Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 10.00-08.00 WITA, Alamat: Warembungan, Kec. Pineleng, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara; Map: Cek Lokasi

Sulawesi memang selalu mampu menawarkan keindahan alam yang begitu memukau dan menakjubkan. Salah satunya yaitu berada di Sulawesi Utara. Di tempat ini Anda akan menemukan sebuah tempat wisata yang sangat indah dan juga spektakuler. Tempat wisata tersebut yaitu Makatete Hills. Tempat wisata yang satu ini memang tengah hits dan populer saat ini.

Berkunjung ke tempat ini Anda akan di suguhkan pengalaman yang berbeda dari tempat wisata lainnya. Wisata puncak tersebut terletak di Desa Warembungan, Kabupaten Minahasa. Tempat wisata yang mulanya merupakan kebon kelapa dan kebun cengkeh ini kemudian mulai berubah dan dialih fungsikan sebagai destinasi wisata warga ataupun wisatawan yang ingin berkunjung.

Tidak sedikit orang yang datang ke tempat ini untuk merilekskan diri sambil melihat pemandangan dari ketinggian. Karena tempat wisata tersebut memang cukup terkenal, maka tidak heran jika wisatawan yang datang ke tempat ini bisa mencapai ratusan orang dalam sehari. Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahuinya, berikut ini adalah terkait Makatete Hills.

Daya Tarik yang Dimiliki Makatete Hills

Daya Tarik Makatete Hills
Image Credit: Instagram Ceryn V. T

1. Panorama Alam yang Indah

Ada banyak sekali daya tarik yang dimiliki oleh Makatete Hills, sehingga membuat banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat tersebut. Salah satu daya tarik itu tentu saja panorama alam yang ditawarkan. Panorama alam yang terdapat di atas puncak tersebut sangatlah indah. Nantinya Anda dapat melihat dari atas puncak pemandangan Kota Manado yang menakjubkan.

Tidak hanya itu saja, dari atas puncak itu Anda juga bisa melihat panorama Pulau Manado tua, hamparan lautan luas, pulau siladen, pulau Bunaken. Dan yang tak kalah penting untuk dilihat keindahannya, yaitu Gunung Klabat yang merupakan gunung tertinggi yang ada di Sulawesi Utara.

Tempat wisata Makatete Hills Warembungan ini dinamakan demikian karena Makatete itu sendiri diartikan sebagai sebuah jembatan. Hal itu dikarenakan pada zaman dahulu ketika seseorang ingin berkunjung ke tempat tersebut, maka mereka haruslah melalui jembatan. Yang mana di sini jembatan tersebut mereka buat sendiri.

2. Ramai oleh Wisatawan

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwasannya tempat wisata tersebut merupakan sebuah perkebunan milik salah seorang warga yang kemudian musnah oleh karena adanya musim kemarau yang begitu panjang. Kebun tersebut mengalami kebakaran yang sangat hebat, sehingga segala yang ada di kebun hangus terbakar.

Cukup lama kebun yang terbakar itu dibiarkan begitu saja. Lantas kemudian pihak keluarga dari pemilik kebun mulai memiliki ide membangun sebuah lokasi wisata di bekas lahan yang terbakar tersebut.

Makatete Hills sendiri transpirasi oleh tempat-tempat wisata yang banyak tersedia di Kota Bandung. Perlahan-lahan pengelola tempat wisata ini mulai mengembangkan objek wisata alam ini. Mulanya memang tidak terlalu banyak wahana yang ditempatkan di wisata puncak yang satu ini. Selain itu juga tempat wisata tersebut awalnya juga tidak terlalu diminati.

Namun kemudian dengan seiringnya waktu dan bertambahnya fasilitas yang disediakan dan juga semakin populernya nama dari Makatete Hills, maka makin banyak wisatawan yang datang setiap harinya.

Bahkan para wisatawan yang datang ke tempat tersebut tidak hanya dari wisatawan domestik saja, namun Anda juga akan menemukan banyak wisatawan asing yang berkunjung ke tempat ini.

3. Salib Raksasa

Daya tarik berikutnya yang bisa Anda temukan yaitu di sana terdapat sebuah salib berukuran raksasa. Warga Manado memang selama ini selalu familiar dengan adanya salib putih berukuran besar yang berdiri megah di area pegunungan warembungan tersebut.

Bahkan dari pusat Kota Manado pun Anda sudah bisa melihat keberadaan salib berukuran besar itu. Terutama dari daerah pesisir pantai boulevard dan juga daerah-daerah sekitarnya. Oleh masyarakat sekitar lokasi tempat adanya salib ukuran raksasa ini disebut juga dengan puncak warembungan atau puncak salib.

Padahal sebenarnya nama dari tempat ini yaitu Makatete. Sedangkan untuk nama lokasi wisatanya itu sendiri adalah Makatete Hills. Banyak orang yang ke tempat wisata tersebut memang hanya untuk melihat salib dengan ukuran besar dan megah ini.

Tidak hanya mereka yang beragama Nasrani saja, tapi banyak juga orang-orang atau wisatawan beragama lain pun yang penasaran dengan salib berukuran raksasa tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Makatete Hills Warembungan
Image Credit: Google Maps Lidya Indrawati

Lokasi dari Makatete Hills seperti yang telah di sebutkan di atas yaitu berada di Kabupaten Minahasa, yaitu tepatnya di desa warembungan. Agar nantinya Anda bisa mencapai lokasi tersebut di sini Anda dapat berkendara dari pusat Kota Manado.

Jarak yang dibutuhkan dari pusat Kota Manado ke bukit eksotis ini ini kurang lebih sekitar 14 km. Sedangkan untuk waktu yang dibutuhkan hingga sampai ke tempat wisata yaitu kira-kira selama 30 menit perjalanan. Akses jalan untuk menuju Makatete Hills memang belum begitu sempurna. Jalan yang nantinya Anda lalui memang tidak terlalu mulus atau masih belum diaspal.

Nantinya Anda akan melalui jalur kuburan desa warembungan. Ketika Anda telah sampai di lokasi itu, Anda hanya perlu mengikuti jalanan yang cukup menanjak selama kurang lebih 10 menit. Barulah setelah itu Anda akan sampai di pintu masuk tempat wisata.

Oleh karena itulah, saat Anda datang dengan membawa kendaraan pribadi, maka pastikan kendaraan Anda tersebut berada dalam keadaan sehat dan siap jalan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Makatete Hills Warembungan
Image Credit: Google Maps Herman Broncos

Mengenai tiket sendiri, biaya masuk ke Makatete Hills Warembungan tergolong murah. Nantinya Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja. Sedangkan ketika Anda ingin mencoba wahana yang ada di tempat tersebut, maka perlu membayar Rp 20.000 untuk satu wahananya.

Sebagai saran, sebaiknya Anda ketika ingin berkunjung ke tempat ini datanglah pada musim selain musim penghujan. Sehingga dengan begitu kegiatan wisata Anda di tempat ini tidak akan terganggu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Makatete Hills

Aktivitas Menarik Makatete Hills
Image Credit: Google Maps Eza Runtupalit

1. Berburu Foto

Banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika Anda telah berada di tempat ini. Salah satu aktivitas yang tidak boleh untuk dilewatkan yaitu berburu foto. Terdapat banyak sekali spot menarik yang bisa Anda gunakan untuk mengabadikan momen ketika berada di tempat ini. Salah satu spot yang tidak boleh dilewatkan yaitu salib berukuran raksasa.

Banyak wisatawan yang menggunakan salib tersebut untuk background ketika mereka berfoto. Pemandangan yang ada di Makatete Hills Warembungan memang sangat mendukung bagi para wisatawan melakukan kegiatan selfie. Karena itulah ketika Anda berada di tempat ini, maka pastikan Anda telah mengabadikan moment.

2. Menikmati Wahana yang Tersedia

Banyak sekali wahana yang disediakan ketika Anda berwisata ke Makatete Hills. Sehingga dengan begitu tentunya ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa dilakukan. Saat Anda datang bersama dengan pasangan, maka jangan lupa untuk mencoba ayunan raksasa yang tersedia di sana. Duduk berdua di ayunan raksasa tentunya akan membuat suasana semakin romantis.

Jangan lupa pula untuk mengabadikan momen ketika Anda berada di ayunan tersebut. Selain itu tersedia juga flying fox. Bagi Anda yang hobi memacu adrenalin maka tidak ada salahnya untuk mencoba flying fox ini. Tempat wisata yang berada di ketinggian puncak tersebut memang sangat mendukung aktivitas yang memacu adrenalin.

Tidak hanya itu saja yang bisa Anda manfaatkan, terdapat juga sepeda gantung dan juga skytree. Dengan tersedianya wahana-wahana tersebut tentu akan memudahkan Anda ketika melakukan kegiatan seru di sana.

Namun seperti telah di singgung di atas, bahwa untuk dapat menikmati wahana, maka Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan. Tapi tidak perlu khawatir karena biaya tambahan yang harus dikeluarkan pun juga terbilang cukup terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Makatete Hills Warembungan
Image Credit: Google Maps Riksilia Tumanduk

Seperti umumnya tempat wisata lain, di Makatete Hills ini juga disediakan fasilitas yang cukup memadai dan lengkap bagi para wisatawan. Dengan adanya fasilitas tersebut tentu Anda akan merasa nyaman dan betah ketika berada di sana. Tempat ini sudah tersedia toilet dan juga area parkir yang cukup luas dan aman.

Beberapa fasilitas telah disebutkan di atas, seperti contohnya aneka wahana yang tersedia skytree, flying fox, ayunan raksasa dan sepeda gantung. Selain itu bagi Anda yang ingin menikmati kuliner, maka bisa menuju ke area puncak yang berada di ketinggian 200 m dari permukaan laut. Di tempat itu terdapat restoran.

Dengan adanya restoran Anda tidak perlu merasa khawatir ketika lapar. Menikmati hidangan nikmat di atas ketinggian puncak tentu merupakan ide yang sangat menarik. Anda bisa menyantap lezatnya makanan yang disajikan oleh restoran sambil lalu melihat panorama mengagumkan dari atas puncak. Selain itu juga untuk fasilitas umum pun juga cukup lengkap.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai Makatete Hills di Warembungan, Minahasa. Saat Anda tengah berkunjung ke Kabupaten Minahasa, maka sangat disarankan untuk mampir ke tempat wisata yang satu ini. Di sanalah nantinya Anda akan memperoleh pengalaman yang mungkin tidak akan Anda dapatkan dari tempat wisata lainnya. Cobalah untuk datang dengan sahabat, keluarga ataupun teman juga.