Lokasi: Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.
MapCek Lokasi

Jika Anda adalah pendaki pemula, ada salah satu gunung di kota Bogor yang bisa Anda jelajahi yaitu gunung Salak. Selain tidak terlalu tinggi, ada tempat menarik yang menjadi ikon gunung salak yaitu Kawah Ratu yang terletak di pos terakhir sebelum summit puncak. Biasanya orang yang bukan pendaki lebih tertarik berhenti di kawah ini daripada harus mencapai puncak gunung Salak.

Kawah Ratu menjadi magnet tersendiri bagi warga kota Bogor dan sekitarnya. Pesona alamnya yang menawan dan lengkapi dengan vegetasi yang masih asri, akan membuat pengunjung sulit untuk melupakannya.

Kawah yang masih berada di kawasan Taman Nasional Halimun ini memiliki ketinggian 1437 mdpl dan sangat cocok bagi Anda yang ingin pemanasan sebelum melakukan pendakian ke gunung yang lebih tinggi.

Sejarah Singkat Kawah Ratu di Gunung Salak

Sejarah Singkat Kawah Ratu di Gunung Salak
Image Credit: Traveltodayindonesia.com

Dulu awal terbentuknya Kawah Ratu adalah dampak dari erupsi freatik yang sering terjadi di gunung Salak. Sampai saat ini gunung Salak masih dalam status gunung aktif namun masih cukup aman untuk didaki. Kawah Ratu merupakan yang paling luas sekaligus kawah termuda yang ada di gunung Salak. Ada beberapa kawah lagi yang terdapat di gunung Salak namun tidak terlalu populer.

Kawah Ratu memiliki daya pikat tersendiri yang membuat para pendaki ataupun wisatawan betah berlama lama di area sekitar kawah dengan warna yang kekuningan ini. Warna kekuningan berasal dari endapan belerang yang khas dari gunung aktif. Selama perjalanan Anda akan dimanjakan dengan vegetasi tumbuhan yang masih hijau dan lebat.

Selain itu, di sekitar Kawah Ratu terdapat sungai yang cantik sepanjang 1 kilometer dan airnya terlihat berwarna hijau. Sungai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin hunting foto dengan latar belakang pemandangan eksotis.

Sebagai informasi Kawah Ratu memiliki ketinggian sekitar 1437 mdpl sedangkan jika Anda ingin melanjutkan untuk mendaki sampai ke puncak, Anda harus naik sekitar sekitar 800 mdpl lagi. Meskipun tidak terlalu tinggi, trek pendakian menuju Kawah Ratu lumayan menantang apalagi bagi pendaki pemula.

Selain pemandangan hutan yang masih asri, selama perjalanan menuju Kawah ratu Anda akan menjumpai beberapa mata air. Anda dapat berhenti sejenak disana untuk minum ataupun sekedar mencuci muka. Air yang tersedia sangat segar dan terasa dingin khas air pegunungan.

Jalur Pendakian Menuju Kawah Ratu

Jalur Pendakian Menuju Kawah Ratu
Image Credit: Playworld.id

Anda dapat memilih jalur pendakian sesuai keinginan Anda. Ada 3 jalur pendakian menuju Kawah Ratu yang dibuka secara resmi. Jika Anda ingin mendaki dengan jarak lebih dekat, sebaiknya Anda memulai pendakian pada mdpl paling tinggi.

Jalur pertama yang bisa Anda lalui adalah Perkemahan gunung Bunder. Jalur yang dimulai dari Kecamatan Pamijahan ini berjarak sekitar 5 kilometer dari Kawah Ratu. Biasanya diperlukan 3 sampai 4 jam perjalanan santai untuk mencapai Kawah yang cantik ini.

Jalur kedua yang bisa Anda pilih adalah jalur dari Bumi Perkemahan Cengkuang. Jalur yang terletak di Sukabumi ini memiliki jarak dan waktu tempuh hampir sama dengan jalur pertama. Namun yang unik dari jalur ini adalah banyaknya kera liar yang berkeliaran di sepanjang hutan. Meskipun liar, kera-kera tersebut tidak akan mengganggu Anda karena mereka cenderung takut pada manusia.

Jalur Ketiga dan terakhir adalah melalui Pasar Reungit. Jalur ini berada di kecamatan Pamijahan. Ini adalah jalur paling pendek untuk menuju Kawah ratu yaitu sekitar 3.5 kilometer. Jika Anda tidak mau terlalu lama di perjalanan, Anda dapat memilih jalur ini karena biasanya waktu tempuh dari bawah menuju Kawah Ratu hanya sekitar 2 sampai 3 jam saja.

Tips Mendaki di Gunung Salak

Tips Mendaki di Gunung Salak
Image Credit: Limakaki.com

Meskipun gunung ini tidak terlalu tinggi, Anda tidak boleh menyepelekannya. Karena alam susah untuk ditebak, Anda harus siap dengan semua risiko yang ada. Apalagi gunung salak tergolong gunung yang masih aktif, Anda harus tetap berhati-hati.

Sangat disarankan untuk Anda yang ingin menaiki gunung Salak untuk memilih waktu musim kemarau. Mengapa? Karena pada musim penghujan trek akan lebih licin dan basah. Ini akan semakin menyusahkan Anda apabila hujan datang saat tracking.

Persiapkan juga masker sebelum berangkat karena kadar belerang pada Kawah Ratu cukup tinggi. Masker ini berfungsi untuk melindungi Anda dari efek buruk zat beracun belerang. Pastikan juga Anda membawa lebih dari satu masker.

Saat mendaki gunung Salak, jangan membawa makanan atau barang dengan jumlah yang berlebihan. Ini dapat memberatkan langkah kaki Anda. Bawa saja barang dan makanan secukupnya yang mungkin Anda butuhkan nanti saat diatas, Sehabis makan jangan lupa untuk membawa sampah Anda turun ke bawah lagi karena kebersihan harus tetap dijaga.

Persiapkan fisik Anda sebelum mendaki. Tak perlu latihan berat, minimal jogging setiap hari selama satu minggu sebelum sebelum berangkat ke Kawah Ratu. Ini penting karena dapat membuat otot kaki Anda tidak kaget selama perjalanan.

Yang terakhir dan tak kalah penting adalah membawa kotak P3K. Karena Anda berada di alam, semua bisa saja terjadi. Anda harus berjaga-jaga apabila mungkin ada hal yang tidak diinginkan terjadi .

Akses Jalan & Fasilitas di Kawah Ratu, Gunung Salak

Akses Jalan & Fasilitas di Kawah Ratu, Gunung Salak
Image Credit: Payungrimba.blogspot.com

Kawah Ratu berlokasi di daerah Gunung Sari, kota Bogor. Untuk Anda yang berasal dari Jakarta dan menggunakan kendaraan roda 4, bisa melalui jalan Tol Jogorawi yang menuju Jawa barat. Kemudian Anda tinggal keluar di Tol Sentul Selatan.

Setelah keluar Anda akan menemui pertigaan Cibatok. Jangan bingung, Anda bisa belok kiri dan melanjutkan perjalanan lurus sejauh 18 km hingga menjumpai pintu gerbang Kawah Ratu. Sepanjang jalan itu tadi Anda akan menemui banyak air terjun yang bisa disinggahi ketika lelah mulai menyerang.

Sebuah tempat wisata pasti memiliki banyak fasilitas tak terkecuali Kawah Ratu. Fasilitas yang ada di wisata Kawah Ratu cukup lengkap dan bisa Anda rasakan manfaatnya ketika berkunjung di tempat ini. Salah satu contoh fasilitas yang tersedia adalah kawasan parkir.

Kemudian di wisata ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa tempat makan sederhana berupa kedai atau warung dengan harga yang murah. Namun jangan salah, meskipun makanan di sekitar wisata Kawah Ratu murah namun rasanya tetap nikmat.

Fasilitas lainnya adalah camping ground atau tempat kemah bagi Anda yang ingin bermalam di sekitar Kawah Ratu. Tempat kemah ini sudah di ukur jaraknya dengan lokasi kawah sehingga sangat aman untuk mendirikan tenda.

Informasi yang didapat dari banyak sumber, Anda tidak perlu membayar tiket masuk untuk wisata yang satu ini. Cukup membayar tiket saja.

Itulah Informasi lengkap tentang Kawah Ratu yang terletak di gunung Salak, Bogor. Meskipun terkenal dengan gunung mistis, Wisata Kawah Ratu menyimpan keindahan alam yang memukau dan pasti sayang sekali untuk Anda lewatkan.