Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Curug Cibaliung merupakan salah satu destinasi wisata yang tidak pernah oleh pengunjung. Tempat wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam yang terdapat di Kota Bogor. Pengunjung yang datang ke curug ini juga berasal dari berbagai daerah lain hingga ada yang datang dari berbagai belahan negara lain. Oleh sebab itu, wajar apabila curug yang satu ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan.

Wisata yang satu ini bisa dicoba bagi Anda yang gemar dengan petualangan. Dijamin Anda tidak akan menyesal setelah menghabiskan waktu liburan di curug tersebut. Curug ini juga sering disebut-sebut sebagai surga tersembunyi yang terdapat di Kota Bogor oleh pengunjung yang ada disana. Mata Anda akan dimanjakan dengan segala sesuatu yang disajikan oleh tempat wisata yang satu ini.

Oleh karena itu, sempatkanlah berkunjung ke curug ini apabila waktu liburan telah tiba. Jangan lupa untuk mengajak keluarga maupun teman supaya liburan terasa lebih menyenangkan. Namun, sebelum itu, lebih baik lagi jika Anda mengetahui mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan tempat wisata tersebut. Berikut ini beberapa hal yang berkaitan dengan wisata alam Curug Cibaliung di Bogor.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cibaliung

Daya TarikDimiliki Curug Cibaliung
Image Credit: Instagram.com @iisnurhafifah

1. Airnya Jernih

Walaupun pengunjung yang datang curug ini terbilang cukup banyak, namun air yang yang disana masih sangat jernih. Dengan kata lain bahwa tempat wisata yang satu ini sampai sekarang masih terbilang asri dan alami. Tempat wisata ini belum terlalu bercampur dengan tangan-tangan manusia yang usil dan tidak bertanggung jawab.

Pasalnya, seluruh pengunjung yang ada di objek wisata Curug Cibaliung ini memang sangat dihimbau untuk tidak melakukan berbagai hal yang dapat merusak ataupun mencemari alam yang ada disana. Oleh karena itu, dengan air yang masih jernih tersebut, tentu mampu membuat badan Anda akan terasa sangat segar ketika menceburkan diri kedalam air curug.

2. Pepohonan Hijau

Selain airnya yang sangat jernih, banyaknya pepohonan hijau yang ada disini semakin menambah keindahan panorama curug yang satu ini. Nuansa alami yang ada di tempat wisata alam ini semakin lengkap dengan adanya pohon-pohon hijau yang mengelilingi kawasan tersebut. Oleh sebab itu, tidak heran apabila udara yang ada disana sangat bersih dan juga segar.

Perpaduan suara gemercik air dengan pepohonan yang hijau benar-benar mampu membuat Anda seketika lupa dengan berbagai masalah yang mungkin saja sedang dihadapi. Pikiran semakin tenang dan hati pun juga merasa semakin damai. Waktu liburan di Curug Cibaliung ini pun bisa menjadi lebih menyenangkan lagi.

Daya Tarik Curug Cibaliung
Image Credit: Instagram.com @ahmadaulia_19

3. Bebatuan Raksasa

Bebatuan raksasa juga ikut melengkapi keindahan alam yang ada di tempat ini. Bebatuan raksasa tersebut terletak di sekeliling aliran air yang jernih. Adanya bebatuan raksasa tersebut semakin membuat tempat wisata yang satu tampak eksotis. Anda juga bisa duduk santai diatas bebatuan raksasa tersebut sembari menikmati suasana yang ada di curug ini.

4. Terdapat Berbagai Jenis Hewan Hutan

Daya tarik selanjutnya yaitu terdapat berbagai jenis hewan hutan yang tinggal disana. Ketika tiba di tempat wisata Curug Cibaliung ini, seluruh pengunjung pasti akan langsung melihat hamparan hutan hijau yang begitu lebat. Didalam hutan tersebut tentunya terdapat berbagai jenis hewan hutan yang juga akan turut menyambut kedatangan Anda.

Berbagai jenis hewan hutan yang dimaksud misalnya saja seperti ayam hutan, belalang, burung, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal yang paling menarik yaitu ketika Anda mendengar indahnya kicauan dari burung yang menemani kegiatan wisata. Hal tersebut membuat liburan di curug ini menjadi sangat asyik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Cibaliung

Alamat Curug Cibaliung
Image Credit: Instagram.com @encayalmogada

Lokasi dari tempat wisata yang keren ini tak terlalu jauh dengan Kota Jakarta. Hal itu karena Curug Cibaliung ini terletak di Bogor. Lebih tepatnya lagi ada di Kampung Wadung, Karang Tengah, Babakan Madang. Anda tidak perlu khawatir karena rute yang dilalui untuk bisa sampai ke tempat wisata yang satu ini pun tidak terlalu sulit.

Apabila Anda memulai perjalanan dari Kota Jakarta, maka bisa lebih mudah dengan mengambil jalur Tol Jagorawi. Setelah itu, Anda juga diharuskan untuk keluar dengan melalui jalur Tol Sentul City. Saat Anda telah keluar dari gerbang tol itu, maka akan bisa masuk menuju ke Jungle Land lalu berbelok kea rah kiri menuju Leuwi Hejo.

Anda pun bisa menaiki kendaraan pribadi baik dengan mobil ataupun motor supaya bisa tiba di tempat wisata yang satu ini. Akan tetapi, pengunjung hanya bisa memarkirkan kendaraan tersebut lalu melanjutkan perjalanan lagi dengan berjalan kaki atau tracking dengan waktu kurang lebih setengah jam saja.

Disarankan untuk Anda memarkirkan kendaraan di area parkir yang paling ujung, karena lokasi itulah yang menjadi spot paling dekat dengan curug. Dengan begitu, Anda pun bisa lebih menghemat tenaga untuk melakukan tracking. Selama perjalanan Anda dapat beristirahat sejenak apabila sudah merasa capek. Pastikan keadaan fisik pada saat itu sedang sehat dan prima untuk melakukan tracking.

Pasalnya, sudah ada beberapa tempat peristirahatan yang akan Anda temui selama melakukan trekking di Curug Cibaliung. Di dalam rute tracking tersebut Anda pun akan melihat beberapa curug lainnya seperti Curug Leuwi Cipet dan Curug Leuwi Lieuk. Tak perlu khawatir akan tersesat karena rutenya tidak terlalu sulit serta terdapat pengunjung lain yang juga sama-sama melakukan tracking menuju ke tempat wisata.

Selain itu, apabila ingin berkunjung ke curug ini, maka upayakan pada saat musim kemarau ataupun ketika cuaca sedang cerah. Pasalnya, apabila datang ketika musim penghujan, maka aliran air di curug ini akan begitu deras dan rute tracking pun akan licin. Sehingga, bisa membahayakan pengunjung ketika melakukan tracking.

Harga Tiket Masuk Curug Cibaliung Bogor

Harga Tiket Curug Cibaliung
Image Credit: Instagram.com @ahmadaulia_19v

Untuk bisa menikmati kawasan curug yang satu ini, Anda harus membayar tiket masuk. Sebelum itu, biaya retribusi yang perlu dibayar ketika ada di lokasi Leuwi Hejo yaitu sebesar 15 ribu rupiah. Ditambah lagi Anda pun perlu membayar biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah.

Sedangkan biaya untuk bisa masuk ke objek wisata alam ini juga terbilang cukup murah. Apabila Anda masuk ke curug ini, maka akan dikenakan biaya sebesar 20 ribu rupiah. Uang tersebut akan dipakai untuk biaya masuknya sendiri sebesar 15 ribu rupiah serta untuk biaya retribusi sebesar 5 ribu rupiah. Tentu hal ini cocok bagi Anda yang ingin ke wisata bagus namun dengan biaya yang hemat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Cibaliung

Kegiatan Dilakukan di Curug Cibaliung
Image Credit: Instagram.com @_sindhusatria

1. Berenang

Setelah melakukan perjalanan yang cukup melelahkan untuk bisa sampai di tempat wisata Curug Cibaliung ini, maka kegiatan pertama yang banyak dilakukan oleh pengunjung yaitu berenang. Dengan begitu, rasa lelah selama di perjalanan pun akan langsung terbayar lunas setelah berenang di curug ini. Anda juga bisa menyewa pelampung yang disediakan disana apabila tidak bisa berenang.

2. Hunting Foto

Banyak sekali spot yang bagus untuk Anda melakukan kegiatan menarik berupa hunting foto. Khususnya bagi Anda yang suka memotret pemandangan alam yang indah. spot foto yang paling sering dipotret oleh pengunjung yaitu air terjun serta batuan raksasa yang ada disana. Spot tersebut mampu membuat hasil jepretan Anda semakin terlihat estetik.

Selain itu, melakukan selfie disini juga merupakan kegiatan yang cukup mengasyikkan. Anda bisa berselfie dengan background alam yang begitu memukau. Oleh karena itu, jangan lupa membawa kamera saat akan berkunjung ke curug yang satu ini. Memotret segala momen disini juga bisa menjadi sebuah kenang-kenangan yang indah saat berlibur.

Kegiatan di Curug Cibaliung
Image Credit: Twitter.com @Seff60

3. Piknik

Kegiatan menarik selanjutnya yang bisa dilakukan di Curug Cibaliung yaitu piknik sembari menikmati pemandangan. Piknik di tempat ini akan terasa lebih seru apabila Anda mengajak anggota keluarga. Selain itu, lebih lengkap lagi dengan menyantap beberapa makanan yang dibeli ataupun dibawa dari rumah. Ini juga merupakan momen yang sangat tepat untuk lebih mempererat lagi hubungan keluarga.

4. Camping

Camping merupakan kegiatan menarik yang banyak dilakukan oleh kalangan anak muda saat mengunjungi curug yang satu ini. Mereka biasanya melakukan camping secara rombongan dan membawa berbagai peralatan lengkap. Bahkan, beberapa dari mereka tidak hanya melakukan camping selama semalam saja, melainkan hingga beberapa hari.

Melakukan kegiatan camping memang sangat asyik apalagi di tempat yang seindah ini. Pada saat malam hari, suasana akan lebih damai dengan ditemani api unggun dan juga suara jangkrik. Supaya lebih lengkap lagi, jangan lupa untuk membakar jagung atau sosis dengan api unggun.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Cibaliung Bogor

Fasilitas di Curug Cibaliung Bogor
Image Credit: Instagram.com @mbrian87

Dikarenakan tempat wisata yang satu ini masih baru dikelola, maka fasilitas yang disediakan disini pun masih belum terlalu lengkap. walaupun begitu, sudah cukup membantu dan membuat nyaman bagi pengunjung. Beberapa fasilitas yang paling membantu pengunjung yaitu area parkir dan petunjuk jalan.

Selain itu, ada pula beberapa warung makan yang berjejer di sekitar kawasan tempat wisata. Terutama ada di sepanjang rute tracking menuju ke lokasi Curug Cibaliung. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu membawa terlalu banyak perbekalan makanan dari rumah. Berbagai menu makanan ataupun minuman yang disediakan juga cukup lezat.

Disamping itu, juga sudah disediakan fasilitas berupa tempat penitipan barang. Sehingga, bagi Anda yang merasa keberatan barang bawaan ataupun takut kehilangan barang, maka bisa menitipkannya saja. Kemudian, fasilitas seperti kamar mandi dan tempat ganti pakaian juga bisa Anda temukan di ketika ada di area Leuwi Hejo.

Hal yang paling disayangkan yaitu belum adanya berupa fasilitas berupa tempat sampah yang disediakan di kawasan ini. Oleh karena itu, saat ini dirasa perlu adanya perhatian dan pengelolaan yang lebih baik lagi dari pihat pemerintah setempat. Hal tersebut diharapkan bisa mempermudah dan memberikan kenyamanan maupun keamanan untuk pengunjung.

Nah, dijamin Anda akan merasakan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan apabila menghabiskan waktu liburan di tempat wisata yang satu ini. Apabila Anda masih penasaran dengan tempat wisata ini, yuk segera datang ke Curug Cibaliung dan membuktikan sendiri keindahan yang ada disana.