Kalianda merupakan sebuah Kecamatan di Lampung Selatan yang juga menjadi Ibukota dari Kabupaten tersebut. Letak dari Kecamatan ini berada dibawah kaki Gunung Rajabasa dan membentang di pinggir pantai sepanjang Teluk Lampung.

Hal tersebut membuat Kecamatan Kalianda memiliki banyak sekali pantai-pantai cantik yang kemudian dijadikan tempat wisata oleh pemerintah dan warga setempat. Keindahan dari pantai-pantai tersebut sudah tidak bisa diragukan lagi, buktinya banyak wisatawan dari luar daerah yang kedapatan mengunjungi wisata alam tersebut.

Pantai dengan pasir putih, air laut yang jernih, hingga pesona bawah laut yang menakjubkan bisa anda jumpai di Kecamatan Kalianda. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mencari tempat wisata pantai yang cocok untuk berlibur, berikut adalah daftar pantai hits yang ada di Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan.

1. Pantai Marina

Pantai Marina
Image Credit: Google Maps ujang rozali

Pantai hits yang pertama adalah Pantai Marina yang memiliki banyak sekali batu karang mulai dari pinggir pantai hingga kedalam laut. Meskipun memiliki banyak sekali batu karang justru membuat pantai cantik ini memiliki keistimewaan tersendiri di mata wisatawan apalagi bagi wisatawan yang memiliki jiwa narsis.

Hal tersebut dikarenakan dengan adanya batu karang tersebut membuat foto yang diambil bisa terlihat lebih menarik. Maka tidak heran jika wisatawan yang suka berpose dengan kamera akan langsung melirik spot mana saja yang paling bagus untuk digunakan sebagai tempat berfoto.

Meskipun Pantai Marina sekarang sangat populer di kalangan wisatawan, namun ternyata dulu pantai dengan pasir putih ini pernah sempat terbengkalai. Alasannya karena pihak pengelola tidak bisa mengurusnya lagi, tetapi setelah beberapa waktu berlalu akhirnya Pantai Marina kembali beroperasi dan memiliki banyak sekali wisatawan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

2. Pantai Mbeach

Pantai Mbeach
Image Credit: Google Maps Daniel

Berikutnya ada Pantai Mbeach yang memiliki pasir putih sangat halus. Selain memiliki pasir putih yang halus, pantai hits ini juga memiliki ombak yang kecil sehingga wisatawan bisa bermain air laut sepuasnya. Bagi anda yang sedang mencari tempat wisata keluarga maka Pantai Mbeach bisa menjadi rekomendasi yang tepat.

Untuk fasilitasnya terbilang cukup lengkap karena pantai dengan pasir putih di sepanjang bibir pantai ini memiliki wahana permainan anak dan ada beberapa fasilitas pendukung lainnya. Maka dari itu, bagi wisatawan yang memiliki anak kecil bisa membawa anak anda untuk liburan di wisata alam cantik yang satu ini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Merak Belantung, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

3. Pantai Kedu Warna Kalianda

Pantai Kedu Warna Kalianda
Image Credit: Google Maps Novvia Susantika

Jika berbicara mengenai beberapa pantai hits di Kecamatan Kalianda maka Pantai Kedu Warna Kalianda yang berlokasi di Kelurahan Way Urang wajib masuk kedalam list tersebut. Pantai hits ini memiliki pemandangan laut yang sangat menakjubkan apalagi pasir pantainya juga sangat lembut.

Tidak hanya itu pantai cantik ini juga memiliki ombak yang tergolong kecil sehingga siapa saja bisa dengan bebasnya bermain air laut sepuasnya. Bahkan ada beberapa wisatawan yang terlihat membawa buah hati mereka untuk liburan bersama. Meskipun begitu pantai hits ini lebih populer dikalangan remaja, terlebih saat sore sampai malam hari.

Hal tersebut dikarenakan Pantai Kedu Warna merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunset atau Matahari terbenam. Bahkan ketika malam tiba akan ada banyak sekali lampu warna-warni yang menerangi pesisir pantai, bahkan ada sebuah cafe di pinggir pantai yang menyajikan menu-menu kesukaan remaja.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Way Urang, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

4. Pantai Laguna

Pantai Laguna
Image Credit: Google Maps herwin heryadi

Beralih ke pantai hits selanjutnya yang berlokasi di Desa Ketapang, Kecamatan Kalianda bernama Pantai Laguna. Pantai cantik dengan pasir putih yang indah ini tidak hanya menawarkan wisata pantai seperti bermain air laut, menyaksikan keindahan laut, atau menikmati fasilitas pantai saja.

Bagi setiap wisatawan yang mengunjungi Pantai Laguna juga akan menyaksikan indahnya Gunung Rajabasa dari kejauhan. Hal tersebut membuat banyak sekali wisatawan yang berdatangan untuk berburu foto yang instagramable dengan background laut dan Gunung Rajabasa.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Way Urang, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

5. Pantai Semukuk

Pantai Semukuk
Image Credit: Google Maps Nia Maharani

Pantai yang selanjutnya adalah Pantai Semukuk yang sebenarnya sudah dikenal oleh warga setempat. Namun karena pengelolaan yang kurang baik serta kurang adanya fasilitas pendukung membuat pantai cantik ini kurang populer bagi wisatawan luar daerah.

Namun, setelah mengalami pengelolaan yang lebih baik serta pengadaan fasilitas yang cukup bagus membuat Pantai Semukuk mulai dikenal oleh wisatawan berkat postingan beberapa wisatawan di sosial media. Alhasil berkat postingan tersebut membuat pantai yang berlokasi di Pesisir Pauh Tanjung Iman ini mulai dikenal oleh wisatawan.

Tidak hanya berkat postingan wisatawan saja, namun karena Pantai Semukuk memang aslinya sudah memiliki keindahan alam yang menakjubkan sehingga meskipun melihat secara sekilas siapa saja akan terpesona dengan keindahannya. Apalagi pantai dengan pasir putih ini memiliki ombak yang kecil sehingga cocok untuk wisatawan bermain air sepuasnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pesisir, Pauh Tanjung Iman, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

6. Pantai Wartawan

Pantai Wartawan
Image Credit: Google Maps Lenovo 0302

Ketika mendengar nama Pantai Wartawan akan membuat siapa saja terdiam sejenak karena nama tersebut sama dengan nama profesi jurnalistik yang berkaitan dengan berita. Meskipun begitu pantai hits ini memang dikenal dengan nama Pantai Wartawan.

Menurut cerita masyarakat setempat nama Wartawan diambil karena dahulu kala yang merawat pantai ini adalah sekelompok Wartawan. Alhasil pantai cantik dengan laut yang jernih tersebut kemudian dikenal dengan nama Pantai Wartawan.

Untuk keindahan dari Pantai Wartawan sudah tidak bisa diragukan lagi karena wisata pantai ini memiliki pasir putih yang cantik serta pemandangan alam yang luar biasa menakjubkan. Bahkan ada sumber air panas yang berada di bibir pantai, saking panasnya air tersebut sampai sering digunakan oleh wisatawan untuk merebus telur.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Way Muli, Rajabasa, Waymuli, Rajabasa, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

7. Pantai Kahai Beach Resort

Pantai Kahai Beach Resort
Image Credit: Facebook Pariwisata Lampung

Jika anda sedang mencari wisata pantai dengan fasilitas yang lengkap maka Pantai Kahai Beach Resort adalah jawabannya. Pantai yang memiliki banyak sekali fasilitas seperti wahana air, seluncuran, hingga kolam renang ini sangat populer di Lampung apalagi ketika hari libur panjang tiba.

Tidak hanya fasilitasnya saja yang membuat Pantai Kahai Beach Resort sangat populer namun pemandangan lautnya juga patut diperhitungkan. Tempat wisata pantai ini cocok untuk liburan keluarga atau bersama teman-teman.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pesisir Batu Balak, Rajabasa, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

8. Pantai Kunjir

Pantai Kunjir
Image Credit: Google Maps Taufiq Brilliant

Selanjutnya ada Pantai Kunjir yang terkenal akan keindahan alamnya yang menakjubkan. Pantai cantik ini memang kurang cocok untuk bermain air karena memiliki banyak batu karang di bibir pantai, namun berkat keahlian masyarakat dan pemerintah setempat mereka berhasil membuat batu karang tersebut menjadi jalan setapak di pinggir laut.

Jalan setapak tersebut bukan untuk dilewati kendaraan bermotor namun untuk wisatawan berjalan kaki sambil merasakan percikan ombak yang menghantam sisi bagian luarnya. Jika sudah puas berjalan wisatawan bisa duduk di gazebo untuk menyaksikan keindahan Gunung Rajabasa dari kejauhan.

Tidak hanya itu ketika sore tiba, indahnya Matahari terbenam bisa dilihat dengan sangat menakjubkan dari pinggir pantai. Momen yang dikenal dengan nama Sunset ini bisa dinikmati bersama orang tercinta anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalianda, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

9. Pantai Tapak Kera

Pantai Tapak Kera
Image Credit: Google Maps Tegetege Trip Channel

Pantai hits di Kecamatan Kalianda berikutnya dikenal dengan nama Pantai Tapak Kera. Nama tersebut diambil karena dulunya pantai menakjubkan ini sering dikunjungi oleh kera yang sedang mencari makan dari pulau sebelahnya. Maka dari itu, pantai yang memiliki banyak sekali batu karang tajam ini kemudian dikenal dengan nama Pantai Tapak Kera.

Ketika menginjakan kaki di pantai hits ini wisatawan bisa melihat banyak sekali batu karang tajam yang menjulang dari dalam laut. Batu-batu tersebut juga dikenal dengan nama gigi Hiu karena berbentuk seperti gigi atau taring dari predator laut Hiu. Meskipun begitu bebatuan tersebut justru membuat hasil foto di pantai hits ini terlihat lebih bagus.

Maka dari itu, bagi wisatawan yang suka berfoto, Pantai Tapak Kera adalah salah satu tempat wisata yang harus dicoba. Tetapi bagi wisatawan yang ingin bermain air laut, pantai populer ini bukan rekomendasi yang tepat karena terdapat banyak sekali batu karang yang dapat melukai anda saat bermain air atau terseret ombak.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Merak Belantung, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

10. Pantai Grand Elty Krakatoa

Pantai Grand Elty Krakatoa
Image Credit: Google Maps Trisnanto Yuono

Terakhir ada nama Pantai Grand Elty Krakatoa yang bisa dikatakan pantai orang kaya. Hal tersebut dikarenakan pantai hits ini memiliki banyak sekali fasilitas mewah, bahkan ada penginapan berkelas di dalam pantai cantik tersebut. Diluar fasilitas mewah yang ditawarkan, tempat wisata pantai ini memiliki pemandangan yang luar biasa menakjubkan.

Air laut yang tenang serta jernih bisa disaksikan oleh wisatawan yang berkunjung ke Pantai Grand Elty Krakatoa. Ada juga jembatan yang sepanjang jalannya terdapat pohon cemara di sisi kiri dan kanannya. Jembatan tersebut menjadi salah satu spot berfoto yang menarik apalagi dengan adanya pohon cemara di setiap sisi jalan tersebut.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Trans Sumatra, Merak Belantung, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

Demikian penjelasan singkat mengenai daftar destinasi pantai yang populer di Kalianda, Lampung Selatan. Setiap pantai memiliki daya tariknya tersendiri, jadi silahkan anda sesuaikan sendiri mana pantai yang ingin anda kunjungi, perhatikan juga dengan jam bukanya pantai tersebut agar anda tidak salah ketika sudah sampai di lokasi wisata.