Pulau Pahawang salah satu destinasi wisata bahari terindah di Pesawaran, Lampung. Pulau eksotis yang menawarkan keindahan bawah laut siap menghipnotis siapa saja yang berkunjung.

Harga Tiket: -, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Desa Pahawang, Kec. Marga Punduh, Kab. Pesawaran, Lampung; Map: Cek Lokasi

Anda penikmat pantai eksotis dengan kekayaan terumbu karang? Maka Anda harus mencoba datang ke Pulau Pahawang. Pulau yang terletak di kabupaten Pesawaran Lampung ini terkenal dengan keindahan hutang mangrove, pantai pasir putih, air jernih bak kaca, kawanan ikan badut, dan keindahan terumbu karangnya.

Terdapat 2 pulau yang berdekatan di Pulau Pahawang ini yaitu Pahawang kecil dan Pahawang besar. Pulau yang kecil dimiliki oleh warga asing dan tidak dibuka untuk umum. Sedangkan pulau yang besar dibuka untuk wisatawan. Pulau inilah yang bisa Anda kunjungi dan menghabiskan waktu liburan Anda.

Anda bisa menggunakan paket wisata untuk berkunjung ke Pulau Pahawan. Tetapi memilih berwisata sendiri atau backpacking tentu dapat menjadi pilihan menarik. Berikut informasi lengkap mengenai daya tarik, harga tiket, lokasi, rute, penginapan terdekat, hingga fasilitas yang bisa dinikmati di Pulau Pahawang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Pahawang

Daya Tarik Pulau Pahawang
Image Credit: Google Maps (Yudhi Ardianta)

1. Hutan Mangrove yang Menawan

Begitu masuk ke dalam kawasan wisata pulau ini, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hijau hutan mangrove. Jajaran hutan mangrove sepanjang pantai sudah pasti menunjukkan betapa alaminya alam pulau Pahlawang ini.

Hutan Mangrove di pulau ini dilindungi oleh peraturan desa yang siap menghukum siapapun yang merusak keasrian hutan mangrove. Dengan peraturan yang ketat tersebut, hutan mangrove pulau Pahawang tumbuh subur dan menjadi habitat bagi berang-berang jenis Mangrove Jack. Tentu saja menjadi habitat untuk berbagai ikan pula.

Meskipun begitu, daun dan buah pohon bakau dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk membuat olahan makanan dan kudapan berbahan dasar pohon bakau. Pemanfaatan ini pun dilakukan dengan sewajarnya tanpa mengeksploitasi hutan mangrove.

Beberapa olahan makanan berbahan dasar pohon bakau antara lain dodol bakau, sirup bakau, dan keripik bakau. Produk olahan ini hanya bertahan selama 3 hari saja karena pengolahannya yang alami tanpa bahan pengawet. Untuk menikmatinya, wisatawan perlu memesan sehari sebelumnya karena hanya dibuat sesuai pesanan saja.

2. Keindahan Pasir Putih

Berkunjung ke daerah pantai tentu tak lengkap tanpa bermain pasir atau menikmati berjalan di atas pasir dengan kaki telanjang. Apalagi di atas pasir putih yang berkilau yang lembut. Pada waktu tertentu, Anda juga bisa menikmati berjalan di jembatan pasir putih yang muncul di saat air surut.

3. Kekayaan Terumbu Karang yang Eksotis

Inilah yang menjadi magnet dari wisata pulau Pahawang ini. Keindahan dan kekayaan terumbu karang berbagai jenis yang memantul dari air laut jernih. Ditambah ikan-ikan terumbu berwarna-warni yang berenang disekitar terumbu. Tentu saja keeksotisan ini dapat Anda nikmati dari dekat dengan menyelam.

Bebapa jenis karang seperti anemon, karang otak, karang seroja, karang kapur, dan karang jahe. Karang-karang tersebut menjadi habitat bagi ikan-ikan laut seperti ikan naso, ikan batok biru,ikan nyongnyong, dan ikan tempala. Dan yang menjadi sorotan yaitu ikan badut atau lebih dikenal dengan ikan nemo.

Beberapa instalasi buatan sengaja ditenggelamkan di dalam laut oleh pihak pengelola wisata. Bentuknya bermacam mulai dari gapura, candi, atau hanya sekedar tulisan “Pulau Pahawang” dan sejenisnya. Selain sebagai penambah keindahan alam dasar laut, juga sebagai habitat ikan-ikan laut. Tentunya bisa jadi spot foto menarik.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Pahawang

Alamat Lokasi Pulau Pahawang
Image Credit: Google Maps (La Nadiya Pahawang Villa and Beach Club)

Pulau Pahawan berlokasi di desa Pahawang, Marga Punduh, kabupaten Pesawaran, Lampung. Perjalanan dari pusat kota Bandar Lampung menuju pulau cantik ini ditempuh selama sekitar 2 jam menggunakan jalur darat dan jalur laut.

Berikut rute yang harus dilalui untuk sampai ke Pulau Pahawang dari Bandar Lampung, pelabuhan, terminal, dan bandara terdekat.

  • Dari pelabuhan Bakauheni – Menuju terminal Rajabasa menggunakan bus selama 3 jam – menuju Pasar Bawah Ramayana menggunakan angkutan umum jurusan Rajabasa Tanjung Karang selama 30 menit – menuju gudang garam menggunakan angkutan umum Tanjung Karang Teluk Betung – menuju ke dermaga Ketapang menggunakan angkutan umum pick up selama 1 jam – menuju pulau Pahawang dengan menyewa kapal selama 20 sampai 30 menit.
  • Dari Bandar Lampung menggunakan kendaraan pribadi – menuju arah selatan ke dermaga Ketapang selama 49 menit – menuju pulau ini dengan menyewa kapal selama 20 sampai 30 menit.
  • Dari bandara Radin Inten – mengambil jalan lintas Sumatera selama 53 menit – mengambil jalan Raya Way Rata selama 35 menit – menuju ke dermaga Ketapang – menuju pulau Pahawang dengan menyewa kapal selama 20 sampai 30 menit.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Pahawang Lampung

Biaya ke Pulau Pahawang Lampung
Image Credit: Google Maps (Agus Rivai)

Tiket masuk ke dalam wisata Pulau Pahawang gratis atau tidak ditarik biaya. Anda hanya membayar biaya sewa perahu dan biaya sewa beberapa wahana yang disediakan di dalam wisata pulau ini. Berikut rincian biaya yang perlu Anda bayar.

  • Sewa kapal dari dermaga Ketapang ke Pulau Pahawang 30.000
  • Snorkeling atau diving 50.000
  • Banana boat 30.000
  • Sewa sepeda 15.000 / jam

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Pahawang

Aktivitas Menarik di Pulau Pahawang
Image Credit: Google Maps (Franz Beckenbauer)

1. Snorkeling atau Diving

Sebagai tempat wisata alam yang unggul dengan kekayaan terumbu karangnya, pastinya Anda tidak bisa melewatkan untuk mengaguminya dari dekat. Untuk peralatan menyelam tak perlu Anda khawatirkan, karena pihak wisata pulau Pahawang sudah menyediakan persewaan alat.

Setelah puas menikmati terumbu karang di permukaan, cobalah untuk menyelam lebih dalam atau diving di sekitar pulau Legundi dan pulau Tanjung Putus, disana Anda bisa menemukan goa bawah laut dan kapal karam yang menjadi habitat kumpulan ikan laut berwarna-warni.

2. Berinteraksi dengan Ikan Nemo

Saat melakukan snorkeling jangan lupa mampir ke spot snorkeling bernama taman Nemo. Spot ini mendapatkan nama tersebut karena memang merupakan habitat bagi ikan badut yang terkenal dengan sebutan ikan Nemo. Anda dapat berinteraksi lebih dekat dengan ikan berwarna oranye putih ini tanpa perlu menyelam terlalu dalam.

3. Bersepeda Mengelilingi Pulau

Tidak ingin bermain basah-basahan dan lebih ingin menikmati keindahan pinggiran pantai? Anda bisa memilih berputar-putar di sekitar pulau menggunakan sepeda. Anda dapat menemukan persewaan sepeda yang terdapat di dalam area wisata pulau Pahawang dengan harga yang sangat terjangkau.

4. Jogging di Jalur dalam Hutan Mangrove

Tak lengkap mendatangi pulau eksotis ini tanpa menjajal keindahan hutan mangrovenya yang terjaga. Pihak pengelola wisata pulau ini telah menyiapkan jalur khusus pejalan kaki yang membelah hutan mangrove. Tentu sejuk sekali menikmati suara deburan omabk dibalik gemerisik dedaunan pohon bakau.

Aktivitas di Pulau Pahawang
Image Credit: Google Maps (Akram Arief)

5. Menyebrang ke Pulau Kecil

Terdiri dari beberapa pulau, di sekitar pulau Pahawang juga dikelilingi oleh pulau-pulau kecil lain. Pulau-pulau tersebut antar lain pulau Kelagian kecil, pulau Kelagian besar, dan pulau Tanjung putus. Masing-masing pulau ini tentu memiliki pemandangan eksotis yang berbeda.

Pada pulau Kelagian kecil, kondisi alam masih sangat alami dengan pasir putih yang sangat halus. Tempat ini tidak terlalu ramai dengan pengunjung jadi sangat tenang untuk melakukan aktivias disini.

Berbeda dengan pulau Kelagian besar, fasilitas di pulau ini lebih lengkap sehingga banyak pengunjung yang mampir ke pulau ini. Pulau ini termasuk spot favorit untuk sekeluarga karena perairannya yang tidak terlalu dalam.

Beralih ke pulau Tanjung Putus, untuk sampai disini Anda bisa melalui jembatan alam dari pasir putih. Uniknya, jembatan ini akan menghilang tertutup air laut saat laut pasang. Tentunya menjadi pengalaman seru menyebrangi pulau melewati tengah laut dengan berjalan kaki.

6. Bermain Banana Boat dan Sofa Boat

Menikmati terumbu karang di pulau Pahawang tak harus menyelam. Karena perairannya yang dangkal dan air yang jernih, Anda dapat menikmatinya hanya dari permukaan laut saja. Untuk itu, pihak pengelola memberikan fasilitas berupa banan boat dan sofa boat.

Serunya berolahraga air sambil menikmati ombak laut menggunakan banana boat dan sofa boat bersama keluarga. Dengan menyewa banana boat Anda akan diajak berkeliling ke pulau-pulau sekitar selama 30 menit. Satu banana boat dapat memuat 6 orang.

7. Mencicipi Hasil Tangkapan Laut di Pinggir Pantai

Puas bermain air dan pasir, waktunya mengistiahatkan diri Anda dengan mengisi perut. Anda bisa menikmati makan malam di pinggir pantai sambil barbeque atau membakar hasil tangkapan laut. berbagai hewan laut seperti ikan, cumi, dan udang yang masih segar siap mengenyangkan perut Anda.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Pahawang

Penginapan Sekitar Pulau Pahawang
Image Credit: Wisatapulaupahawang.com

1. Villa Andreas Resort

Villa Andreas Resort terdapat di dalam area wisata Pulau Pahawang. Dibangun tepat di atas laut dengan pemandangan matahari terbit dan terbenam dari kamar. Harga berkisar antara Rp. 2.750.000 hingga Rp. 3.600.000 semalam. Satu kamar dapat diisi 4 hingga 6 orang. Sudah termasuk makan pagi.

2. Villa La Nadiya

Villa La Nadiya terletak juga berada di pulau eksotis ini. Harga berkisar antara Rp. 1.085.000 hingga Rp. 4.900.000. Satu rumah bisa diisi 4 hingga 27 tamu. Villa ini menyediakan kano gratis dan wifi gratis. Pengunjung juga dapat menyewa kapal.

3. Homestay Pak Selamat

Homestay pak Selamat terletak di tengah pemukiman warga pulau Pahawang. Harga yang diberikan cukup murah yaitu Rp. 400.000 per malam. Semua fasilitias dalam rumah telah disediakan seperti tempat tidur, dapur, dan kamar mandi.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Pahawang Lampung

Fasilitas di Pulau Pahawang
Image Credit: Google Maps (La Nadiya Pahawang Villa and Beach Club)

Pulau ini sudah dikelola sebagai tempat wisata. Bahkan masuk dalam salah satu destinasi di paket wisata Lampung. Hal ini menyebabkan fasilitas dan akomodasi di pulau Pahawang cukup lengkap. Hal ini juga didukung dengan masyarakat sekitar pulau yang menyediakan fasilitas tersebut.

Adapun fasilitas yang disediakan antara lain.

  • Toilet
  • Tempat ibadah
  • Tempat makan
  • Tour guide
  • Toko kelontong
  • Penginapan
  • Persewaan peralatan snorkeling, diving, sepeda, dan banana boat

Mengunjungi Pulau Pahawang pastikan pada waktu yang tepat dimana tidak ada ombak besar dan tinggi. Masa-masa tersebut biasanya terjadi antara bulan Mei hingga Agustus. Ombak yang tenang tentu membuat aktivitas olahraga air di pulau ini menjadi lebih maksimal dan seru. Demikian informasi lengkap mengenai Pulau Pahawang, selamat berlibur.