para wisatawan yang ingin menikmati keindahan kota Bandung dari atas ketinggian. Dari atas sini Anda bisa melihat seluruh penjuru kota Bandung yang cantik. Tempat ini juga cocok untuk Anda yang mencari destinasi murah dan mudah dijangkau.

3. Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi, Situ Lembang, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat. – Image Credit By Blog.airpaz.com

Anda yang sedang mencari destinasi keluarga di Bandung, Anda tak akan kesulitan menemukannya. Salah satu yang menjadi favorit adalah Dusun Bambu Lembang. Disini sangat ideal untuk liburan keluarga karena menawarkan berbagai fasilitas wisata super lengkap.

Ada beragam wahana permainan yang bisa melatih motorik anak-anak, ada juga taman bunga yang bisa menjadi lokasi berfoto bersama. Jika lelah, ada banyak restoran dan pujasera dengan berbagai hidangan yang menggugah selera. Tempat yang sangat cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.

4. Floating Market

Floating Market

Lokasi: Jl. Grand Hotel, Lembang, Kabu. Bandung Barat, Jawa Barat. – Image Credit By Pergidulu.com

Satu lagu destinasi wisata keluarga yang harus Anda coba saat berkunjung ke Bandung adalah Floating market Lembang. Seperti namanya, disini Anda bisa merasakan berwisata sambil mengapung di atas air.

Disini Anda merasakan suasana sejuk dan asri khas pegunungan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas wisata lain yang sudah ditambahkan di dalam arena wisata ini. Yang menjadi daya tarik tentu saja berwisata kuliner di atas perahu-perahu yang mengapung di atas waduk buatan.

5. The Lodge Maribaya Bandung

The Lodge Maribaya Bandung

Lokasi: The Lodge Maribaya, Jl. Raya Maribaya, Cibodas, Bandung Barat, Jawa Barat. – Image Credit By Lingkunganhidup.co

Trend destinasi wisata alam yang disulap menjadi destinasi kekinian dan instagramable bisa Anda temukan dengan mudah di Bandung. Satu yang menjadi favorit wisatawan adalah The Lodge Maribaya Bandung.

Selain menawarkan pemandangan yang sejuk dan asri khas pegunungan, disini Anda bisa menikmati berbagai wahana yang kekinian dan cocok untuk spot foto instagramable. Misalnya, wahana balon udara, sky bike dan masih banyak lagu yang lainnya.

6. Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan

Lokasi: Ganjarsari, Cikalong Wetan, Bandung Barat, Jawa Barat. – Image Credit By Tourbandung.id

Kalau Anda suka berkunjung ke destinasi wisata alam, Sendang Geulis Kahuripan bisa menjadi rekomendasi destinasi wisata alam terbaru di Bandung. Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat destinasi ini masih jarang dikunjungi. Sangat cocok untuk melepas penat sejenak.

Daya tariknya ada pada mata airnya yang sangat jernih dan segar. Disini Anda bisa bermain air dan mandi di dalam mata air tersebut. Kesegaran mata airnya akan membuat semua lelah dan penat Anda hilang seketika. Tempat ini juga tergolong destinasi instagramable di Bandung.

7. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo

Lokasi: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat. – Image Credit By Mongabay.co.id

Ingin berwisata sambil belajar tentang kebudayaan Indonesia, khususnya Sunda? Datang saja ke Saung Angklung Udjo. Disini Anda bisa berwisata menikmati pertunjukan seni tradisional Sunda.

Tak hanya menikmati pertunjukan Anda bahkan bisa belajar langsung budaya Sunda seperti salah satunya yang paling banyak diminati adalah belajar angklung. Dengan begitu liburan Anda keluarga tidak hanya menyenangkan namun juga bermanfaat.

8. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole

Lokasi: Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. – Image Credit By Waspadamedan.com

Destinasi selanjutnya yang tak kalah hits dan patut dikunjungi adalah Orchid Forest Cikole. Awalnya tempat ini merupakan tempat untuk budidaya tanaman anggrek yang kemudian dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata.

Disini Anda bisa melihat dan belajar tentang anggrek karena koleksi anggrek disini sangat banyak dan tergolong terbesar di Indonesia. Tak hanya itu saja, beberapa spot foto pun dibangun sebagai daya tarik untuk menarik lebih banyak wisatawan.

9. Situ Cileunca

Situ Cileunca

Lokasi: Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. – Image Credit By Dakatour.com

Ada satu situ di Bandung yang saat ini sedang hits di kalangan traveler, yaitu Situ Cileunca. Jika berkunjung ke Bandung Anda harus datang ke situ ini. Selain menawarkan pemandangan situ yang asri dan menakjubkan, disini Anda juga bisa mendapatkan spot foto yang hits dan kekinian.

Spot foto yang dimaksud adalah jembatan cinta yang membelah situ. Jika berpose disini dijamin foto Anda akan sangat cantik dan instagramable. Tak hanya itu saja, di situ ini juga terdapat banyak fasilitas pendukung seperti permainan air, area berkemah dan kebun strawberry.

10. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Lokasi: Kompleks Tahura, Jl. Ir. H.Djuanda No.99, Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat. – Image Credit By Hemoyus.wordpress.com

Satu lagi destinasi wisata di Bandung yang menawarkan paket wisata lengkap, wisata sekaligus belajar. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda adalah destinasi yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Bandung.

Selain pemandangan yang sejuk yang dibingkai dengan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi, disini Anda juga bisa menikmati wisata lain, mulai dari goa, curug, tebing, monumen hingga museum. Semua fasilitas ini bisa Anda dapatkan di satu lokasi.

11. Chinatown Bandung

Chinatown Bandung

Lokasi: Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat. – Image Credit By Hijabransel.com

Kalau Anda ingin merasakan suasana khas China, tak perlu jauh-jauh datang ke negeri seberang. Datang saja ke Bandung dan Anda bisa merasakan suasana perkampungan China kuno.

Selain menawarkan spot foto yang instagenic, destinasi wisata kuliner yang beragam, Anda juga bisa menikmati beragam budaya tradisional negeri tirai bambu tersebut. Lengkap bukan?

12. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. – Image Credit By 1citytravel.com

Destinasi di Bandung yang satu ini beberapa waktu belakangan sangat populer di kalangan wisatawan dalam negeri. Destinasi yang mengusung konsep utama ala Eropa ini selain menarik juga mudah diakses.

Banyaknya peminat destinasi ini tidak lain karena banyaknya spot foto menarik dan instagramable. Mulai dari spot foto dengan kostum tradisional Eropa, foto di spot-spot bangunan yang keren hingga berfoto di rumah hobit. Saat berkunjung kesini, dijamin galeri ponsel dan sosial media akan penuh dengan hasil jepretan yang cantik.

13. Stone Garden

Stone Garden

Lokasi: Gunungmasigit, Cipatat, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. – Image Credit By Hargatiket.net

Anda yang suka dengan destinasi wisata alam unik dan tak biasa harus mencoba datang ke stone garden. Destinasi wisata yang terletak di Bandung Barat ini sebenarnya kawasan dataran tinggi dengan banyak bukit kapur menjulang di atasnya.

Karena banyaknya bukit kapur inilah yang membuat kawasan ini disebut dengan stone garden. Selain melihat keindahan barisan bukit kapur, disini Anda akan merasa seolah dibawa kembali ke jaman batu. Beberapa lokasi bukit kapur menjadi lokasi favorit berfoto pengunjung meskipun terletak di area yang cukup ekstrem.

14. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Lokasi: Cikahuripan, Lembang, Kab. Bandung Barat Jawa Barat. – Image Credit By Histori.id

Berkunjung ke Bandung tak akan lengkap jika belum menikmati pemandangan khas pegunungan di Gunung Tangkuban Perahu. Tangkuban Perahu memang menjadi destinasi wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bandung.

Selain pemandangan alam pegunungan yang luar biasa, daya tarik lain dari gunung ini adalah adanya dua buah kawah besar yang terbentuk sangat menakjubkan.

15. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung

Lokasi: Jl. Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat. – Image Credit By Beautynesiablog.id

Anda yang suka berwisata di tempat yang menyediakan wahana permainan yang beragam dan seru, kawasan Trans Studio Bandung bisa menjadi pilihan terbaik.

Disini Anda bisa menikmati beragam wahana permainan yang dijamin seru. Belum lagi wahana yang berada di area indoor akan membuat kunjungan Anda lebih nyaman dan menyenangkan.

16. Bukit Jamur Ciwidey

Bukit Jamur Ciwidey

Lokasi: Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat. – Image Credit By Dakatour.com

Bandung juga terkenal dengan destinasi wisata unik dan antimainstream. Salah satunya bisa Anda nikmati di Bukit Jamur Ciwidey ini. Dinamakan demikian bukan karena disini ditumbuhi banyak jamur lho ya.

Alasan tempat ini dinamakan demikian adalah karena pohon pinus dengan ukuran tidak terlalu tinggi dan berbentuk seperti jamur yang berjejer di kawasan ini. Di tempat ini juga bisa menjadi spot foto yang sangat cantik dan kekinian untuk Anda yang suka hunting foto hits dan kekinian.

17. Upside Down World Bandung

Upside Down World Bandung

Lokasi: Jl. H. Wasid No.31, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. – Image Credit By Fetihabsari.blogspot.com

Di Bandung juga banyak tempat wisata kekinian tematik yang bisa Anda pilih sesuai selera. Salah satu yang sedang banyak diminati adalah Upside Down World Bandung. Tempat ini merupakan sebuah wahana yang memiliki banyak spot menarik untuk berfoto.

Seperti namanya, setiap spot foto yang dibuat disini sengaja dibuat terbalik. Jadi, ketika Anda mengambil foto di area ini, hasil foto yang didapat nantinya akan membuat sekitar Anda terbalik. Yang lebih menarik lagi, di dalam wahana ini akan disediakan pemandu gaya yang akan mengarahkan gaya berfoto Anda agar hasilnya semakin maksimal.

18. Amazing Art World

Amazing Art World

Lokasi: Jl. DR. Setiabudi No.293-295, Isola, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. – Image Credit By Dakatour.com

Satu lagi destinasi kekinian dan hits yang harus Anda kunjungi saat ke Bandung adalah amazing art world. Tempat ini merupakan sebuah museum 3D dimana semua lukisan yang dipajang di dalamnya adalah lukisan 3D yang memiliki keistimewaan.

Saat berkunjung ke kawasan museum 3D, trik tipuan mata yang membuat seolah-olah setiap lukisan menjadi hidup adalah daya tariknya. Di museum ini sendiri ada total 8 tema lukisan yang diangkat. Jepretan Anda dengan lukisan-lukisan ini akan tampak sangat nyata.

19. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali

Lokasi: Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. – Image Credit By Tourbandung.id

Daerah Jawa Barat sudah tak diragukan lagi menjadi daerah penghasil teh yang cukup besar. Karena itu, disini juga banyak ditemukan kebun teh. Banyaknya kebun teh yang ada di daerah Jawa Barat, khususnya Bandung ini kemudian membuat beberapa diantaranya menjadi sebuah destinasi wisata.

Salah satu yang paling terkenal adalah perkebunan teh Rancabali. Disini Anda bisa menikmati pemandangan hijau kebun teh sambil berjalan-jalan menikmati sejuknya hawa khas pegunungan. Dijamin akan mengembalikan mood dan semangat Anda setelah lelah beraktivitas.

20. Street Gourmet

Street Gourmet bandung

Lokasi: Jl. Cilaki No.45, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. – Image Credit By Otospirit.com

Nah, kalau Anda suka berwisata kuliner dan ingin mencoba sensasi wisata kuliner berbeda, Anda bisa mencoba street gourmet. Disini Anda bisa merasakan sensasi makan sambil berjalan di atas kendaraan.

Tempat makan ini adalah sebuah bus yang disulap menjadi sebuah restoran mewah dengan menu makanan mewah pula. Penyajian hidangannya pun layaknya restoran pada umumnya. Yang membedakan hanyalah Anda bisa menikmatinya di atas sebuah bus yang sedang berjalan.

21. Tafso Barn

Tafso Barn

Lokasi: Jl. Baru Laksana No.75, Pagerwangi, Lembang, Pagerwangi, Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. – Image Credit By Pinterest.com

Masih soal wisata kuliner yang unik, di kawasan Bandung Barat ada sebuah cafe dengan konsep yang sangat menarik. Berada di dataran tinggi, setiap tempat makan di cafe ini dibentuk layaknya sangkar burung berwarna putih.

Selain tempat makannya yang unik, disini juga ada area bermain golf, tenda mini dan ayunan vintage yang membuat desain cafe semakin menarik. Apalagi ketika Anda berkunjung di malam hari, kelap kelip lampu akan membuat suasana semakin romantis. Makanan yang disajikan juga dijamin lezat.

22. Kampung Pasir Ipis

Kampung Pasir Ipis

Lokasi: Jayagiri, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. – Image Credit By Berkeliling.com

Awalnya, daya tarik utama dari Kampung Pasir Ipis ini adalah benteng peninggalan Belanda yang dibuat saat jaman penjajahan namun masih berdiri kokoh hingga saat ini. Di dekat benteng, juga ada sebuah air terjun kecil yang membuat suasana semakin asri dan sejuk.

Untuk menarik pengunjung, berbagai inovasi dilakukan, termasuk membangun berbagai spot foto menarik yang hits dan kekinian. Spot foto berbentuk sarang burung dan menara pandang adalah spot foto favorit para pengunjung.

23. Little Seoul Bandung

Little Seoul Bandung

Lokasi: Jl. Sawunggaling No.10, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. – Image Credit By Jadiberita.com

Kalau Anda suka dengan kebudayaan dan segala hal tentang negara Korea, Anda harus berkunjung ke Little Seoul Bandung atau lebih dikenal dengan nama Kampung Korea. Lokasinya yang mudah diakses, yakni berada di tengah kota dan dekat dengan stasiun.

Disini, Anda bisa merasakan nuansa Seoul yang sangat otentik di tengah kota Bandung. Mulai dari desain, berbagai restoran dengan menu makanan Korea hingga Anda bisa mencoba pakaian tradisional Korea disini. Dijamin rasa penasaran Anda tentang negeri ginseng ini akan sedikit terobati dengan berkunjung ke kampung Korea ini.

24. Barusen Hiils Ciwidey

Barusen Hiils Ciwidey

Lokasi: Gambung Ciwidey, Cisondari, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat. – Image Credit By Wisatakaka.com

Tak perlu bingung mencari destinasi wisata keluarga yang menyenangkan. Barusen Hills Ciwidey bisa menjadi rekomendasi terbaik. Disini Anda bisa mengajak anak-anak bermain di kolam renang yang dikelilingi pemandangan menakjubkan dan suasana yang sejuk serta asri.

Selain kolam renang yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas bermain yang menyenangkan dan menarik, Barusan Hills Ciwidey juga dekat dengan berbagai destinasi menarik di Ciwidey. Jadi saat berkunjung ke Barusan Hills Anda bisa mampir ke destinasi wisata lain.

25. Jembatan Kereta Api Cikudapateuh Ciwidey

Jembatan Kereta Api Cikudapateuh Ciwidey

Lokasi: Jl. Raya Soreang-Ciwidey No.255, Sadu, Soreang, Bandung, Jawa Barat. – Image Credit By Travelbos.id

Jika Anda pernah melihat oara traveler berfoto di lintasan kereta api yang berada di dataran tinggi, tempatnya ada di Cikudapateuh Ciwidey. Disini Anda bisa berfoto di spot lintasan kereta api yang sudah tua. Jalur kereta ini terkenal sangat instagramable bagi para pengguna sosial media ini.

Tidak hanya spot foto instagramable, disini Anda juga bisa menikmati pemandangan pegunungan yang menakjubkan, sungai yang jernih dan perkebunan teh menghijau di kejauhan.

26. Kampoeng Tulip

Lokasi: Jl. Ciwastra, Mekarjaya, Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Hargatiket.net

Tidak hanya kampung Korea, di Bandung Anda juga bisa menikmati suasana khas dari negeri kincir angin Belanda di Kampung Tulip. Daya tarik utama dari destinasi ini adalah perkampungan khas Eropa dengan berbagai kincir angin di setiap sudutnya.

Meskipun tak bisa menikmati keindahan bunga tulip disini, Anda bisa tetap menikmati suasana khas Belanda dengan melihat rumah-rumah khas Eropa, bahkan mencoba pakaian tradisional khas Belanda.

Itulah tadi 26 destinasi wisata di Bandung yang harus Anda kunjungi. Sebagai daerah tujuan wisata, Bandung selalu berinovasi dalam bidang pariwisata. Terbukti dengan semakin banyaknya destinasi wisata hits dan kekinian di Bandung.