Pantai Ngrenehan salah satu pantai yang cantik di Saptosari, Gunung Kidul, Jogja. Pantai pasir putih berupa teluk yang dikelilingi bukit kapur memiliki pesona alam yang menakjubkan, air laut yang jernih dan melihat rutinitas nelayan sekitar pantai.

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kanigoro, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jika berbicara soal wisata di Jawa Tengah khususnya di daerah Yogyakarta pasti tidak akan pernah ada habisnya, karena di Yogyakarta banyak sekali destinasi wisata yang wajib untuk Anda kunjungi saat musim liburan. Khusus di daerah Gunung Kidul Yogyakarta, di tempat ini terdapat banyak sekali pantai indah yang mempesona.

Pantai ini diberi nama Pantai Ngrenehan oleh Raden Fatah yang pada saat itu menjabat sebagai Raja di Kerajaan Demak. Konon ceritanya, pada jaman dahulu Raden Fatah mengunjungi pantai ini dengan tujuan untuk mencari sang ayah yang memutuskan untuk melarikan diri bersama sang istri karena menolak untuk dijadikan seorang yang beragama islam. Ngrenehan terbentuk dari kata “reneh” yang berarti “sini”.

Disaat Anda sudah sampai di pantai ini, para wisatawan bisa menikmati enaknya suasana klasik. Pantai ini bisa terbilang merupakan pantai yang agak curam, yang membuat ombak di pantai ini bersahabat karena tidak terlalu tinggi dan besar. Selain itu suhu di pantai ini sangat cocok untuk Anda jadikan tempat berjemur sembari menunggu sore hari.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngrenehan

Daya Tarik Pantai Ngerehan
Image Credit: Google Maps (Shidqi Irbah)

Pantai ini bisa dibilang belum terlalu terkenal dibandingkan pantai lainnya yang ada di Yogyakarta, namun pantai ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Maka dari itu, tidak heran jika pantai ini memiliki pengunjung yang cukup banyak setiap harinya. Berikut ini merupakan berbagai macam daya tarik yang dimiliki Pantai Ngrenehan di Gunung Kidul, Yogyakarta.

1. Pesona Budaya

Selain hanya menyuguhkan destinasi wisata alam yang indah, disini juga menyuguhkan budaya tradisional seperti contohnya upacara adat. Karena di daerah sekitar pantai ini masih kental menjunjung tinggi budaya adat turun temurun. Jika Anda beruntung, Anda bisa mendapat dua wisata. Anda bisa mendapat wisata keindahan alam dan juga wista untuk menikmati pesona budaya Gunung Kidul.

Para wisatawan yang beruntung disini bisa melihat panorama tentang aktivitas tradisional yang kental dengan suasana mistis yang berasal dari budaya turun temurun nenek moyang. Supaya bisa melihat kegiatan upacara adat tradisional ini, disarankan untuk Anda datang disaat bulan purnama tiba, yaitu biasanya 15 hari sebelum hari raya nyepi.

2. Bukit Kapur

Di pantai ini terdapat sebuah bukit yang bisa dibilang cukup unik dan juga menarik. Para wisatawan dapat mengunjungi bukit unik ini. Hal tersebut dikarenakan bukit ini banyak sekali terdapat kerang kerang dan cangkang khas laut yang bisa Anda jumpai saat mengunjungi bukit karang ini. Banyak yang bingung dan bertanya mengapa ada cangkang sebanyak itu berada di ketinggian bukit.

Penyebabnya karena terjadi sebuah peristiwa yang disebabkan oleh alam atau bisa disebut dengan kejadian geologi, yang juga membentuk teluk di pantai ini. Teluk ini tercipta karena adanya aktivitas terangkatnya permukaan bumi yang terjadi sekitar ribuan bahkan jutaan tahun lalu. Peristiwa tersebut bebarengan dengan peristiwa terciptanya bukit kapur Gunung Kidul. Akibatnya, kerang yang berada di bawah laut ikut terangkat ke atas bukit ini.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Ngrenehan
Image Crediit: Twitter.com @jogjaupdate

3. Pemandangan Teluk Indah

Selain hanya memiliki Bukit Karang yang unik, Pantai Ngrenehan juga memiliki sebuah khas yaitu uniknya karakteristik teluknya. Apabila Anda melihat dari atas ketinggian, bentuk teluk ini akan terlihat layaknya sebuah corong. Bentuknya yang landscape inilah yang membuat pantai ini sangat ideal dan cocok dijadikan sebagai Pelabuhan tradisional.

Pantai ini memiliki kondisi bentangan alam sangat indah, dengan diiringi karang karang dan perbukitan yang menjadi tembok kokoh teluk ini di sebelah kanan dan kirinya. Pesona keindahan tersebut akan membuat siapa saja yang datang ke tempat ini merasa ingin berlama lama disini. Karena para pengunjung akan jatuh cinta kepada keindahan alam di pantai ini.

Keindahan panorama tempat ini makin sempurna jika Anda melihatnya dari kamera pesawat nirawak atau bisa disebut drone. Anda dapat melihat keseluruhan tempat ini menggunakan drone, hal tersebut bisa Anda abadikan dalam sebuah video. Sungguh bisa dibilang paket wisata yang cantik nan lengkap saat Anda berwisata di pantai ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Ngrenehan

Alamat Pantai Ngrenehan
Image Credit: Facebook.com @irfan.alloh

Untuk bisa mengunjungi pantai ini tidak disediakan sebuah kendaraan umum, melainkan hanya bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor. Jika Anda berasal dari luar Yogyakarta yang datang ke kota ini menaiki bis atau kereta api, Anda tidak perlu risau memikirkan transportasi ke tempat ini. Karena di Yogyakarta banyak sekali persewaan mobil maupun motor.

Apabila Anda berangkat dari arah pusat kota Yogyakarta, Anda bisa menyusuri jalan yang menuju Wonosari, dan kemudian nantinya Anda akan mengikuti jalur tersebut yang pada akhirnya sampai di sebuah pasar yang bernama Pasar Tronowo. Setelah tiba di pasar, ambil arah jalan yang menuju ke selatan. Hingga nantinya Anda akan sampai di sebuah Kelurahan Kanigoro.

Ketika sudah menjumpai pertigaan segera belok kiri, lokasi pantai akan mulai bisa Anda lihat di sekitar tempat tersebut. Apabila Anda masih tidak tahu arah dan letak posisi dari Pantai Ngrenehan, Anda bisa menemukan dan mencari jalurnya di Google Maps. Disana nantinya Anda akan dipandu hingga menuju lokasi yang diinginkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan Jogja

Harga TiketPantai Ngrenehan
Image Credit: Google Maps (Teguh Setia Aribowo)

Untuk bisa masuk ke pantai ini, Anda akan dikenakan biaya yang terbilang sangat murah untuk panorama yang indah. Para wisatawan yang ingin berkunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar 3.000 rupiah saja untuk satu orang. Apabila para wisatawan membawa kendaraan pribadi roda empat, maka akan dikenakan biaya parkir sebesar 5.000 rupiah.

Namun jika para pengunjung membawa kendaraan roda dua, biaya parkir yang dikenakan akan lebih murah yakni 3.000 rupiah saja. Dan jika Anda membawa rombongan dengan menaiki bis, maka akan dikenakan tarif parkir sebesar 15.000 rupiah untuk 1 bis. Apabila Anda ingin menggunakan toilet di pantai ini, maka akan dikenakan biaya sebesar 2.000 rupiah untuk biaya perawatan toilet.

Aktivitas yang Menarik dilakukan di Pantai Ngrenehan

Aktivitas di Pantai Ngrenehan
Image Credit: Google Maps (Taufiq Ardi)

1. Berenang di Pantai

Bentuk struktur pantai ini merupakan berbentuk teluk, hal itu menyebabkan ombak di pantai ini cukup tenang. Sangat berbeda jika dibandingkan dengan ombak di laut selatan pulau jawa pada biasanya. Bahkan saking besarnya ombak di pantai laut jawa selatan, pihak pemerintah ataupun pengelola sampai memasang peringatan dilarang untuk berenang.

Namun di pantai ini ombaknya sangat cocok untuk berenang, bahkan untuk seorang yang pemula dalam hal berenang pun akan sangat aman jika berenang disini. Selain itu, wisata Pantai Ngrenehan juga sangat cocok untuk Anda yang membawa anak anak, karena dataran di sekitar pantai cukup landai. Anak anak disini juga banyak yang bermain istana pasir.

2. Berburu Foto Cantik

Saat mengunjungi ke suatu tempat yang cantik dan indah, belum lengkap rasanya jika belum mengabadikan momen momen tersebut dalam sebuah kamera. Maka dari itu, Anda tidak perlu heran jika ada wisatawan yang datang kesini membawa peralatan kamera lengkap karena tujuan mereka hanya untuk memotret setiap sudut pantai ini.

Anda termasuk wisatawan yang beruntung jika datang ke pantai ini saat cuaca sedang cerah, karena nantinya Anda bisa berfoto dengan hasil yang sangat maksimal cantiknya. Selain hanya digunakan sebagai kebutuhan sosial media, disini juga tidak jarang digunakan sebagai latar belakang acara formal.

Seperti contohnya para-wedding atau bahkan untuk album kenang kenangan sekolah. Hal itu ditunjang karena keindahan background tempat ini.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pantai Ngrenehan

Penginapan Pantai Ngrenehan
Image Credit: Traveloka.com

1. Hotel Kukup Indah

Hotel Kukup Indah memiliki letak yang sangat dekat dengan wisata Pantai Ngrenehan Hotel ini juga memiliki tarif sewa yang relative murah, namun memiliki kualitas kenyamanan yang tidak bisa diremehkan. Disekitar hotel ini juga terdapat berbagai warung yang menyediakan ikan bakar yang enak dan juga murah harganya.

Fasilitas di hotel ini meliputi Kamar mandi pribadi, AC di tiap kamar, tempat parkir gratis, Wi-Fi gratis, akses ke pantai yang sangat mudah, Room Service untuk makan dan minum, Cocok untuk anak anak, dan juga pelayanan resepsionis yang ramah. Hal tersebut membuat hotel ini memiliki reputasi yang cukup baik di mata para wisatawan.

2. Omah Sundak Homestay

Penginapan yang satu ini berjarak sekitar 10 kilometer dari destinasi Pantai Ngrenehan. Fasilitas hotel ini diantaranya área parkir yang luas dan nyaman, akses menuju pantai sangat mudah, restoran, merupakan hotel bebas asap rokok, bermain kano, AC, Wi-Fi, selancar angin, menyelam, sarapan gratis, dan juga memiliki layanan taksi yang siap melayani perjalanan Anda.

3. Griya Limasan Gunung Kidul

Walaupun letaknya yang agak jauh dari tujuan wisata anda, namun rasa lelah setelah seharian berlibur akan tuntas saat menginap di penginapan ini. penginapan ini memiliki banyak sekali fasilitas penunjang selama Anda menginap di tempat ini. Selain itu, para pegawai penginapan ini sangat ramah tamah dalam melayani para tamu yang datang.

Fasilitas tersebut adalah tempat parkir gratis, sauna, Internet gratis yang memiliki kecepatan tinggi, sarapan gratis, tempat penyewaan sepeda, penitipan anak, bar and lounge, restoran, transportasi menuju bandara, pelayanan laundry, tempat penukaran uang, perapian, ruangan untuk rapat, dan juga memiliki fasilitas transportasi yang dapat menunjang Anda ketika menginap disini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Ngrenehan
Image Credit: Google Maps (Bayu Akbar)

Disini Anda bisa menikmati fasilitas kuliner olahan laut yang disediakan di warung sekitar pantai ini. Yang menjadi menu makanan paling favorit para wisatawan ialah ikan goreng yang dibumbui dengan sambal hijau.

Rasanya yang lezat dengan suasana yang nyaman, dapat membuat selera makan Anda menjadi bertambah. Selain tersebut, Anda bisa mencoba olahan seafood lainnya yang juga enak. Sebagai fasilitas penunjang untuk membuat para pengunjung yang datang ke tempat ini, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas yang bisa dibilang cukup mewadahi.

Seperti contohnya area parkir yang luas, kamar mandi, hingga musholla juga ada di tempat ini. Fasilitas itu semua pastinya sudah terjamin kebersihannya karena cukup terawat dengan baik.

Itu tadi merupakan ulasan singkat mengenai tempat wisata Pantai Ngrenehan yang berlokasi di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Setidaknya ulasan tadi dapat Anda jadikan sebagai refrensi apabila ingin berlibur dengan bertemakan pantai. Ketika Anda berlibur ke tempat ini, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan tempat ini.