Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00–17.00 WIB, Alamat: Desa Sendi, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Sendi Adventure Pacet adalah salah satu destinasi wisata menarik yang ada di Kabupaten Mojokerto. Letaknya yang berada di atas perbukitan menjadikan suasananya asri dan nyaman, serta memiliki udara sejuk. Objek wisata Mojokerto ini tepatnya berada di kaki Gunung Welirang dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Bukan rahasia umum jika Mojokerto adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki berbagai tempat wisata alam indah. Perbukitan, pegunungan, air terjun, adalah beberapa yang mudah anda temukan di sana. Masing-masing menawarkan panorama nya tersendiri, tentunya dari nuansa alam.

Selain memiliki keindahan alam yang menakjubkan, Sendi Adventure menyediakan macam-macam spot foto indah. Desain nya unik dan menarik, pastinya banyak disukai pelancong yang ingin mengabadikan momen ketika liburan atau sebagai konten di media sosial. Apalagi di tempat ini ada gardu pandang sehingga pengunjung lebih santai menikmati suasana dan keindahannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Sendi Adventure

Daya Tarik Sendi Adventure
Image Credit: Google Maps Amelia Dwi Lestari

Objek wisata di Mojokerto ini sebenarnya sudah lama dibuka untuk umum. Beberapa waktu lalu mulai ramai menjadi bahan perbincangan karena bantuan dari pengunjung sebelumnya yang memposting di media sosial masing-masing. Apalagi jika Sendi Adventure memang layak dikunjungi karena memiliki berbagai daya tarik.

1. Pesona Alam Indah Pegunungan

Keindahan alam yang menakjubkan adalah alasan utama wisatawan datang berkunjung ke lokasi. Sebagaimana pemandangan khas pegunungan, di semua titik tumbuh subur berbagai jenis pohon rindang. Hijau dan asri, itulah kesan pertama yang didapatkan ketika berkunjung. Bahkan kesan tersebut sudah didapatkan ketika anda melakukan perjalanan menuju lokasi.

Tampak jelas Gunung Welirang yang menjadi salah satu ikon alam dari kota Mojokerto. Tidak jauh arah mata memandang, kontur tanah khas perbukitan melengkapi panorama nya. Keindahan semakin didapat ketika matahari bersinar diatas pepohonan sehingga menciptakan gradasi warna yang menakjubkan.

Sementara itu, kabut tipis yang berserakan menambah kesan eksotis dan sekaligus menjadikan suasana tenteram. Hampir tidak ada pemandangan tanah ketika anda berada di Sendi Adventure Pacet, semua pandangan tertutup oleh rindangnya pohon, semak belukar, dan perkebunan milik warga.

2. Memiliki Banyak Spot Foto

Daya tarik lainnya adalah banyaknya spot yang disediakan pengelola untuk lebih nyaman dalam menikmati suasana alam. Sebagian spot dimanfaatkan pengunjung untuk mengambil foto. Beberapa spot yang menarik adalah sarang burung raksasa, sayap kupu-kupu, gardu pandang berbentuk hati, dan masih banyak lainnya.

Setiap spot menyajikan panorama berbeda, namun tetap dalam hal keindahan alam. Spot paling menarik adalah gardu pandang diatas pohon dengan view Gunung Welirang. Selain itu, ada pula miniatur indah yang menghiasi setiap sudut. Sebut saja Menara Eifel, bangunan China dengan atapnya yang khas, dan jembatan bambu.

Bukan hanya itu, Sendi Adventure atau yang dikenal juga dengan Sendi Adventure Mojokerto ini memiliki berbagai wahana seru. Flying fox adalah salah satunya yang paling seru karena didesain unik. Bukan hanya tali yang menggantung, namun dibentuk mirip paralayang dilengkapi tempat duduk.

3. Taman Bunga Warna Warni

Pesonanya semakin lengkap dengan adanya taman bunga warna warni yang cantik. Taman ini terletak di sepanjang jalan di dekat miniatur Menara Eifel. Merah, kuning, dan hijau adalah warna dominan dari bunga yang berada di taman tersebut. Dilengkapi dengan bangku kayu, pengunjung bisa lebih santai memandang cantiknya bunga di taman.

Adanya taman bunga ini menjadikan nuansa lebih romantis jika anda datang bersama keluarga atau pasangan. Terlebih, taman ini dibangun diatas lahan cukup luas dan menyatu dengan jembatan bambu. Mengambil foto selfie atau foto keluarga pastinya cocok dan tidak perlu menjadi fotografer profesional untuk menghasilkan foto yang indah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Sendi Adventure
Image Credit: Google Maps Sendi Adventure

Lokasi Sendi Adventure berada di Desa Sendi, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Ada dua rute yang bisa diambil untuk menuju lokasi, yakni dari arah Mojokerto dan arah Malang. Dari pusat kota Mojokerto, waktu yang diperlukan sekitar 40 menit dengan jarak 20 kilometer.

Sedangkan jika ditempuh dari kota Malang, butuh waktu lebih lama yaitu sekitar 1 jam 30 menit. Waktu tersebut dibutuhkan untuk menempuh jarak sekitar 45 kilometer. Dari kedua rute tersebut, kita ambil contoh jika anda melewati Mojokerto. Silahkan menuju ke Pacet dengan patokan utama wisata air panas Cangar.

Dari lokasi tersebut, ambil arah yang menuju ke kota Batu Malang. Setelah melewati jembatan Kali Kromong, akan ada jalan menanjak. Terus lurus hingga menemukan rest area di kawasan kecamatan Sendi. Di situlah lokasi objek wisata di Pacet ini berada yang ditandai dengan banyaknya warung di pinggir jalan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Sendi Adventure
Image Credit: Google Maps sleeping beauty, DF

Harga tiket masuk Sendi Adventure dibagi menjadi dua paket, yakni 10.000 dan 8.000 rupiah. Untuk paket 8.000 rupiah, hanya tersedia beberapa spot foto gratis yang bisa dinikmati. Lain halnya dengan paket 10.000 yang lebih lengkap, namun tetap memiliki panorama yang hampir sama.

Dari semua spot foto, miniatur Menara Eifel dan Kebun Strawberry tidak termasuk dalam paket. Artinya, anda harus membayar biaya lagi sebesar 10.000 rupiah untuk masing-masing spot tersebut. Selain spot foto, biaya yang harus dikeluarkan lainnya adalah untuk parkir. Sepeda motor hanya dikenakan tarif 2.000 rupiah, sedangkan mobil hanya 5.000 rupiah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Sendi Adventure

Aktivitas di Sendi Adventure
Image Credit: Google Maps Uswatun Hasanah

Sendi Adventure Pacet sebenarnya dibangun untuk memberikan alternatif lain ketika istirahat ketika dalam perjalanan. Maka dari itulah lokasi wisata ini dibangun di area peristirahatan. Meski demikian, banyak hal menarik yang bisa di lakukan selama di lokasi, seperti kegiatan berikut!

1. Menikmati Pemandangan Alam

Alam yang indah tentunya sayang jika hanya dilewatkan. Aktivitas menikmati pemandangan menjadi satu hal yang wajib dilakukan. Hijaunya pohon yang ada di lokasi wisata ini tidak bisa terlepas dari pandangan. Setiap mata memandang ke arah mana pun pasti terlihat. Keindahannya semakin lengkap dengan kontur khas perbukitan yang berundak.

Tidak lupa adanya tebing curam yang ada di sekitar lokasi dengan cekungan khas. Tebing ini pun tidak luput dari rindangnya pohon dari berbagai jenis. Di samping tebing curam terdapat sebuah spot yang indah dengan bunga warna warni nya. Pemandangan Gunung Welirang yang biasanya diselimuti kabut tipis turut memperindah pesonanya.

2. Berburu Spot Foto

Dengan keindahan alam yang mempesona, tentunya aktivitas Sendi Adventure berikutnya adalah dengan berburu spot foto. Apalagi di objek wisata kali ini memiliki banyak spot yang dibangun khusus untuk memanjakan pengunjung yang datang. Selain sayap kupu-kupu dan sayap burung raksasa, taman bunga juga cocok dijadikan aktivitas berburu foto.

Setiap titik lokasi ini menyajikan pesona alam yang indah. Pengunjung bisa memilih gardu pandang dengan pemandangan berbeda di belakangnya. Adapun gardu pandang dibuat unik sehingga lebih terkesan eksotis. Jika anda melakukan aktivitas ini, jangan lupakan keberadaan Menara Eifel sebagai spot foto utama.

3. Bersantai Sambil Menghirup Udara Sejuk Pegunungan

Lelah di perjalanan membuat pengunjung ingin beristirahat. Tidak ada salahnya jika anda bersantai di Sendi Adventure sambil menghirup udara sejuk sebagai terapi paru-paru yang lebih menyehatkan. Pohon yang ada di sekitar lokasi memberikan kesejukan karena mengeluarkan oksigen lebih banyak.

Selain itu, kesejukan didapatkan karena objek wisata di Mojokerto ini berada di kaki gunung. Hampir tidak ada polusi udara yang mengganggu, kecuali lalu lalang kendaraan bermotor di jalan raya. Aktivitas ini cocok dilakukan bagi anda yang ingin liburan santai untuk menghilangkan penat.

4. Wisata Kuliner

Dibangun di sebelah rest area, tentunya Sendi Adventure Mojokerto menyediakan ragam kuliner yang bisa dinikmati. Tersedia berbagai jenis makanan berat dan makanan ringan, khususnya masakan khas Jawa Timur. Harganya terjangkau dan masih standar objek wisata yang ada di Jawa. Seperti yang diketahui, menikmati makanan ketika udara sejuk pastinya lebih sedap.

5. Camping Ground

Apabila anda memiliki banyak waktu, sebaiknya mencoba kegiatan camping. Wisata alam yang indah sedang suasana nyaman membuat aktivitas ini semakin layak dilakukan. Apalagi jika anda membawa keluarga, sehingga suasana semakin ramai dan ceria. Bagi anak-anak, camping memerikan pelajaran untuk lebih menghargai alam sekitar.

Di sela-sela camping, anda bisa mengadakan permainan yang berhubungan dengan alam. Keceriaan semakin bertambah ketika di malam hari, dimana terdapat banyak nyanyian alam dari burung dan serangga sebagai penghuni utama. Untuk bisa melakukan aktivitas ini, lokasinya tidak berada di Sendi Adventure Pacet, namun di sebelah yang tidak terlalu jauh.

Aktivitas Menarik di Sendi Adventure
Image Credit: Google Maps Uswatun Hasanah

6. Petik Buah Strawberry

Bukan hanya aktivitas yang berhubungan dengan alam, anda dapat mengunjungi kebun strawberry dan memetiknya langsung dari tanamannya. Dibangun diatas lahan cukup luas, tentunya aktivitas liburan semakin seru. Biaya masuknya pun murah, hanya 10.000 rupiah untuk satu orang. Tetapi jika anda membawa pulang strawberry, maka diwajibkan membayar lagi sesuai dengan berat buah merah tersebut.

7. Mencoba Flying Fox Unik

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, dikatakan unik karena flying fox kali ini tidak hanya berupa tali gantung yang meluncur dari ketinggian. Namun desain nya dibuat seolah-olah menyerupai paralayang dan dilengkapi tempat duduk. Meskipun terlihat santai, tetap saja aktivitas ini dapat memacu adrenalin.

Bukan tanpa alasan, ketinggiannya membuat sebagian orang enggan mencobanya. Hanya mereka yang beranilah yang mampu menjawab tantangan wahana permainan ini. Dibalik perasaan takut, faktanya pemandangan alam Sendi Adventure secara keseluruhan dapat disaksikan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Sendi Adventure
Image Credit: Google Maps minyakwangi channel

Lokasinya yang luas membuat pengelola tidak kesulitan membangun fasilitas umum supaya pengunjung merasa lebih nyaman. Tidak sulit menemukan toilet karena tersebar di beberapa titik. Adanya mushola menjadikan objek wisata alam ini layak dikunjungi bagi mereka yang beragama Islam dan tidak ingin ketinggalan beribadah.

Area parkir nya luas dengan kondisi aman, tidak perlu khawatir masalah kendaraan anda. Sendi Adventure dilengkapi dengan gazebo berbentuk unik, mirip rumah-rumahan di tengah sawah. Beberapa sudut dilengkapi bangku yang bermanfaat jika anda lelah mengelilingi ojek wisata indah ini. Fasilitas lain yang disediakan yaitu spot foto, warung, camping ground, dan masih banyak lainnya.

Sekilas pembahasan mengenai daya tarik dan aktivitas diatas, diharapkan anda mendapatkan gambaran informasi mengenai objek wisata di Mojokerto ini. Sayang sekali jika anda melewatkan keindahan alamnya yang begitu mempesona. Sedikit tips, sebaiknya mengunjungi Sendi Adventure Pacet di pagi hari karena cuaca nya lebih sejuk dengan pemandangan diselimuti kabut.