17 Tempat Wisata di Mojokerto

Tempat Wisata Mojokerto

Mojokerto merupakan sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini sangat kental dengan unsur sejarah budaya Kerajaan Majapahit. Di balik itu semua, Mojokerto ternyata menyimpan segudang tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Beragam destinasi wisata bisa kamu dapatkan di kota ini, mulai dari wisata religius hingga wisata sejarah. Sebuah tujuan wisata yang sangat lengkap untuk kamu coba. Pesona wisata di Mojokerto dijamin tidak kalah menarik tentunya.

Bagi kamu yang ingin merencanakan liburan ke kota yang terkenal dengan jajanan khas onde-onde ini, berikut 17 tempat wisata di Mojokerto bisa Anda jadikan referensi tujuan terbaik:

1. Candi Bajang Ratu

Candi Bajang Ratu

Lokasi: Jl. Candi Tikus No.9, Pelem, Temon, Kec. Trowulan. – Image Credit by Gellsy.com

Candi Bajang Ratu adalah tempat yang tepat untuk wisata bertajuk sejarah. Candi ini merupakan salah satu peninggalan kerajaan Majapahit. Candi artistik ini dikelilingi oleh keindahan taman yang hijau dan menyejukkan.

Candi yang terletak di daerah Trowulan ini bentuknya limas dan tumpul di bagian atasnya sehingga bangunan sejarah masa lalu ini bernilai seni tinggi. Selain itu candi yang satu ini juga sangat pas untuk spot foto yang instagramable.

2. Candi Tikus

Candi Tikus

Lokasi: Jl. Raya Trowulan, Jatirejo, Temon, Kec. Trowulan. – Image Credit by Beritabaik.id

Tempat wisata berikutnya masih berupa candi, hanya saja Candi Tikus ini berbeda. Dikatakan berbeda lantaran candi ini terletak di bagian tengah sebuah kolam. Sehingga membikin penasaran orang untuk mengunjunginya.

Kamu akan semakin nyaman berwisata di Candi Tikus karena pemandangan hijau dari pepohonan rindang di sekitar candi. Satu lagi yang tak boleh ketinggalan saat datang ke candi ini, adalah berfoto dengan latar belakang bangunan unik dan bersejarah.

3. Candi Brahu

Candi Brahu

Lokasi: Jl. Candi Brahu No.73, Siti Inggil, Bejijong, Kec. Trowulan. – Image Credit by Beritabaik.id

Candi ini adalah candi yang paling tua diantara candi-candi yang tadi. Pasalnya candi ini merupakan peninggalan dinasti Budha yang telah ada jauh sebelum kerajaan Majapahit lahir. Sehingga candi ini bentuknya berbeda dengan candi-candi khas masa kejayaan Majapahit.

Lokasi Candi Brahu ini satu kompleks dengan kawasan arkeologi Trowulan. Di sekeliling candi ada taman terbuka hijau yang cukup sejuk untuk berteduh para wisatawan.

4. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan

Lokasi: Kedungudi, Kec. Trawas. – Image Credit by Metropekanbaru.com

Bagi kamu yang punya jiwa petualang dan suka mendaki gunung, maka Gunung Penanggungan adalah pilihan yang tepat. Gunung yang berketinggian 1.653 meter di atas permukaan laut ini telah dijadikan cagar budaya Kota Mojokerto sejak 2015 silam.

Gunung Penanggungan ini menawarkan eksotisme keindahan alam yang sangat mempesona  dengan cerita mistis altar kuno yang hingga kini masih jadi misteri.

5. Api Abadi Mojokerto

Api Abadi Mojokerto

Lokasi: Parengan Jetis Mojokerto, Jetis, Mlirip, Kec. Jetis. – Image Credit by Mojokertokuindah.blogspot.com

Api Abadi menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh terlewat ketika liburan di Mojokerto. Di tempat ini kamu bakal menemukan api yang tak kunjung padam sejak zaman pra sejarah. Api abadi ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit.

Diyakini api abadi ini pada zaman dahulu dipakai untuk membuat aneka senjata oleh para tentara Majapahit. Disarankan untuk datang ke sini pada malam hari, lantaran kobaran api semakin terlihat jelas dan besar.

6. Air Terjun Coban Canggu

Air Terjun Coban Canggu

Lokasi: Pacet, Kec. Pacet. – Image Credit by Topwisata.info

Air terjun yang satu ini ada di Kecamatan Pacet, Air Terjun Coban Canggu memiliki ketinggian sekitar 50 meter lebih. Walaupun cukup tinggi, akan tetapi debit airnya bisa dikatakan tidak terlampau deras utamanya saat kemarau.

Air yang mengalir di air terjun ini sangat jernih dan segar sehingga sangat pas untuk kamu jadikan lokasi bermain air. Satu lagi yang beda dari air terjun eksotis ini adalah air yang mengalir tidak langsung jatuh tetapi mengalir indah melewati bebatuan tebing yang berwarna hitam.

7. Air Terjun Watu Ondo

Air Terjun Watu Ondo

Lokasi: Sumber Brantas, Kec. Bumiaji. – Image Credit by Dakatour.com

Air terjun yang mempesona lainnya di Kota Mojokerto adalah Air Terjun Watu Ondo, sebuah air terjun yang masih benar-benar alami. Lokasinya tersembunyi di dalam kawasan Tahura R.Soerojo yang merupakan hutan belantara.

Air terjun ini terbagi menjadi 2 tingkatan dengan mempunyai ketinggian yang berbeda. Tingkatan 1 tingginya sekitar 75 M sedangkan tingkatan 2 tingginya sekitar 40 M.

8. Maha Vihara Mojopahit

Maha Vihara Mojopahit

Lokasi: Jl. Raya Trowulan, Siti Inggil, Bejijong, Kec. Trowulan. – Image Credit by Ksmtour.com

Berikutnya ada tempat wisata religi yang terkenal dengan patung Budha Tidur yang berukuran sangat besar. Tempat ini menjadi destinasi pilihan untuk wisata religi agama Budha dari seluruh Indonesia bahkan ada yang dari luar negeri.

Patung Budha Tidur terbesar urutan ketiga di dunia yang ada di tempat ini memiliki panjang hingga 22 meter, lebarnya mencapai 6 meter, dan tingginya kurang lebih 4,5 meter. Selain wisata religi, kamu juga bisa berfoto selfie di tempat ini.

9. Museum Balai Pelestarian Purbakala

Museum Balai Pelestarian Purbakala

Lokasi: Jl. Majapahit No. 141-143, Tegalor, Trowulan, Kec. Trowulan. – Image Credit by Jurnalmojo.com

Museum ini sangat cocok untuk paket wisata edukasi sejarah. Museum ini menyimpan beragam benda bersejarah peninggalan zaman purbakala. Lokasi museum ini tepatnya ada di Kecamatan Trowulan yang mudah untuk diakses.

Di kompleks museum ini ada sebuah bangunan kuno yang tersusun dari bahan batu merah yang diyakini dibangun pada abad 13 ketika zaman kerajaan Majapahit berkuasa. Ada situs menarik lain yang bisa kalian kunjungi di tempat ini adalah situs Sumur Upas.

10. Museum Trowulan

Museum Trowulan

Lokasi: Jl. Pendopo Agung, Ngelinguk, Kec. Trowulan. – Image Credit by Madiunjasa.com

Selain Museum Balai Pelestarian Purbakala, di Trowulan juga ada Museum Trowulan yang mempunyai koleksi benda-benda sejarah yang paling lengkap di Mojokerto. Di museum ini kalian bisa melihat benda lawas peninggalan peradaban nenek moyang orang Indonesia.

Koleksi museum ini mulai dari zaman Kerajaan Kahuripan, Kediri, Singasari, dan yang ketinggalan adalah Kerajaan Majapahit. Selain itu, kawasan sekitar Museum Trowulan juga sangat asri sehingga sangat pas untuk kamu bersantai melepas penat.

11. Makam Troloyo

Makam Troloyo

Lokasi: Jl. Syech Jumadil Kubro, Troloyo, Kedaton, Sentonorejo, Kec. Trowulan. – Image Credit by Jurnalmojo.com

Selanjutnya ada wisata religi umat Islam yaitu Makam Troloyo. Diyakini di tempat inilah dimakamkan seorang ulama terkenal yaitu Syeh Jumadil Kubro. Ulama ini terkenal sebagai sosok penting lahirnya Wali Songo di tanah Jawa.

Makam ini sangat ramai dikunjungi para peziarah utamanya saat malam Jumat , utamanya Jumat Legi. Pada hari itu warga sekitar akan mengadakan upacara khas yang bertajuk upacara Grebeg Suro.

12. Pemandian Air Panas Padusan

Pemandian Air Panas Padusan

Lokasi: Jl. Pemandian Air Panas Blok NO. 02 Pandusan, Padusan, Kec. Pacet. – Image Credit by Wartapalaindonesia.com

Pemandian air panas Padusan yang ada di daerah Pacet Mojokerto juga bisa kamu coba. Di kolam pemandian ini kamu bisa berendam dan relaksasi dengan air panas alami yang keluar dari sumber alam.

Selain itu, air panas di tempat ini juga diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit utamanya penyakit kulit dan persendian. Sensasi berendam air panas dengan latar pemandangan indah Gunung Welirang bisa kamu dapatkan di wisata ini.

13. Kolam Segaran

Kolam Segaran

Lokasi: Unggaran, Kec. Trowulan. – Image Credit by Ksmtour.com

Objek wisata sejarah yang selanjutnya adalah Kolam Segaran, sebuah kolam lawas peninggalan zaman Kerajaan Majapahit. Sekarang kolam ini telah diubah fungsi menjadi objek wisata dan tempat pemancingan.

Yang spesial dari kolam ini adalah Kolam Segaran dinobatkan sebagai kolam lawas paling besar di Indonesia. Sempatkan untuk mampir ke kolam lawas penuh sejarah ini jika berkunjung ke Trowulan Mojokerto.

14. Situs Reco Lanang

Situs Reco Lanang

Lokasi: Kemloko, Kec. Trawas. – Image Credit by wisatasia.com

Di daerah Trawas Mojokerto juga ada peninggalan sejarah Agam Budha di Jawa yaitu Situs Reco Lanang. Di tempat ini kamu akan menemukan patung batu berbentuk Budha. Arca batu inilah yang disebut sebagak arca lanang.

Arca Budha di tempat ini mirip dengan yang ada di Candi Borobudur Magelang. Tinggi arca ini mencapai 5,7  meter. Selain arca lanang, di sekitarnya juga ada arca wadhon yang bentuknya berupa batu tengkurang.

15. Pacet Mini Park

Pacet Mini Park

Lokasi: Jl. Raya Mojosari Pacet Km. 55, Warugunung, Dusun Patinam, Kec. Pacet. – Image Credit by Indoinspector.blogspot.com

Jika kamu mencari tempat bermain bersama keluarga maka tempat wisata ini cocok untuk kamu. Pacet Mini Park memiliki beraneka wahana permainan air. Selain itu, masih ada taman kecil yang hijau sangat cocok untuk bersantai.

Pacet Mini Park merupakan wisata buatan yang patut dikunjungi ketika main ke Mojokerto bersama keluarga tercinta. Lokasi tempat wisata ini ada di kawasan kota Mojokerto.

16. Bukit Jengger

Bukit Jengger

Lokasi: Nawangan, Tawangrejo, Kec. Jatirejo. – Image Credit by Rutemu.com

Bukit Jengger merupakan pilihan wisata dengan model camping di pegunungan. Pasalnya bukit ini menyimpan sejuta pesona keindahan alam yang masih sejuk dan asri. Selain itu, bukit ini juga memiliki spot foto alam yang memukau.

Dari puncak bukit ini, kamu bisa memandang aliran sungai alami yang menawan. Selain itu, panorama sunrise dari ketinggian 1,050 Mdpl bisa kamu dapatkan di Bukit Jengger.

17. OBECH Rafting Pacet

OBECH Rafting Pacet

Lokasi: Jl. Cangar – Pacet No.1, Sumberam, Sajen, Kec. Pacet. – Image Credit by Wisataraftingobech.wordpress.com

Tempat wisata yang terakhir ini khusus untuk kamu yang mempunyai nyali besar. Di tempat ini kamu bisa mencoba olahraga ekstrim rafting menyusuri sungai-sungai pegunungan dengan batu-batu besarnya lengkap dengan jeram-jeram yang memacu adrenalin.

Sungguh sensasi luar biasa jika kamu mencoba olahraga menantang dengan pesona keindahan alam daerah Pacet yang memukau setiap mata yang memandang.

Demikian ulasan mengenai daftar tempat wisata andalan yang ada di Mojokerto Jawa Timur. Buat kamu yang masih bingung mencari tempat liburan bareng keluarga, tak ada salahnya ,mencoba berkunjung ke Mojokerto.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Oleh Oleh Khas Solo
15 Oleh-Oleh Khas Solo Paling Populer
Kuliner Malam Surabaya
10 Tempat Kuliner Malam di Surabaya yang Enak & Murah
Tempat Makan Enak di Surabaya
20 Tempat Makan Enak di Surabaya Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak