Pantai Kukup, Pantai Cantik Andalan Gunung Kidul Jogja

Pantai Kukup, Pantai Cantik Andalan Gunung Kidul Jogja

Pantai Kukup menjadi salah satu wisata pantai eksotis yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung di Gunung Kidul, Jogja. Pantai cantik yang menyguguhkan pesona pulau karang dan keindahan alam yang memanjakan mata.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 05.00-21.00, Alamat: Jl. Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Menjadi salah satu negara kepulauan, Indonesia memang mayoritas memiliki lanskap berupa perairan. Itu sebabnya negara yang satu ini mempunyai kekayaan laut yang tiada dua. Menariknya, banyak tempat yang kini juga dijadikan sebagai sektor wisata pantai unggulan dari Indonesia. Di salah satu provinsi yakni Yogyakarta, telah terdapat sebuah pantai indah bernama Pantai Kukup.

Pantai cantik yang satu ini terletak di kabupaten Gunung Kidul, sehingga orang-orang banyak menyebutnya Pantai Kukup. Pantai ini merupakan destinasi wisata alam bahari yang indah. Di mana ia memiliki panorama alam yang tiada dua. Tidak heran, banyak yang menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata alam saat liburan tiba.

Bahkan daftar pengunjung tidak hanya dari wisatawan domestik tapi juga mancanegara. Hal ini tidak terlepas dari daya tarik serta keunikan yang dimiliki Pantai Kukup. Semua yang ada di dalamnya seolah mampu memacu hasrat berlibur yang begitu menggebu. Berlibur ke pantai memang pilihan tepat untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam secara alami serta melakukan berbagai aktivitas pantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kukup

Daya Tarik Pantai Kukup

Image Credit: Google Maps (JOENG SUKAMTO JUSUF)

1. Pemandangan Laut yang Eksotis

Daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Kukup memang beragam, namun yang tidak boleh Anda lewatkan adalah kenampakan alam berupa laut biru yang memanjakan mata. Tidak lupa juga sekeliling pantai yang dipenuhi oleh pepohonan rindang, membuat suasana sejuk pun semakin terasa.

Meski tempat wisata ini tidak memiliki garis pantai yang luas, namun sekejap mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan sekeliling. Dijamin pengunjung akan betah berada di sini. Apalagi ketika cuaca sedang cerah, Anda akan melihat biasan langit biru di antara kilauan air lautnya. Seakan membias menjadi buliran air yang nampak seperti permata lautan.

Pantai yang ada di Gunung Kidul ini dihimpit oleh tebing-tebing tinggi layaknya pantai Laut Selatan pada umumnya. Angin sepoi yang menerpa tubuh seakan dapat menghilangkan penat yang Anda rasakan.

2. Terumbu Karang yang Masih Alami

Keindahan Pantai Kukup yang tidak boleh Anda lewatkan adalah keindahan terumbu karang di bawah lautnya. Inilah yang menjadi primadona di pantai Gunung Kidul, Yogyakarta. Bagaimana tidak pada permukaan air lautnya yang begitu jernih, nampak ikan-ikan yang berenang kesana kemari di antara terumbu karang.

BACA:  Museum Benteng Vredeburg, Wisata Edukasi Favorit di Yogyakarta

Jika dikunjungi lebih dekat, pantai ini termasuk ke dalam kawasan perairan yang dangkal, bahkan disini juga terdapat batuan karang yang seolah sudah ada sejak zaman dulu. Selain itu Anda juga dapat melihat batu besar yang ada di tepi pantai hampir menjorok ke laut, batu itulah yang terkadang menjadi sasaran terjang dari derasnya ombak laut.

Untuk kawasan terumbu karangnya sendiri berjarak sekitar 100 meter dari kawasan pantai. Sehingga untuk bisa melihat pemandangan biota laut pastikan Anda menggunakan pengaman seperti pelampung.

Apalagi ketika pantai sedang dalam masa surut, ini akan menjadi objek yang mungkin ditunggu. Pasalnya saat itulah Anda bisa menyaksikan terumbu karang dari luar permukaan air. Biasanya juga terdapat beberapa biota laut yang memang terdampar dikarenakan surutnya air.

3. Pulau Karang di Kawasan Pantai

Di Pantai Kukup sendiri ada sebuah pemandangan yang membuatnya nampak seperti Tanah Lot Bali. Yaitu dengan adanya sebuah pulau yang berada tepat di Timur pantai bernama Pulau Karang. Iya, pulau inilah yang kemudian menjadi spot menarik untuk menikmati keindahan laut Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pengunjung juga dapat dengan mudah mengakses Pulau Karang hanya dengan melewati jembatan penghubung yang telah disediakan. Di titik Pulau Karang itulah Anda dapat menemukan gardu pandang yang seakan membius penglihatan, sehingga yang tercipta hanyalah rasa kagum akan ciptaan Tuhan.

Selain itu, di tempat inilah pengunjung dapat melihat fenomena alam berupa matahari terbit yang seakan muncul sedikit demi sedikit dari ufuk Timur. Tidak heran ketika hari libur tiba, pantai hits ini sudah dipenuhi oleh wisatawan yang ingin bersantai dan menikmati liburan bersama keluarga.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Kukup

Alamat Pantai Kukup

Image Credit: Facebook.com @PantaiKukup

Wisata Pantai Kukup ini berada di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasinya begitu mudah ditemukan karena memang tidak jauh dari lokasi wisata pantai lainnya. Pantai yang dikenal memiliki hamparan pasir putih yang indah dan cukup luas ini sangat recommended. Apalagi untuk para pecinta wisata alam, dipastikan betah jika sudah sampai ditempat tersebut.

Pertama Anda bisa melewati jalur jogja – Solo hingga ke arah monumen Candi Prambanan. Setelah bertemu dengan pertigaan ambil jalur Kanan, lurus saja hingga sampai di Jalan Baron. Nah, lokasi pantai ini terletak 1 Km setelah Pantai Baron. Akses jalan ke Pantai Kukup ini sudah cukup baik, sehingga bisa dilewati dengan mudah.

Hampir seperti tempat wisata pada umumnya, untuk bisa akses segala keindahan alam dari pantai ini, pengunjung akan dikenakan biaya masuk. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir, pasalnya pengujung hanya akan dikenai biaya sebesar Rp 10.000.

BACA:  Pantai Nglambor, Wisata Pantai yang Menawan di Gunung Kidul Jogja

Bahkan hanya dengan membayar tiket di awal masuk, pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan dari Pantai Kukup. Tapi juga dua pantai lainnya yang berada di lokasi yang sama yaitu Pantai Krakal dan Pantai Sudak.

Untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir. Bagi pembawa motor biayanya sekitar Rp 2000, mobil Rp 5000. Sedangkan khusus teruntuk bus mini, dikenakan biaya parkir sebesar Rp 20.000.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai Kukup

Kegiatan di Pantai Kukup

Image Credit: Google Maps (Are Dhy)

1. Mengikuti Tradisi Warga Setempat

Jika berkunjung kesini saat bulan Muharram, maka Anda akan melihat sebuah budaya berupa sedekah laut yang dilakukan warga setempat. Jadi, di Pantai Kukup inilah berbagai sesajen akan dihanyutkan ke laut sebagai persembahan teruntuk Ratu Pantai Selatan.

Untuk menjalankan upacara tersebut, penduduk akan dipimpin oleh seorang ketua adat atau juru kunci. Sehingga acara pun berlangsung sakral. Jika beruntung, Anda juga dapat mengikuti upacara yang satu ini, di mana hanya diadakan satu tahun sekali.

2. Snorkeling Melihat Keindahan Terumbu Karang

Seperti yang sudah diulas di awal bahwa pantai ini memiliki panorama alam bawah laut yang indah. Letaknya tidak jauh dari bibir pantai. Sehingga pengunjung bisa membawa alat snorkeling sendiri ahar dapat menikmati pemandangan bawah lautnya.

Namun, hal yang menyenangkan akan terjadi ketika laut mulai sedikit surut. Saat itulah pengunjung tidak perlu menyelam untuk bisa melihat gugusan terumbu karang. Pasalnya biota laut yang ada seakan tersebar di air dangkal dekat bibir pantai. Selain itu, banyak juga makhluk laut yang terdampar di pasirnya seperti bulu babi, alga laut, kerang, bahkan ikan-ikan kecil.

3. Berburu Foto Keren

Hal yang tidak boleh ketinggalan saat berada di Pantai Kukup adalah jelajah spot menarik. Anda bisa memilih di Pulau Karang yang memiliki gardu pandang memukau. Atau berpose di atas pasir sambil memandang laut lepas. Atau pengunjung juga bisa menunggu matahari yang terbenam perlahan di ufuk barat. Kemudian mengambil gambar dengan background keeksotisan langit senja.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Kukup

Penginapan Terdekat Pantai Kukup

Image Credit: Traveloka.com

1. Inez Resort

Untuk Anda yang ingin menikmati liburan sepuasnya di Pantai Kukup bisa menginap di Inez Resort. Penginapan ini termasuk ke dalam hotel terdekat dari wilayah pantai. Inez Resort dibangun begitu strategis, itu sebabnya pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan keindahan Pantai Kukup, tapi juga kenampakan alam dari Pantai Baron yang indah.

BACA:  Pantai Trisik, Objek Wisata Pantai yang Menawan di Kulon Progo

Apalagi ketika Anda bangun pagi dan melihat ke arah Timur dari jendela kamar, maka akan nampak sunrise di pantai yang indah. Sinarnya seakan memantul ke arah kaca sehingga membuat mata terpana.

Sedikit demi sedikit, tubuh pun akan merasakan kehangatan dari terpaan sinar mentari pagi. Dari segi fasilitas, Inez Resort sudah cukup memadai, diantaranya kolam renang, tempat camping, restoran, dan masih banyak lagi.

Perlu Anda ketahui pula, bahwa kolam juga tempat camping dari resort ini berada di atas tebing. Sehingga pengunjung dapat merasakan berenang di bibir tebing sambil menikmati keindahan laut Pantai Kukup. Camping juga menjadi lebih berkesan karena bisa langsung menikmati angin sepoi khas pantai. Dipastikan pengunjung akan senantiasa betah menginap disini.

2. Penginapan Kukup Indah

Penginapan terdekat selanjutnya adalah Penginapan Kukup Indah. Tempat yang satu ini berada di Tanjungsari, di mana bangunannya didesain dengan epik. Bagaimana tidak, ketika sampai di sana Anda akan mendapati sebuah bangunan warna-warni yang didominasi oleh merah jambu.

Penginapan Kukup Indah sampai kini sudah memiliki 30 kamar yang bisa digunakan untuk pengunjung pantai. Untuk Anda yang tidak tahan panas bisa pilih kamar dengan fasilitas AC, untuk ruangan berfasilitas AC ini hanya berjumlah 8 buah.

Sedangkan kamar lainnya memiliki fasilitas berupa kipas angin saja. Meski begitu, tetap ada fasilitas lainnya seperti TV, ruang tamu, juga tempat duduk yang nyaman.

3. Pondok Wisata Kukup

Pondok Wisata Kukup berada di Desa Krambit Awit yang dibanderol dengan harga cukup ramah di kantong. Bagaimana tidak, untuk tarif permalamnya dibanderol mulai harga Rp 100.000 – Rp 250.000. meski begitu penginapan yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan ruangan ber AC. Lokasinya yang dekat Pantai Kukup, membuat wisatawan juga memilih Pondok Wisata Kukup sebagai lokasi bermalam.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kukup Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Kukup

Image Credit: Google Maps (Warso Wrs)

Berkunjung ke Pantai Kukup memang kurang afdhol rasanya jika tidak membawa kenang-kenangan dari sana. Untuk itu, pantai yang satu ini juga dihuni oleh beberapa pedagang souvenir yang berjejeran di lokasi pantainya. Selain itu terdapat restoran yang bisa menjadi tempat mengisi perut ketika lapar melanda.

Fasilitas lainnya di pantai ini adalah toilet, tempat parkir pengunjung, dan tempat ibadah. Ketika berkunjung kesini Anda bisa memakai pelindung kaki seperti sandal maupun sepatu. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya cedera kaki karena menginjak biota laut yang ada.

Nah, itu tadi berbagai hal mengenai Pantai Kukup di Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika Anda penasaran langsung saja berkunjung kesini saat liburan tiba. Ramaikan tempat wisata Indonesia untuk membantu perekonomian bangsa. Selamat liburan.