Siapa yang menyangka bahwa di Jogja ada destinasi wisata ala Jepang yang bisa dikunjungi oleh siapa saja. Apalagi, di Indonesia sendiri banyak masyarakat yang menyukai negara tersebut karena budaya dan keunikannya. Akan tetapi, untuk berlibur ke Jepang tentu saja akan memakan waktu serta membutuhkan biaya yang terbilang tidak sedikit.

Oleh karena itu, sekarang ini Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke sana untuk menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan. Pasalnya, Anda hanya tinggal pergi ke Kota Jogja untuk mencoba seluruh destinasi wisata yang khas dengan nuansa Jepang. Biaya yang harus dikeluarkan pun jauh berbeda dari pada mengunjungi negara tersebut secara langsung.

Dijamin Anda dapat merasakan atmosfer negara sakura tersebut secara maksimal dan seperti sungguhan. Ajak juga teman, keluarga, maupun pasangan untuk menikmati liburan bersama supaya tidak merasa kesepian. Berikut ini beberapa rekomendasi destinasi wisata di Jogja yang kental dengan tema Jepang.

1. Waza-Waza Angkringan Bento

Waza-Waza Angkringan Bento
Image Credit: Google Maps Nony Nurbasith

Waza-Waza Angkringan Bento merupakan sebuah rumah makan terkenal yang mempunyai konsep percampuran di antara budaya Jepang dengan budaya khas Jogja. Rumah makan yang satu ini juga berbentuk angkringan tetapi makanan yang disuguhkan merupakan ala Jepang. Tidak heran apabila banyak pelanggan yang mengatakan bahwa angkringan ini memiliki konsep yang cukup unik.

Menyantap makanan ala negara sakura tersebut akan sangat nyaman karena dikelilingi dengan bangunan yang arsitekturnya sangat khas Kota Jogja. Untuk yang suka ngemil makanan enak sangat direkomendasikan berkunjung ke rumah makan tersebut. Harga makanan yang dipatok juga tergolong murah, yaitu mulai 8 ribu rupiah saja sudah dapat mendapatkannya.

Untuk lokasi tepat dari tempat tersebut yakni berada di Jalan Wuni, Catur Tunggal, Sleman, Kota Yogyakarta. Bukan hanya menyajikan beraneka makanan saja, tempat ini pun menyediakan beragam komik Jepang, misalnya saja seperti Nube, One Piece, Naruto, dan masih ada lagi yang lainnya. menghabiskan liburan di tempat membuat perut kenyang dan hati pun menjadi senang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wuni, Catur Tunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, Kota Yogyakarta.

2. Tora-tora

Tora-tora
Image Credit: Google Maps Tulus Kurniawan

Tora-tora menjadi salah satu objek wisata kuliner yang cukup digemari oleh banyak orang yang berasal dari berbagai pelosok tanah air. Tempat ini tidak lain merupakan sebuah kedai di pinggir jalan yang yang tergolong sangat unik. Hal itu karena walaupun kedai ini berada di pinggiran jalan, namun hidangan yang disajikan tidak main-main, melainkan makanan dan minuman khas Jepang.

Hal menarik yang ada di sini yaitu menawarkan hidangan lezat dengan harga yang miring. Sehingga, cocok sekali untuk Anda yang ingin menghemat pengeluaran uang selama di Yogyakarta. Karena hal itulah, wajar apabila kedai yang satu ini selalu ramai didatangi oleh pengunjung. Meskipun banyak orang, namun tempatnya cukup nyaman dan praktis.

Walaupun tidak jarang pengunjung harus duduk secara lesehan terlebih dahulu karena pengunjung lain yang ada di dalamnya sangat ramai. Untuk menu yang bisa menjadi pilihan Anda misalnya seperti Yakisoba, Yakimeshi, Tempura, Cumi Ikayaki, Beef Wafuyaki, Chicken Katsu, Yakiniku, Udang Teriyaki, dan masih banyak yang lain. Minumannya yaitu Jus, Teh, Es Jeruk, dan masih banyak yang lain.

Sementara, menu masakan yang menjadi favorit oleh banyak orang yakni Chicken Katsu sampai Yakiniku yang dihargai mulai dari 17 ribu rupiah saja. Tentu hal ini cukup menarik karena dapat merasakan makanan Jepang secara murah. Jika Anda memang tertarik berkunjung ke tempat tersebut, maka dapat langsung saja menuju ke Jalan Babarsari, Kab Sleman, Kota Yogyakarta.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Senolowo, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

3. Kalinampu Natural Park

Kalinampu Natural Park
Image Credit: Google Maps Khasanatul Rohmat

Negeri Sakura sudah menjadi salah satu objek wisata di Asia bahkan dunia yang sungguh mempesona. Selain negaranya yang rapi dan bersih, pemandangan alam yang disajikan oleh negara itu juga sangat cantik. Anda pun dapat menikmati pemandangan alam ala Jepang dengan datang ke Kalinampu Natural Park yang ada di Jogja. Wisata baru ini dibuka mulai Oktober tahun 2019 lalu.

Kalinampu Natural Park ini merupakan taman terbuka dengan hamparan luas yang dilengkapi dan dihiasi oleh tanaman eceng gondok yang sudah berbunga. Tentu saja hal ini sangat mirip dengan panorama yang ada di negeri sakura. Ketika sudah berbunga, warna yang dikeluarkan yaitu ungu sehingga menjadikannya mirip dengan berbagai bunga eksotis yang tumbuh di Jepang.

Selain eceng gondok, terdapat pula pagar Tori yang menambah lagi nuansa alam Jepang di sana. Pengunjung juga dapat menyewa Kimono yang merupakan pakaian tradisional Jepang serta aksesorisnya seperti payung dan kipas yang sudah disediakan pengelolanya. Sehingga, Anda dapat berfoto dengan mengenakan Kimono supaya nuansa Jepangnya tampak realistis.

Pengunjung bisa juga menikmati keindahan dari Sungai Opak sebab taman tersebut memang ada di tepiannya. Untuk mengelilingi sungai, maka bisa dengan menaiki perahu bambu dengan cat berwarna merah yang menyala. Lokasi tepat taman tersebut yakni Jalan Kalinampu, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, DIY.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalinampu, Seloharjo, Kec. Pundong, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

4. The Lost World Castle

The Lost World Castle
Image Credit: Google Maps Abu Ayub

The Lost World Castle juga masuk dalam daftar tempat wisata di Jogja ala Jepang yang sungguh menawan. Tempat ini begitu luas serta memiliki bangunan yang sungguh-sungguh menyerupai kastil yang ada di luar negeri. tak heran destinasi wisata tersebut disebut-sebut merupakan Benteng Takeshi versi Indonesia. Saat datang ke sana tentu tidak akan terbayangkan bahwa pengunjung sedang ada di Jogja.

Wisata ini sangat terawat karena dikelola langsung oleh Paguyuban Desa Wisata Kepuharjo. Pihak desa sendiri juga menggandeng seorang pengusaha lokal bernama Ayung untuk mendirikan objek wisata ini. Jarak kastil dari puncak Gunung Merapi sendiri hanya sekitar 6 km saja.

Nama dari objek wisata ini sendiri dimaksudkan untuk mengenang adanya peristiwa tentang erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 lalu yang telah memberantakan desa yang ada di sana. sedangkan, batu yang dipakai dalam pembangunan kastilnya pun berasal dari vulkanik yang dihasilkan oleh letusan gunung tersebut. Terdapat berbagai spot foto estetik yang bisa Anda coba.

Misalnya saja seperti rumah suku amerika, kapal pinisi milik bajak laut, jam dinding ukuran raksasa yang berada di atas menara, dan bunga sakura yang cantik. Tiket yang wajib Anda bayar untuk memasuki area ini hanya sekitar 50 ribu rupiah. Alamat lengkapnya di Kepuharjo Cangkringan, Kab Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

5. Little Tokyo

Little Tokyo
Image Credit: Google Maps Anang Mulyawan

Little Tokyo adalah salah satu tempat wisata kuliner andalan bagi pengunjung yang doyan dengan makanan ala Jepang. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau tetapi dengan cita rasa makanan yang pastinya sanggup menggoyangkan lidah siapa pun. Harga yang terjangkau sendiri memiliki arti bahwa setiap menu yang disajikan bisa dipesan secara per pcs.

Berbagai macam menu makanan lezat yang ada di Little Tokyo ini misalnya saja seperti Beef Teriyaki manis, Beef Teriyaki asin, Wagyu Beef Signature, Beef Yakiniku, Tokyo Basic Ramen, Tokyo Special Ramen, Jikogu Ramen, dan lain-lain. Sedangkan, untuk menu minumannya seperti Coca Cola, Es Blue Ocean, Es Thai Tea, Es Lechy Tea, Air Mineral, Ocha Dingin, Es Teh Manis,Es Lemon Tea dan lain-lain.

Salah satu menu yang paling favorit di tempat ini tidak lain yaitu Yakiniku. Dengan adanya konsep yang lekat dengan hidangan ala Jepang tersebut mampu menjadikan sensasi makan seperti berada di negeri sakura yang sebenarnya. Dijamin Anda akan merasa sangat puas bisa berkunjung ke sini. Little Tokyo ini berada di Jalan Nologaten, Desa Caturtunggal, Kec Depok, Kab Sleman, Yogyakarta.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Cilik, Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

6. Hayaku

Hayaku
Image Credit: Google Maps Hanik Fajriani

Rekomendasi terakhir yang jangan sampai dilewatkan yaitu Hayaku. Jika ingin menikmati lezatnya okonomiyaki, takoyaki, yakiniku, ataupun ramen tidak perlu jauh-jauh pergi ke Negara Jepang sana. Pasalnya, Anda dapat menemukan berbagai menu tersebut dengan datang langsung ke Hayaku yang terletak di Kota Yogyakarta.

Restoran yang sudah terkenal dengan beragam makanan Jepang yang satu ini letaknya ada di Jalan Taman Siswa, Kecamatan Wirogunan, Kabupaten Mergangsan, Kota Jogja serta Jalan Babarsari, Dusun Kledoka, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Kota Jogja. Anda bebas untuk memilih salah satu di antara kedua alamat tersebut yang dirasa paling dekat dengan keberadaan saat ini.

Pengunjung juga tidak harus khawatir dengan harga pada setiap menu yang ada di sana. Pasalnya, harga yang dibandrol tergolong ramah sekali dengan kantong pengunjung. Dengan harga yang terbilang murah meriah ini, Anda sudah dapat mencicipi beragam hidangan yang mirip sekali dengan masakan otentik khas Jepang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Babarsari No.48, Kledokan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Itulah beberapa objek wisata hits di Jogja dengan nuansa Jepang yang menawarkan berbagai macam keunikan yang patut Anda rasakan. Dengan mencoba berwisata ke beberapa rekomendasi objek wisata yang telah disebutkan di atas, maka dijamin Anda akan merasakan pengalaman baru yang cukup berkesan. Apalagi, bagi wisatawan yang sudah bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja.