Harga Tiket: Rp 100.000, Jam Operasional: 10.00-20.00 WIB, Alamat: Jl. H. Wasid No.31, Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bandung termasuk salah satu daerah di Indonesia yang dikenal memiliki banyak tempat wisata menarik. Wisatawan bisa menemukan beragam tempat wisata mulai dari yang bertemakan sejarah, alam hingga kekinian. Tempat-tempat wisata di Bandung sangat ramah untuk kalangan anak-anak sampai dewasa, salah satunya yakni Upside Down World Bandung.

Tempat wisata ini cukup populer di kalangan wisatawan. Menariknya, tidak hanya anak-anak saja yang bisa datang ke tempat wisata tersebut, namun orang dewasa pun juga bisa. Karakteristik yang dimiliki berbeda dengan tempat-tempat wisata kekinian lainnya yang ada di Bandung sehingga wisatawan pecinta fotografi sangat antusias berkunjung kesana.

Upside Down World menyuguhkan suasana indoor yang berbeda dengan tempat wisata lain yang juga sama-sama indoor. Disana wisatawan yang hobi berfoto akan sangat terfasilitasi karena ada banyak spot-spot foto menarik yang bisa dimanfaatkan. Wisatawan bisa mendapatkan banyak foto dengan background yang berbeda sehingga sangat memuaskan.

Daya Tarik yang Dimiliki Upside Down World

Daya Tarik Upside Down World
Image Credit: Google Maps Linah Linah

1. Mengusung Konsep Wisata Yang Sangat Unik

Konsep yang diusung oleh tempat wisata ini terbilang sangat unik dan berbeda dengan tempat wisata kekinian lainnya. Sesuai namanya, ‘upside down world’ mengusung konsep berupa spot-spot foto yang ditata secara terbalik di setiap ruangan. Inspirasi konsep yang diusung berkiblat dari film asal Hollywood berjudul ‘Upside Down’.

Di tempat wisata ini wisatawan bisa berfoto sepuasnya dengan latar belakang spot-spot foto terbalik yang disediakan disana. Setiap ruangan yang ada di Upside Down World memiliki tema yang berbeda, misalnya saja satu ruangan disulap menjadi ruang tamu, ruangan lainnya disulap menjadi kamar tidur, dan lain-lain.

Wisatawan tidak perlu khawatir perkara tingkat keamanannya karena furniture atau perabotan yang dipasang di setiap ruangan sesuai tema sangat aman. Sebelum dibuka untuk umum, pihak pengelola sudah memastikan keamanannya. Barang-barang yang ada di setiap ruangan ditempel secara terbalik dan tidak akan bisa terjatuh.

Tempat wisata ini baru dibuka beberapa tahun yang lalu, tepatnya di tanggal 10 Oktober 2016. Kepopuleran destinasi liburan favorit wisatawan yang ada di Bandung tersebut mulai viral setelah wisatawan yang pernah berkunjung mengupload hasil foto-fotonya di sosial media. Semenjak itu, tempat wisata ini tidak pernah sepi.

2. Menyuguhkan Delapan Ruangan dengan Tema Menarik

Yang menarik dari tempat wisata ini adalah tersedianya sejumlah delapan ruangan0 dimana setiap ruangannya mempunyai tema yang berbeda dengan ruangan lainnya. Setiap ruangan di Upside Down World Bandung ditata sedemikian rupa dan didukung dengan berbagai perabotan sesuai tema ruangan yang diusung.

Adapun ruangan spot foto yang tersedia di tempat wisata ini antara lain ruangan dapur, kamar tidur, ruang makan, ruang cuci, ruang keluarga, wardrobe room, kamar mandi, dan juga ruang billiard. Untuk ruangan dapurnya didesain dengan dominasi warna biru dan didukung dengan berbagai peralatan dapur, kompor gas, dan lain-lain.

Kemudian di ruangan kamar tidur mengusung tema bunga-bunga dan tumbuhan. Terdapat beragam perabotan kamar tidur seperti meja rias, tempat tidur, dan didukung dengan wallpaper bunga tulip. Selanjutnya untuk ruang makannya dibuat semirip mungkin dengan ruang makan di rumah-rumah pada umumnya.

Ruang cuci terdapat mesin cuci yang didukung dengan rak sabun, detergen, dan keranjang baju. Ruan keluarga berisikan TV, karpet, tempat duduk, hingga pernak-pernik yang biasa ada di ruang keluarga. Wardrobe room berisikan koleksi baju, lemari tas, dan barang-barang fashion lainnya.

3. Termasuk Salah Satu Tempat Wisata Instagramable

Wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata anti-mainstream bisa datang ke Upside Down World. Tempat unik ini recommended dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Konsep yang diusung tidak biasa sehingga bisa menarik perhatian wisatawan.

Di Bandung memang selalu muncul beragam tempat wisata instagramable setiap tahunnya. Termasuk tempat wisata ini yang tidak pernah sepi akan kunjungan wisatawan karena berbagai spot foto di dalamnya tidak membosankan. Pihak pengelola selalu melakukan perbaikan apabila ada perabotan yang rusak.

Selain itu, setiap tahun akan dilakukan perubahan tata letak dan perabotan yang ada di setiap ruangan spot foto sehingga panorama yang akan dilihat wisatawan tidak hanya itu-itu saja. Setiap tahun juga dilakukan evaluasi sehingga pihak pengelola mengetahui hal-hal apa saja yang harus diperbaiki atau diubah di tempat wisata ini.

Wisatawan yang datang ke kota Bandung dan ingin menyaksikan pemandangan yang berbeda bisa mencoba berkunjung ke tempat wisata tersebut. Dengan mengusung konsep spot foto instagramable, tentunya menjadi daya tarik tersendiri di mata wisatawan. Sehingga Upside Down World sangat recommended dikunjungi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Upside Down World
Image Credit: Google Maps Adi Alam

Lokasi tempat wisata ini berada di Kota Bandung, tepatnya di daerah Coblong. Lokasinya ada di kawasan Lebakgede tepatnya di Jalan H. Wasid No. 31. Bangunan tempat wisata ada di belakang bangunan Rabbani Dipatiukur. Rute yang bisa ditempuh bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Wisatawan bisa menggunakan transportasi umum bus DAMRI jurusan Terminal Leuwipanjang-Dipatiukur menuju ke lokasi. Selain bus, wisatawan juga menaiki angkutan umum dengan rute Cicaheum-Ciroyom, angkutan dengan rute Panghegar-Dipatiukur, atau angkutan dengan rute Riung Bandung-Dago. Kemudian berhenti di Jalan Dipatiukur.

Selanjutnya wisatawan bisa menggunakan ojek agar bisa sampai di Upside Down World Bandung, Jawa Barat. Tidak ada transportasi angkutan umum yang akan melewati lokasi tempat wisata sehingga wisatawan hanya bisa naik transportasi umum sampai Jalan Dipatiukur saja. Selanjutnya wisatawan bisa berjalan kaki atau menaiki ojek ke lokasi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Upside Down World
Image Credit: Google Maps Ardnas dewi

Upside Down World Bandung dibuka setiap hari mulai dari hari Senin hingga Sabtu pukul 10.00-20.00 WIB. Sementara itu, khusus hari Minggu buka pukul 11.00-21.00 WIB. Harga tiket masuknya untuk anak-anak yang memiliki tinggi badan kurang dari 120 cm adalah Rp 50.000. Sementara itu, harga tiket masuk untuk orang dewasa adalah Rp 100.000.

Wisatawan bisa berfoto sepuasnya disana tanpa batasan waktu. Menariknya lagi, pihak pengelola tempat wisata sudah menyediakan fotografer untuk mengarahkan gaya bagi wisatawan yang berfoto. Untuk biaya fotografernya gratis sehingga wisatawan tidak perlu mengeluarkan budget sama sekali untuk membayar fotografer tersebut.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Upside Down World

Aktivitas Menarik Upside Down World
Image Credit: Google Maps Jean-Pierre Larue

1. Hunting Foto

Kegiatan wajib yang dilakukan wisatawan ketika datang ke Upside Down World adalah hunting foto. Hal ini dikarenakan konsep yang diusung oleh tempat wisata ini adalah spot-spot foto dengan beberapa ruangan yang ditata sedemikian rupa seperti rumah pada umumnya misalnya kamar tidur, ruang tamu, dan lain-lain.

Disana terdapat fotografer yang dengan siap sedia mengarahkan gaya kepada wisatawan yang ingin mendapatkan hasil foto terbaik. Hunting foto bisa dilakukan dengan menggunakan kamera dari fotografer. Untuk hasil fotonya bisa dicetak menggunakan layanan cetak foto.

2. Mencicipi Kuliner yang Tersedia di Kantin

Setelah puas hunting foto, wisatawan yang merasa lapar dan haus bisa mampir ke kantin yang tersedia disana. Di kantin tersebut tersedia beragam pilihan makanan maupun minuman yang variatif. Mulai dari makanan ringan sampai dengan makanan berat banyak tersedia di kantin ini.

Untuk harga makanan dan minuman yang dijual di kantin cukup terjangkau sehingga wisatawan yang memang merasa lapar dan haus tidak perlu repot mencari rumah makan di luar Upside Down World Bandung.

3. Berjalan-Jalan Melihat Ruangan-Ruangan

Di tempat wisata ini terdapat delapan ruangan spot foto yang menyajikan suasana seperti di dalam rumah. Adapun ruangan yang tersedia di dalamnya antara lain ruang tamu, kamar tidur, wardrobe room, ruang cuci, ruang makan, ruang billiard, dan lain sebagainya. Wisatawan bisa memilih ingin berfoto di ruangan yang mana.

Setiap ruangan ditata sedemikian rupa sehingga menyerupai ruangan sesungguhnya. Uniknya, perabotan-perabotan yang ada di setiap ruangan ditempel di atap sehingga jika hasil foto wisatawan dibalik, hasilnya pun seperti wisatawan melayang di atap seperti cicak.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Upside Down World
Image Credit: Google Maps Ardnas dewi

Terkait fasilitas, wisatawan tidak perlu khawatir ketika berkunjung ke tempat wisata yang mengusung konsep unik ini. Terdapat beragam fasilitas memadai di Upside Down World. Fasilitas yang dimaksud antara lain ruang tunggu, tempat duduk, mushola, dan toilet. Semua fasilitas yang ada disana sangat memadai dan bisa digunakan wisatawan.

Tersedia juga kantin yang menjual beragam jenis makanan baik ringan maupun berat dan berbagai jenis minuman. Harganya pun cukup terjangkau sehingga wisatawan tidak perlu khawatir ketika merasa lapar maupun haus.

Wisatawan bisa menggunakan jasa fotografer jika ingin mendapatkan hasil foto yang bagus. Terdapat juga layanan cetak foto sehingga wisatawan bisa mendapatkan hasil cetakan foto dan menempelkannya di dinding rumah.

Upside Down World Bandung merupakan salah satu tempat wisata kekinian yang recommended untuk dikunjungi di daerah Bandung. Bagi wisatawan yang ingin mencoba suasana baru bisa datang ke tempat wisata ini.