Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00–18.00 WITA, Alamat: Suluan, Kec. Tombulu, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara; Map: Cek Lokasi

Sulawesi ibarat surga bagi pecinta wisata alam. Bagaimana tidak, berbagai destinasi wisata alam menakjubkan mulai dari wisata laut dan daratannya yang sudah tidak terhitung lagi jumlahnya tersedia secara lengkap di Sulawesi. Salah satu dari deretan destinasi wisata alam asal Sulawesi ialah Puncak Bukit Tetetana di Suluan, Minahasa. Puncak bukit satu ini wajib anda sambangi setidaknya sekali seumur hidup.

Puncak cantik ini merupakan obyek wisata yang berada di atas bukit. Puncak bukit ini selalu ada dalam daftar tujuan wisata para masyarakat sekitar. Namun, bukan hanya masyarakat sekitar saja yang menyukai obyek wisata ini, tetapi banyak juga para wisatawannya yang berasal dari luar daerah. Tawaran pemandangan yang ditampilkan menjadi faktor utama betapa favoritnya wisata alam satu ini.

Suasana sejuk yang menyelimuti sekeliling area bukit juga menjadi daya tarik yang patut anda rasakan setidaknya sekali seumur hidup. Terlepas dari kesibukan sehari-hari, dengan bersantai disini wisatawan akan mendapatkan ketenangan yang sebenarnya. Apakah anda ingin menelisik lebih dalam mengenai semua hal rinci berkaitan dengan Puncak Bukit Tetetana? Jika iya, mari simak uraian berikut!

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Bukit Tetetana

Daya Tarik Puncak Bukit Tetetana
Image Credit: Instagram TORANG ORANG SULAWESI UTARA

Seperti kebanyakan obyek wisata alam asal Sulawesi yang memiliki keindahan diatas rata-rata, begitulah yang tercermin di Puncak Bukit Tetetana. Seakan semua keindahan tersaji secara lengkap di puncak bukit ini. Selain keindahan, aspek pendukung lain yang menjadikan obyek wisata ini sangat digandrungi oleh para pecinta wisata alam ialah lokasinya yang sejuk dan beragam daya tarik lainnya.

1. Memukaunya Kota Manado dari Atas Ketinggian

Karena obyek wisata ini bernama Puncak Bukit Tetetana, tentu lokasi pusatnya berada di atas ketinggian. Wisatawan yang berkunjung bisa menyaksikan pemandangan Kota Manado yang begitu memukau dari atas ketinggian. Pemandangan yang seperti inilah yang bisa menghilangkan pikiran stress di kepala. Karena pemandangannya yang memukau, pasti membuat takjub siapa saja yang melihatnya.

Selain pemandangan Kota Manado yang bisa membuat takjub, bukit ini juga menyajikan pemandangan lain yang tak kalah indah dari pemandangan Kota Manado. Seperti megahnya Gunung Klabat yang berdiri tegap diatas tanah Sulawesi, cantiknya monumen Kaki Dian Minut hingga yang paling membanggakan ialah wisatawan dapat melihat Bandara Sam Ratulangi ketika berada di atas puncak.

2. Cantiknya Bunga Hortensia yang Bermekaran

Mungkin anda yang berada di daerah perkotaan jarang bahkan tidak pernah melihat bunga hortensia. Perlu diketahui bahwa bunga hortensia merupakan bunga cantik yang berbentuk layaknya gumpalan awal dengan warna biru, pink, dan ungu. Bunga hortensa berasal dari daerah Asia Timur Asia Selatan serta Amerika Utara dan Amerika Selatan. Bunga cantik ini pun juga tumbuh di Jepang dan Tiongkok.

Bunga hortensia memang jarang ditemui pun di daerah perkotaan, pasalnya bunga ini hanya bisa tumbuh di tempat-tempat tertentu seperti halnya bukit ini. Wisatawan yang tertarik untuk melihat cantiknya bunga hortensia bisa berkunjung ke bukit ini. Disini terdapat banyak jumlah bunga hortensia yang tumbuh subur di rerumputan. Warnanya pun beragam mulai dari warna putih, biru, hingga ungu. Cantik sekali!

3. Padang Rumput Lengkap dengan Suasana Asri

Saat pertama kali menyambangi puncak Bukit Tetetana, wisatawan akan langsung disambut oleh hamparan luas berwarna hijau yang tidak lain ialah padang rumput. Rumput yang tumbuh di sekitar puncak bukit terlihat sangat rapi sebab rumputnya memiliki ketinggian yang sama. Selain rapi, rerumputan yang terhampar sejauh mata memandang pun memiliki warna hijau cerah yang sangat nyaman untuk dipandang.

Luasnya hamparan rerumputan yang tersaji tentu dapat menciptakan udara yang bersih dan asri. Kenyamanan sejati dapat dengan mudah wisatawan dapatkan ketika berkunjung kesini, mulai dari hamparan rerumputan hingga suasana asri yang dihasilkan. Memang tidak salah kalau puncak bukit ini sangat digandrungi oleh para wisatawan pecinta wisata alam. Suguhan pesonanya tidaklah main-main.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Puncak Bukit Tetetana
Image Credit: Instagram Syarif Rohimi

Puncak Bukit Tetetana Suluan sangatlah memikat para wisatawan untuk datang dan merasakan pesonanya. Mungkin juga termasuk anda yang mulai terpikat oleh daya tariknya. Tidak perlu khawatir atau bingung mencari alamat serta rute menuju ke lokasi tujuan. Puncak bukit ini berlokasi di Sulawesi Utara tepatnya Kabupaten Minahasa, Kecamatan Kecamatan Tombulu dan berada di Desa Suluan.

Waktu tempuh perjalanan yang diperlukan untuk sampai ke puncak bukit ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit jika perjalanan dimulai dari pusat Kota Tomohon. Perjalanan selama 30 menit ini bertujuan untuk ke Kelurahan Kumelembuai yang dimana berbatasan langsung dengan Minahasa. Lokasinya mudah ditemukan belum lagi dipandu juga oleh papan penunjuk arah, jadi tidak akan tersesat.

Wisatawan dapat mengarahkan kendaraan menuju jalan Tondano Kamangta lalu kemudian berbelok ke arah kanan menuju Jalan Tondano Rurukan. Setelahnya belok ke arah kanan sebanyak dua kali dilanjutkan dengan berbelok ke arah kiri sebanyak 2 kali hingga menemui lokasi wisata yang dituju. Cukup mudah bukan rute menuju kesini, sehingga tidak akan membuat bingung para wisatawan.

Lokasinya yang berada di pedesaan berdampak baik bagi sikap masyarakat di sekitarnya. Tidak perlu diragukan lagi seberapa ramahnya masyarakat disini. Bahkan jika wisatawan masih saja tersesat, cukup bertanya pada masyarakat sekitar dan mereka akan menjawab mengenai informasi lokasi disertai dengan nada bicara yang sangat ramah. Terasa seperti liburan berkonsep pedesaan bukan? Tertarik?

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Puncak Bukit Tetetana
Image Credit: Google Maps Maxi Wowiling

Melihat pesona berkelas yang disuguhkan, tentu membuat anda merasa bingung apakah obyek wisata ini mematok harga yang fantastis untuk para pengunjungnya. Bahkan karena anggapan buruk seperti itu, anda sudah berencana untuk mengurungkan niatnya untuk berkunjung kesini. Padahal, anda tidak perlu khawatir dan mempermasalahkan mengenai harga tiket masuknya. Karena sudah pasti ramah dikantong.

Cukup menyiapkan uang sebesar Rp 10.000, wisatawan sudah bisa memasuki area puncak bukit. Tentu harga ini terbilang murah jika wisatawan dapat merasakan berlibur tenang diatas puncak bukitnya. Berbagai kegiatan menarik yang dapat mengalihkan rasa stress anda sementara bisa dilakukan dengan uang sebesar Rp 10.000 saja. Jadi tidak ada alasan untuk mengabaikan berkunjung ke puncak bukit ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Tetetana

Aktivitas di Bukit Tetetana
Image Credit: Instagram Yoh Noegroho

1. Bersantai dengan Suguhan Kota Manado

Pemandangan luasnya Kota Manado yang tersaji secara ekslusif di Puncak Bukit Tetetana Suluan ini sangatlah cocok jika dijadikan sebagai tempat bersantai. Wisatawan dapat duduk sembari melihat hiruk-pikuk Kota Manado dari atas ketinggian. Tidak hanya itu saja pemandangan gunung, monumen wisata lainnya dan bandara kebanggaan akan menjadi teman bersantai yang sangat pas untuk para pengunjung.

2. Wefie Bersama Cantiknya Bunga Hertonsia

Berlibur bersama teman ke puncak bukit ini bukan pilihan yang buruk. Wisatawan bisa mengajak teman untuk menyegarkan pikiran dengan sajian panoramanya. Anda pun bisa memotret wefie bersama teman terdekat untuk diunggah ke media sosial. Tetapi potret wifie anda kurang sempurnanya tanpa adanya bunga hertonesia. Wisatawan bisa mengambil beberapa potret foto dengan bunga ini.

3. Piknik Diatas Hamparan Padang Rumput

Area dataran yang cenderung landai di bagian atasnya dapat wisatawan manfaatkan sebagai tempat piknik. Menggelar tikar sembari menyantap makanan buatan sendiri terdengar begitu mengasyikkan. Belum lagi jika ditambah oleh pesona Kota Manado yang ditampilkan. Suasana sejuk yang menyelimuti kawasan bukit pun akan menjadi teman baik untuk anda yang sedang berpiknik. Terdengar seru bukan?

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Bukit

Fasilitas di Kawasan Bukit Tetetana
Image Credit: Google Maps Markus Sanarko

Permasalahan fasilitas merupakan sebuah topik yang tidak pernah terlontar ketika pengunjung berada disini. Sebab, seiring berjalannya zaman, fasilitas yang dulunya kurang lengkap kini telah bertransformasi menjadi lebih lengkap dan memadai. Wisatawan yang berkunjung bisa menikmati semua fasilitas yang ada di Puncak Bukit Tetetana tentunya dengan membayar sejumlah biaya tambahan yang murah.

Wisatawan yang mempunyai hobby makan ataupun bagi wisatawan yang lelah selepas menempuh perjalanan selama 30 menit dari Kota Tomohon bisa mencicipi sajian makanan yang dibuat oleh pihak kantin. Terdapat sebuah kantin yang dimana dalam kantin tersebut menyediakan kebutuhan pokok untuk para pengunjungnya seperti halnya makanan dan minuman. Kantin ini dikelola oleh pihak pengelola disini.

Selain kantinnya yang menyuguhkan sajian nikmat. Wisatawan ataupun ibu-ibu yang menyukai bunga bisa mencuci mata dengan kecantikan bunga-bunga yang berada disini. Terdapat taman bunga yang menjadi tempat tumbuhnya berbagai jenis bunga, seperti halnya bunga yang terkenal ialah bunga hortensia. Wisatawan juga bisa mengenal lebih dalam mengenai perawatan serta pertumbuhan bunga.

Demikianlah uraian lengkap mengenai Puncak Bukit Tetetana Suluan. Sudah tidak bisa diragukan lagi seberapa memukaunya obyek wisata di Minahasa ini. Semua hal bisa wisatawan dapatkan hanya dengan berkunjung ke satu obyek wisata. Selain itu, harga tiketnya yang relatif murah tentunya dapat menjadi alasan lain mengapa anda harus datang kesini. Wisatawan tidak akan menyesal telah berlibur di puncak bukit ini.