Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 06.00-17.00 WITA, Alamat: Kec. Likupang Timur, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara; Map: Cek Lokasi

Mungkin nama dari Pantai Paal terdengar sedikit asing di telinga, pasalnya pantai ini terletak sedikit jauh dari pusat kota Manado. Walaupun letaknya yang tersembunyi, pantai ini seakan tidak ingin kalah bersaing dengan pantai lainnya. Dengan kecantikan yang ditawarkan, menjadikan pantai di Minahasa Utara ini setara jika dibandingkan dengan Pantai Kuta. Bahkan Pantai Paal disebut-sebut sebagai Balinya Sulawesi Utara.

Letaknya yang tersembunyi pun tidaklah berarti bahwa pantai ini sepi. Namun sebaliknya, Pantai Paal ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Kunjungan terbanyak ini terjadi pada saat siang hari terlebih ketika waktu liburan. Oleh karena itu, wisatawan yang berniat untuk datang kesini disarankan untuk datang di pagi hari sebelum menemui momen cantiknya pemandangan di sekitar pantai.

Panjang pantai yang sekitar 100 meter ini dilapisi oleh pasir putih bak hamparan permata yang terlihat sangat cantik. Belum lagi jika dipadukan oleh luasnya hamparan lautnya yang memiliki warna ciamik. Laut ini memiliki ombak yang cukup besar, yang akan membawa semilir angin sejuk dari menuju bibir pantai. Kesejukan akan semakin bertambah dengan adanya rimbunan pepohonan. Tertarik untuk kesini?

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Paal

Daya Tarik Pantai Paal
Image Credit: Google Maps Marchel Kindangen

Kelebihan dari Pantai Paal tidak hanya sampai disitu saja. Beragam daya tarik ini dijamin akan semakin menarik para wisatawan untuk berkunjung yang sedang bingung hendak berkunjung kesini atau tidak. Liburan ke pantai ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Dengan beragam daya tariknya akan memanjakan wisatawan.

1. Wahana Permainan yang Menantang

Untuk anda para wisatawan yang mendambakan berlibur di tengah kecantikan pantai sembari memacu adrenalin, pantai ini merupakan tujuan yang tepat. Pantai Paal dilengkapi oleh beberapa wahana permainan air yang tentunya menantang. Seperti halnya sport air, UFO boat hingga banana boat yang menjadi salah satu wahana permainan favorit para wisatawan. Seru sekali bukan jika kita berlibur disini?

2. Pesona Keindahan Pantai

Wisatawan yang berkunjung akan disambut hangat oleh hamparan pasir putih yang membentang sejauh 100 meter lengkap dengan luasnya lautan lepas dengan gradasi warna yang memikat. Dengan sambutan yang cantik ini, wisatawan akan mendapatkan pengalaman liburan yang tidak akan pernah terlupakan. Berkat kecantikan panoramanya, pantai ini bahkan disebut-sebut sebagai Balinya Sulawesi Utara.

3. Dinaungi Oleh Pepohonan Rimbun

Bukan suatu masalah yang berarti jika wisatawan berkunjung pada saat siang hari. Sebab, Pantai Paal memiliki rimbunan pepohonan yang menjulang tinggi sehingga akan sedikit menghalangi cahaya matahari yang masuk. Sinar matahari siang yang terasa panas menyengat akan dihempas oleh naungan rimbun pepohonan disini. Jadi, wisatawan tidak akan merasakan panas selama berada di kawasan pantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Paal
Image Credit: Instagram Johan Suji

Pantai Paal berlokasi di Provinsi Sulawesi Utara tepatnya Kabupaten Minahasa Utara, Kecamatan Likupang Timur dan berada di Desa Marinsow. Jarak pantai ini dari pusat Kota Manado ialah sekitar 55 km. Waktu tempuh yang diperlukan untuk menyambangi pantai ini dari Manado sekitar 2 jam perjalanan. Itulah kenapa pantai cantik ini disebut sebagai surga yang tersembunyi karena letaknya ini.

Jika tadi jarak Pantai Paal dari Manado, sekarang ialah jarak pantai dari Kota Bitung. Jarak ini terbilang lebih dekat jika dibandingkan dari Manado yaitu sekitar 32 km. Waktu tempuh yang diperlukan untuk menyambangi pantai ini dari Kota Bitung pun hanya sekitar 40 menit waktu perjalanan. Jarak dan waktu ini tergolong dekat untuk menuju ke lokasi pantai.

Wisatawan yang berencana berkunjung kesini bisa memulai perjalanan dari Kota Bitung tepatnya arah barat laut di Jalan Likupang-Bitung. Lalu, teruskan perjalanan hingga sampai ke Jalan Likupang-Girian. Setelahnya, belok ke arah kanan sebanyak dua kali hingga menemui lokasi wisata yang dituju. Rute yang sangat mudah dilalui bukan? Jadi tidak ada alasan bagi anda untuk melewatkan wisata bahari di tanah Minahasa ini.

Wisatawan yang berasal dari luar daerah bisa memulai perjalanan dari Jalan AA Maramis untuk menuju Jalan Manado-Dimembe. Setelahnya, teruskan perjalanan dengan cara mengikuti Jalan Sukur-Likupang. Lalu, sebelum wisatawan menemui Kecamatan Likupang Timus bisa berbelok ke arah kanan untuk menuju Jalan Likupang-Girian. Teruskan perjalanan hingga ke Desa Marinsow lalu menemui tujuan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Paal
Image Credit: Google Maps Mico lxander

Keindahan yang Pantai Paal suguhkan memang bisa memikat siapa saja untuk menghabiskan waktu liburannya disini. Terlebih bagi yang ingin merasakan aura alam yang jauh dari hiruk pikuk kota. Letaknya yang berada di desa dan jauh dari pusat kota merupakan pilihan yang harus wisatawan terima untuk kesini. Berdampak pula bagi transportasi menuju ke kawasan pantai yang terbilang cukup mahal.

Wisatawan bisa menyewa mobil dari Manado untuk menuju ke lokasi pantai kurang lebih sekitar Rp 200.000. Harga ini memang terdengar sedikit mahal, namun ketika wisatawan disambut oleh pesona pantainya, wisatawan akan merasakan harga tersebut tidaklah berarti. Decak kagum akan wisatawan rasakan saat pertama kali melihatnya. Jadi harga tersebut tidaklah sebanding dengan pesona pantai ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Paal

Aktivitas di Pantai Paal
Image Credit: Google Maps Olivia A

1. Menjawab Tantangan Wahana Permainan

Keberadaan wahana permainan disini menjadi angin segar bagi para wisatawan pecinta wahana yang memacu adrenalin. Wisatawan bisa menambah keseruan liburan dengan cara mencoba wahana permainan disini. Salah satu yang menjadi favorit ialah banana boat, wisatawan bisa menaiki banana boat dengan keluarga. Hempasan gelombang ombak yang kuat benar-benar menambah suasana seru.

2. Menikmati Hangatnya Sunrise

Pantai Paal memiliki arah lokasi yang sangat dipuja oleh para penikmat sunrise. Bagaimana tidak, pantai ini berada persis menghadap ke arah timur yang dimana menjadi letak matahari terbit. Pesona sunrise yang disuguhkan secara apik oleh pantai ini sangatlah memesona. Wisatawan bisa berkunjung kesini pada saat setelah waktu subuh untuk menikmati fase terbitnya matahari dari pantai ini.

3. Duduk Santai di Bawah Pepohonan Rimbun

Layaknya hutan yang menyajikan udara sejuk, pantai ini pun seakan tidak ingin ketinggalan. Wisatawan bisa merasakan momen bersantai yang mungkin jarang anda dapatkan dengan duduk dibawah rimbunan pepohonan disini. Pemandangan gradasi laut yang berwarna biru muda dan tua serta hamparan pasir putih akan menjadi pelengkap bersantai. Benar-benar bersantai yang sesungguhnya.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai Paal
Image Credit: Google Maps Tanozisochi Lase

1. Paradise Hotel Golf & Resort

Kemewahan merupakan sebuah kata yang paling tepat untuk menggambarkan hotel ini. Memiliki desain bangunan mewah dengan sentuhan minimalis akan menciptakan aura memikat dari Paradise Hotel Golf & Resort. Kamar dari hotel ini pun tergolong luas dengan tambahan balkon dan view pantai yang memesona. Fasilitas berupa kolam renang, spa dan gym juga tersedia disini. Tertarik bermalam disini?

2. Casabaio Likupang Paradise Resort

Embel-embel paradise yang disematkan oleh nama hotel ini memanglah bukan iming-iming semata. Casabaio Likupang Paradise Resort merupakan tempat bermalam yang cocok untuk anda wisatawan Pantai Paal. Jika dilihat dari atas, hotel ini memang terlihat sangat menakjubkan. Di dalamnya tersedia beragam fasilitas yang akan memanjakan para pengunjungnya seperti kolam renang dan spa.

3. Tarsius Homestay

Untuk anda para wisatawan yang hendak merasakan aura di rumah sendiri, menginap disini merupakan pilihan yang tepat. Desain bangunan hingga ke dekorasi bagian dalamnya benar-benar mencerminkan suasana rumah sendiri. Hingga mungkin anda akan lupa kalau telah berlibur di pantai cantik ini. Fasilitas layaknya Wi-Fi gratis hingga sarapan gratis akan disediakan secara khusus untuk para pengunjungnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Kawasan Pantai Paal
Image Credit: Twitter Garuda Indonesia

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa lokasi dari Pantai Paal berada di Desa Marinsow yang jauh dari pusat Kota Manado. Lokasinya yang tersembunyi ini memang sedikit mengkhawatirkan para calon pengunjungnya untuk datang. Namun, wisatawan tidak perlu khawatir atau bimbang untuk berkunjung kesini. Pasalnya, fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai sudah memadai.

Wisatawan bisa merasakan duduk santai dibawah rimbunan pepohonan dengan fasilitas gazebo-nya. Gazebo ini bisa wisatawan sewa untuk bersantai ataupun menyantap makanan bersama keluarga. Wisatawan yang tidak sempat untuk membawa bekal makanan pun tidak perlu khawatir karena berbagai kios makanan dan minuman tersedia disini. Jadi, wisatawan bisa bersantap ditemani panorama alam pantai yang menawan.

Banana boat yang menjadi wahana permainan favorit juga sudah pasti tersedia disini. Wisatawan juga bisa merasakan permainan lain seperti sport air dan UFO boat. Ada juga wahana permainan air lainnya yaitu ban yang akan mengapungkan anda, ssangat menyenangkan! Wisatawan yang ingin menyudahi bermain air disini bisa membilas sembari mengganti pakaian di tempat bilas yang sudah disediakan.

Demikianlah beragam hal menarik yang dimiliki oleh Pantai Paal Manado. Seakan tidak ada ujungnya jika membahas suguhan keindahan yang ditawarkan oleh pantai ini. Jadi, sebutannya sebagai Balinya Sulawesi Utara memang pantas jika diarahkan ke pantai ini. Berbagai sisi positif yang dipancarkan oleh pantai ini tentu akan memikat para pengunjung.