Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00–16.00 WIB, Alamat: Jl. Begawan, Dusun Krajan, Taji, Kec. Jabung, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Air Terjun Begawan atau sering juga disebut dengan nama Coban Jahe adalah destinasi alam yang berada di Desa Begawan, yang masih berada di dalam kawasan Perhutanan Unit II RPH Sukopuro Jabung. Air terjun ini memiliki aliran air yang cukup deras, terlebih saat sedang musim penghujan dengan ketinggian sekitar 45 meter.

Kawasan wisata alam air terjun di Malang ini menyuguhkan kesegaran yang bisa Anda rasakan dari rimbunnya pepohonan dan gemercik air yang jatuh dari ketinggian. Suasana yang ditawarkan di tempat ini juga bisa menjadikan perasaan merasa tenang dan nyaman.

Coban Jahe sangat cocok disinggahi untuk merilekskan pikiran dari penatnya kesibukan Anda sehari-hari. Selain itu, tempat ini juga cocok bagi Anda yang gemar berfoto, sebab kawasan alamnya yang begitu memukau mata dapat menjadi spot berfoto yang fotogenik.

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Jahe

Daya Tarik Dimiliki Coban Jahe
Image Credit: Google Maps Fajarwati Nurjadidah

1. Indian Camp

Tempat ini juga menawarkan sensasi seru menginap dengan suasana alam. Anda bisa menemui tenda tenda ala kampung Suku Indian yang sangat unik di kawasan air terjun ini. Menginap di tenda Indian sambil menikmati suara gemercik air terjun pastinya akan menjadi pengalaman unik yang tak terlupakan bagi Anda.

2. Sejarah Unik

Di balik keindahan alam yang dapat membuat hati tentram, air terjun ini memiliki sejarah kelam di masa lalu. Tidak jauh dari kawasan air terjun ini, Anda dapat menemukan tugu taman makam. Tugu inilah yang menjadi saksi pembantaian 38 orang tentara Indonesia oleh Belanda pada sekitar tahun 1948.

Kisah itulah yang membuat air terjun ini dinamakan Coban Jahe yang berasal dari kata ‘Pejahe’ yang berarti matinya (para pejuang). Sejarah dan tugu taman makam tersebut merupakan daya tarik tersendiri yang dimiliki air terjun ini.

3. Rindangnya Pepohonan

Seperti halnya kawasan air terjun yang lainnya, coban ini memiliki suasana alam yang bisa menentramkan hati dan juga pikiran. Pepohonan rimbun di sekitar kawasan wisata air terjun ini semakin menambah udara sejuk yang dapat membuat siapapun nyaman berlama lama di tempat ini.

4. Taman Bunga cantik

Selain rindangnya pepohonan, air terjun ini juga memiliki taman bunga yang tak kalah indah. Di kawasan taman bunga ini terdapat berbagai macam bunga dengan berbagai warna yang bermekaran. Kehadiran taman bunga ini membuat kawasan air terjun menjadi semakin berwarna.

Daya Tarik Coban Jahe
Image Credit: Google Maps Sanny Octavia Kusnadi

5. Kafe Apung

Tepat di bawah air terjun Coban Jahe terdapat spot apung yang banyak menarik minat pengunjung untuk menaikinya. Di sini Anda bisa berfoto foto sepuasnya dengan pemandangan air terjun indah sebagai latar belakang sambil menikmati pesona air terjun tersebut dari jarak dekat.

6. Jembatan Bambu

Daya tarik lain dari coban ini yaitu jembatan bambu yang keren. Sebenarnya fasilitas jembatan ini merupakan penghubung antara taman bunga dan kawasan Indian camp. Namun karena spotnya yang sangat menarik membuat banyak pengunjung ingin berfoto di jembatan ini.

7. Kafe dan Spot-spot Foto Menarik

Di coban ini juga terdapat sebuah kafe yang menyediakan berbagai makanan dan minuman siap santap. Tak jauh dari kafe ini, terdapat beberapa bangku kayu yang bisa Anda gunakan sebagai tempat bersantai sambil menikmati pemandangan alam.

Pengelola Coban Jahe juga menyediakan sejumlah spot foto yang menarik. Anda bisa berfoto-foto dengan pemandangan alam dan juga berbagai spot foto yang instagramable.

8. Kolam Air Alami

Suasana alami yang sejuk dengan diselimuti bebatuan dan rimbunnya pepohonan menjadi dominasi yang terlihat di kawasan tempat wisata air terjun ini. Coban ini memiliki debit air yang cukup deras sehingga menciptakan kubangan kolam alami. Keindahan kolam alami ini sungguh akan memanjakan setiap mata yang melihatnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Coban Jahe
Image Credit: Google Maps Mochamad Ilman

Kawasan wisata Coban Jahe ini terletak di Kabupaten Malang, tepatnya Jalan Begawan, Dusun Krajan, Taji, Kecamatan Jabung. Anda juga sudah bisa menemukan kawasan ini di gppgle maps. Jadi apabila bingung, Anda bisa langsung menggunakan navigasi google maps.

Untuk menuju ke lokasi wisata air terjun ini, Anda akan melalui perjalanan yang tidak begitu lama dengan akses jalan yang sudah cukup memadai. Rute perjalanannya dapat ditempuh dari pusat kota di Malang. Pertama Anda harus menuju Tumpang, hingga sampai di gapura dengan tulisan ‘Selamat Datang di Tumpang’.

Dari gapura tersebut sudah terdapat banyak petunjuk jalan yang menunjukkan arah menuju wisata air terjun ini. Jarak perjalanan dari pusat Kota Malang ke air terjun ini diperkirakan sekitar 23 km dengan kurun waktu kurang lebih 50 menit.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Coban Jahe
Image Credit: Instagram Official Coban Jahe

Untuk memasuki kawasan wisata air terjun Coban Jahe ini Anda tidak akan dikenai biaya masuk yang mahal. Cukup hanya dengan membayar Rp 10.000,- per orang, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan di kawasan air terjun ini.

Kawasan ini juga mematok tarif parkir bagi setiap kendaraan, namun Anda tak perlu khawatir, karena biaya parkir kendaraan di sini juga cukuplah murah. Yakni sebesar Rp 2000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000,- untuk kendaraan roda empat. Tempat wisata ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore, jadi Anda bisa mengunjungi tempat ini baik pagi maupun sore hari

Hanya dengan biaya yang terbilang murah itu Anda sudah bisa menikmati kawasan wisata alam yang masih terjaga keasriannya. Dan pastinya akan memberikan pengalaman menarik bagi Anda yang berkunjung ke tempat wisata ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Coban Jahe

Aktivitas di Coban Jahe
Image Credit: Google Maps Syamsul Arifin

1. Camping atau Bermalam di Kawasan Coban

Selain perpaduan keindahan alam dan derasnya air terjun yang menarik, Anda juga bisa melakukan beberapa kegiatan lain di Coban Jahe. Kegiatan berkemah bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda, pengelola menyediakan tempat yang bisa digunakan untuk membangun tenda. Bahkan bila Anda ingin membuat api unggun, sudah tersedia pula tempat khususnya.

Anda bisa menikmati suasana malam dengan gemercik air terjun yang menenangkan. Kemudian di pagi harinya, Anda akan disuguhkan dengan kesegaran udara dari pepohonan yang ada di sekitar coban. Anda juga bisa berolahraga jogging menuju coban yang hanya berjarak 300 m dari kawasan camping.

2. Bermain Wahana River Tubing

Sebenarnya pengunjung di kawasan wisata ini dilarang untuk mandi di air terjun sebab dianggap terlalu berbahaya. Anda tak perlu bersedih karena hal ini, untuk mengobatinya, Anda masih bisa mencoba wahana river tubing yang ada di aliran sungai air terjun ini. Dijamin kegiatan ini dapat menjadi pengalaman menyenangkan dan tak terlupakan bagi Anda.

3. Menikmati Pemandangan Taman Bunga

Selain bisa menikmati keindahan air terjun dan rimbunan pepohonan, Anda juga bisa menikmati panorama menawan dari taman taman bunga yang ada di kawasan wisata air terjun ini. Pengelola tidak hanya membuat taman bunga di bagian atas saja, tetapi juga di bagian bawah di sisi sisi sungai pinggir jembatan. Taman bunga ini membuat Coban Jahe terlihat semakin cantik.

Aktivitas Menarik di Coban Jahe
Image Credit: Facebook Nyonya Galuh Magpela

4. Bersantai di Kafe Unik

Di sini, Anda juga bisa menikmati suasana alam sambil nongkrong santai di kafe. Terdapat sebuah kafe unik di sini, yakni Kafe Indian yang berada di ujung kawasan air terjun. Dengan beratapkan jerami dan bahan bangunan kayu membuat kafe ini terlihat sangat unik.

Menu-menu yang disediakan di Kafe Indian ini pun terbilang cukup ramah di kantong. Jadi Anda tak perlu khawatir akan harga harga makanan dan minuman yang disediakan. Anda juga bisa bersantai di kafe ini bersama keluarga atau teman teman Anda sambil bercanda gurau.

5. Berburu Foto dengan Spot Instagramable

Bagi para pecinta fotografi, taman Indian di Coban Jahe bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berburu foto. Sebab taman ini memiliki berbagai spot foto yang bisa Anda jelajahi. Terdapat pula kafe apung di tengah kolam yang juga menarik untuk digunakan sebagai background berfoto foto. Spot ini sangat cocok untuk digunakan sebagai spot foto romantis dengan pasangan.

Selain itu, semua sudut dari kawasan wisata air terjun ini memiliki keindahan alam yang sangat indah. Jadi Anda juga bisa berfoto foto di sudut manapun dari kawasan wisata ini. Foto yang dihasilkan pasti akan terlihat instagramable dengan keindahan alam yang mempesona.

6. Trekking ke Coban

Bagi Anda yang senang dengan petualangan, mungkin kegiatan trekking ini bisa menjadi daftar kegiatan Anda di kawasan Coban Jahe. Anda bisa menjelajahi trekking air terjun lain yang berada dekat dengan kawasan wisata ini. Beberapa di antaranya yaitu Coban Sari, Coban Kodok, dan Coban Ani.

7. Berolahraga

Anda juga bisa sejenak merilekskan pikiran dengan berolahraga di kawasan ai terjun ini. Olahraga sambil diiringi suara air terjun dapat menenangkan pikiran juga menenangkan hati. Anda bisa memilih olahraga ringan untuk dilakukan di sini, seperti jogging atau olahraga yoga.

Fasilitas yang Tesedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Wisata
Image Credit: Google Maps Lockey Irawan

Untuk sebuah kawasan wisata air terjun, fasilitas yang disediakan di tempat ini sudah cukup memadai. Seperti terdapat beberapa warung dengan berbagai pilihan menu makanan dan minuman, terdapat pula kamar mandi atau toilet dengan kebersihan yang benar benar dikelola dengan baik oleh para pengelola kawasan wisata Coban Jahe.

Fasilitas pendukung lain yang terdapat di tempat ini diantaranya, tempat ibadah atau mushola, area parkir yang cukup luas, camping ground, cafe Indian, penyewaan alat tubing, gazebo, taman bunga, jembatan, berbagai spot foto yang instagramable, dan masih banyak lagi fasilitas fasilitas lain di kawasan wisata ini.

Anda tak perlu khawatir lagi akan fasilitas yang disediakan di tempat wisata air terjun ini. Sebab dengan lengkap dan banyaknya fasilitas yang disediakan akan membuat Anda merasa nyaman dan ingin berlama-lama di tempat ini. Selain merasa nyaman, pengunjung juga dapat terbantu dengan segala kelengkapan fasilitas yang tersedia.

Itulah beberapa hal menarik seputar kawasan wisata alam air terjun yang hits di Malang. Coban Jahe pastinya bisa semakin menambah daftar pilihan tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Malang.