Mojokerto merupakan sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini sangat kental dengan unsur sejarah budaya Kerajaan Majapahit. Di balik itu semua, Mojokerto ternyata menyimpan segudang tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Beragam destinasi wisata bisa kamu dapatkan di kota ini, mulai dari wisata religius hingga wisata sejarah. Sebuah tujuan wisata yang sangat lengkap untuk kamu coba. Pesona wisata di Mojokerto dijamin tidak kalah menarik tentunya.

Bagi kamu yang ingin merencanakan liburan ke kota yang terkenal dengan jajanan khas onde-onde ini, berikut 33 tempat wisata di Mojokerto bisa Anda jadikan referensi tujuan terbaik:

1. Candi Bajang Ratu

Candi Bajang Ratu
Image Credit: Gellsy.com

Candi Bajang Ratu adalah tempat yang tepat untuk wisata bertajuk sejarah. Candi ini merupakan salah satu peninggalan kerajaan Majapahit. Candi artistik ini dikelilingi oleh keindahan taman yang hijau dan menyejukkan.

Candi yang terletak di daerah Trowulan ini bentuknya limas dan tumpul di bagian atasnya sehingga bangunan sejarah masa lalu ini bernilai seni tinggi. Selain itu candi yang satu ini juga sangat pas untuk spot foto yang instagramable.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Candi Tikus No.9, Pelem, Temon, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

2. Fresh Green Trawas

Fresh Green Trawas
Image Credit: Google Maps (Jual sewa Properti)

Fresh Green Trawas merupakan salah satu destinasi wisata di Mojokerto dengan konsep agrowisata. Tempat ini juga memiliki sebutan lain yaitu Wisata Mendem Duren. Jika Anda ingin ke sini, maka tempat ini bisa dijangkau dari pusat kota Mojokerto selama tiga jam perjalanan darat.

Anda bisa melakukan banyak hal di Fresh Green Trawas. Banyak pohon durian yang tumbuh di sini sesuai dengan sebutannya. Banyaknya pohon durian membuat tempat ini menjadi lebih sejuk. Fasilitas lain juga tersedia seperti wahana outbond dan kuliner olahan buah durian dengan harga terjangkau.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Trawas, Buntal, Duyung, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

3. Candi Tikus

Candi Tikus
Image Credit: Beritabaik.id

Tempat wisata berikutnya masih berupa candi, hanya saja Candi Tikus ini berbeda. Dikatakan berbeda lantaran candi ini terletak di bagian tengah sebuah kolam. Sehingga membikin penasaran orang untuk mengunjunginya.

Kamu akan semakin nyaman berwisata di Candi Tikus karena pemandangan hijau dari pepohonan rindang di sekitar candi. Satu lagi yang tak boleh ketinggalan saat datang ke candi ini, adalah berfoto dengan latar belakang bangunan unik dan bersejarah.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Trowulan, Jatirejo, Temon, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

4. PPLH Seloliman Trawas

PPLH Seloliman Trawas
Image Credit: Google Maps (Bayon Guides)

Di Mojokerto terdapat wisata dengan konsep edukasi lingkungan yaitu PPLH Seloliman Trawas. PPLH sendiri merupakan singkatan dari Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup. Tempat ini dibuka pada pukul 08.00 WIB. Sesuai namanya, tempat ini menjadi lokasi penelitian lingkungan hidup yang berhubungan dengan sampah atau objek lainnya.

PPLH Seloliman Trawas sangat cocok bagi Anda yang ingin menambah pengetahuan mengenai lingkungan sekitar. Selain itu, terdapat berbagai fasilitas penunjang dari outbound, restoran, dan penginapan. Semuanya tersedia dengan harga yang cukup terjangkau.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Biting Seloliman, RT.05/RW.03, Seloliman, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

5. Candi Brahu

Candi Brahu
Image Credit: Beritabaik.id

Candi ini adalah candi yang paling tua diantara candi-candi yang tadi. Pasalnya candi ini merupakan peninggalan dinasti Budha yang telah ada jauh sebelum kerajaan Majapahit lahir. Sehingga candi ini bentuknya berbeda dengan candi-candi khas masa kejayaan Majapahit.

Lokasi Candi Brahu ini satu kompleks dengan kawasan arkeologi Trowulan. Di sekeliling candi ada taman terbuka hijau yang cukup sejuk untuk berteduh para wisatawan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Candi Brahu No.73, Siti Inggil, Bejijong, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

6. Air Terjun Surodadu

Air Terjun Surodadu
Image Credit: Google Maps (jack art)

Mojokerto memiliki destinasi wisata air terjun yang menarik. Salah satunya adalah Air Terjun Surodadu. Air terjun ini masih terjaga keasriannya. Jika Anda pergi ke sini, Anda akan menikmati pemandangan alam yang indah sepanjang perjalanan dan menarik untuk diabadikan dalam bentuk foto.

Sesampainya di Air Terjun Surodadu, Anda akan terkagum akan keindahan yang ditampilkannya. Dengan ketinggian 15 meter, gemericik air, dan bebatuan yang tersusun alami membuat Anda betah berlama-lama di sini. Apalagi, Anda bisa mencari spot foto yang menarik untuk melakukan swafoto.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Mligi, Desa Claket, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

7. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan
Image Credit: Metropekanbaru.com

Bagi kamu yang punya jiwa petualang dan suka mendaki gunung, maka Gunung Penanggungan adalah pilihan yang tepat. Gunung yang berketinggian 1.653 meter di atas permukaan laut ini telah dijadikan cagar budaya Kota Mojokerto sejak 2015 silam.

Gunung Penanggungan ini menawarkan eksotisme keindahan alam yang sangat mempesona  dengan cerita mistis altar kuno yang hingga kini masih jadi misteri.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kedungudi, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

8. Joglo Park

Joglo Park
Image Credit: Google Maps (arif purwo aji)

Joglo Park merupakan destinasi wisata yang menarik untuk disinggahi para wisatawan. Yang menarik adalah perpaduan keindahan alam dan juga wahana permainan, terutama kolam renangnya. Jadi, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan di tempat ini.

Bagi Anda yang gemar berenang, di Joglo Park tersedia kolam renang dengan wahana air yang menarik. Untuk yang tidak ingin berenang bisa mencoba wahana permainan yang lain atau berjalan-jalan menikmati keindahan alam. Fasilitasnya lengkap dan di sekitar tempat ini terdapat berbagai macam kuliner dengan harga terjangkau.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pacet No.KM.3, Dusun Randegan, Warugunung, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

9. Api Abadi Mojokerto

Api Abadi Mojokerto
Image Credit: Mojokertokuindah.blogspot.com

Api Abadi menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh terlewat ketika liburan di Mojokerto. Di tempat ini kamu bakal menemukan api yang tak kunjung padam sejak zaman pra sejarah. Api abadi ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit.

Diyakini api abadi ini pada zaman dahulu dipakai untuk membuat aneka senjata oleh para tentara Majapahit. Disarankan untuk datang ke sini pada malam hari, lantaran kobaran api semakin terlihat jelas dan besar.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tempuran, Kec. Soko, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

10. Duyung Trawas Hill

Duyung Trawas Hill
Image Credit: Google Maps (Yasmin Khairunnisa)

Jika Anda mencari destinasi wisata dengan berbagai wahana yang seru dan menyenangkan, maka Duyung Trawas Hill adalah jawabannya. Wahana permainannya beragam dan menarik untuk dicoba. Selain itu, kesejukan udaranya turut menjadi nilai plus dari tempat ini.

Duyung Trawas Hill memiliki berbagai wahana yang bisa dicoba. Ada kolam renang dengan wahana air yang sangat seru dan menarik. Selain itu, ada juga area outbond, mini zoo, dan wahana permainan anak. Semua wahana dilengkapi dengan fasilitas sesuai standar sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Duyung Trawas Hill, Buntal, Duyung, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

11. Air Terjun Coban Canggu

Air Terjun Coban Canggu
Image Credit: Topwisata.info

Air terjun yang satu ini ada di Kecamatan Pacet, Air Terjun Coban Canggu memiliki ketinggian sekitar 50 meter lebih. Walaupun cukup tinggi, akan tetapi debit airnya bisa dikatakan tidak terlampau deras utamanya saat kemarau.

Air yang mengalir di air terjun ini sangat jernih dan segar sehingga sangat pas untuk kamu jadikan lokasi bermain air. Satu lagi yang beda dari air terjun eksotis ini adalah air yang mengalir tidak langsung jatuh tetapi mengalir indah melewati bebatuan tebing yang berwarna hitam.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pacet, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

12. Petirtaan Jolotundo

Petirtaan Jolotundo
Image Credit: Google Maps (Denny Prasetyo)

Mojokerto terkenal akan destinasi wisata yang memiliki nilai sejarah. Salah satunya adalah Petirtaan Jolotundo. Petirtaan Jolotundo adalah kolam pemandian eksotis yang terdapat di Candi Jolotundo. Air dari kola mini diyakini warga setempat memiliki khasiat tertentu.

Di Petirtaan Jolotundo, Anda bisa menikmati sejuknya suasana kolam sekaligus melihat-lihat kompleks Candi Joyotundo. Selain itu, Anda bisa mencari spot foto yang unik untuk melakukan swafoto. Dengan latar belakang candi dan kolam, maka Anda bisa menghasilkan foto yang menarik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Biting, Seloliman, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

13. Air Terjun Watu Ondo

Air Terjun Watu Ondo
Image Credit: Dakatour.com

Air terjun yang mempesona lainnya di Kota Mojokerto adalah Air Terjun Watu Ondo, sebuah air terjun yang masih benar-benar alami. Lokasinya tersembunyi di dalam kawasan Tahura R.Soerojo yang merupakan hutan belantara.

Air terjun ini terbagi menjadi 2 tingkatan dengan mempunyai ketinggian yang berbeda. Tingkatan 1 tingginya sekitar 75 M sedangkan tingkatan 2 tingginya sekitar 40 M.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumber Brantas, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

14. Air Terjun Grenjengan

Air Terjun Grenjengan
Image Credit: Google Maps (cak har)

Air Terjun Grenjengan merupakan destinasi wisata alam yang masih terjaga keasriannya. Lokasinya berada di kawasan hutan pinus menambah sejuknya udara yang ada di sana. Jadi, Anda akan betah berlama-lama di sini untuk memanjakan tubuh dan pikiran agar terasa lebih segar.

Di Air Terjun Grenjengan, Anda akan menikmati air yang jernih dan segar. Anda bisa bermain air atapun duduk-duduk santai di tepi air terjun. Selain itu, tempat ini bisa menjadi spot foto menarik dengan latar belakang keindahan alamnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

15. Maha Vihara Mojopahit

Maha Vihara Mojopahit
Image Credit: Ksmtour.com

Berikutnya ada tempat wisata religi yang terkenal dengan patung Budha Tidur yang berukuran sangat besar. Tempat ini menjadi destinasi pilihan untuk wisata religi agama Budha dari seluruh Indonesia bahkan ada yang dari luar negeri.

Patung Budha Tidur terbesar urutan ketiga di dunia yang ada di tempat ini memiliki panjang hingga 22 meter, lebarnya mencapai 6 meter, dan tingginya kurang lebih 4,5 meter. Selain wisata religi, kamu juga bisa berfoto selfie di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Trowulan, Siti Inggil, Bejijong, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

16. Kampung Majapahit

Kampung Majapahit
Image Credit: Google Maps (Naufal Yusuf)

Kampung Majapahit merupakan destinasi wisata yang cocok bagi Anda pecinta sejarah. Deretan rumah dengan desain perkampungan pada zaman Kerajaan Majapahit menjadi daya tarik utamanya. Hanya saja, terdapat modifikasi atap rumah, sedangkan bagian yang lain tetap sama seperti sebelumnya.

Selain desain rumahnya yang unik, Anda juga bisa menemukan berbagai kerajinan tangan hasil karya penduduk di Kampung Majapahit. Kerajinan yang sering ditemukan disini adalah batik tulis dan patung tanah liat. Keduanya bisa dibeli dengan harga yang cukup terjangkau.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Mojopahit No.149, Maha Vihara Majapahit, Bejijong, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

17. Museum Balai Pelestarian Purbakala

Museum Balai Pelestarian Purbakala
Image Credit: Jurnalmojo.com

Museum ini sangat cocok untuk paket wisata edukasi sejarah. Museum ini menyimpan beragam benda bersejarah peninggalan zaman purbakala. Lokasi museum ini tepatnya ada di Kecamatan Trowulan yang mudah untuk diakses.

Di kompleks museum ini ada sebuah bangunan kuno yang tersusun dari bahan batu merah yang diyakini dibangun pada abad 13 ketika zaman kerajaan Majapahit berkuasa. Ada situs menarik lain yang bisa kalian kunjungi di tempat ini adalah situs Sumur Upas.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Majapahit No. 141-143, Tegalor, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

18. Candi Kedaton (Sumur Upas)

Candi Kedaton
Image Credit: Google Maps (Mas Jibril)

Candi Kedaton adalah salah satu candi yang menarik di Mojokerto. Bentuknya berbeda dengan kebanyakan candi pada umumnya. Terdapat banyak lorong misterius yang menambah daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya.

Selain lorong misterius, di Candi Kedaton terdapat sumur tua yang bernama Sumur Upas. Sumur ini sangat misterius karena dianggap sebagai tempat keramat dan terdapat berbagai rahasia di dalamnya. Sumur ini sering dikunjungi paranormal untuk menabur bunga sesaji.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pendopo Agung, Sidodadi, Trowulan, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

19. Museum Trowulan

Museum Trowulan
Image Credit: Madiunjasa.com

Selain Museum Balai Pelestarian Purbakala, di Trowulan juga ada Museum Trowulan yang mempunyai koleksi benda-benda sejarah yang paling lengkap di Mojokerto. Di museum ini kalian bisa melihat benda lawas peninggalan peradaban nenek moyang orang Indonesia.

Koleksi museum ini mulai dari zaman Kerajaan Kahuripan, Kediri, Singasari, dan yang ketinggalan adalah Kerajaan Majapahit. Selain itu, kawasan sekitar Museum Trowulan juga sangat asri sehingga sangat pas untuk kamu bersantai melepas penat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pendopo Agung, Ngelinguk, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

20. Candi Kesiman

Candi Kesiman
Image Credit: Instagram.com @darwis4123

Candi Kasiman merupakan candi di Mojokerto yang terkenal akan ceritanya yang menarik. Di candi ini terdapat relief yang menceritakan amerta atau air suci. Air ini dikatakan bisa membuat orang hidup abadi. Cerita inilah yang menjadi daya tarik utama tempat ini.

Di samping ceritanya yang menarik, Candi Kasiman memiliki keindahan alami yang menenangkan pikiran. Lokasinya yang terletak di persawahan membuat suasananya lebih sejuk. Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang yang menarik di sini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Candi, Kesimantengah, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

21. Makam Troloyo

Makam Troloyo
Image Credit: Jurnalmojo.com

Selanjutnya ada wisata religi umat Islam yaitu Makam Troloyo. Diyakini di tempat inilah dimakamkan seorang ulama terkenal yaitu Syeh Jumadil Kubro. Ulama ini terkenal sebagai sosok penting lahirnya Wali Songo di tanah Jawa.

Makam ini sangat ramai dikunjungi para peziarah utamanya saat malam Jumat , utamanya Jumat Legi. Pada hari itu warga sekitar akan mengadakan upacara khas yang bertajuk upacara Grebeg Suro.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Syech Jumadil Kubro, Troloyo, Kedaton, Sentonorejo, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

22. Candi Jolotundo

Candi Jolotundo
Image Credit: Google Maps (Mfa Fiki)

Candi Jolotundo merupakan candi pemujaan yang kerap ramai dikunjungi masyarakat Mojokerto pada malm-malam tertentu. Daya tarik utamanya adalah kolam pemandian yang airnya dipercaya memiliki khasiat tersendiri. Tak heran, hampir setiap hari tempat ini tidak pernah sepi.

Di Candi Jolotundo juga terdapat tempat untuk menaruh sesaji dan dupa. Hal ini dilakukan masyarakat setempat untuk menjaga kesakralan di sini. Hal inilah yang membuat candi ini memiliki keterkaitan erat dengan kebudayaan dan masyarakat di sekitarnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

23. Pemandian Air Panas Padusan

Pemandian Air Panas Padusan
Image Credit: Wartapalaindonesia.com

Pemandian air panas Padusan yang ada di daerah Pacet Mojokerto juga bisa kamu coba. Di kolam pemandian ini kamu bisa berendam dan relaksasi dengan air panas alami yang keluar dari sumber alam.

Selain itu, air panas di tempat ini juga diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit utamanya penyakit kulit dan persendian. Sensasi berendam air panas dengan latar pemandangan indah Gunung Welirang bisa kamu dapatkan di wisata ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pemandian Air Panas Blok No.02, Padusan, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

24. Candi Jedong

Candi Jedong
Image Credit: Google Maps (faizal amiruddin)

Mojokerto memang terkenal sebagai gudangnya candi yang menarik. Salah satunya adalah Candi Jedong. Candi ini unik karena berupa 2 buah gapura dengan dikelilingi pagar yang memanjang. Kompleks candi ini masih terawat walaupun sudah berusia ratusan tahun.

Kedua candi yang terdapat di kompleks Candi Jedong memiliki ukuran yang berbeda. Candi pertama memiliki tinggi sekitar 10 meter dan candi kedua memiliki tinggi sekitar 7 meter. Walaupun demikian ornamen yang ada hampir sama. Hal ini juga yang menambah daya tarik dari Candi Jedong.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek okasi
Alamat: Wotanmas Jedong, Jenong Kulon, Lolawang, Kec. Ngoro, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

25. Kolam Segaran

Kolam Segaran
Image Credit: Ksmtour.com

Objek wisata sejarah yang selanjutnya adalah Kolam Segaran, sebuah kolam lawas peninggalan zaman Kerajaan Majapahit. Sekarang kolam ini telah diubah fungsi menjadi objek wisata dan tempat pemancingan.

Yang spesial dari kolam ini adalah Kolam Segaran dinobatkan sebagai kolam lawas paling besar di Indonesia. Sempatkan untuk mampir ke kolam lawas penuh sejarah ini jika berkunjung ke Trowulan Mojokerto.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Unggaran, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

26. Candi Bangkal

Candi Bangkal
Image Credit: Google Maps (Mahendra Udhayana)

Candi Bangkal merupakan salah satu candi di Mojokerto yang terkenal akan ketahanan pondasinya. Pernah terjadi gempa di kawasan candi ini, tetapi bangunan candi ini tetap kokoh berdiri. Walaupun demikian ada beberapa bagian bangunan yang keropos dan rontok.

Selain ketahanan pondasinya, candi ini juga memiliki berbagai ornamen yang unik. Ada ukiran relief di dindingnya. Selain itu, ada arca yang mengelilingi sudut-sudut bangunannya. Ornamen yang unik ini bisa dijadikan sebagai spot foto yang menarik untuk kegiatan swafoto.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bangkal, Candiharjo, Kec. Ngoro, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

27. Situs Reco Lanang

Situs Reco Lanang
Image Credit: wisatasia.com

Di daerah Trawas Mojokerto juga ada peninggalan sejarah Agam Budha di Jawa yaitu Situs Reco Lanang. Di tempat 28. ini kamu akan menemukan patung batu berbentuk Budha. Arca batu inilah yang disebut sebagak arca lanang.

Arca Budha di tempat ini mirip dengan yang ada di Candi Borobudur Magelang. Tinggi arca ini mencapai 5,7  meter. Selain arca lanang, di sekitarnya juga ada arca wadhon yang bentuknya berupa batu tengkurang.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kemloko, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

28. Candi Wringin Lawang

Candi Wringin Lawang
Image Credit: Google Maps (Robby Aryanto)

Jika Anda ingin mencari candi yang banyak mengandung nilai sejarah, maka Candi Wringin Lawang harus dikunjungi. Bagaimana tidak? Candi ini adalah gapura menuju Kerajaan Majapahit. Bentuk pondasinya yang kokoh dan masih terlihat jelas menjadi daya tarik utamanya.

Selain bentuknya yang unik, Candi Wringin Lawang juga tidak memiliki relief pada dindingnya. Hal ini diyakini karena candi ini dulunya hanya berfungsi sebagai gerbang masuk ke Kerajaan Majapahit. Bentuk candi yang ikonik ini bisa dijadikan spot foto yang menarik.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jatipasar, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

29. Pacet Mini Park

Pacet Mini Park
Image Credit: Indoinspector.blogspot.com

Jika kamu mencari tempat bermain bersama keluarga maka tempat wisata ini cocok untuk kamu. Pacet Mini Park memiliki beraneka wahana permainan air. Selain itu, masih ada taman kecil yang hijau sangat cocok untuk bersantai.

Pacet Mini Park merupakan wisata buatan yang patut dikunjungi ketika main ke Mojokerto bersama keluarga tercinta. Lokasi tempat wisata ini ada di kawasan kota Mojokerto.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Mojosari Pacet Km.55, Warugunung, Dusun Patinam, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

30. Museum Sanggar Gubug Wayang

Museum Sanggar Gubug Wayang
Image Credit: Google Maps (tary can)

Apakah Anda ingin belajar tentang wayang di Mojokerto? Museum Sanggar Gubug Wayang adalah tempat yang sangat cocok. Lengkapnya koleksi wayang yang ada membuat tempat ini memiliki ciri khasnya tersendiri. Tiket masuknya yang terjangkau tentu akan membuat Anda semakin tertarik untuk ke sini.

Di Museum Sanggar Gubug Wayang, terdapat pemandu yang akan menjelaskan berbagai wayang yang ada dengan sabar dan telaten. Tidak ada tambahan biaya bagi pemandu ini. Selain itu, banyak spot foto yang unik sehingga bisa menghasilkan berbagai foto yang menarik. Fasilitas penunjangnya juga cukup lengkap. Jadi, Anda wajib untuk datang ke sini.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. R.A Kartini, Mergelo, Kauman, Kec. Prajurit Kulon, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

31. Bukit Jengger

Bukit Jengger
Image Credit: Rutemu.com

Bukit Jengger merupakan pilihan wisata dengan model camping di pegunungan. Pasalnya bukit ini menyimpan sejuta pesona keindahan alam yang masih sejuk dan asri. Selain itu, bukit ini juga memiliki spot foto alam yang memukau.

Dari puncak bukit ini, kamu bisa memandang aliran sungai alami yang menawan. Selain itu, panorama sunrise dari ketinggian 1,050 Mdpl bisa kamu dapatkan di Bukit Jengger.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nawangan, Tawangrejo, Kec. Jatirejo, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

32. Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung
Image Credit: Instagram.com @rahadyan.a

Air Terjun Dlundung adalah salah satu air terjun terindah yang ada di Mojokerto. Dari perjalanan ke sana saja kita sudah disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan. Adanya taman dan juga spot jembatan sepanjang perjalanan ke sana tentu menambah keunikan sekaligus menjadikannya spot foto yang menarik.

Karena airnya cukup dangkal, Anda bisa berenang atau berendam di Air Terjun Dlundung. Selain air terjun, terdapat juga area yang disediakan untuk camping. Tentu saja hal ini bisa dimanfaatkan untuk menikmati keindahan lingkungan air terjun lebih lama dengan teman ataupun keluarga tercinta.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ketapanrame, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

33. OBECH Rafting Pacet

OBECH Rafting Pacet
Image Credit: Wisataraftingobech.wordpress.com

Tempat wisata yang terakhir ini khusus untuk kamu yang mempunyai nyali besar. Di tempat ini kamu bisa mencoba olahraga ekstrim rafting menyusuri sungai-sungai pegunungan dengan batu-batu besarnya lengkap dengan jeram-jeram yang memacu adrenalin.

Sungguh sensasi luar biasa jika kamu mencoba olahraga menantang dengan pesona keindahan alam daerah Pacet yang memukau setiap mata yang memandang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cangar-Pacet No.1, Sumberam, Sajen, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

Demikian ulasan mengenai daftar tempat wisata andalan yang ada di Mojokerto Jawa Timur. Buat kamu yang masih bingung mencari tempat liburan bareng keluarga, tak ada salahnya, mencoba berkunjung ke Mojokerto.