40 Tempat Wisata di Malang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

26 Tempat Wisata di Malang

Jawa Timur memiliki berbagai destinasi wisata yang beragam. Salah satu tempat yang dapat Anda kunjungi adalah Malang. Malang memiliki suasana yang menyejukkan dan pemandangan alam yang indah. Inilah alasan utama mengapa banyak wisatawan yang berkunjung ke Malang saat libur.

Awalnya tempat wisata Malang tidak terlalu banyak. Namun melihat adanya berbagai potensi wisata yang ada, banyak pengelola yang membangun tempat wisata baru atau memfasilitasi beberapa lokasi agar bisa dikunjungi oleh wisatawan. Saat ini, ada banyak tempat wisata yang sangat direkomendasikan apabila Anda berkunjung ke Malang.

Saat ini Kota Malang selalu ramai oleh wisatawan khususnya saat musim liburan. Jika Anda merencanakan pergi ke Malang, maka lebih baik rencanakan terlebih dulu agar Anda bisa menentukan arah mana yang diambil sebelum terjebak dalam kemacetan. Berikut daftar tempat wisata di Malang yang cocok masuk dalam daftar liburan dikunjungi bersama keluarga atau sahabat.

1. Jatim Park

Jatim Park

Image Credit By Orthogate.com

Jatim Park merupakan tempat wisata yang telah lama dibangun. Jatim Park sangat ramai dikunjungi saat musim liburan. Wisatawan anak-anak menjadi wisatawan yang paling sering ditemui di Jatim Park.

Di dalam Jatim Park terdapat berbagai wahana yang seru. Terdapat lebih dari 30 wahana tersedia yang dapat dicoba. Harga tiket masuk yang dipatok adalah antara 90.000 sampai 150.000 bergantung paket apa yang dipilih.

Lokasi: Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

2. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan

Image Credit By Iklantravel.com

Wisata alam menjadi destinasi yang mengasyikkan bagi sebagian orang. Wisatawan bisa menikmati udara segar di sini. Air di Telaga Sarangan terlihat sangat jernih.  Ada banyak perahu yang bisa disewa untuk berkeliling di Telaga Sarangan.

Telaga Sarangan sering menjadi obyek wisata rekreasi karena juga tersedia wahana untuk bermain anak-anak. Telaga Sarangan terletak di kaki Gunung Lawu. Di sekitar Telaga Sarangan terdapat penginapan, tempat makan, dan tempat untuk berbelanja.

Lokasi: Ngluweng, Sarangan, Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

3. Kawah Ijen

Kawah Ijen

Image Credit By Phinemo.com

Kawah Ijen merupakan kawah yang terlihat seperti danau. Warna Kawah Ijen yang terlihat adalah toska. Apabila wisatawan berkunjung saat subuh, wisatawan bisa melihat pemandangan berupa api biru yang berasal dari belerang Kawah Ijen.

Kawah Ijen masih termasuk bagian dari Gunung Ijen. Saat ini status Gunung Ijen masih sebagai gunung aktif. Wisatawan perlu terus update berita mengenai Gunung Ijen sebelum berkunjung. Wisatawan bisa mendatangi Kawah Ijen dengan melewati jalur utara atau selatan.

Lokasi: Tamansari, Licin, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

4. Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar

Image Credit By Egieligius.wordpress.com

Pemandian air panas menjadi pilihan untuk merilekskan diri. Pemandian air panas di Cangar menyediakan kolam kecil dan besar. Selain itu wisatawan juga bisa secara eksklusif menikmati air panas di kolam khusus dalam kamar atau kolam tertutup untuk wisatawan wanita.

Pemandian air panas Cangar tepatnya ada di Taman Hutan Raya R Soeryo. Air panas yang ada berasal dari gunung Welirang. Air panas yang ada mengandung belerang sehingga sangat bagus untuk kesehatan kulit.

Lokasi: Tulungrejo, Bumiaji, Sumber Brantas, Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

5. Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo

Image Credit By Myeatandtravelstory.wordpress.com

Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang yang mengadopsi konsep modern. Pengelola berusaha menempatkan binatang yang ada dengan baik sehingga tidak terlihat sesak dalam kandang. Selain mengamati binatang, wisatawan juga bisa melihat berbagai hiburan menarik.

Luas Batu Secret Zoo mencapai 15 hektar. Wisatawan bisa berkeliling sampai puas mulai pagi sampai sore. Di sekitar Batu Secret Zoo tersedia penginapan yang dapat menampung wisatawan. Harga tiket masuk yang dipasang mulai dari 75.000 sampai 105.000.

Lokasi: Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

6. Alun-Alun Merdeka

Alun-Alun Merdeka

Image Credit: Merdeka.com

Alun Alun di kota Malang ada dua, yakni Alun Alun Tugu dan Alun Alun merdeka. Keduanya memiliki ciri khas serta sejarah yang berbeda. Untuk Alun Alun Merdeka Malang, tempat satu ini menjadi destinasi favorit masyarakat lokal hingga pelancong asing. Lokasinya yang strategis dan berada di tengah kota membuat kawasan alun alun ini tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi anda juga bisa menemukan fasilitas yang terbilang lengkap dan memadai.

Nilai plus lainnya dari alun alun malang ini adalah lingkungannya yang sangat terjaga kebersihannya. Tidak hanya dijadikan sebagai destinasi wisata, warga sekitar juga banyak memanfaatkan untuk olahraga pagi atau sekadar bersantai. Jalanannya yang sudah berpaving dengan jogging track membuat anda akan menyukai lokasi satu ini. Pada sisi utara terdapat skate par yang juga bisa digunakan untuk latihan skateboard.

Lokasi: Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang.

7. Masjid Agung Malang

Masjid Agung Malang

Image Credit: Phichachu.blogspot.com

Ke Malang juga bisa sekalian berwisata religi, Masjid Agung Malang bisa menjadi tujuannya. Masjid ini dikenal dengan masjid Jami Malang yang mulai di bangun tahun 1890 yang akhirnya selesai di tahun 1903.

Kini masjid ini memiliki bangunan megah yang juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Gaya arsitekturnya merupakan perpaduan arsitektur Jawa serta Arab. Yang bisa terlihat pada beberapa sisi bangunan jika diamati.

Lokasi: Jl. Merdeka Barat No.3, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang.

8. Candi Badut

Candi Badut

Image Credit: Merdeka.com

Objek wisata yang bernama Candi Badut ini tidak hanya menawarkan situs candi yang masih berdiri kokoh. Anda akan disuguhkan dengan udara sejuk lengkap dengan pepohonan rindang serta taman yang rapi.

Pengunjung yang datang ke Candi Badut tidak pernah melewatkan untuk mengambil foto. Bukan hanya itu,anda juga bisa mengorek informasi dari petugas yang ada tentang candi yang sudah berusia 1400 tahun ini.

Lokasi: Jl. Candi 5D, Doro, Karangwidoro, Kec. Dau, Kota Malang.

BACA:  16 Tempat Wisata di Batu Malang yang Paling Hits Dikunjungi

9. Monumen Juang

Monumen Juang

Image Credit: Trepelin.com

Monumen Juang 45 di kota Malang ini merupakan monumen dengan ukuran 10,40 m. Monumen ini bentuknya patung yang memiliki 19 patung kecil serta 1 patung yang ukurannya kecil. Adanya patung pada monumen ini digambarkan sebagai perjuangan rakyat dalam melawan penjajah.

Tidak hanya patung, terdapat 8 pagar pada tepi monumen. Terdapat juga teks proklamasi pada bagian depan dari monumen ini.

Lokasi: Jl. Kertanegara, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang.

10. Petilasan Rambut Monte

Petilasan Rambut Monte

Image Credit By Travel.dream.co.id

Petilasan merupakan wisata alam. Rambut Monte terletak di Kecamatan Gandusari. Di tempat ini wisatawan bisa menikmati suasana alam yang indah. Sejauh mata memandang wisatawan akan melihat berbagai pemandangan hijau. Tidak jauh dari situ terdapat candi yang bisa dikunjungi.

Harga tiket masuk yang perlu dibayar untuk dewasa adalah 3.000 sedangkan untuk anak-anak adalah 2.000. Biaya ini belum termasuk jasa parkir kendaraan. Harga tiket masuk dan parkir bisa berubah sewaktu-waktu khususnya saat musim liburan atau hari libur.

Lokasi: Tirtomoyo, Krisik, Gandusari, Blitar, Jawa Timur.

11. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo

Image Credit By Jejakpiknik.com

Salah satu pantai yang ada di Malang adalah Tambakrejo. Lokasinya adalah Desa Tambakrejo. Apabila wisatawan berangkat dari Blitar, maka wisatawan akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk menempuh lebih kurang 30 km.

Panjang pantai mencapai 10 km. Hamparan pasir yang ada sangat putih dan bersih. Air laut yang ada juga masih jernih. Saat berkunjung ke Pantai Tambakrejo, wisatawan tidak disarankan berenang atau bermain air terlalu jauh karena ombak yang besar dapat mengancam jiwa.

Lokasi: Krajan, Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur.

12. Arung Jeram Soko Adventure

Arung Jeram Soko Adventure

Image Credit By News.bbmessaging.com

Wisata yang memicu adrenalin dapat dicoba.  Di Malang wisatawan bisa berkunjung ke Arung Jeram yang dikelola oleh Soko Adventure. Arung jeram ini terdapat di Desa Tegalsari. Pemandangan sekitar sungai menjadi hiburan tersendiri ketika menyusuri sungai.

Perlengkapan yang tersedia cukup lengkap. Guide yang menemani juga telah berpengalaman dan profesional. Setelah menghabiskan waktu menyusuri sungai, wisatawan bisa beristirahat di kafe atau mencoba berbagai wahana outbound.

Lokasi: Jl. Tegal Asri, Tegalasri, Wlingi, Blitar, Jawa Timur.

13. Kebun Apel Malang

Kebun Apel malang

Image Credit By Pinterest.com

Ciri khas Malang adalah apelnya. Jika berkunjung ke Malang tanpa membawa apel maka dipastikan Anda akan menyesal. Wisatawan bisa mendapatkan apel malang langsung dari Kebun Apel Malang. Tidak hanya apel, terdapat buah lain yang cocok untuk tumbuh di hawa dingin.

Saat berada di kebun apel, wisatawan akan ditemani seorang guide. Wisatawan bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai cara menanam sampai memetik apel yang ada di kebun ini.  Wisatawan bisa membeli apel yang telah dipetik saat berkeliling.

Lokasi: Jl. Raya Sidomulyo, Sidomulyo, Kec. Batu, Malang, Jawa Timur.

14. Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo

Image Credit By Mysocialmate.com

Mengunjungi air terjun dapat menghadirkan kesejukan dalam hati. Saat berkunjung ke Malang, wisatawan bisa megunjungi air terjun Coban Rondo. Wisatawan bisa melihat pemandangan indah. Mitosnya wisatawan yang merupakan sepasang kekasih akan berpisah.

Wisatawan hanya perlu menyiadakan uang sebesar 10.000 per orang. Air terjun  Coban Rondo ada di Kecamatan Pujin. Dari Kota Malang, wisatawan dapat menempuh perjalanan sejauh 25 km. Di dalam lokasi tersedia banyak penjaja makanan yang dapat dikunjungi.

Lokasi: Dusun Wonorejo, Desa, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

15. Pemandian Kalireco

Pemandian Kalireco

Image Credit: Amazingmalang.id

Pemandian Kalireco atau yang dikenal dengan Sumber Air Kalireco ini berada di Lawang. Pemandian satu ini terbilang alami mengingat airnya berasal langsung dari sumber. Dengan tebing berlumut sebagai backgroundnya, dimana di tebing ini nantinya air akan mengalir mengisi kolam.

Kedalaman kolam ini sekitar 1 m sehingga anda bisa berendama atau berenang dengan santai. Untuk bisa menikmatinya pengunjung harus membayar Rp. 10 ribu sebagai tiket masuk.

Lokasi: Jl. Sumber Waras 2 No.97, Krajan, Kalirejo, Kec. Lawang, Kota Malang.

16. Taman Wisata Selecta

Taman Wisata Selecta

Image Credit: Dakatour.com

Taman Selecta sudah ada sejak tahun 1930 dan menjadi destinasi wisata yang tidak boleh anda lewatkan. Memiliki luas sekitar 18 hektar, anda bisa menikmati taman rekreasi, kebun, hotel dan juga restoran. Berbagai fasilitas mulai dari kolam renang, outbond hingga taman bunga.

Saat ini juga sudah dilengkapi dengan wahana permainan yang akan membuat liburan makin menyenangkan. Keindahan alam dan hawanya yang segar akan membuat anda enggan pulang.

Lokasi: Jl. Raya Selecta No.1, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu.

17. Wisata Pujon Kidul

Wisata Pujon Kidul

Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Wisata Pujon Kidul bisa dikatakan sebagai destinasi wisata baru yang ada di Malang. Wisata Pujon Kidul sebenarnya adalah sebuah desa yang menawarkan banyak kegiatan menarik. Mulai dari petik sayur, camping, outbond, mengolah susu hingga membuat biogas. Namun kegiatan tersebut harus membuat janji terlebih dahulu. Salah satu wahana yang ramai adalah Cafe Sawah, anda bisa menikmati kuliner sekaligus berfoto foto cantik.

Lokasi: Pujon Kidul, Kec. Pujon, Kab. Malang.

18. Air Terjun Coban Talun

Air Terjun Coban Talun

Image Credit: Malangstrudel.com

Ingin berlibur ke wisata alam Malang? Kota Batu memiliki air terjun yang bisa anda kunjungi ketika ke Malang. Air Terjun Coban Talun ini memiliki keindahan yang menawan. Nantinya sebelum mencapai air terjun, anda harus menempuh jarak sekitar 1 km.

Tenang saja, untuk menuju air terjun jalannya menurun. Hutan pinus yang masih terjaga, akan membuat perjalanan menuju air terjun semakin tidak terasa. Belum lagi udaranya yang masih asri dan segar.

Lokasi: Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu.

19. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Image Credit By Pantainesia.com

Pantai Balekambang menjadi lokasi favorit bagi wisatawan yang ingin beristirahat. Di Pantai Balekambang terdapat pura yang terletak di atas batu karang. Ketika air surut, wisatawan dapat bermain di sekitar batu karang.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Lamongan yang Enak & Wajib Anda Coba

Pantai Balekambang ada di Malang selatan. Lokasi ini berjarak sekitar 45 km dari Kota Malang. Ombak yang ada di Pantai Balekambang cukup besar sehingga disarankan wisatawan hanya mengamati dari jauh terutama wisatawan anak-anak.

Lokasi: Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Balaikambang, Sumberbening, Bantur, Malang, Jawa Timur. –

20. Gunung Bromo

Gunung Bromo

Image Credit By Badrulmozila.com

Gunung Bromo menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi. Gunung Bromo terletak di Kabupaten Malang. Banyak orang beramai-ramai untuk berjalan menuju puncak. Saat pagi ada banyak wisatawan menuju puncak untuk melihat matahari terbit.

Di lereng Gunung Bromo terdapat hamparan pasir. Di tempat ini wisatawan bisa berjalan-jalan atau menyewa kuda untuk ditunggangi. Tidak jarang ada wisatawan yang melakukan kegiatan olahraga di sini.

Lokasi: Podokoyo, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur.

21. Kampung Warna Warni Jodipan

Kampung Warna Warni Jodipan

Image Credit By Grid.id

Wisata ini ada di Jodipan. Awalnya Kampung Warna Warni hanyalah suatu kampung kumuh. Berkat kreativitas mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, kampung tersebut berhasil menjadi kampung bersih dan memiliki nilai wisata.

Di Kampung Warna Warni wisatawan bisa mengambil berbagai foto karena ada banyak titik-titik foto yang menarik. Ada berbagai tembok yang dicat dengan menarik dan dapat menjadi latar dari foto. Sembari berjalan-jalan, wisatawan bisa menikmati jajanan yang disediakan oleh masyarakat.

Lokasi: Jodipan, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

22. Omah Kayu Paralayang

Omah Kayu Paralayang

Lokasi: Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. – Image Credit By Superadventure.co.id

Kombinasi wisata alam dan sentuhan modern dapat ditemukan di Omah Kayu Paralayang. Omah Kayu Paralayang terdapat di sekitar Gunung Banyak. Berbagai rumah pohon dibangun di tempat tinggi. Wisatawan bisa melihat pemandangan gunung yang indah.

Omah Kayu Paralayang menjadi lokasi wisata yang diincar oleh muda mudi karena menghadirkan banyak titik foto yang bagus. Wisatawan cukup membayar sebesar 5.000. Wisatawan bisa berkunjung setiap hari mulai pukul 09.00-17.00.

23. Museum Satwa

Museum Satwa malang

Image Credit By Vizitrip.com

Di Malang terdapat museum yang menghadirkan berbagai jenis fosil binatang, yaitu Museum Satwa. Bagi keluarga yang mencari tempat liburan yang sesuai untuk anak-anak, Museum Satwa menjadi pilihan yang tepat.  Lokasi ini sangat cocok menjadi wisata edukasi.

Museum Satwa terletak di Batu. Museum Satwa beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00-18.00. Museum Satwa berada 20 km dari Kota Malang. Harga tiket masuk yang dipatok adalah 84.000 untuk hari kerja dan 120.000 untuk hari libur. Tiket berlaku untuk tinggi di atas 85 cm.

Lokasi: Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

24. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular

Image Credit: Ikutilangkahkaki.com

Menikmati kota Malang di malam hari bisa dilakukan dengan mengunjungi Batu Night Spectakuler. Berada di Batu, tempat satu ini menjadi destinasi favorit untuk liburan bersama keluarga atau teman teman.

Di tempat satu ini anda bisa menjajal banyak sekali wahana permainan, mulai dari yang menantang hingga yang asik. Anak anak hingga orang dewasa bisa bermain di BNS ini. Anda bisa datang pada pukul 15.00 hingga 24.00 malam.

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu.

25. Eco Green Park

Eco Green Park

Image Credit: Airyrooms.com

Masih di daerah Batu, anda juga bisa berlibur ke Eco Green Park. Di tempat satu ini tidak hanya bisa bermain namun juga bisa berwisata edukasi. Setidaknya terdapat 35 wahana edukasi yang bisa anda jajal bersama keluarga. Terutama bagi anda yang memiliki buah hati, pasti akan senang ketika mengunjungi Eco Green Park ini. Mengingat konsep wisatanya adalah kebudayaan, wisata alam, seni dan juga lingkungan.

Tujuan dari tempat wisata ini memang untuk belajar ekosistem, terutama pada anak anak. Nantinya akan dibagi menjadi 3 zona yakni zona miniatur candi yang ada di seluruh Jawa, musik plaza, world parrot, insectarium, Duck Kingdom, Water track, rumah terbalik, jungle adventure hingga Dome Multimedia. Mengelilingi Eco Green, anda bisa menggunakan e bike yang bisa anda sewa. Keseruan anda bisa dimulai pukul 09.00 pagi untuk jam bukanya.

Lokasi: Jl. Oro-Oro Ombo No.9A, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu.

26. Jelajah 5 Benua

Jelajah 5 Benua

Image Credit: Nasirullahsitam.com

Jelajah 5 Benua ini sebenarnya merupakan wahana yang ada di Jatim Park 2 Batu. Nantinya anda akan dibawa menjelajah ke berbagai belahan benua yang ada di Dunia. Namun jelajah 5 Benua ini juga bisa diartikan untuk mengunjungi berbagai tempat andalan Jawa Timur Park. Sebab di Museum angkut anda akan menikmati sajian ala broadway, kemudian di jatim 2 bisa mengunjungi wahana 5 benua. Paket liburan satu ini akan membuat perjalanan anda semakin lengkap.

Lokasi: Jl. Jatim Park II, Temas, Kec. Batu, Kota Batu.

27. Museum Tubuh

Museum Tubuh

Image Credit: Ngalam.co

Museum tubuh merupakan bagian dari Jawa Timur Park Group. Lokasinya bersebelahan dengan jatim park 1. Mengunjungi museum ini, anda akan diajak untuk mengenal tubuh kita. Anda seakan akan sedang berpetualang ke dalam tubuh manusia.

Dimana anda bisa melihat organ organ secara lengkap dan detail. Wisata edukasi ini sangat cocok untuk mengajak buah hati untuk belajar sekaligus jalan jalan.

Lokasi: Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu.

28. Sumber Jenon

Sumber Jenon

Image Credit By Blog.airpaz.com

Pemandian di alam terbuka menjadi alternatif untuk menyegarkan pikiran. Di Sumber Jenon wisatawan bisa berendam di tengah alam yang masih asli dan asri. Sumber Jenon berada di Desa Pajaran. Wisatawan bisa berkunjung saat musim libur tiba.

Air yang ada di Sumber Jenon sangat jernih. Udara yang ada di sekitar lokasi juga sangat sejuk. Tidak hanya berenang, wisatawan juga bisa berendam dan mengamati dasar Sumber Jenon. Wisatawan bisa berkunjung setiap hari mulai pukul 08.00-18.00.

BACA:  Wisata Bahari Lamongan, Tempat Rekreasi Keluarga yang Lengkap

Lokasi: Gunungronggo, Tajinan, Malang, Jawa Timur.

29. Pantai Tiga Warna

Pantai 3 Warna

Image Credit By Superadventure.co.id

Pantai Tiga Warna menawarkan keunikan tersendiri. Sesuai warnanya, pantai ini menghadirkan pemandangan dalam 3 warna yang menarik dan sangat jarang ditemui di pantai lain. Perbedaan warna menunjukkan adanya perbedaan kedalaman dari air laut.

Wisatawan juga bisa melihat pasir pantai berupa warna merah muda. Keunikan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pantai Tiga Warna berada di Desa Rejo. Pantai Tiga Warna dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 07.00-18.00.

Lokasi: Jl. Sendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur.

30. Museum Angkut

Museum Angkut

Image Credit By Travellermalang.blogspot.com

Museum Angkut di Malang menghadirkan keunikan yang tidak ditemukan di museum lain, yaitu menyediakan berbagai miniatur kendaraan tradisional dan modern. Terdapat lebih dari 250 koleksi yang ada di sini.

Museum Angkut berada di Batu atau sejauh 20 km dari Kota Malang. Wisatawan bisa mengunjungi Museum Angkut setiap hari pada 12.00-20.00. Wisatawan perlu membayar tiket masuk sebesar 70.00 saat hari kerja atau 110.000 saat hari libur.

Lokasi: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

31. Mata Air Sumber Sirah

Mata Air Sumber Sirah

Image Credit By piknikasik.com

Sumber mata air bisa menjadi destinasi wisata yang tidak kalah menarik. Mata Air Sumber Sirah terletak di Desa Seumberjaya. Lokasi yang masih asri dapat membuat pikiran menjadi tenang dan lebih segar.

Tidak hanya menikmati alam, wisatawan juga bisa mengabadikan lokasi sekitar. Wisatawan bisa berjalan santai atau masuk ke dalam sumber air tersebut. Harga tiket masuk yang dipatok sangat murah. Wisatawan cukup membayar sebesar 1.000 per orang.

Lokasi: JL. Sunan Kalijaga I RT.05/RW.02, Putuk Utara, Putukrejo, Gondanglegi, Malang, Jawa Timur.

32. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru

Image Credit By Labirutour.com

Pantai di daerah Malang sangat mudah ditemui, terutama Malang Selatan. Pantai Sendang Biru salah satunya. Wisatawan bisa menyewa perahu untuk menyeberang ke Pulau Sempu. Jika tidak ingin, wisatawan bisa bersantai di pinggir pantai.

Pantai Sendang Biru terletak di Desa Tambakrejo. Wisatawan bisa menyiapkan uang sebesar 10.000. Harga ini belum termasuk biaya sewa perahu dan jasa parkir. Di sekitar pantai terdapat fasilitas berupa tempat makan dan kamar mandi.

Lokasi: Sendangbiru, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur.

33. Kusuma Waterpark

Kusuma Waterpark

Image Credit: Mesikapw.com

Kusuma Waterpark merupakan salah satu waterpark yang memiliki ketinggian 110 mdpl. Pengunjung tidak  hanya bisa bermain air, namun juga bisa sekalian menikmati pemandangan pegunungan yang mempesona.

Waterpark yang tersedia memiliki berbagai kolam yang diberi nama dengan nama buah buahan. Masing masing kolam ini memiliki kedalaman dan juga wahana air yang berbeda beda.

Lokasi: Jl. Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu.

34. Candi Songgoriti

Candi Songgoriti

Image Credit: Berakhirpekan.com

Candi Songgoriti merupakan destinasi selanjutnya yang bisa anda kunjungi, meskipun bangunannya tak utuh. Namun justru memberikan pemandangan yang unik dan misterius. Ketika mengunjungi tempat satu ini, anda akan melihat tiga sumber air yang berbeda suhu. Tiga sumber air ini berada di bawah candi, tepatnya di bagian ujung candi. Candi ini juga tak terlepas dengan cerita legenda yang menyertainya.

Lokasi: Jl. Raya Songgoriti, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu.

35. Alun-Alun Malang

alun alun kota malang

Image Credit By Dolandolen.com

Alun-alun menjadi tempat wisata yang sangat terjangkau. Wisatawan cukup membayar parkir saja. Terdapat berbagai wahana permainan untuk anak-anak dan dewasa di sini. Alun-alun Malang juga menyediakan photobooth, gazebo, area skateboard, dan lain sebagainya.

Alun-alun Malang menjadi lokasi wisata yang cocok untuk bersantai. Wisatawan dapat beristirahat sambil menikmati jajanan yang dijual di sekitar alun-alun. Alun-alun cocok menjadi lokasi untuk mengakrabkan diri dengan keluarga atau teman-teman.

Lokasi: Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

36. Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari

Image Credit By Tredoria.com

Tidak hanya Bogor atau Bandung yang memiliki kebun teh. Malang mengembangkan kebun teh yang terletak di Kabupaten Malang. Suasana dingin dan tenang akan menyambut wisatawan yang datang. Wisatawan bisa berkeliling dan mengamati proses panen daun teh.

Harga tiket masuk yang ditentukan adalah 8.000-12.000. Fasilitas yang tersedia di sekitar Kebun Teh Wonosari adalah penginapan, tempat makan, dan tempat suvenir. Tidak hanya itu, fasilitas yang ada juga berupa kolam renang, area bermain anak, dan masjid.

Lokasi: Toyomarto Lawang, Bodean Putuk, Toyomarto, Singosari, Malang, Jawa Timur.

37. Hawai Waterpark

Hawai Waterpark

Image Credit By Travelspromo.com

Wahana air terbesar di Jawa Timur adalah Hawai Waterpark. Wisatawan bisa menikmati kesegaran yang terdapat di wahana yang ada. Salah satu wahana favorit adalah seluncuran rainbow fall setinggi 15 meter.

Hawai Waterpark terdapat di Jalan Raya Karanglo tepatnya Graha Kencana Raya. Harga tiket masuk untuk hari kerja adalah 75.000 sedangkan untuk hari libur adalah 100.000. Jam operasional mulai Senin-Kamis adalah 10.00-16.00 dan pada Sabtu-Minggu adalah 08.00-17.00.

Lokasi: Jl. Raya Karanglo, Banjararum, Singosari, Karanglo, Banjararum, Singosari, Malang, Jawa Timur. –

38. Coban Nirwana

Coban Nirwana Malang

Image Credit By merdeka.com

Air terjun lain yang bisa dikunjungi adalah Coban Nirwana. Air terjun ini menghadirkan 2 tingkat air terjun. Wisatawan bisa berendam di sungai bawah air terjun. Wisatawan juga bisa berjalan-jalan menikmati suasana yang segar.

Coban Nirwana terletak di Kecamatan Gedangan. Jika ingin mengunjungi lokasi ini, wisatawan tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Tersedia banyak penjaja makanan dan suvenir yang bisa wisatawan kunjungi.

Lokasi: Krajan Lor Gedangan, Gedangan, Malang, Jawa Timur. Malang.

39. Sumber Krabyakan

Sumber Krabyakan

Image Credit By Lelungan.net

Sumebr Krabyakan merupakan wisata air yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Di sini wisatawan bisa mencoba sepeda air atau berenang. Sembari melakukan kegiatan tersebut, wisatawan bisa menikmati suasana alam yang indah.

Untuk masuk ke Sumber Krabyakan, wisatawan cukup membayar 2.000. Sumber Krabyakan terletak di Desa Sumber Ngepoh. Fasilitas lain yang ada adalah mandi bola, terapi ikan, dan warung makan.

Lokasi: Desa Sumber Ngepoh, Krajan, SumbernNgepoh, Lawang, Malang, Jawa Timur.

40. Taman Wisata Wendit

Taman Wisata Wendit

Image Credit By Explorewisata.com

Tempat ini merupakan pemandian dengan nilai sejarah tinggi. Taman Wisata Mendit sudah ada sejak zaman Majapahit. Pejabat kerajaan seperti Hayam Wuruk sering menghabiskan waktu di pemandian ini.

Taman Wisata Mendit ada di Desa Mangliawan. Wisatawan yang ingin masuk cukup menyiapkan uang sebesar 18.000 untuk dewasa dan 14.000 untuk anak-anak. Jam operasional mulai 07.00-17.00 setiap harinya.

Lokasi: Jl. Raya Wendit Tim., Lowoksoro, Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur.

Itulah 40 destinasi wisata di Malang yang dapat menjadi referensi saat Anda liburan bersama keluarga atau teman-teman. Anda dapat menentukan terlebih dulu wisata apa yang akan dilakukan saat berlibur sebelum menentukan lokasi.