Kota Bandar Lampung memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi. Anda tidak akan dibuat kecewa dengan berbagai keindahan yang disuguhkan dari setiap lokasi wisata. Meskipun lintas pulau, namun jaraknya yang tergolong dekat dari Kota Jakarta menjadikannya banyak dikunjungi oleh kalangan wisatawan lokal maupun internasional.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi kota ini hanya perlu melakukan perjalanan melalui udara kurang dari satu jam lamanya. Destinasi wisata yang tersedia di kota ini juga di dominasi oleh pesona alam berupa pulau dan laut. Namun, terdapat pula beberapa wisata modern yang sangat unik seperti hadirnya berbagai kolam renang dengan fasilitas lengkap.

Destinasi pantainya juga memiliki pesona yang memukau dimana Anda akan merasakan sensasi liburan seperti di objek wisata terkenal. Anda akan merasa betah dengan kenyamanan yang diberikan oleh setiap destinasi yang ditawarkan. Berikut beberapa tempat wisata hits di Bandar Lampung yang bisa Anda kunjungi.

1. Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu
Image Credit: Google Maps Adam Fahreza

Pantai cantik ini bernama Gigi Hiu karena terdapatnya berbagai bebatuan yang tajam di sekitar pantai. Anda tidak diperbolehkan untuk berenang di pantai yang tidak memiliki pasir ini.

Pantai ini biasanya digunakan para pengunjung untuk kegiatan berfoto saja yang menjadikan pemandangannya sebagai background estetik. Fasilitas yang ada di pantai ini juga masih terbatas seperti terdapatnya mushola natural serta toilet umum.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pekon Susuk, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung.

2. Pantai Mutun

Pantai Mutun
Image Credit: Google Maps Rika Tiarasari

Pantai Mutun merupakan tempat menarik untuk berlibur yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas memadai. Anda dapat melakukan berbagai kegiatan seperti bermain banana boat bersama teman-teman yang akan membuat liburan semakin seru.

Fasilitas umum lainnya yang terdapat di lokasi ini yaitu adanya area parkir luas serta toilet umum yang akan membuat Anda nyaman selama liburan. Kawasan pantai ini digunakan sebagai satu-satunya tempat untuk parasailing dengan suasana yang memukau.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

3. Air Terjun Batu Putu

Air Terjun Batu Putu
Image Credit: Google Maps Jalan Setapak

Biasanya untuk menuju destinasi air terjun, Anda harus melewati jalan perkampungan yang cukup sulit. Namun, hal ini tidak berlaku bagi Air Terjun Batu Putu yang memiliki jalan paving sehingga memudahkan para pengunjungnya ketika berwisata.

Anda juga dapat merasakan kesegaran air terjun tersebut untuk sekedar bermain. Selain itu, terdapat sebuah goa dekat air terjun yang biasa dijadikan spot foto oleh wisatawan yang berkunjung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hukadana Ham, Kec. Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

4. Pulau Wayang

Pulau Wayang
Image Credit: Instagram Pahawang – Tegalmas – Kiluan

Jika Anda ingin mengunjungi Kepulauan Raja Ampat namun terhalang karena jauhnya jarak, dapat menjadikan pulau ini sebagai solusinya. Pulau Wayang merupakan beberapa pulau berwarna hijau yang terletak di tengah laut yang tenang.

Lokasi wisata tersebut juga tidak memiliki penghuni tetap di dalamnya. Jika sedang beruntung, Anda akan menemukan beberapa lumba-lumba yang sesekali muncul ke permukaan laut. Pulau ini sangat cocok dijadikan tempat berlibur bagi Anda yang tidak menyukai keramaian.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Wayang, Kab. Pesawaran, Lampung.

5. Pulau Tegal Mas

Pulau Tegal Mas
Image Credit: Google Maps Rika Rahmania

Pulau yang memiliki pesona indah ini sangat diminati karena terdapat sebuah destinasi pantai di dekatnya. Selain itu, juga tersedia banyak gazebo untuk bersantai sambil menikmati angin segar di sekitar pantai.

Uniknya, Pulau Tegal Mas juga menyediakan beberapa warung yang berada di dekat pantai. Sehingga Anda tidak perlu repot membawa bekal ketika berkunjung ke pantai ini. Pohon kelapa yang berjajar rapi juga memberikan keindahan tersendiri dalam pantai tersebut.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gebang, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

6. Taman Gita Persada

Taman Gita Persada
Image Credit: Google Maps Atho Sofyan Al-Bongasi

Bagi Anda yang menyukai kupu-kupu, harus mencoba berkunjung ke Taman Gita Persada ini. Berbagai jenis kupu-kupu asal Pulau Sumatera yang hampir punah dilindungi di dalam taman tersebut. Anda juga dapat berfoto atau mengambil video bersama kupu-kupu cantik disana.

Menurut hasil penelitian, terdapat sekitar seratus jenis kupu-kupu langka yang hidup di taman ini. Anda harus mengabadikan momen liburan ini mengingat kupu-kupu yang sekarang sangat sulit ditemui.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wan Abdurrahman, Kec. Hutan, Kota Lampung, Lampung.

7. Bukit Branti

Bukit Branti
Image Credit: Twitter Jenna Tilveran

Bukit Branti memiliki sebuah danau hijau yang sangat keren dengan keindahan bukit merah di sekitarnya. Panorama yang indah tersebut dapat dijadikan spot foto menarik dengan latar belakang yang luar biasa.

Keindahan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk segera mengunjungi kawasan bukit ini. Pada awal mulanya perbedaan warna bukit ini terjadi karena efek penambangan pasir yang mengubah lingkungan sekitar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Branti, Brantiraya, Kec. Natar, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

8. Bukit Klutum

Bukit Klutum
Image Credit: Facebook Alija R. Dhany Harahap

Dengan menaiki bukit ini hingga puncaknya, Anda akan disuguhi dengan pemandangan dari Kota Bandar Lampung yang sangat cantik. Berfoto dari atas bukit dengan latar belakang pohon kelapa dan suasana luasnya kota akan menghadirkan sensasi yang berbeda.

Namun, Anda harus berhati-hati ketika berfoto di puncak bukit karena sering terjadi longsor pada area tersebut. Hal ini dikarenakan terjadi aktivitas penambangan di sekitar bukit.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dokter Harun II No 94, Kota Baru, Bandar Lampung.

9. Curup Rejosari

Curup Rejosari
Image Credit: Instagram Lampung In My Eyes

Curup yaitu salah satu destinasi wisata berbentuk air terjun yang merupakan bahasa daerah Lampung. Namun, air terjun yang dinamai “curup” biasanya memiliki area lebih kecil dari umumnya.

Tersedia berbagai bebatuan dengan bentuk lebar mengelilingi lokasi air terjun Rejosari. Meskipun air yang mengalir tidak begitu deras, namun Anda masih bisa merasakan kesegaran di dalamnya. Sebagian besar kalangan wisatawan datang ke tempat ini untuk berfoto.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Rejosari, Kec. Natar, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

10. Muncak Pesawaran

Muncak Pesawaran
Image Credit: Google Maps Stevia Cesaria

Muncak Pesawaran sangat menarik perhatian publik terutama bagi kalangan anak muda yang mengunjunginya. Anda dapat menikmati keindahan alam dari destinasi wisata yang dibuka pada pagi hari sekitar pukul 07.00.

Dari lokasi Muncak Pass, Anda akan disuguhi pemandangan indah Teluk Lampung yang sangat menawan jika dilihat dari ketinggian. Terdapat pula fasilitas spot kayu yang biasa digunakan wisatawan untuk berfoto ataupun sekedar duduk menikmati pemandangan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Muncak, Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

11. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan
Image Credit: Google Maps Rienpra

Teluk Kiluan merupakan tempat wisata populer dan berkumpulnya lumba-lumba. Anda dapat menikmati berbagai aktivitas yang dilakukan lumba-lumba di dalamnya. Untuk dapat menyentuh hewan laut tersebut, Anda dapat menyewa perahu dengan biaya ratusan ribu rupiah.

Selain untuk bermain bersama lumba-lumba, Anda juga dapat berenang dengan nyaman di dalamnya. Namun, lokasi wisata yang digunakan untuk berenang ini berbeda dari tempat keberadaan lumba-lumba sebelumnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kiluan Negeri, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung.

12. Lembah Hijau

Lembah Hijau
Image Credit: Google Maps Petra Nainggolan

Lembah Hijau merupakan tempat dimana Anda dapat melihat berbagai gajah di dalamnya. Tidak hanya melihat, Anda bahkan dapat berfoto bersama gajah-gajah tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena berbagai gajah yang hidup di lembah ini telah jinak dan bersahabat dengan manusia.

Agar liburan terasa lebih menarik, sebaiknya Anda berlibur ke lembah cantik ini dengan membawa rombongan keluarga. Telah tersedia fasilitas berkemah yang akan menjadikan suasana liburan Anda terasa seperti bermalam di tengah hutan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukadana Ham, Kec. Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

13. Alam Wawai

Alam Wawai
Image Credit: Google Maps Rismars Ruth Maretha

Sesuai dengan namanya, “alam wawai” yang berarti alam bagus ini merupakan destinasi wisata terbaik yang hadir di Bandar Lampung. Anda juga tidak perlu repot untuk menyewa penginapan karena sudah tersedia banyak camping ground cantik di tempat tersebut.

Anda dapat merasakan sensasi berkemah di tengah pegunungan sejuk dan asri. Namun, untuk menempati sebuah tenda, Anda harus membawa rombongan minimal 30 orang saat liburan ke lokasi wisata tersebut.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. H. Hasan Rais, Sukadana Ham, Kec. Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

14. Tanjung Bintang

Tanjung Bintang
Image Credit: Google Maps Srihidayanti Fauzi

Masyarakat setempat biasa menyebut tempat wisata ini dengan nama “gunung batu”. Hal ini dikarenakan bentuk dari destinasinya sendiri merupakan tumpukan berbagai batu granit besar yang tersusun hingga menjulang tinggi dengan cantik.

Untuk menikmati keindahan alamnya, Anda wajib mencapai puncak batu terlebih dahulu. Setelah sampai, akan terlihat pemandangan alam hijau yang asri pada sekeliling batu. Anda juga dapat mengabadikan liburan unik ini dengan berfoto diatas puncak batu besar tersebut.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Tanjung Bintang, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

15. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang
Image Credit: Google Maps Tambang Raras

Pulau besar ini merupakan destinasi wisata yang kini terbagi dua namanya menjadi Pulau Pahawang Besar dan Kecil. Versi besarnya sendiri digunakan untuk lokasi wisata sedangkan untuk versi kecilnya ditutup karena merupakan milik pribadi.

Suasana pantainya yang indah membuat Anda merasa sedang berlibur di destinasi wisata terkenal seperti Maladewa. Biasanya para wisatawan datang ke sini untuk melakukan snorkeling agar dapat melihat berbagai ikan lucu dan mengabadikannya dalam foto.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Pahawang, Kec. Punduh Pidada, Kab. Pesawaran, Lampung.

16. Lampung Walk

Lampung Walk
Image Credit: Google Maps Yudi Hwang

Lampung Walk merupakan objek wisata modern yang menghadirkan berbagai fasilitas mewah dan kekinian. Anda dapat berlibur dengan melakukan berbagai aktivitas olahraga, mencicipi berbagai kuliner nusantara, serta hiburan lainnya.

Anda juga dapat berenang dalam waterpark yang sangat luas dan bagus di dalamnya. Tersedia pula spot foto dengan tema 3D yang akan menjadikan hasilnya terlihat lebih keren dan menarik. Untuk fasilitas olahraganya sendiri yaitu tempat senam, lapangan sepakbola, hingga badminton.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Way Halim Permai, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung, Lampung.

17. Bumi Kedaton Waterpark

Bumi Kedaton Waterpark
Image Credit: Google Maps Srie Rain

Bumi Kedaton merupakan salah satu objek wisata berupa kolam ini hadir dengan desain yang unik dan lucu. Terdapat pula sebuah ember tumpah di tengah kolam yang akan menambah keseruan berenang para pengunjungnya.

Selain berenang, Anda juga dapat menikmati berbagai fasilitas menarik di dalamnya seperti ATV. Tempat wisata ini juga memiliki harga tiket yang berbeda-beda dari setiap lokasinya.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bumi Kedaton, Batu Putuk, Kec. Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

18. Slanik Waterpark

Slanik Waterpark
Image Credit: Google Maps Abraham Lincoln

Destinasi wisata modern berupa kolam ini hadir dengan berbagai kegiatan seru yang menyenangkan. Anda wajib mencoba wahananya yang menegangkan bernama “fast to furious”, yakni peluncuran dengan tinggi 15 meter dan panjang 75 meter.

Pada waterpark ini, kolam anak dibiarkan terpisah dari tempat renang umum yang bernama “octopus kids fun”. Kolam ini memiliki desain yang lucu disesuaikan dengan hal-hal yang disukai anak-anak.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Karang Anyar, Karang Anyar, Kec. Jati Agung, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

19. Museum Lampung

Museum Lampung
Image Credit: Google Maps Streetcarver Park

Bagi Anda yang menyukai wisata edukasi, museum ini dapat menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Bandar Lampung. Terdapat replika dari beberapa rumah adat tradisional yang khas.

Pada museum ini juga terdapat sebuah meriam yang menjadi saksi bisu masa penjajahan. Anda juga dapat belajar berbagai pengetahuan lainnya yang akan menambah wawasan tentang budaya nusantara.

Harga Tiket: Rp 1.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. ZA. Pagar Alam No.64, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung.

20. Sawah Bertingkat

Sawah Bertingkat
Image Credit: Bukalapak.com

Di daerah sekitar Bandang Lampung terdapat sebuah lokasi wisata berbentuk Subak yang sangat menarik. Subak sendiri yaitu bentuk sawah yang bertingkat dan luas. Melakukan pemotretan di lokasi ini tentu menjadikan hasil foto seperti sedang berlibur di Ubud, Bali.

Anda dapat melihat hamparan sawah yang indah serta tumbuhan padi tersusun rapi dengan suasana pedesaan asri. Pemandangan alam berwarna hijau di sekitarnya juga menambah kesempurnaan dari lokasi wisata tersebut.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bantul, Kec. Metro Selatan, Kota Metro, Lampung.

Itulah beberapa tempat wisata paling terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan yang berada di Kota Bandar Lampung. Anda dapat menikmati liburan dengan seru dari setiap destinasi yang dihadirkan. Anda juga dapat membuat destinasi wisata tersebut semakin populer dengan membagikan informasinya kepada publik di sosial media.