Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 09.00-21.00 WIB, Alamat: Jl. Banten No.7, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Berlibur ke Negeri Ginseng atau Korea Selatan pasti sangat diidam-idamkan oleh banyak orang, namun sayangnya hanya orang-orang tertentu saja yang dapat melakukan hal tersebut karena masalah biaya. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mengunjungi Kampung Korea Bandung atau yang juga dikenal dengan nama Little Korea Bandung.

Tempat wisata cantik tersebut dibuat pada masa pemerintahan Bapak Ridwan Kamil yang saat itu masih menjabat sebagai Walikota Bandung. Terdapat banyak sekali bangunan menakjubkan yang benar-benar berhasil membuat suasana Korea Selatan tersaji di Ibukota Provinsi Jawa Barat ini.

Di dalam tempat wisata populer tersebut terdapat 2 kawasan berbeda yaitu kawasan modern dan kawasan tradisional, dimana setiap kawasan memiliki ciri khas bangunan yang berbeda-beda. Selain bangunan Little Korea Bandung juga menawarkan wisata kuliner khas Negeri Ginseng yang pasti sering anda lihat di dalam K-Drama.

Daya Tarik yang Dimiliki Kampung Korea Bandung

Daya Tarik Kampung Korea Bandung
Image Credit: Google Maps Victor Gouanda

1. Bangunan

Berbicara soal daya tarik Kampung Korea Bandung maka kebanyakan orang akan sependapat bila bangunan yang ada di tempat wisata hits ini merupakan daya tarik utamanya. Hal tersebut wajar saja karena rata-rata orang berkunjung ke taman cantik ini untuk berburu foto instagramable dengan latar belakang bangunan khas Korea Selatan.

Hal tersebut juga didukung oleh begitu banyaknya bangunan Negeri Ginseng yang dapat dengan mudah ditemukan mulai dari bangunan tradisional hingga modern. Selain bangunan ada juga Bunga Mugunghwa yang tumbuh di dalam kawasan wisata populer asal Kota Bandung tersebut.

2. Kuliner

Tidak hanya bangunan saja namun kuliner juga merupakan salah satu daya tarik utama yang dimiliki Little Korea dari Bandung ini. Terdapat banyak sekali makanan yang bisa anda temukan mulai dari jajanan khas Indonesia seperti Es Campur hingga jajanan khas Korea Selatan seperti Tteokbokki dan Kimbab.

Selain kedua jenis makanan tersebut ada juga kuliner dari Negara Asia Timur lainnya seperti Jepang dan sebuah kedai kopi paling difavoritkan oleh remaja bernama Joheun Keopi. Kedai kopi tersebut sangat populer di Kampung Korea Bandung karena menawarkan berbagai macam racikan kopi yang sangat cocok di lidah penikmat kopi dan orang biasa.

3. Hanbok

Satu lagi daya tarik yang dimiliki oleh tempat wisata Kampung Korea adalah Hanbok atau pakaian tradisional asal Korea Selatan. Pakaian ini pasti sudah tidak asing lagi bagi mereka yang suka menonton Drama Korea, karena banyak sekali drama-drama yang menggunakan mengharuskan artis atau aktornya menggunakan Hanbok.

Pakaian tradisional asal Negeri Ginseng ini sangat c            antik dengan warna yang umum digunakan adalah warna cerah. Bagi anda yang ingin mencobanya tidak perlu harus jauh-jauh ke Korea Selatan karena di Kota Bandung tepatnya di Little Korea sudah ada tempat penyewaan dan anda bisa langsung berfoto di bangunan-bangunan khas Korsel.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kampung Korea
Image Credit: Google Maps Dedi Sopandi Sofwan

Kampung Korea berada di Jl. Banten No. 7, Kecamatan Batununggal, Kebonwaru, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi tersebut anda bisa menggunakan Gedung Sate yang berada di Jl. Diponegoro No. 22, Kecamatan Bandung Wetan, Citarum, Kota Bandung sebagai patokan awal.

Jadi dari Jl. Diponegoro silahkan ambil jalur ke arah Timur sampai anda melewati Jl. Supratman dan menemukan perempatan dekat SPBU lalu belok kiri untuk masuk ke Jl. Ahmad Yani. Terus ikuti jalan tersebut sampai tiba di simpang tiga dekat Toko Mas Nirwana kemudian belok kanan memasuki Jl. Ibrahim Adjie atau Jl. Kiaracondong.

Setelah itu tetap di jalan tersebut sampai anda menemukan Flyover Jembatan Layang Antapani lalu belok kanan untuk masuk ke Jl. Jakarta dan tiba di pertigaan Jl. Banten. Silahkan belok kiri di pertigaan tersebut dan tidak jauh dari pertigaan Jl. Banten ini anda akan sampai di Kampung Korea yang berada di sisi kiri jalan.

Panjang rute perjalanan ini kurang lebih sekitar 5 km dengan waktu tempuh selama 15 menit menggunakan kendaraan pribadi. Lamanya perjalanan tersebut tergantung dengan tingkat kemacetan lalu lintas, jadi bisa saja perjalanan anda akan lebih cepat atau lebih lama tiba di lokasi tujuan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Kampung Korea
Image Credit: Google Maps Rihla Aidil Fitria

Pasti ada beberapa wisatawan yang bertanya-tanya tentang berapa sih harga tiket masuk Kampung Korea Bandung. Hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena wisatawan tidak akan dipungut biaya sepeserpun alias gratis jika ingin memasuki tempat wisata cantik asal Provinsi Jawa Barat tersebut.

Anda hanya akan membayar jika ingin menggunakan pakaian tradisional Korea Selatan (Hanbok) yaitu seharga Rp. 30.000 per pakaian. Terdapat banyak sekali pilihan warna Hanbok yang bisa anda pilih dan gunakan untuk berfoto, dimana rata-rata warna yang ditawarkan adalah warna cerah dan lembut.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kampung Korea Bandung

Aktivitas Menarik Kampung Korea Bandung
Image Credit: Google Maps Erwin Muniruzaman

1. Berfoto

Ketika berbicara soal kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sekitar lokasi wisata menakjubkan asal Kota Bandung tersebut maka berfoto pasti akan menjadi yang paling utama dan difavoritkan. Hal ini karena terdapat banyak sekali spot foto unik dan menarik dengan nuansa ala-ala Negeri Ginseng.

Beberapa spot yang paling difavoritkan adalah gerbang utama, Bunga Mugunghwa, jembatan kayu, dan masih ada beberapa spot menarik lainnya. Untuk mempermudah wisatawan, maka Little Korea ini dibuat menjadi 2 kawasan yaitu kawasan tradisional dan kawasan modern agar saat berfoto siapa saja bisa menyesuaikan diri dengan spot foto.

Selain spot-spot tersebut anda juga bisa menyewa Hanbok untuk berfoto agar bisa terlihat seperti sedang berlibur ke korea Selatan. Maka dari itu, pastikan anda menyempatkan diri untuk mengambil gambar sebanyak mungkin ketika sudah menginjakan kaki di Kampung Korea Bandung.

2. Mencoba Hanbok

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa wisatawan bisa menyewa Hanbok atau pakaian tradisional Korea Selatan di tempat wisata cantik yang juga dikenal dengan nama Little Korea tersebut. Untuk bisa menggunakan pakaian tradisional tersebut wisatawan harus menyiapkan uang sebesar Rp 30.000 per pakaian.

Harga yang sangat murah dari pada anda harus jauh-jauh ke Korea Selatan untuk mencoba Hanbok. Jangan khawatir soal bagaimana cara menggunakan pakaian tersebut karena pihak penyedia penyewaan akan membantu anda dalam proses pemasangan hingga melepasnya.

3. Mengelilingi Kampung Korea

Beralih ke kegiatan menarik selanjutnya yang bisa dilakukan oleh wisatawan ketika sampai di tempat wisata hits ini adalah mengelilinginya. Karena terdapat banyak sekali bangunan dan jalan yang tersebar di setiap sisi tempat wisata cantik ini maka mengelilinginya dari satu sudut ke sudut yang lainnya adalah sebuah kegiatan yang cocok untuk dilakukan.

Apalagi di setiap sisi anda akan menemukan hal unik yang tidak anda jumpai di sisi sebelumnya. Hal tersebut bisa terjadi karena Kampung Korea ini didesain agar selalu menampilkan sesuatu yang berbeda kepada wisatawan dari setiap bangunan, tujuannya agar wisatawan tidak mudah bosan.

4. Wisata Kuliner

Kampung Korea Bandung juga memiliki sejumlah tempat makan yang menjual sejumlah makanan dari Indonesia, Korea Selatan, dan Jepang. Beberapa makanan yang paling sering dicari di tempat wisata hits ini adalah Tteokbokki dan Kimbab, kedua makanan tersebut sering muncul di K-Drama jadi pasti sudah tidak asing lagi.

Bahkan ada sejumlah wisatawan yang memang sengaja mengunjungi Little Korea hanya untuk melakukan wisata kuliner. Maka dari itu jika anda sudah sampai di lokasi wisata populer ini maka berburu makanan atau jajanan adalah salah satu kegiatan yang wajib dicoba, apalagi harga dari jajanan tersebut juga tidak terlalu menguras kantong.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kampung Korea
Image Credit: Google Maps citruz grandis

1. Area Parkir Kendaraan

Namanya tempat wisata jelas membutuhkan area parkir kendaraan agar wisatawan dapat memarkirkan kendaraan pribadi yang dibawa dengan aman. Kampung Korea juga memiliki fasilitas tersebut, bahkan ukurannya sangat luas dan dapat menampung banyak sekali kendaraan mulai dari sepeda motor, mobil hingga bus pariwisata.

2. Toilet Umum

Selain area parkir kendaraan salah satu fasilitas umum yang wajib dimiliki oleh sebuah tempat wisata adalah toilet umum. Hal ini karena tidak mungkin ketika seseorang sedang ingin membuang air besar atau kecil harus keluar dari tempat wisata tersebut untuk mencari toilet umum terdekat.

Fasilitas toilet umum di Little Korea ini dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan genre, tujuannya adalah untuk menjaga privasi antara pria dan wanita. Masalah kebersihan juga tidak perlu dikhawatirkan karena sudah ada petugas pembersih yang akan selalu menjaga kondisi toilet umum tersebut agar tetap bersih.

Demikian review singkat mengenai Kampung Korea Bandung yang merupakan salah satu lokasi wisata favorit di Jawa Barat. Tempat wisata unik nan indah ini buka setiap hari yaitu hari Senin sampai hari Jumat mulai dari jam 09.00 sampai 21.00, sedangkan untuk Sabtu dan hari Minggu buka mulai pukul 08.00 sampai 22.00.