Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Pantai Siung, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Siapa yang tidak menyukai keindahan pantai? Pantai menjadi ajang bagi wisatawan untuk menikmati pemandangan alam yang eksotis. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali pantai yang bisa dijadikan destinasi berlibur untuk wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal tetapi juga wisatawan mancanegara, seperti Pantai Jogan.

Pantai yang terletak di daerah Yogyakarta ini ternyata memiliki keindahan yang tidak kalah dari pantai yang ada di Bali. Bahkan pengunjung yang berwisata ke pantai ini merasakan suasana yang sama seperti di Bali. Tergolong sebagai pantai yang memiliki pasir putih, pantai ini selalu masuk ke dalam daftar liburan wisatawan.

Biasanya pantai dan air terjun menjadi destinasi yang berbeda. Tetapi keunikan dari pantai ini ada pada perpaduan antara air laut pantai dan juga air terjun. Wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini bisa menikmati kedua destinasi tersebut secara langsung. Oleh karena itu, pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Jogan

Daya Tarik Dimiliki Pantai Jogan
Image Credit: Twitter.com @ozradiobandung

Pantai yang dikenal dengan keindahan alam supernatural ini tentunya memiliki daya tarik yang beragam. Setiap wisatawan bisa menikmati segala bentuk keindahan alam tidak terbatas yang ada di pantai ini. Berikut merupakan beberapa daya tarik dari Pantai Jogan di Yogyakarta.

1. Memiliki Air Terjun

Wisatawan akan dibuat terkagum-kagum ketika mengunjungi pantai ini. Air terjun yang ada di pantai ini keindahannya juga tidak main-main. Memiliki ketinggian berkisar 12 meter, air terjun ini mampu membius wisatawan untuk selalu mengunjunginya dan berlama-lama untuk memandanginya.

Air terjun memiliki rasa yang tawar sehingga sangat berkebalikan dengan laut yang ada di pantai ini. Hal tersebut menjadi keunikan tersendiri dari Pantai Jogan. Air terjun memiliki kecepatan arus yang sedang, akan tetapi jika musim penghujan tiba maka arus air terjun akan semakin deras.

2. Keindahan Samudera Hindia

Laut di Pantai Jogan tergolong sebagai bagian dari samudera hindia. Tidak hanya air terjunnya yang menjadi daya tarik wisatawan, tetapi laut pada pantai ini juga turut memberikan keindahan alam yang luar biasa.

Pengunjung dirasa tidak bisa memalingkan pandangan dari keindahan air laut. Adanya ombak yang besar membuat wisatawan sangat menikmati percikan air yang mengenai kaki. Adanya batu karang membuat keindahan alam ini semakin menarik.

Daya Tarik Pantai Jogan
Image Credit: Google Maps (Iwan Haniyoto)

3. Keindahan Pohon Palma

Pohon palma memang menjadi sumber keindahan dari sebuah alam. Pohon yang bisa tumbuh tinggi menjulang ini memiliki daun yang hampir menyerupai pohon kelapa. Pohon ini sangat rindang sehingga bagi wisatawan yang berlindung di bawahnya tidak akan merasa kepanasan. Banyak wisatawan yang berteduh di pohon ini sambil menikmati keindahan laut dan pantai.

4. Keindahan Matahari Terbenam

Matahari terbenam memang menjadi momen terbaik untuk wisatawan yang berkunjung di pantai. Tetapi berbeda di pantai ini matahari yang terbenam bisa menimbulkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Matahari terbenam dibingkai dengan pemandangan langit yang berwarna keunguan selalu mengundang ketakjuban.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Jogan

Alamat Pantai Jogan
Image Credit: Google Maps (Yusuf Qu)

Bagi orang yang tinggal di daerah Yogyakarta, tentunya sudah tidak asing lagi dengan pantai ini. Pantai ini ada di Kabupaten Gunung Kidul tepatnya di Kecamatan Tepus. Untuk menuju pantai ini juga tidak terlalu sulit. Sehingga wisatawan bisa sampai ke Pantai Jogan dengan mudah.

Apabila wisatawan berasal dari pusat kota maka bisa memilih arah ke timur yang melewati Jalan Ahmad Dahlan. Kemudian melalui Jalan Panembahan Senopati 9 mengikuti arah jalan hingga ketemu perempatan, wisatawan bisa memilih jalur timur yang nantinya akan melalui Jalan Sisingamangaraja.

Dari Jalan Sisingamangaraja wisatawan bisa mengambil jalur barat yang nantinya akan melewati Jalan Imogiri dan berhenti ketika sampai pada pertigaan. Pada pertigaan tersebut akan ada petunjuk arah menuju lokasi wisata pantai. Jarak dari pusat kota menuju Pantai ini berkisar 79 km. Sedangkan untuk estimasi waktu tempuh, bisa memakan waktu hingga dua setengah jam.

Harga Tiket Masuk Pantai Jogan Gunung Kidul

Harga Tiket Jogan
Image Credit: Google Maps (3 Cahyani)

Bagi wisatawan yang hanya memiliki waktu libur saja untuk berwisata, tidak perlu khawatir. Karena pantai ini bisa dikunjungi kapan saja baik pada hari aktif maupun hari libur. Untuk jam bukanya sendiri adalah pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

Meskipun demikian, pengunjung tetap bisa menikmati suasana matahari tenggelam. Caranya yaitu dengan memberitahukan atau memberikan konfirmasi kepada pihak pengelola.

Keindahan pantai ini sangat luar biasa. Hal tersebut dapat dinikmati pengunjung hanya dengan tarif Rp 10.000 setiap orang. Sedangkan untuk biaya parkir sendiri, sepeda motor dikenakan biaya sebesar RP 3.000, kemudian mobil dikenakan biaya Rp 5.000, dan untuk bus dikenakan biaya Rp 20.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Jogan

Kegiatan di Pantai Jogan
Image Credit: Instagram.com @christheajulie

Pantai yang dilengkapi dengan nuansa keindahan alam ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan berbasah-basahan. Pengunjung bisa melakukan kegiatan apa saja asalkan tidak dilarang oleh pihak pengelola dan tetap dalam pengawasan. Berikut ini merupakan kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Jogan.

1. Menikmati Air Terjun

Meskipun air terjun yang ada di pantai ini lumayan tinggi, akan tetapi wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun baik dari atas ataupun dari bawah. Apabila menikmati dari bawah air terjun, wisatawan bisa bermain air sembari mengambil foto estetik.

Tetapi untuk melakukan kegiatan ini sangat disarankan untuk hati-hati. Biasanya area air terjun akan memiliki permukaan yang curam dan licin. Apabila hendak turun ke bawah sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada pihak pengelola. Karena pihak pengelola menyediakan alat khusus sebagai sarana pengunjung yang ingin turun ke bawah.

2. Bermain Pasir

Pantai dengan keindahan pasir putih memang sangat menakjubkan. Pasir putih di Pantai Jogan bisa digunakan pengunjung untuk bermain ataupun berjemur. Banyak wisatawan yang menikmati bermain di pasir putih sembari mengamati dan memandang keindahan laut yang sangat luas. Momen ini juga dipercaya bisa melepaskan stres atau menghilangkan penat.

3. Berfoto

Berfoto merupakan kegiatan yang bisa mengabadikan momen terindah. Oleh karena itu wisatawan tidak akan lupa untuk mengambil gambar pada beberapa spot menarik yang bisa menjadi simbol untuk pantai ini.

Misalkan saja pantai ini memiliki keunikan atau ciri khas dengan air terjunnya. Maka wisatawan akan mengambil gambar dengan latar belakang air terjun untuk membuat kenangan terindah. Selain itu pihak pengelola juga menyediakan beberapa lokasi atau spot unik yang bisa digunakan wisatawan untuk berfoto.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai

Penginapan Terdekat dari Lokasi
Image Credit: Booking.com

Berkunjung ke Pantai Jogan memang memerlukan waktu yang lama. Hal tersebut dikarenakan keindahan pantai ini. Sehingga pengunjung merasa kurang puas apabila hanya sehari dua hari berkunjung di lokasi. Banyak penginapan yang bisa digunakan pengunjung dan memiliki lokasi dekat serta rute yang mudah ke pantai ini.

1. Penginapan Griya Watukelir

Penginapan ini tergolong memiliki lokasi yang dekat dengan lokasi pantai. Jarak tidak ditempuh hanya berkisar 7 km saja. Penginapan ini memiliki desain eksterior yang unik keadaan kamar juga luas dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Bagi wisatawan yang ingin menginap di sini perlu membayar uang sebesar Rp 538.000 untuk setiap malamnya.

2. Penginapan Limasan Mbah Darmo

Bagi wisatawan yang menyukai rumah tradisional, penginapan ini bisa menjadi rekomendasi. Selain harganya yang murah, penginapan ini juga memiliki jarak dekat dengan pantai ini. Estimasi jarak tempuh dari penginapan ini menuju lokasi pantai hanya berkisar 7 km saja.

Meskipun memiliki fasilitas yang lengkap, penginapan ini hanya memiliki tarif sebesar Rp 225.000 saja untuk setiap malam. Apabila tidak melakukan pemesanan sejak awal, sudah pasti penginapan ini akan ramai dipadati oleh pengunjung yang menginap.

3. Mayasari Guest House

Penginapan ini memiliki jarak 9 km dari lokasi pantai. Penginapan ini tergolong memiliki tarif yang relatif murah untuk setiap malamnya. Akan tetapi fasilitas yang diberikan oleh penginapan ini sangat lengkap.

Wisatawan hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 200.000 saja untuk menginap di Mayasari Guest House. Sangat disarankan untuk melakukan pemesanan di awal karena umumnya penginapan ini selalu penuh dan dipadati oleh pengunjung pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Jogan Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Jogan
Image Credit: Google Maps (Wilson Chandra)

Pihak pengelola pantai selalu memberikan upaya yang terbaik untuk menjadikan pantai ini sebagai destinasi favorit nasional ataupun mancanegara. Sehingga kelengkapan fasilitas selalu diutamakan agar membuat wisatawan semakin betah dan tertarik untuk mengunjungi pantai ini. Mulai dari fasilitas umum hingga fasilitas khusus tersedia di pantai ini.

Seperti lahan parkir yang luas yang bisa dihuni oleh banyak kendaraan sepeda motor, mobil, hingga bus. Ada pula fasilitas umum seperti toilet, warung makan, hingga tempat peristirahatan. Bahkan pihak pengelola juga menyediakan sarana prasarana untuk berbagai kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke pantai ini.

Pantai Jogan terkenal dengan keunikan air terjunnya serta keindahan laut dan daratannya. Sangat disayangkan bagi pecinta alam bila belum berkunjung ke pantai ini dan menikmati keindahannya. Tidak perlu cemas karena biaya yang dikeluarkan tidaklah mahal untuk keindahan alam yang tak terbatas dan tidak ada duanya ini.