Pantai yang berada di kawasan surga wisata selatan Yogyakarta ini memiliki beragam hal yang membuatnya menarik. Hamparan pasir putih bersih berpadu apik dengan birunya laut.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kelor Kidul, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Berbagai pesona lautan ditawarkan oleh kawasan selatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Gunung Kidul memang menyimpan berjuta keindahan bahari yang sangat amat rugi jika tidak dieksplorasi. Beragam jenis pantai bisa ditemukan di sana, bahkan beberapa diantaranya cukup ikonik. Seperti halnya Pantai Watu Kodok yang sangat amat indah ini.

Begitu sampai di tempat wisata bahari tersebut, pengunjung akan merasa berada di sebuah tempat yang sangat jauh nan indah. Bahkan, beberapa merasa pantai yang satu itu hampir mirip kebanyakan pantai yang ada di Pulau Dewata. Hamparan pasir putih langsung menyapa siapapun yang datang ke sana baik sekadar singgah ataupun ingin berlama-lama menikmati alamnya.

Namun, seperti halnya tempat-tempat yang ada di kawasan tersebut, pantai ini juga memiliki rangkaian karang yang cukup besar mengelilingi areanya. Karang dengan hiasan hijau vegetasi di atasnya memang menjadi sesuatu yang pasti ditemukan ketika berkunjung ke objek wisata ini. Beragam hal juga dapat dilakukan oleh para pengunjung untuk semakin memeriahkan suasana.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Watu Kodok

Daya Tarik Pantai Watu Kodok
Image Credit: Facebook.com @dicky.irawan.3597

1. Batuan Karang yang Mirip Katak

Banyak bebatuan karang yang menyelimuti kawasan tersebut, beberapa diantaranya membentuk seperti seekor katak. Itulah sebabnya tempat ini disebut sebagai Pantai Watu Kodok. Ini merupakan bahasa Jawa yang berarti bahwa “Pantai Batu Katak”.

Inilah daya tarik paling menonjol dari objek wisata tersebut. Adanya rangkaian karang yang seolah membentuk suatu hal yang unik menjadi ciri khas yang akhirnya menjadi judul dari tempat tersebut. Banyak orang datang ke sana hanya untuk melihat secara langsung bagaimana penampakan batuan yang mirip dengan hewan amfibi tersebut.

Batu tersebut seolah berdiri apik dengan dihiasi oleh beragam vegetasi hijau di atasnya. Ditambah dengan hamparan pasir di sekitarnya, menjadikannya sangat amat mempesona untuk dipandang sebagai sesuatu yang menakjubkan.

Itulah sebabnya banyak orang yang menjadikannya sebagai latar belakang yang sangat pas untuk foto-foto yang diambilnya. Keberadaan batu katak tersebut memang membuat tempat wisata di Gunung Kidul itu menjadi primadona bagi banyak orang.

2. Hamparan Pasir Putih yang Lembut

Pantai Watu Kodok memiliki pasir yang terhampar sangat apik dan rapi di seluruh areanya. Bentang alam inilah yang seringkali menarik orang-orang untuk datang secara langsung ke sana. Ada banyak faktor yang membuat mengapa hamparan pasir yang ada di tempat tersebut teramat menarik masyarakat.

Salah satu faktornya adalah pasir yang ada di sana terlihat masih bersih dibuktikan dengan tidak adanya kotoran atau hanya sekadar noda yang terselip diantara pasir yang berwarna cerah tersebut. Faktor lainnya adalah dengan adanya pasir ini, pengunjung dapat puas bermain-main menggunakan medianya.

Kawasan pasirnya memang cukup luas bagi para wisatawan yang datang untuk bersenang-senang dengan teman ataupun keluarga yang diajak. Mengunjungi pantai memang akan kurang lengkap jika tak menjajal pasirnya dengan kaki telanjang. Jika ingin memakai alas kaki, maka sentuhan pasir dengan kulit tetap akan terasa nyaman.

Pasir di tempat tersebut memang terasa begitu lembut. Jarang ditemui kerikil-kerikil tajam yang terkadang membahayakan. Hal tersebutlah yang membuat semua pengunjung sangat nyaman berada di tempat tersebut. Mereka dapat dengan leluasa mengeksplorasi lebih lengkap lagi mengenai kawasan pasir dan sekitarnya yang juga tidak kalah menarik untuk ditelusuri.

Daya Tarik Watu Kodok
Image Credit: Facebook.com @jelajahi.indonesiaku

3. Pemandangan Indah Nan Menakjubkan

Sebenarnya hampir sama dengan kebanyakan tempat-tempat yang ada di sana, Pantai Watu Kodok juga memiliki view yang sangat indah. Bentukan pantai yang secara langsung mengarah ke Samudra Hindia, cukup apik untuk membuat sudut pandang yang memberikan gambaran menakjubkan.

Ditambah dengan adanya berbagai bentangan alam yang terlihat cukup menarik dan membuat pemandangan menjadi lebih mempesona. Rangkaian pasir putihnya berpadu apik dengan birunya lautan yang mengitarinya memberikan sebuah kenampakan yang tak terlupakan. Inilah mengapa beberapa orang menyamakan tempat tersebut dengan pantai-pantai yang ada di Bali.

Semua itu juga menjadi semakin cantik dengan adanya rangkaian karang ada. Beberapa karang nampak menjorok ke lautan dan seolah menambah keunikan pemandangan lautnya. Karang di wilayah selatan Pulau Jawa tersebut memang cukup ikonik, namun seringkali menjadi sesuatu yang menambah keindahan pantainya.

Semua keindahan dari bentang alam tersebut berpadu menjadi satu dengan cakrawala biru yang menaunginya. Terkadang langit yang menaunginya berubah warna menjadi jingga ketika momen terbenamnya matahari. Pada saat-saat itulah, suasana menjadi damai. Pemandangan berubah 180 derajat karena nampak begitu eksotik.

4. Areanya yang Cukup Luas

Hal ini juga seringkali mengundang banyak orang untuk semakin tertarik datang ke Pantai Watu Kodok. Hamparan pasir yang ada di sana terlihat cukup luas untuk dijadikan tempat bersantai para wisatawan. Selain itu, mereka juga dapat dengan leluasa melakukan berbagai hal yang akan membuat liburan menjadi semakin menyenangkan.

Luas area pantai tersebut memang relatif lebih luas dari berbagai pantai yang ada di kawasan ini. Itulah sebabnya banyak yang tertarik untuk singgah. Tempat ini mampu untuk menampung sekian banyak pengunjung yang ingin sekali menikmati suasana di tempat tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Watu Kodok

Alamat Pantai Watu Kodok
Image Credit: Twitter.com @dhyanda_

Lokasi pantai ini ada di daerah Tanjungsari yang merupakan bagian dari Gunung Kidul. Pantai Watu Kodok dekat dengan beberapa pantai lainnya seperti Drini dan juga Sepanjang. Lokasinya juga tak jauh dari Pantai Sanglen yang berada tepat di samping barat objek wisata yang memiliki ikon unik berupa batu karang berbentuk katak itu.

Jarak lokasinya dengan Ibukota Jogja kurang lebih 70 kilometer. Total lama perjalanan yang harus ditempuh sekitar dua jam lamanya. Rute yang perlu dilalui cukup mudah dan tidak perlu melewati tempat-tempat tertentu. Ikuti jalan Panembahan yang ada di salah satu kota besar di Indonesia ini. Setelah itu belok ke daerah Brigjen katamso begitu lewat perempatan.

Lajukan kendaraan yang dinaiki ke arah timur dan sampai ke perempatan dan belok ke jalan Kolonel Sugiono. Jika sudah sampai ke pertigaan, maka belokkan kendaraan ke jalan Sisingamangaraja. Ikuti jalanan hingga sampai ke Imogiri barat. Dari situlah pengunjung harus terus melaju ke daerah Gunung Kidul dan sampai di jalanan pantai selatan.

Pengunjung bisa saja mengikuti arah yang sama untuk mencapai Pantai Baron. Namun, jika ada papan yang mengarahkan untuk berbelok ke sana, wisatawan harus tetap melaju menyusuri jalanan besar itu. Tetap kemudikan hingga ke arah Pantai Indrayanti. Sebelum sampai, maka akan ditemui papan penunjuk jalan dan nanti cukup jelas mengarahkan ke pantai tersebut.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Kodok Gunung Kidul

Harga Tiket Watu Kodok
Image Credit: Instagram.com @wahyuindraswati_87

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendapatkan akses penuh lokasi tersebut hanya berkisar 5.000 untuk setiap pengunjung. Harga tersebut memang sangat terjangkau. Namun, jika ingin berkemah maka akan dikenakan biaya tambahan.

Jika membawa kendaraan sendiri ke tempat ini, maka juga perlu menambah tarif parkir yang harus dibayar. Bagi Anda yang membawa mobil, maka Anda perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 5.000. Namun, untuk kendaraan roda dua hanya sekitar 3.000 saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Watu Kodok

Kegiatan di Pantai Watu Kodok
Image Credit: Instagram.com @rirhya

1. Camping

Tempat ini memang menjadi salah satu pilihan untuk berkemah dari sekian banyak pantai di selatan Yogyakarta. Tak heran karena dengan luas area pasirnya, pengunjung bisa saja memakai berbagai titik untuk mendirikan tenda. Liburan yang dilakukan menjadi semakin menyenangkan bersama dengan teman-teman.

Berkemah di sana juga memberikan pengalaman tak terlupakan. Pengunjung bisa saja membuat tenda di area pasir jauh dari bibir pantai terutama ketika bulan purnama ketika air laut akan naik lebih tinggi dari sebelumnya.

2. Menikmati Momen Indah dan Menenangkan

Objek wisata bahari memang selalu memberikan kesan tersendiri bagi semua orang yang mengunjunginya. Pun demikian dengan Pantai Watu Kodok. Kombinasi dari berbagai bentang alam yang menyebar di seluruh areanya sangat apik dan bertambah menenangkan tatkala angin menghempas seluruh bagiannya.

Nampak beberapa pohon berdiri di pinggir pantainya. Itulah sebabnya dengan sejenak rehat menikmati panorama yang tersaji merupakan sesuatu yang cukup menarik untuk dilakukan. Rekreasi ke tempat tersebut akan membawa sebuah kesan yang sangat membekas di sanubari.

3. Melihat Momen Terbenamnya Sang Surya

Saat-saat ketika matahari tenggelam menjadi sesuatu yang cukup dinanti-nantikan. Tempat ini sudah cukup indah, ditambah dengan semburat cahaya yang akan menghipnotis semua mata di langit yang menaunginya. Warna cakrawala tidak akan biru cerah lagi, namun menjadi jingga kemerah-merahan.

Inilah momen yang sangat cocok untuk semakin intensif berburu foto-foto di sana. Berbagai titik memang cocok untuk dijadikan latar belakang dari potret gambar yang diambil. Semua itu menjadi semakin eksotik tatkala swastamita sedang berlangsung.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan Murah di Sekitar Pantai
Image Credit: Penginapan.net

1. Sundak Indah Homestay

Karena jarak kedua objek ini cukup dekat maka tempat ini bisa menjadi rekomendasi yang cocok. Dengan tarif yang terbilang murah, pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas di dalamnya.

2. Hotel Kampung Drini

Kurang dari satu kilometer jarak antara tempat menginap yang cukup murah tersebut dengan lokasi pantai. Beberapa jenis kamar bisa disewa tergantung dengan banyaknya orang yang akan bermalam. Meskipun sederhana, namun tempat ini cukup nyaman.

3. Sembrodo Cottages

Penginapan ini cocok bagi mereka yang membawa anak kecil karena ada area bermain khusus yang disediakan. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati hal lain yang tersedia seperti sebuah restoran di dalamnya. Harga sewa tiap malamnya tidak terlalu mahal membuatnya sempurna untuk dipilih.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Watu Kodok Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Watu Kodok
Image Credit: Twitter.com @riotopazs

Pantai Watu Kodok memiliki beberapa fasiltias yang bisa dipakai oleh para pengunjungnya. Meskipunn tidak begitu lengkap, namun setidaknya di sana ada beberapa bilik toilet dan mushola untuk beribadah mereka yang beragama Islam.

Selain itu, ada juga beberapa gazebo untuk rehat sejenak wisatawan. Area parkir yang memadai dan beberapa warung makan juga nampak di sekitarnya.

Berkunjung ke Yogyakarta memang selalu membawa kesan tersendiri yang tak terlupakan. Dari sekian banyak pantai di Gunung Kidul, Pantai Watu Kodok dengan berbagai bentangan alam unik yang menghiasi tempat tersebut dapat menjadi pilihan yang pas untuk berlibur baik bersama sahabat ataupun kerabat yang lain.