25 Tempat Wisata di Serang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

16 Tempat Wisata di Serang

Serang terletak di daerah Banten, Serang sendiri berbatasan langsung dengan Selat Sunda, Kota Cilegon, Kota Tangerang, Pandeglang, dan Laut Jawa. Ibukota provinsi Banten ini memiliki wilayah pegunungan dan perbukitan bergelombang dari selatan hingga barat.

Letaknya yang berbatasan dengan Laut Jawa dan Selat Sunda memberikan potensi bagi Serang untuk memiliki berbagai tempat wisata yang indah dan menarik untuk wisatawan yang datang. Seperti pantai, danau, dan pulau-pulau kecil yang menawan.

Meskipun Serang sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing, namun masih belum banyak wisatawan yang mengetahui tentang tempat wisata terbaru yang ada di Serang. Berikut beberapa Tempat Wisata di Serang terbaru.

1. Wisata Alam Gunung Pinang

Wisata Alam Gunung Pinang

Image Credit: Facebook.com @(Rizqi Wahab Milagros)

Dulunya hutan ini kerap dibakar oleh warga untuk mendatangkan hujan. Namun pada tahun 1971, pemerintah melakukan reboisasi hutan dengan jenis tanaman kayu putih, kaliandra, mahoni, dan lain sejenisnya.

Hutan yang telah direboisasi dengan berbagai macam tanaman eksotik menjadi destinasi wisata yang mempesona. Anda dapat berfoto foto dengan spot foto yang ada, ataupun berfoto dengan pemandangan dan pohon pohon di sekitar.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Petajen, Kec. Kramatwatu, Kab. Serang, Banten.

2. Pulau Lima

Pulau Lima

Image Credit: Kartumnet.blogspot.com

Pulau Lima merupakan salah satu pulau baru yang menjadi tempat wisata menarik di Serang. Pulau ini terletak di Desa Kasemen, Serang. Pemandangan yang unik dan khas menjadi daya tarik pulau ini.

Untuk mencapai lokasi ini, wisatawan membutuhkan waktu 20 menit melalui jalur laut dari pelabuhan Karangtanu, Serang. Pulau Lima memiliki pemandangan pasir putih dan hutan mangrove di sekitar pulau yang menarik serta indah.

Harga Tiket: Rp 1.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pulau Lima, Kec. Kasemen, Kab. Serang, Banten.

3. Taman Wisata Batu Gede Sayar

Taman Wisata Batu Gede Sayar

Image Credit: Google Maps (Ahmad Khory)

Untuk Anda yang senang mendaki, taman ini dapat menjadi alternatif yang cukup menyenangkan. Selain lokasinya yang tidak jauh dari kota, kawasan ini dibiarkan alami. Sehingga Anda dapat menikmati pendakian dengan suasana pedesaan, perbukitan dan sawah untuk melepas penat.

Foto-foto yang didapat dari kawasan wisata ini juga indah dan mempesona. Anda dapat berfoto dari atas tebing dengan kamera ataupun dengan drone. Cocok bukan untuk wisata sederhana bersama keluarga?

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sayar, Kec. Taktakan, Kab. Serang, Banten.

4. Pantai Cibeureum Anyer

Pantai Cibeureum Anyer

Image Credit: Pantaicibeureum.blogspot.com

Pantai ini termasuk tempat wisata yang sudah banyak dikenal wisatawan lokal maupun asing. Pantai Cibeureum Anyer ini memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sejuk karena banyaknya pohon kelapa yang berderet menjulang tinggi di pinggir pantai.

Selain itu pantai ini dikenal bersih dan bebas dari sampah karena sudah dikelola dengan baik oleh warga sekitar. Warga yang bermukim di sekitar pantai pun dikenal ramah terhadap pengunjung yang datang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Karang Bolong No. 137, Kamasan, Cinangka, Kab. Serang, Banten.

5. Rumah Hutan Serang

Rumah Hutan Serang

Image Credit: Facebook.com @exploreserang

Bermain dengan rumah di atas pohon yang tinggi diiringi dengan sepoinya hembusan angin merupakan impian setiap orang. Anda dapat membawa keluarga Anda bermain kesini untuk jalan dan berfoto-foto, ataupun sekedar beristirahat melepas penat.

Selain itu Anda juga dapat menikmati fasilitas seperti perpustakaan dan lapangan badminton untuk beraktivitas pada akhir pekan bersama keluarga. Jika sudah sore atau malam, Anda juga dapat menikmati sinar alami dari kunang-kunang yang menerangi sepanjang jalan Anda.

Harga Tiket: Gratis; Map: CekLokasi
Alamat: Jl. Cidampit, Bojong, Kec. Cilowong, Kab. Serang, Banten.

6. Pantai Pasir Putih Florida

Pantai Pasir Putih Florida

Image Credit: Jejakpiknik.com

Pantai Pasir Putih Florida terletak  di daerah Cinangka, Serang. Meski memiliki nama yang unik dan berbeda dengan yang lainnya, namun pemandangan yang di sajikan pantai ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain yang ada di Serang.

BACA:  16 Tempat Makan Enak di Tangerang Favorit Wisatawan

Pantai Pasir Putih Florida memiliki pemandangan unik, yaitu garis pantai yang panjang landai tanpa adanya karang. Selain itu banyak wisatawan yang datang ke pantai ini untuk menikmati sunsetnya yang cantik.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Karang Bolong, Sindanglaya, Kec. Cinangka, Kab. Serang, Banten.

7. Pantai Anyer

Pantai Anyer

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Anyer adalah tempat wisata yang sangat populer di Serang. Lokasi pantai ini terbilang cukup mudah untuk ditemukan, pengunjung hanya cukup menyusuri jalan raya di kecamatan Anyer. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati pemandangan pantai di sepanjang pinggir jalan.

Nama Anyer sendiri berasal dari nama kecamatan Anyer, Serang, Banten. Hal ini karena sebagian besar wilayah kecamatan Anyer berada di pinggir bibir pantai. Selain itu pantai Anyer juga menyediakan berbagai wahana bermain air.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Anyer-Sirih, Sindanglaya, Kab. Serang, Banten.

8. Napak Tilas Kerajaan Islam

Napak Tilas Kerajaan Islam

Image Credit: Impressatour.com

Obyek wisata dengan sejarah Kerajaan Islam di jaman dahulu tidak kalah menarik dengan obyek wisata lainnya. Disini Anda dapat melihat situs peninggalan sejarah sisa kesultanan Banten di masa lampau.

Selain melihat bukti peninggalan di masa lampau, Anda dapat melihat-lihat dan mendengar cerita mengenai sejarah yang terjadi mengenai sejarah Kerajaan Mataram Islam. Anda juga dapat berfoto-foto di situs sejarah itu dan berkeliling menuju situs serupa di sekitarnya.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten.

9. Danau Rawa

Danau Rawa

Image Credit: Ksmtour.com

Danau Rawa terletak di Pandarincang, Serang. Tempat wisata ini terbentuk dari perpaduan danau yang terdapat rawa diatasnya. Sehingga memiliki pemandangan alam yang indah dan menarik para wisatawan lokal maupun asing.

Mulanya danau ini berasal dari kepundan gunung berapi yang sudah tidak aktif. Kemudian membentuk sebuah danau yang berawa diatasnya. Di sekitar danau juga terdapat pepohonan rindang yang menjadi tempat hidup satwa.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Batukuwung, Kec. Padarincang, Kab. Serang, Banten.

10. Hutan Kayu Putih Kragilan

Hutan Kayu Putih Kragilan

Image Credit: Google Maps (Ary Fabeliner)

Hutan Kayu Putih Kragilan terletak di belakang kompleks industri indah kiat Serang. Di hutan ini berjajar pohon Albasia yang berderet rapi sehingga sangat cocok untuk melepas penat sambil berfoto.

Wisata alam ini diberi nama hutan kayu putih karena banyak pepohonannya yang memiliki kulit kayu berwarna putih. Lokasi wisata ini cukup strategis, selain itu harga tiket masuk wisata hutan kayu putih ini cukup terjangkau sebagai destinasi liburan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tegalmaja, Kec. Kragilan, Kab. Serang, Banten.

11. Goa Cilayang

Goa Cilayang

Image Credit: Facebook.com @ikmal04

Goa Cilayang merupakan goa yang terbentuk alami dan dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun. Goa tersebut dapat dikatakan masih alami karena belum banyak dijamah warga, sehingga masih banyak satwa yang hidup di dalamnya. Beberapa warga mempercayai bahwa goa ini keramat karena melihat biawak dengan kulit yang berwarna putih.

Walaupun goa ini cukup aman, Anda tetap harus berhati-hati karena jalan menuju kesana berupa batu batu yang licin. Tidak jauh dari mulut goa terdapat dua sumur yang masih penuh dengan air. Airnya dingin, jernih dan dapat Anda gunakan untuk membasuh tangan atau kaki yang kotor.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Cilayang, Kec. Cikeusal, Kab. Serang, Banten.

12. Danau Tasikardi

Danau Tasikardi

Image Credit: Ksmtour.com

Danau Tasikardi merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di desa Margasana, Kramatwatu, Serang. Nama Tasikardi sendiri berasalah dari penggabungan suku Tasik dan Ardi, dalam bahasa Sunda memiliki arti Danau Buatan.

Danau ini memiliki pemandangan yang indah dan menarik bagi wisatawan yang datang. Serta memiliki suasana sejuk dan tenang karena banyak pohon yang menghiasi danau dan air danau yang tenang. Zaman dulu danau ini digunakan sebagai penampung air untuk mengairi sawah dan memenuhi kebutuhan warga sekitar.

BACA:  50 Tempat Wisata di Tangerang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Margasana, Kec. Kramatwatu, Kab. Serang, Banten.

13. Cagar Alam Pulau Dua

Cagar Alam Pulau Dua

Image Credit: Gpswisataindonesia.info

Di Serang juga memiliki cagar alam yang bernama Cagar Alam Pulau Dua. Cagar alam ini terletak di Desa Sawah Luhur, Kasemen, Serang. Banyak wisatawan yang menyebut cagar alam ini sebagai Pulau burung. Hal ini karena banyaknya burung yang berkumpul di pulau ini dari berbagai wilayah.

Objek Wisata di Serang ini dikelola dengan baik oleh warga sekitar. Pulau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis saat ombak laur surut, maka daratannya akan menyatu. Hal ini terjadi karena adanya pendangkalan sungai Cibanten.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sawah Luhur, Kec. Kasemen, Kab. Serang, Banten.

14. Curug Betung

Curug Betung

Image Credit: Google Maps (Saefullah_14)

Curug Betung ini merupakan salah satu harta tersembunyi yang berada di Serang. Air terjun ini masih dijaga keasriannya dan suasana alam disana benar benar akan melepas penat Anda. Anda juga dapat berfoto-foto ataupun bermain air di curug ini bersama dengan keluarga ataupun teman Anda.

Fasilitas yang berada disini juga sudah cukup nyaman. Anda dapat menjumpai beberapa pedagang, toilet hingga mushola walaupun Anda sebaiknya memarkirkan kendaraan Anda di desa terdekat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kubang Baros, Kec. Cinangka, Kota Serang, Banten.

15. Curug Bumi

Curug Bumi

Image Credit: Resonansi.id

Selain wisata pantai, di Serang juga memiliki beberapa wisata lainnya yang tidak kalah indah dan eksotis. Salah satunya Curug Bumi, curug ini terletak di Pandarincang, Serang. Jorok ini memiliki keindahan beberapa air terjun kecil yang memiliki ketinggian sekitar 3.5 meter.

Curug bumi memberikan suasana sejuk dan segar dengan airnya yang jernih dan bersih ih serta pemandangan alam yang masih sangat asri. Sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk berwisata ke curug ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cibojong, Padarincang, Kab. Serang, Banten.

16. Istana Surosowan

Istana Surosowan

Image Credit: Google Maps (Maria Prasetya)

Istana ini merupakan sebuah keraton di Banten yang dibangun sekitar tahun 1522-1526. Istana ini memiliki luas 3 hektar dengan kondisi yang nyaris rata dengan tanah. Sejarah menyatakan bahwa istana ini dihancurkan oleh pemerintahan Belanda atas perintah Dandels pada November 1808.

Walaupun begitu, di dalam istana ini Anda masih dapat mengunjungi pemandian Roro Denok, yang bentuknya masih dapat terlihat dengan jelas. Air yang terdapat di pemandian ini berasal dari danau Tasik Ardi yang telah dijernihkan sebanyak tiga kali.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mesjid Agung Banten, kec. Kasemen Kota Serang, Banten.

17. Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara

Image Credit: Indonesiakaya.com

Vihara avalokitesvara merupakan salah satu wisata bersejarah yang dimiliki oleh Serang. Pembangunan Vihara ini terbilang cukup unik karena berkaitan dengan Sunan Gunung jati. Tempat wisata ini sangat menarik bagi pengunjung yang ingin mengetahui kisahnya.

Wisata ini menyajikan pemandangan yang menakjubkan sebagai salah satu cagar budaya Provinsi Banten. Bangunan gerbang vihara dihiasi oleh dua naga yang memperebutkan mustika sang penerang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tubagus Raya, Kec. Kasemen, Kab. Serang, Banten.

18. Masjid Agung Banten Lama

Masjid Agung Banten Lama

Image Credit: Google Maps (Masjid Agung Banten)

Masjid yang dibangun pada pemerintahan Sultan Hasanuddin ini memiliki luas 1,3 hektar dan dikelilingi oleh tembok setinggi satu meter. Masjid ini tergolong unik dengan mercusuar yang berada di sebelahnya. Yang membuat masjid ini menarik adalah arsitekturnya yang merupakan gabungan dari gaya arsitektur Tiongkok, Hindu, Eropa dan Jawa.

Selain tempat untuk berwisata dan beribadah, di dalam kompleks masjid ini juga ada pemakaman sultan Banten bersama keluarganya. Makam berada di sisi utara serambi selatan masjid. Anda dapat sekedar mengunjungi makam ini, hingga berdoa untuk mereka yang sudah tiada.

BACA:  10 Mall Favorit di Tangerang yang Wajib Anda Kunjungi
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten.

19. Benteng Speelwijk

Benteng Speelwijk

Image Credit: Festivaljalanjalan.com

Benteng Speelwijk terletak di kawasan Banten Lama yang berada di sisi Utara Serang. Tepatnya berada di daerah Pamarican, Kasemen, Serang. Benteng ini merupakan peninggalan penjajah Belanda, setiap sudut bangunan ini terdapat menara pengintai.

Meskipun peninggalan zaman penjajah Belanda, namun bangunan benteng speelwijk Ini masih berdiri kokoh. Banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi benteng ini karena dari menara benteng pengunjung dapat melihat langsung kota Banten Lama.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kampung Pamarican, Kec. Kasemen, Kab. Serang, Banten.

20. Pulau Sangiang

Pulau Sangiang

Image Credit: Indonesiakaya.com

Pulau Sangiang merupakan salah satu tempat wisata terfavorit yang dimiliki Serang. Pulau Sangiang terletak di kawasan Anyer dengan jarak 45 menit dari Anyer melalui jalur laut. Wisata Pulau Sangiang sangat indah dan menarik bagi para wisatawan.

Selain memiliki pemandangan pantai dan terumbu karang yang indah, Pulau ini juga dihiasi oleh pohon bakau dan pasir putih yang mengelilingi pantai. Dulunya pulau Sangiang dijadikan cagar alam karena memiliki fauna langka dan kekayaan flora.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cikoneng, Kec. Anyer, Kab. Serang, Banten.

21. Curug Cigumawang

Curug Cigumawang

Image Credit: Google Maps (Rahmat Irwansyah)

Berjalan-jalan di pegunungan merupakan hal yang menyenangkan. Anda dapat menikmati eksplorasi dengan alam dan jalan kecil sambil berfoto foto. Setelah sampai di air terjun, Anda disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah, air yang mengalir deras dikelilingi tumbuhan yang tumbuh dari bebatuan alam.

Aktivitas yang dapat Anda lakukan disini sangat beragam. Anda dapat berenang menikmati kesegaran air yang tidak terlalu dalam dan deras. Kedalamannya hanya sekitar satu meter, sehingga anak-anakpun aman bermain disana. Selain berenang, Anda dapat memanjat tebing, camping ataupun sekedar berfoto-foto dengan alam. Menarik bukan?

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bugel, Kec. Padarincang, Kota Serang, Banten.

22. Pantai Marbella Anyer

Pantai Marbella Anyer

Image Credit: Marbellaanyer.com

Pantai Marbella Anyer terletak di daerah Bandulu, Serang, letak pantai ini bersebelahan dengan Pantai Sambolo. Pantai Marbella Anyer termasuk pantai yang masih bersih dan terdapat banyak Saung untuk dijadikan tempat beristirahat para wisatawan yang datang.

Nama Marbella sendiri berasal dari nama hotel yang berada di depan pantai. Pantai ini dapat memanjakan pengunjung dengan pemandangan pasir putih yang bersih dan keindahan alam sekitarnya. Beberapa fasilitas wahana air juga tersedia, seperti selancar, banana boat, dan boogy.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Anyer, Kab. Serang, Banten.

23. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Image Credit: Bisniswisata.co.id

Pantai Karang Bolong merupakan salah satu wisata unik yang dimiliki Serang. Namanya yang unik menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing untuk datang berkunjung. Pantai ini terdapat karang besar yang berlubang karena sering terkikis oleh air laut dalam jangka waktu yang lama.

Oleh sebab itu pantai ini dinamakan dengan pantai Karang Bolong atau berlubang. Selain itu di pantai ini memiliki pemandangan yang elok serta angin semilir yang menyenangkan untuk tempat bersantai bersama keluarga atau teman.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karang Suraga, Cinangka, Kab. Serang, Banten.

24. Pantai Sambolo

Pantai Sambolo

Image Credit: Wisatabaru.com

Pantai Sambolo terletak di desa Bandulu, Serang. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata di Serang yang selalu dipadati oleh pengunjung. Walaupun sering dikunjungi oleh wisatawan, namun kebersihan pantai ini selalu terjaga.

Keunikan pantai sambolo terletak pada pantainya yang berbentuk landai serta bebas dari kerang laut. Selain itu pantai ini juga memiliki pemandangan yang eksotis.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Anyer, Bandulu, Kab. Serang, Banten.

25. Gunung Api Krakatau

Gunung Api Krakatau

Image Credit: Mongabay.co.id

Gunung api Krakatau merupakan salah satu gunung berapi yang fenomenal di Serang. Selain itu Gunung ini termasuk gunung yang masih aktif hingga sekarang.

Meskipun menyeramkan, namun Gunung ini memiliki panorama alam yang indah dan unik. Sehingga banyak wisatawan yang penasaran untuk dapat melihat pemandangan gunung api Krakatau dan juga menjadikan Gunung ini sebagai lokasi pendakian.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pulau Anak Krakatau, Kab. Serang, Banten.

Demikian ulasan singkat tentang Destinasi Wisata di Serang, Banten yang terbaru. Banyak lokasi wisata yang memiliki pemandangan indah dan belum dikenal oleh banyak orang, sehingga bisa dijadikan destinasi untuk liburan yang asik dan menyenangkan.