Harga Tiket: Rp 27.500, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kab. Pasuruan, Kab. Malang, Kab. Lumajang dan Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Salah satu spot wisata terbaik yang bisa Anda temukan ketika mengunjungi Kabupaten Probolinggo yaitu Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tempat wisata ini berada di empat wilayah kabupaten, antara lain yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan dan kabupaten Malang.

Bromo Tengger merupakan sebuah wisata berupa gunung yang sangat indah dan sangat diidolakan oleh wisatawan, baik itu mereka yang berasal dari wisatawan lokal atau pun asing. Namanya terdengar di tiap wisatawan oleh karena pesonanya yang memang begitu indah dan tak perlu Anda pertanyaan lagi.

Hal itu pulalah yang pada akhirnya membuat banyak wisatawan domestik dan juga wisatawan mancanegara terus berdatangan dan membuat tempat ini ramai dikunjungi. Keelokan dari tempat tersebut makin tak bisa Anda abaikan setelah tempat tersebut seringkali dijadikan sebagai lokasi untuk pembuatan film.

Daya Tarik Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Daya Tarik Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Image Credit: Google Maps M. fathan muzakki

1. Pesona Bromo Tengger

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memang dikenal memiliki banyak sekali daya tarik, sehingga membuat siapapun merasa takjub seketika saat melihatnya. Salah satu daya tarik yang disuguhkan tentunya adalah pesona panorama yang begitu elok. Anda akan dibuat terkesima seketika menyaksikan keindahan dari tempat tersebut.

Sebelum di sini Anda memutuskan untuk datang ke tempat ini, maka ada baiknya pengunjung memperhatikan kondisi cuaca lebih dahulu. Perhatikan semua aturan dan juga instruksi dan siapkan baik-baik fisik Anda. Hal tersebut dikarenakan kawasan ini memang dikenal oleh karena rute pendakiannya yang terbilang cukup terjal.

Setelah semua perlengkapan Anda persiapkan dengan baik, maka barulah di sini Anda bisa menaklukkan puncak yang begitu indah. Puncak Gunung Bromo yang terdapat di Taman Nasional ini memang selalu menjadi target utama bagi para pendaki.

Semua lelah dan perjuangan Anda akan dibayar tuntas ketika sudah sampai di atas dengan sajian alam yang begitu memukau. Salah satu yang menjadi spot favorit bagi wisatawan yaitu menyaksikan sebuah kawah yang memiliki diameter sepanjang 600 meter yang begitu elok dan juga cantik.

Semua panorama yang ada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memang begitu memukau dan akan membuat Anda tak bisa melupakannya. Oleh karena itu, bagi Anda yang memang gemar pergi berwisata ke tempat-tempat indah, maka taman nasional yang satu ini benar-benar menjadi rujukan yang tepat ketika berada di Kabupaten Probolinggo.

2. Pusat Oleh-Oleh

Kepopuleran dari taman nasional ini memang tak perlu Anda pertanyakan lagi. Wajar jika kemudian tempat ini banyak didatangi oleh pengunjung dari berbagai macam wilayah. Di tempat tersebut juga telah tersedia pusat oleh-oleh yang bisa Anda datangi kapanpun untuk membawa buah tangan bagi sahabat ataupun keluarga Anda di rumah.

Kepala penduduk asli sekitar wilayah Bromo Tengger memang telah menyediakan berbagai macam barang oleh-oleh. Oleh-oleh tersebut bisa berupa pernak-pernik ataupun makanan yang lezat. Semua itu dijual dengan harga yang relatif murah dan sangat terjangkau.

3. Wisata Kuliner

Daya Tarik di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Image Credit: Google Maps Andrey Tikhomirov

Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini Anda tidak hanya akan menemukan pusat oleh-oleh saja, daya tarik berikutnya yang membuat Anda layak untuk datang ke tempat ini, yaitu di sana juga memungkinkan untuk siapapun melakukan wisata kuliner. Berbagai macam menu lezat dan andalan khas Jawa Timur akan siap memanjakan lidah Anda.

Di sini Anda tidak perlu merasa khawatir, karena semua makanan tersebut telah dijajakan dengan harga yang sangat-sangat terjangkau. Dengan adanya tempat kuliner ini, maka akan sangat cocok untuk pengunjung yang memang memerlukan tenaga lebih ketika ingin melakukan kegiatan pendakian pegunungan.

4. Festival Kasodo

Hal yang tak kalah menarik lagi dari Gunung Bromo tersebut yaitu pengunjung nantinya akan memiliki kesempatan untuk menyaksikan salah satu festival menarik dari Suku Tengger. Festival tersebut dikenal dengan nama Festival Kasodo. Di mana tujuan dilakukan festival yaitu untuk mengharapkan panen yang melimpah.

Tak hanya itu saja, di dalam festival tersebut juga diharapkan masyarakat sekitar Suku Tengger terhindar dari berbagai macam jenis penyakit yang bisa saja menyerang. Kepercayaan tersebut memang masih melekat di kalangan penduduk sekitar yang memang mayoritas merupakan masyarakat yang memeluk Agama Hindu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Image Credit: Google Maps Ardlian Z

Anda yang tertarik untuk menyaksikan segala keindahan yang ditawarkan oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru maka tak perlu ragu untuk segera meluncur ke Provinsi Jawa Timur. Tempat wisata tersebut tepatnya berada di empat kabupaten, antara lain yaitu Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Malang.

Hal tersebut akan semakin memudahkan akses bagi Anda ketika ingin sampai menuju ke lokasi tujuan. Sehingga ketika Anda berada di salah satu tempat ini, maka bisa langsung singgah ke Taman Nasional Bromo.

Untuk aksesnya sendiri memang relatif mudah dan bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Sangat disarankan saat Anda sudah memutuskan untuk mengunjungi tempat tersebut, maka sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi agar nantinya perjalanan menuju ke Bromo Tengger jadi terasa lebih leluasa.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Image Credit: Google Maps Desy Tegar Nurani

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dibuka 24 jam penuh. Saat ingin mengunjunginya, maka sebaiknya di sini Anda memilih bulan-bulan di mana cuaca memang tengah cerah. Sehingga dengan begitu kegiatan berlibur ke taman nasional tersebut jadi semakin seru dan tidak terganggu atau terhalang oleh cuaca.

Untuk harga tiketnya sendiri tempat ini mematok harga yang berbeda pada saat hari libur dan hari biasa. Untuk hari biasa harga tiket sebesar Rp 27.500 untuk tiap orangnya. Sedangkan untuk hari libur harga tiket sebesar Rp 32.500 untuk tiap orangnya.

Tempat wisata yang berada di Provinsi Jawa Timur ini memang sangat layak untuk Anda kunjungi. Spot foto yang begitu indah dan memukau serta hamparan alam yang tersaji memang akan membuat hiburan Anda jadi semakin berkesan dan tak terlupakan.

Aktivitas yang Menarik di TN Bromo Tengger Semeru

Aktivitas Menarik TN Bromo Tengger Semeru
Image Credit: Google Maps Ageπg Pradikta Maulana

1. Berkemah

Beragam aktivitas menarik bisa dilakukan selama Anda mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Salah satu aktivitas tersebut adalah berkemah. Daya tarik utama yang ditawarkan yaitu kesempatan bagi pengunjung yang ingin mendirikan tenda, berkemah serta memandangi pesona alam yang terhampar di depan mata.

Aktivitas yang satu ini pasti jadi salah satu hal yang wajib untuk Anda coba ketika memilih berkunjung ke lokasi yang cantik tersebut. Anda tidak perlu merasa khawatir saat ingin berkemah, karena di sini tersedia pos pengamanan yang memang selalu berada dalam keadaan siap siaga.

Tempat wisata Bromo Tengger ini jadi bagian penting yang harus Anda kunjungi terutama bagi Anda yang tergabung dalam komunitas pencinta alam. Terlebih bagi Anda yang ingin mendaki ke bagian puncak gunung, maka rute yang cukup terjal akan membuat adrenalin Anda terpacu.

Berkemah di area puncak ataupun di bagian bawah, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan-pemandangan yang sama-sama indah. Terlebih lagi saat Anda berkemah ini, maka Anda akan menyaksikan keindahan dari tempat wisata ketika malam hari.

2. Sunrise di Bromo Tengger

Semua dari Anda pasti sepakat mengatakan bahwa keindahan matahari terbit memang tak ada padanannya. Begitu pula jika Anda harus menyaksikan keindahan sunrise di tempat ini. Keindahan tersebut akan semakin bertambah berkali-kali lipat. Anda tak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk menyaksikan matahari terbit tersebut.

3. Abadikan Moment

Hal yang juga tak boleh dilewatkan selama berada di wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini yaitu mengabadikan moment. Beragam keindahan yang ada di tempat tersebut memang layak untuk Anda bingkai dalam sebuah potret yang indah. Segala yang Anda saksikan di depan mata mampu membuat hasil foto Anda jadi tampak sempurna.

Karena itu, jangan sampai lupa untuk membawa kamera ataupun perangkat smartphone selama mengunjungi tempat ini. Karena keindahan tempat tersebut, maka tidak terlalu berlebihan rasanya jika mengatakan bahwa tiap sudut dari tempat ini memang sangat instagramable.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Image Credit: Google Maps Erich B.

Fasilitas yang tersedia di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terbilang sudah sangat memadai. Transportasi jadi salah satu faktor yang di sini membuat para pengunjung merasa semakin betah. Fasilitas tak hanya sampai di sana saja, Anda pun akan menemukan beberapa fasilitas lain yang akan menunjang aktivitas Anda selama berada di sana.

Salah satunya yaitu di sana sudah tersedia tempat ibadah yang sangat nyaman dan bersih. Anda yang berencana untuk salat saat berada di tempat tersebut maka tak perlu merasa khawatir. Di dalam mushola juga telah disediakan perlengkapan salat yang cukup lengkap. Penduduk sekitar lereng sangatlah ramah pada wisatawan yang datang.

Tak hanya itu saja, Anda juga akan menemukan beberapa toilet umum yang disediakan di beberapa tempat. Toilet umum yang ada di sana semua sudah sangat bersih dan terjaga. Anda benar-benar akan terfasilitasi selama berada di tempat wisata yang satu ini.

Itulah penjelasan lengkap mengenai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang penting untuk Anda ketahui. Untuk Anda yang tengah mencari tempat wisata berupa alam dengan panoramanya yang memukau, maka tak perlu ragu untuk menjadikan taman nasional ini sebagai rujukan wisata yang wajib dikunjungi ketika liburan tiba.