Curug Love salah satu wisata alam yang menakjubkan di Bogor, Jawa Barat yang menarik dieksplor keindahannya. Dikenal sebagai Mini Green Canyon, air terjun ini menyuguhkan panorama alam luar biasa indah dan sejuk untuk berbagai aktivitas liburan yang seru.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Bantar Karet, Kec. Nanggung, Kota Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bogor merupakan kota yang dikenal sebagai kota hujan. Tidak heran memang karena curah hujan di kota ini yang cukup itu. Hal inilah yang mempengaruhi wisata alam yang ada di sekitar kota Bogor, terutama wisata alam yang berupa air terjun. Salah satu contoh wisata air terjun yang sangat indah dan mempesona yakni Curug Love.

Perlu Anda ketahui, sebelum namanya menjadi Curug Love seperti sekarang ini, dulunya curug ini memiliki nama Curug Leuwi Cateng. Akan tetapi, karena bentuk curug ini menyerupai bentuk hati, maka curug ini berganti nama menjadi Curug Love.

Selain namanya yang unik ini, ternyata curug ini memiliki mitos yang unik dan telah banyak dipercaya orang. Tidak sedikit orang yang percaya jika pengunjung yang datang ke curug ini, konon akan mendapatkan jodoh disini. Tentunya hal tersebut dikhususkan bagi yang masih single.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Love

Daya Tarik Curug Love
Image Credit: Twitter.com @fahmidwi

Banyak yang mengatakan bahwa curug ini mirip dengan Air Terjun Grand Canyon di Amerika Serikat. Hal itu disebabkan oleh kecantikan dan keindahan yang dimiliki curug ini. Berikut daya tarik yang dimiliki.

1. Memiliki Aliran Air yang Unik

Daya tarik yang menjadi pusat perhatian para wisatawan yang datang kesini yakni aliran air yang unik. Seperti diketahui, curug ini terlihat seperti diapit oleh dua bebatuan yang dipahat indah. Namun, bebatuan tersebut nyatanya tidak dipahat, melainkan terjadi karena proses alami.

Abrasi yang terjadi karena aliran air yang mengalir selama ratusan tahun membuat bebatuan ini tampak seperti pahatan. Tidak heran jika banyak yang menyebut curug ini mirip dengan yang ada di Arizona, Amerika Serikat. Hal itu membuat para wisatawan semakin betah berlama-lama di área curug.

2. Airnya yang Masih Jernih dan Bersih

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki Curug Love yakni airnya yang masih sangat terjaga kebersihan dan kealamiannya. Air yang mengaliri air terjun memiliki debit aliran yang cukup deras, oleh karena itu banyak yang menjadikan aliran air dari sungai curug ini sebagai sumber penghidupan seperti PDAM, pengairan lahan dan masih banyak yang lain lain.

Tidak heran jika banyak wisatawan yang memanfaatkan kejernihan curug untuk melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, rafting, berendam, atau bahkan hanya bermain air saja saat berada di bawah air terjun. Warga sekitar curug percaya bahwa dengan menjaga kebersihan curug, maka akan mendapatkan keuntungan dari curug tersebut.

Tidak hanya itu, air sungai disini memiliki sebuah keunikan yang tidak dimiliki oleh air sungai di tempat lain. Walaupun airnya berwarna biru, namun kandungan airnya tetap jernih dan tidak terkontaminasi bahan kimia sedikit pun. Lagipula kedalaman yang dimiliki oleh aliran ini sangatlah dangkal, yaitu hanya berkisar kurang lebih 1 meter saja dan debit air yang tenang.

Daya Tarik Dimiliki Curug Love
Image Credit: Instagram.com @lenymarcelina

3. Kawasan Sekitar Air Terjun yang Cukup Unik

Batuan alami yang berbentuk Love menjadi daya tarik tersendiri pagi pengunjung. Nama Curug Love yang diinspirasi dari bentuk batuan tersebut memang terlihat sangat indah nan mempesona. Biasanya, wisata yang bertemakan air terjun berlokasi di area yang dekat dengan hutan hijau ataupun pegunungan. Namun, hal ini berbeda dengan curug yang satu ini.

Kawasan curug ini terletak di sebuah area perkebunan dan juga persawahan milik warga setempat. Lebih tepatnya terletak di sebelah atas batuan. Batuan tersebut mengapit sebuah sungai hingga terbentuklah air terjun. Bebatuan yang mengapit sungai ditumbuhi semak belukar dan juga tanaman liar. Bahkan di semak itu terdapat selang milik warga setempat.

Selang tersebut berfungsi sebagai irigasi untuk persawahan sekitar area curug. Memang sejak dahulu dan sebelum terkenal seperti sekarang, aliran air disini hanya dimanfaatkan untuk mengairi kebun atau sawah milik warga sekitar. Meski sekarang sudah ramai pengunjung, fungsi aliran sungai masih tetap dipertahankan dan tidak mengurangi keindahan yang dimiliki air terjun ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Love

Alamat Curug Love
Image Credit: Instagram.com @adolfina_patrice

Curug eksotis ini terletak di Provinsi Jawa Barat, di Kabupaten Bogor. Lebih spesifikasinya, tempat ini berada di Kecamatan Nanggung dan berada di sebuah desa kecil yang asri dan sejuk bernama Desa Bantar Karet. Lokasinya sangat strategis dan bagi anda yang bukan merupakan orang dari daerah Bogor, Anda bisa dengan mudah menemukan tempat wisata ini.

Jika anda berangkat dari Jakarta, maka bisa langsung menuju ke Kota Bogor melalui tol Jagorawi. Lalu anda keluar dari gerbang tol yang bernama Sentul City.

Setelah keluar dari Sentul City, anda harus belok ke kiri menuju tempat bernama Jungle Land. Sebelum anda masuk ke gerbang Jungle Land, beloklah ke arah kanan menuju ke sebuah jalan perkampungan yang sepi, lalu akan menemui pertigaan disana. Kemudian ambil arah belok kiri lalu lurus, maka akan sampai ke curug kurang lebih sekitar 30 menit.

Harga Tiket Masuk Curug Love Bogor

Harga Tiket Love Bogor
Image Credit: Instagram.com @lenymarcelina

Untuk bisa masuk area Curug Love maka nantinya akan dikenakan sebuah tiket masuk dan juga biaya untuk parkir kendaraan. Tiket masuk ke lokasi curug sendiri sangat terjangkau bagi semua kalangan, yaitu hanya sekitar Rp 10.000 saja untuk satu orang. Untuk masalah tarif parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp 5.000.

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan beroda empat, maka akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 untuk satu kendaraan. Biaya tersebut sangatlah murah mengingat area parkir di tempat ini sangatlah luas dan nyaman. Selain itu parkir disini sangat terjamin keamanannya, karena para petugas yang menjaga parkir memiliki personel yang cukup banyak untuk menjaga kendaraan.

Tempat wisata yang memiliki pengunjung cukup banyak pastinya memiliki jam operasional, jam opersional tersebut bertujuan untuk mengontrol banyaknya para wisatawan yang kemungkinan akan datang. Jam operasional Curug Love sendiri ialah antara jam 07.00 sampai dengan jam 17.00 dan akan buka setiap hari. Disarankan datang pagi hari supaya bisa merasakan kesegaran air terjun.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Love

Aktivitas di Curug Love
Image Credit: Instagram.com @brigittamj

1. Berenang di Air Terjun

Kurang afdhol rasanya jika berkunjung ke sebuah ari terjun namun tidak merasakan kesegaran dan kenikmatan airnya. Apalagi jika air terjun yang anda kunjungi memiliki sebuah keunikan, seperti halnya di curug menawan ini. Curug ini memiliki keunikan yaitu warna airnya yang biru, namun tetap bersih dan juga segar.

Pihak pengelola dengan sengaja menyediakan sebuah tempat yang diperuntukkan untuk mandi atau berendam bagi para pengunjung yang ingin merasakan kesegaran airnya. Bermain air disini sembari menikmati keindahan alam sekitar merupakan sebuah kegiatan utama yang diinginkan semua wisatawan karena selain menyegarkan juga mengasikkan.

2. Body Rafting

Bagi anda yang suka dan hobi melakukan olahraga yang memacu adrenalin, salah satu kegiatan di Curug Love ini sangat cocok untuk memenuhi hasrat anda yaitu dengan Body Rafting. Ide wisata ini sangatlah tepat sekali karena dengan memanfaatkan aliran air di curug yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Wisata ini dilakukan dengan cara menaiki sebuah ban karet, lalu kemudian menyusuri sepanjang sungai mengikuti arus dan letak keseruannya adalah medan yang cukup mempompa adrenalin. Jika anda memiliki minat dan nyali yang cukup tinggi, ide wisata ini sangat cocok untuk dicoba. Keamanan yang diberikan saat mencoba wisata ini sangatlah maksimal untuk melayani para pengunjung.

Aktivitas Menarik di Curug Love
Image Credit: Facebook.com @basuki.rahmat.927980

3. Menjelajahi Alam

Pihak panitia pengelola tempat wisata menyuguhkan sebuah tawaran berupa wisata untuk menjelajahi alam bagi para wisatawan yang memiliki jiwa petualang. Dengan digagasnya sebuah ide wisata yang ditawarkan ini pastinya dapat menambah wawasan dan juga pengalaman anda dalam hal menjelajah dan berpetualang di alam.

Pastinya anda akan mendapatkan pengalaman yang seru dan mengasyikkan. Disini Anda juga akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dan tidak akan bisa dilupakan sampai kapanpun. Karena nantinya saat berpetualang anda bisa menjumpai keindahan alam yang sangat menakjubkan dan juga dapat menemukan berbagai macam hewan yang menemani petualangan anda.

4. Wisata Hutan Pinus

Selain keindahan curug, Anda juga akan disuguhkan alam sekitar curug yang indah. Di sekitar lokasi curug terdapat banyak sekali pohon pinus yang tinggi dan juga lebat. Saat anda masuk ke hutan pinus, disana nantinya akan menemukan banyak sekali spot foto yang instagrammable.

Pesona eksotis pinus ditambah masuknya sinar matahari yang terbelah oleh dedaunan yang lebat semakin memikat pengunjung yang datang. Hal itu tentu saja akan semakin menambah nilai kecantikan sebuah foto.

Hutan pinus sengaja dibuat dengan tujuan untuk mencegah terjadinya bencana banjir atau bencana tanah longsor yang terkadang meneror warga. Selain itu, anda juga bisa bersantai di hutan pinus sembari menikmati jajanan yang dibeli dari pedagang yang ada di sekitar lokasi.

Dengan diiringi angin sejuk sepoi-sepoi dan kicauan burung yang bersahutan, tentunya semakin membuat anda nyaman berada disini. Satu lagi, Anda juga bisa membawa perlengkapan untuk piknik disini bersama keluarga atau orang tercinta. Atau Anda juga dapat menyewa tenda yang telah disiapkan pihak pengelola.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Love Bogor

Fasilitas di Curug Love
Image Credit: Google Maps (Yermia Tangguh)

Fasilitas yang tersedia Curug Love terbilang sudah cukup lengkap. Hal tersebut tentu bertujuan agar para wisatawan merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama disini. Fasilitas yang telah disediakan pihak pengelola diantaranya kamar mandi, warung makan, persewaan tenda, pelampung, ban rafting dan juga memiliki fasilitas paket out bond.

Tentu, jika Anda ingin memanfaatkan beberapa fasilitas seperti tempat penyewaan barang maka dibutuhkan biaya sewa sendiri. Dengan fasilitas yang ditawarkan tadi, maka tidak heran jika tempat ini sangat ramai dikunjungi khususnya ketika waktu liburan tiba. Wisatawan berbondong-bondong datang supaya bisa semaksimal mungkin memanfaatkan waktu liburan.

Itulah gambaran keindahan yang ditawarkan oleh objek wisata bernama Curug Love di Bogor. Sebuah destinasi wisata yang sayang untuk anda lewatkan ketika berada di Bogor. Selain harga tiket wisata yang ditawarkan cukup murah, suasana di sekitar destinasi wisata sangat tenang dan juga damai. Suasana seperti itulah yang dicari oleh kebanyakan orang untuk melepaskan rasa penat dan lelah.