Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Raya Anyer-Sirih, Bandulu, Kec. Anyer, Kab. Serang, Banten; Map: Cek Lokasi

Pantai Sambolo Anyer merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang berlokasi di Kabupaten Serang, Banten. Memiliki keindahan pantai yang luar biasa indah dan juga cantik, menjadikan tujuan wisata satu ini banyak diminati wisatawan. Menghabiskan waktu sore di Sambolo Anyer pasti akan menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Deburan ombak yang tergulung apik, putihnya pasir pantai, serta birunya air laut seolah menjadi perpaduan yang sangat serasi. Biasanya di musim liburan, utamanya libur panjang sekolah atau saat tahun baru, pantai ini akan ramai dikunjungi. Kebanyakan pengunjung Sambolo merupakan kalangan remaja sekolah hingga anak kuliahan.

Hal tersebut dikarenakan view pantai hits di Serang ini sangat bagus jika dijadikan sebagai spot foto. Bagi Anda yang sedang mencari spot foto pre-wedding, Pantai Sambolo bisa dijadikan sebagai referensi. Tak hanya itu, pemandangan Sambolo juga akan menjadi spot foto yang instagramable abis bagi pecinta wisata alam pantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sambolo

Daya Tarik Pantai Sambolo
Image Credit: Twitter.com @AyangCakep

Pantai Sambolo menjadi salah satu destinasi wisata pantai terletak di Serang yang memiliki pemandangan pantai yang indah, serta sering dijadikan sebagai spot foto alam, membuat pantai ini semakin populer. Tidak heran, menjelang akhir pekan atau musim liburan, kawasan pantai selalu ramai dikunjungi wisatawan.

1. Terbagi Menjadi Dua Pantai

Ada fakta menarik dari tempat wisata air Sambolo. Pantai satu ini sebenarnya terdiri dari dua pantai yang berbeda, yakni Pantai Sambolo Satu dan Sambolo Dua. Meski terbagi dalam dua bagian pantai, keduanya tetap memiliki perbedaan masing-masing. Sambolo Satu terkenal akan dermaganya yang menawan, dengan adanya jembatan.

Sedangkan, Sambolo Dua terkenal karena di areanya terdapat sebuah villa atau penginapan di Bali. Bisa dibilang villa Sambolo merupakan villa Balinya Serang. Tidak heran jika kawasan Sambolo banyak dipenuhi perahu di pinggir pantai. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pantai yang begitu luas dengan menaiki perahu yang ada.

2. Pemandangan Pantai yang Masih Sangat Asri

Meski lokasi pantai berada tidak jauh dari pusat Kota Jakarta, suasana pantai ini masih sangat asri. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pepohonan yang banyak tumbuh menjulang di sekitaran area pantai. Pepohonan yang tumbuh di sekitar area pantai membuat suasana sekitar menjadi sangat sejuk dan nyaman di siang hari.

Wisatawan yang datang berkunjung dapat membuat dudukan dari kain yang dikaitkan di antara dua pohon, seperti di film animasi. Pasti akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan seru. Terlebih jika dilakukan bersama-sama. Sambolo dapat Anda jadikan referensi jika mencari destinasi wisata liburan keluarga menjelang akhir pekan.

3. Ombak Pantai yang Santai dan Tidak Terlalu Besar

Besar kecilnya ombak suatu pantai seringkali menjadi alasan seseorang memutuskan untuk berlibur ke wisata tersebut atau tidak. Tidak terkecuali Pantai Sambolo. Penilaian beberapa orang dan penjaga pantai, Sambolo dikenal memiliki ombak yang cukup tenang, serta tidak terlalu besar, sehingga aman jika dijadikan sebagai tempat berenang.

Selain itu, kondisi ombak yang semacam ini, menjadikan Sambolo sebagai surganya para pecinta olahraga air, yakni snorkling. Dengan melakukan kegiatan snorkling di pantai satu ini, Anda akan merasakan sensasi melihat keindahan alam bawah laut Sambolo yang menakjubkan. Berbagai jenis ikan, akan Anda jumpai saat menyelam ke bawah air.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Sambolo
Image Credit: Google Maps (Muhammad Mahmud)

Pantai Sambolo Anyer menjadi salah satu tujuan wisata pantai yang terletak di Serang, Banten. Lokasi tepatnya berada di Cinangka, Karang Bolong. Cinangka sendiri merupakan sebuah kecamatan yang letaknya tidak begitu jauh dari Cilegon bagian barat. Karena area pantai berada di kawasan perkotaan, jalannya pun sudah dalam kondisi yang baik.

Kondisi jalan yang memadai, membuat wisatawan yang datang diperkenankan untuk membawa kendaraan pribadi, baik kendaraan roda empat atau pun roda dua. Rute umum yang biasanya dilewati para wisatawan, yakni melalui Jalan Told Tangerang -Merak, dan Anda akan keluar di pintu gerbang Cilegon Barat. Dan ambil arah ke sebelah kiri.

Anda tinggal mengikuti jalan yang ada untuk pergi ke Anyer. Di tengah perjalanan menuju kawasan Anyer, Anda akan melihat PT Krakatau Steel Cilegon. Dan perjalanan Anda pun selesai dan Anda sudah sampai di Pantai Sambolo. Pergi bersama dengan rombongan akan terasa sangat menyenangkan, seperti bersama dengan keluarga atau rekan kerja.

Tidak hanya sampai di situ, lokasi wisata pantai ini berdekatan dan hampir satu jalur dengan Pantai Anyer, ini berdampak pada jumlah pengunjung yang terus meningkat. Dengan berdekatannya antara kedua pantai ini, yakni membuat wisatawan yang berlibur seolah mengambil dua paket liburan dalam satu paket liburan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Sambolo
Image Credit: Facebook.com @(Bakul Masteran)

Tidak jauh berbeda dengan tujuan wisata pantai pada umumnya, Pantai Sambolo Anyer juga memberlakukan biaya tiket masuk bagi siapa saja yang datang berkunjung. Jangan khawatir masalah biaya masuk, karena harga yang dipatok sangat terjangkau dan tidak akan membuat kantong Anda kering atau pun jebol.

Untuk setiap orang yang datang, pengelola pantai menarik harga tiket masuk sebesar Rp 10.000,00 per orang. Biaya parkir sendiri bagi yang membawa kendaraan pribadi beruoa motor, yakni sebesar Rp 2.000,00 untuk motor, dan Rp 15.000,00 untuk kendaraan bermobil. Untuk wisatawan yang membawa bus atau semacamnyq, biasanya Rp 60.000,00 per kendaraan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sambolo

Kegiatan Dilakukan di Pantai Sambolo
Image Credit: Instagram.com @pantaisambolo2

1. Snorkling di Pantai

Kegiatan pertama yang wajib dilakukan saat berkunjung ke pantai ialah snorkling. Awal ijin kepada sang Ibu, kata itu sangat familiar. Terdapat tempat persewaan alat snorkling yang sudah sangat lengkap. Harga yang dibandrol pun sangat terjangkau dan masuk di kantong. Dengan snorkling, Anda akan melihat betapa indahnya dasar lautan Sambolo.

2. Menaiki Wahana Banana Boat

Terdapat wahanan Banana Boat yang disewakan di sekitar area Pantai Sambolo. Dengan mengikuti wahana ini, Anda akan ditarik dengan menggunakan perahu yang cukup besar. Dan, Anda beserta rombongan yang Anda bawa, akan duduk berjejer ke belakang di perahu pisang berwarna kuning. Kegiatan ini akan sangat menyenangkan.

3. Menikmati Fenomena Sunset

Berkunjung ke destinasi wisata pantai, tanpa melihat sunset akan menjadi kegiatan yang sukar untuk tidak dilakukan. Biasanya menjelang waktu sore, pengujung atau wisatawan akan mulai memadati area pinggir pantai. Hal ini dikarenakan sebagian dari mereka ingin melihat sunset. Anda bisa selalu berfoto dan bergurau dengan view sunset ini.

Kegiatan di Pantai Sambolo
Image Credit: Instagram.com @rizkymaulana080398

4. Berpiknik

Bagi Anda yang membawa serta buah hati Anda untuk berlibur ke Pantai Sambolo, Anda bisa nenyiapkan makan siang untuk digunakan berpiknik. Lokasi pantai di saat rusak, pasti menjadi tempat yang pas jika dijadikan tempat piknik. Pengunjung bisa menyewa gazebo yang tersedia di hampir seluruh area pinggir pantai di Serang, Banten ini.

5. Membuat Tattoo

Salah satu yang unik dari pantai satu ini adalah terdapat banyak tempat pembuatan tattoo. Bagi Anda yang menyukai tattoo, Anda bisa membuat tattoo di Sambolo. Harga yang ditetapkan disesuaikan dengan tingkat mudah atau sulitnya pembuatan tattoo. Banyak bentuk tattoo yang ditawarkan, mulai dari bentuk hewan, love, hingga custom.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai Sambolo
Image Credit: Agoda.com

1. Bintang Laut Resort

Penginapan ini menyediakan fasilitas yang sangat lengkap, serta memadai. Mulai dari Wifi 24 penuh, kolam renang, permainan anak, pelayanan 24 jam penuh, serta sarapan di pagi hari yang lezat. Resort satu ini bisa Anda jadikan referensi saat liburan ke Sambolo.

2. Sambolo Beach Bungalows

Penginapan selanjutnya yang berada dekat dengan Pantai Sambolo ialah Sambolo Beach Bungalows. Disebut-sebut view pantai akan terlihat sangat indah jika dilihat dari penginapan satu ini. Terdapat dapur dalam, dan full Wifi, dijamin akan membuat nyaman.

3. Salsa Beach Hotel

Menjadi penginapan dengan akses yang mudah dan berada di lokasi strategis menjadi keunggulan Salsa Beach Hotel. Terdapat fasilitas pelayanan resepsionis selama 24 jam penuh tentu akan membantu Anda. Pun tersedia fasilitas kolam renang yang bisa dicoba.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sambolo Anyer

Fasilitas di Pantai Sambolo Anyer
Image Credit: Google Maps (Siska Ariyanti)

Segala jenis fasilitas sudah disediakan oleh pengelola dan sangat memadai, juga lengkap. Mulai dari toilet, rumah makan, hingga gazebo yang tersedia di sekitaran Pantai Sambolo. Gazebo ini menjadi tempat paling favorit karena pengelola membandrol harga yang cukup terjangkau. Pengunjung bisa bersantai di gazebo tersebut selama seharian.

Fasilitas pendukungnya sendiri, seperti ketersediaan lahan parkir, juga sudah cukup luas. Dengan penjagaan yang cukup lumayan. Berbagai wahaha air atau lainnya juga bisa Anda coba saat berkunjung ke Sambolo. Harga sewa yang ditetapkan juga tidak terlalu mahal dan sangat terjangkau. Dijamin Anda akan puas selama berlibur ke pantai satu ini.

Informasi mengenai Pantai Sambolo Anyer di atas, bisa Anda jadikan referensi liburan Anda di Serang saat akhir pekan atau musim liburan. Berkunjung bersama dengan keluarga atau rekan kerja Anda agar liburan terasa lebih menyenangkan. Jangan lupa juga, untuk selalu mengambil foto sebagai kenangan saat berlibur ke wisata pantai ini.