Pantai Jungwok salah satu objek wisata di Gunung Kidul, Jogja yang menarik dieksplor pesona keindahannya. Pantai pasir putih yang sepi dihiasi batu karang yang memanjakan mata dan pesona pulau karang kecil di dekat pantai.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Nama Pantai Jungwok mungkin belum begitu familiar di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, tidak seperti Pantai Parangtritis yang sangat  terkenal. Namun jangan salah, pantai ini juga menawarkan daya tarik yang tak kalah indah dibandingkan pantai lainnya di Yogyakarta.

Gunung Kidul sudah dikenal sebagai surganya pantai-pantai cantik nan eksotis di Yogyakarta. Kalau Anda ingin mengeksplor pantai dengan daya tarik yang memukau, Gunung Kidul adalah tempat yang harus dituju.

Selain pantai-pantai yang sudah lebih dulu dikenal seperti pantai Siung, Pantai Indrayanti atau Pantai Baron, Gunung Kidul masih menyimpan banyak pantai indah yang belum banyak dikenal wisatawan. Salah satunya adalah pantai yang diberi nama Jungwok ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Jungwok

Daya Tarik Dimiliki Pantai Jungwok
Image Credit: Instagram.com @_ivo_ovi

Belum banyak dikunjungi wisatawan bukan berarti pantai Jungwok ini tidak menarik. Justru pantai ini memiliki beragam daya tarik yang membuatnya kemudian mulai dikenal di kalangan wisatawan. Berikut beberapa daya tarik yang akan membuat Anda tidak sabar untuk mengeksplor lebih jauh pantai ini.

1. Garis Pantai Melengkung dengan Pasir Putih yang Bersih

Pantai dengan pasir putih sudah pasti akan menarik siapapun untuk datang. Inilah yang bisa ditemukan di pantai yang berada di kawasan Gunung Kidul ini. Pantainya yang masih bersih membuat Anda bisa menikmati putihnya pasir pantai yang diterpa cahaya matahari.

Selain itu, garis pantainya yang berbentuk melengkung juga menjadi daya tarik lain. Pantainya memang tidak begitu luas, namun bentuk melengkungnya menjadikan pantai ini sangat eksotis.

2. Tiga Aliran Sungai Air Tawar yang Membelah Pantai

Ini adalah daya tarik selanjutnya yang tidak ditemukan di pantai lain di kawasan Gunung Kidul. Di pantai ini ada tiga aliran sungai air tawar yang bermuara ke laut pantai ini. Jika dilihat, tiga aliran sungai ini membuat seolah alirannya membelah pantai menjadi tiga bagian. Perpaduan air tawar dan air asin dari fenomena daya tarik unik pantai ini.

3. Pulau Kecil di Tengah Laut

Saat di pantai Jungwok, Anda bisa melihat adanya sebuah pulau kecil yang membentang di tengah laut. Pulau ini memang tidak berpenghuni, namun warna kehijauan yang membentang di tengah birunya lautan tentu menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan.

Daya Tarik Pantai Jungwok
Image Credit: Facebook.com @romomartinus.suhartomo

4. Batu Karang Besar di Tengah dan Sekitar Laut

Satu lagi daya tarik yang bisa Anda nikmati di pantai ini adalah adanya batu karang besar yang ada di tengah laut. Batu karang ini biasanya dimanfaatkan oleh warga sekitar atau pengunjung untuk memancing.

Selain batu karang besar di tengah laut, ada pula hamparan batu karang yang tersebar di sepanjang pantai. Hamparan karang ini bisa dilihat saat air laut sedang surut. Saat ini juga Anda bisa menemukan berbagai hewan laut yang terdampar diantara karang saat air pasang.

5. Air Laut yang Jenih dan Bersih

Anda tidak akan menyesal saat menghabiskan waktu di pantai ini. Salah daya tarik yang tidak bisa ditolak adalah air lautnya yang masih bersih dan jernih. Tidak hanya area pantainya saja yang masih bersih, air laut pantai ini juga masih terjaga. Air yang jernih yang dibingkai pasir putih tentu menjadi kombinasi menakjubkan.

Air lautnya berwarna kebiruan cerah yang berkilau dan memantulkan cahaya matahari saat siang hari. Pemandangan ini membuatnya terlihat sangat jernih sehingga Anda bahkan bisa melihat ke bagian dasar di area yang dangkal.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Jungwok

Alamat Pantai Jungwok
Image Credit: Google Maps (Andini Maheswari)

Sebelum berkunjung dan mengeksplor lebih dalam Pantai Jungwok ini, Anda harus tahu alamat lokasi dan rute menuju pantainya. Lokasinya memang cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta, sekitar 85km dengan waktu tempuh normal kurang lebih 2 jam 30 menit dengan kendaraan bermotor.

Lokasinya berada di Desa Jepitu yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Girisubo Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya bisa diakses dengan menggunakan kendaraan bermotor. Aksesnya juga cukup bagus, meski di beberapa kilometer sebelum sampai di kawasan pantai Anda harus melewat jalanan tanah yang berbatu.

Sedangkan untuk rutenya, kalau dari Yogyakarta bisa melewati Jalan Bausasran lalu lurus sampai SMAN 8 Yogyakarta. Setelah itu melewati PLN Yogyakarta, ikuti Jalan Nasional III. Lalu ikuti Jalan Yogyakarta kemudian Wonosari lalu melewati Jalan Kiyai Legi. Setelah itu Anda akan diarahkan ke Jalan Pantai Selatan. Dari sini Anda harus lewat Jalan Wediombo untuk sampai di Pantai Jungwok.

Anda bahkan bisa menjangkaunya dengan menggunakan transportasi umum. Dari Terminal Giwangan, Anda bisa memilih kendaraan yang menuju Desa Jepitu. Setelah dari Desa Jepitu Anda bisa langsung menyewa ojek untuk sampai di pantai.

Pantai cantik ini adalah kawasan yang belum begitu dikenal sehingga pemeliharaannya masih dilakukan secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Untuk bisa masuk ke kawasan pantai ini Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Harga ini bahkan sudah termasuk harga tiket untuk masuk ke kawasan Pantai Wediombo.

Kalau Anda membawa kendaraan sendiri, Anda akan dikenakan tarif untuk parkir. Harga parkirnya juga sangat terjangkau, untuk sepeda motor sebesar Rp 3,000 dan mobil sebesar Rp 5.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Jungwok

Aktivitas di Pantai Jungwok
Image Credit: Instagram.com @jogjafoodandtravel

Dengan melihat daya tarik yang ditawarkan saja Anda sebenarnya sudah bisa membayangkan aktivitas menarik dan menyenangkan apa saja yang bisa dilakukan di pantai ini. Agar liburan Anda semakin berkesan, ada beberapa kegiatan menarik dan menyenangkan yang bisa dilakukan di Pantai Jungwok ini, diantaranya adalah:

1. Bersantai Menikmati Pemandangan Pantai

Kalau Anda masih lelah setelah melalui perjalanan jauh untuk sampai di pantai ini, kegiatan pertama yang bisa dilakukan adalah bersantai dan menikmati pemandangan yang tersuguh di depan mata. Hamparan laut berwarna biru jernih yang dibingkai dengan pantai berpasir putih dijamin akan memanjakan mata.

2. Berkemah di Pantai Jungwok

Salah satu kegiatan menarik dan seru yang banyak dipilih pengunjung yang datang ke pantai ini adalah berkemah. Lokasinya yang nyaman, tenang dan masih terbilang sepi tentu menjadi pertimbangan jika berkemah disini.

Ada beberapa titik yang menjadi favorit pengunjung untuk berkemah. Salah satunya ada di Bukit Manjung yang terletak di sisi kanan pantai. Banyak pengunjung yang memilih mendirikan tenda di puncak bukit ini.

Spot ini dijadikan spot berkemah favorit karena pemandangan laut dan pantai dari atas ketinggian yang lebih menakjubkan. Belum lagi, saat pagi, pemandangan pertama yang bisa dinikmati adalah pemandangan matahari terbit yang luar biasa cantik.

Aktivitas Menarik di Pantai Jungwok
Image Credit: Facebook.com @kotajogjacom

3. Berenang dan Bermain Air di Pinggir Pantai

Air laut di Pantai Jungwok yang berwarna biru jernih tentu tidak boleh dilewatkan begitu saja. Anda bisa menghabiskan waktu dengan bermain air atau berenang di pinggir pantai, di bagian yang tidak terlalu dalam.

Menariknya, saat air sedang surut setelah pasang, bermain air di hamparan karang di pinggir pantai menjadi kegiatan menarik dan pastinya menyenangkan. Anda bisa melihat berbagai biota laut yang terjebak di sela-sela karang saat pasang.

4. Snorkelling di Pantai Lainnya

Sudah sedikit disinggung sebelumnya kalau pantai ini terletak tidak jauh dari beberapa pantai lain dengan daya tarik yang berbeda. Selain Pantai Wediombo, ada pula Pantai Nglambor yang letaknya tidak jauh dari pantai ini.

Di Pantai Nglambor inilah Anda bisa melakukan kegiatan snorkelling dan menikmati pemandangan bawah air yang menakjubkan. Karena lokasinya tidak jauh, Anda bisa sekaligus menikmati aktivitas ini saat berlibur di Pantai Jungwok.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pantai Jungwok

Penginapan Pantai Jungwok
Image Credit: Agoda.com

Meski di pantai yang terletak di Gunung Kidul ini Anda bisa mendirikan tenda dan berkemah, namun tak sedikit wisatawan yang memilih untuk bermalam di penginapan. Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa penginapan terdekat dari Pantai Jungwok yang bisa Anda manfaatkan.

1. Pondok Bukit Lembah

Penginapan pertama yang bisa menjadi pilihan adalah Pondok Bukit Lembah. Tempat ini adalah penginapan kelas satu yang letaknya tidak jauh dari Pantai Wediombo. Harga menginap per malamnya sangat terjangkau, mulai dari 50-200 ribu per malam.

Fasilitas yang disediakan juga cukup nyaman. Dengan tarif tersebut Anda sudah bisa menginap di kamar dengan fasilitas ranjang dan kasur, kamar mandi pribadi dan kipas angin di dalam kamar.

2. Joglo Wedi Ombo Cottage

Penginapan ini lokasinya tidak jauh dari Pantai Wediombo yang otomatis tidak jauh juga dari lokasi wisata pantai. Jaraknya hanya 18 menit perjalanan degan jalan kaki. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap dengan harga yang memang sedikit tinggi.

3. Penginapan & Rumah Makan ROOSYTA

Penginapan satu ini juga berlokasi tidak jauh dari pantai. Tarif menginap per malamnya masih tergolong terjangkau dengan fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman. Menariknya lagi, Anda bisa melakukan pemesanan melalui berbagai aplikasi booking.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Jungwok Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Jungwok
Image Credit: Google Maps (Siti Khomsatun)

Fasilitas umum menjadi hal lain yang menjadi pertimbangan sebelum Anda datang ke objek wisata. Tak perlu kahawatir, meski dikelola secara swadaya, fasilitas pendukung di Pantai Jungwok ini sudah cukup lengkap.

1. Toilet

Fasilitas utama yang pasti dicari adalah toilet dan kamar mandi. Keduanya tersedia di area pantai untuk bisa Anda gunakan. Fasilitas ini juga dijamin kebersihannya dengan air tawar untuk membasuh tubuh.

2. Mushola

Ada juga mushola yang terletak di dalam kawasan pantai. Mushola yang dijamin kebersihannya dengan peralatan sholat lengkap tersedia disini. Untuk berwudhu tak perlu khawatir karena air yang digunakan dijamin bersih.

3. Tempat Parkir

Wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi pun tak perlu bingung untuk menempatkan kendaraannya. Tersedia area parkir yang cukup luas di kawasan pantai ini. Untuk menggunakan fasilitas ini Anda harus membayar tarif parkir yang berbeda untuk sepeda motor dan mobil.

4. Tempat Makan

Fasilitas terakhir adalah fasilitas kuliner yang tersedia di dalam kawasan pantai. Warung-warung dan rumah makan dengan menu khas Yogyakarta dan harga terjangkau bisa menjadi pilihan mengisi perut saat berkunjung kesini.

Nah, itu tadi adalah review lengkap yang bisa menjadi referensi sebelum Anda berkunjung ke Pantai Jungwok yang berada di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Dengan referensi ini, Anda jadi tahu daya tarik dan aktivitas menyenangkan apa saja yang bisa dilakukan di pantai ini.