Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Bunutan, Kec. Abang, Kab. Karangasem, Bali; Map: Cek Lokasi

Bali dikenal dengan tempat yang memiliki wisata alam menarik. Bukan hanya telah diakui di negara sendiri bahkan sudah banyak wisatawan asing yang menjadikan Bali sebagai destinasi wisata untuk liburan. Mungkin kebanyakan hanya mengetahui wisata pantai saja, tetapi rekomendasi satu ini merupakan Lahangan Sweet di Karangasem.

Objek wisata Karangasem yang satu ini memiliki pemandangan yang menarik. Kata lahangan berasal dari kata laha yang berarti tandus. Lahangan ini dulunya adalah sebuah lahan tandus yang kering dan panas. Tetapi oleh Pemerintah setempat disulap menjadi tempat yang indah dengan spot menarik.

Lahangan yang berada di ketinggian bukit memiliki panorama yang indah. Anda dapat mengajak teman-teman, keluarga ataupun pasangan berkunjung ke lahangan yang satu ini. Lokasinya juga sangat strategis dari pusat kota, berikut ada beberapa ulasan menarik tentang lahangan ini yang dapat dijadikan rujukan destinasi anda, Yuk simak!

Daya Tarik yang Dimiliki Lahangan Sweet

Daya Tarik Lahangan Sweet Karangasem
Image Credit: Google Maps Florin M.

1. Pemandangan Lahangan

Lahangan Sweet menyajikan panorama yang alami. Saat memasuki kawasan puncak ini, pengunjung akan melihat pemandangan yang menyejukkan. Di hadapan mata memandang terdapat hamparan tanah yang memiliki warna kecoklatan muda.

Di sekitar lahangan menampilkan keindahan alami seperti adanya pepohonan-pepohonan yang menghijau. Tanaman ini membentang di sekitar lahangan layaknya khas perbukitan. Sebelum memasuki lokasi kawasan lahangan, pengunjung juga akan bertemu beberapa pepohonan yang rimbun disertai dengan bebatuan.

Tanaman pohon tersebut tumbuh dengan alami dan subur serta rimbun dapat menyejukkan udara meskipun tanahnya terasa gersang. Lahangan Sweet jauh dari udara polusi kota karena itu udara di sekitar wisata menampilkan kesejukkan alam yang alami dan rindang. Beberapa pohon yang tumbuh sangat besar, kuat dan kokoh, ada juga pengunjung yang menaiki pohon tersebut.

Di sekitar kawasan lahangan terdapat banyak spot foto dibuat oleh pengelola untuk para pengunjung. Beberapa spot ini kebanyakan terbuat dari kayu dan bambu. Disediakan juga gardu pandang yang berada di ujung tebing sedikit mencondong ke depan pemandangan lahangan yaitu menghadap ke arah pegunungan, serta laut.

Tempat spot tersebut khusus untuk anda yang ingin mengabadikan momen di dalam kamera. Pengunjung dapat sepuasnya berfoto di gardu pandang serta spot tempat lainnya secara gratis. Menariknya, ada satu spot yang menarik terbuat dari bambu menyerupai bentuk perahu yang berdiri di atas tebing ketinggian.

2. Spot Seberang Lahangan

Kawasan Lahangan Sweet memiliki spot pemandangan yang menarik di seberang mata memandang. Spot tersebut dapat melihat pemandangan hamparan dari lautan dengan warna air yang kebiruan sangat jernih. Beberapa juga terdengar suara ombak yang menerjang karang-karang besar tetapi tetap kokoh.

Selain menikmati keindahan laut, anda juga akan menikmati pemandangan gunung besar yang menjulang ditutupi oleh pepohonan yang menghijau. Pegunungan ini masih asri dan jarang terjamah oleh manusia karena itu juga ekosistem binatang-binatang masih alami.

Terlihat juga beberapa burung yang menari di atas pohonnya. Tak sampai disitu, terlihat juga pemandangan persawahan yang menghampar di bagian tepi bawah lahangan tersebut. Sawah itu tersusun membentuk persegi dengan rapi dan tertata. Kadang juga terlihat beberapa petani yang mengunjungi sawahnya.

Daya Tarik Lain Lahangan Sweet Karangasem
Image Credit: Google Maps Yuliia Misiulia

3. Cocok untuk Mencari Ketenangan

Objek wisata Lahangan Sweet berada di atas perbukitan yang mendekati tebing tinggi. Lokasi ini dapat ditempuh dari perjalanan yang cukup membutuhkan tenaga ekstra. Untuk memasuki wilayah hanya dapat dimasuki oleh sepeda motor ataupun berjalan kaki karena jalanannya yang masih terjal dengan bebatuan yang licin.

Akan tetapi semua kesusahan di perjalanan akan terbayar dengan pesona yang diberikan dengan pemandangan indah dari lahangan. Suasana lahangan yang tenang dan damai dapat menjadi ketenangan baik bagi pengunjung yang ingin berliburan dengan melepas stress dan lelah kerja.

Anda dapat bersantai di atas lahangan sambil menikmati spot pemandangan yang indah dari semua potret yang menghijau. Beberapa juga terdengar kicauan burung yang menari di sekitar pepohonan atau hembusan angin yang tertiup dari pegunungan. Spot pemandangan alam berpadu dengan indah bersama warna langit dan awan.

4. Keindahan Sunset dan Sunrise

Lahangan Sweet merupakan spot wisata yang unik untuk dikembangkan lanjut oleh pemerintah setempat. Tidak hanya menampilkan keindahan khas perbukitan yang hijau ditambah dengan pemandangan di depan lahangan yang menyajikan spot hamparan lautan, pegunungan serta persawahan yang menghijau.

Pengunjung juga dapat melakukan kegiatan camping di sekitar lahangan. Pesona sunrise di pagi hari merupakan salah satu keindahan lahangan. Selain menikmati keindahan langit yang kembali bercahaya, pengunjung juga dapat melihat hamparan pagi lautan yang biru dengan ombak disertai persawahan yang menghijau.

Jika awan mendukung, dari sisi bagian timur, anda juga dapat melihat pemandangan beberapa pegunungan yang tingi menjulang dengan warna khas hijau membuktikan pegunungan yang masih asri ditumbuhi oleh tanaman-tanaman serta ekosistem binatang hutan.

Kegiatan menunggu sunrise dapat dilihat sampai pukul 6 pagi. Menjadi saksi matahari yang terbit dengan cantik. Selain sunrise, pengunjung juga dapat menikmati pesona sunset di sore hari. Menyaksikan pemandangan langit yang berwarna jingga dengan hiasan hamparan lautan serta pegunungan yang menghijau. Sesekali terlihat para petani menyambangi persawahan di sore hari.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Lahangan Sweet adalah waktu pagi dan sore hari sambil menikmati keindahan sunset dan sunrise karena di kedua waktu tersebut selain pemandangan langit yang cantik juga memiliki udara sejuk berbeda di waktu siang hari yang terik oleh sinar matahari.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Lahangan Sweet Karangasem
Image Credit: Google Maps Parie Perdana

Objek wisata lahangan ini dapat dikunjung di daerah Banjar Dinas Gulinten Desa Bunutan Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Lokasi wisata sebenarnya strategis tetapi ada beberapa jalan saat mendekati wisata tidak bisa dilalui oleh kendaraan mobil.

Rute perjalanan menuju Lahangan Sweet, pengunjung dapat memilih jalan dari pusat kota menuju ke kabupaten Karangasem. Setelah sampai ikuti terus jalur sampai di dekat desa Bunutan. Jalanan menuju desa tidak berkelok-kelok serta jalanannya sangat bagus dengan beraspal.

Tetapi setelah sampai di desa bunutan tepatnya memasuki wilayah Banjar Dinas Gulinten, jalanan akan menyempit membentuk jalanan setapak tanpa beton sehingga hanya dilalui oleh kendaraan bermotor atau berjalan kaki. Disarankan untuk anda agar lebih berhati-hati karena jalanan yang terjal dan licin terlebih saat musim hujan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Lahangan Sweet Karangasem
Image Credit: Google Maps Taras

Untuk dapat menikmati Lahangan Sweet yang menarik ini, anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun atau tidak dibebankan retribusi tiket masuk. Menarik bukan? Tanpa tiket masuk pengunjung sudah dapat merasakan keindahan wisata alami dan asri dengan pemandangan yang mempesona.

Adapun untuk waktu operasionalnya, objek wisata alam ini dibuka dari Hari Senin sampai dengan Hari Minggu pada waktu 24 jam. Menikmati keindahan alam juga dapat dilakukan dengan bermalam di lahangan. Anda hanya cukup membayar biaya sebesar Rp. 20.000 untuk bermalam di berbagai area camping yang sudah disediakan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Lahangan Sweet

Aktivitas Lahangan Sweet Karangasem
Image Credit: Google Maps Jord Hammond

1. Swafoto

Kegiatan menarik adalah berfoto di sekitar kawasan. Lahangan Sweet Karangasem menyediakan banyak spot foto menarik yaitu di gardu pandang, di sepanjang bambu perahu ataupun spot langsung di pinggir tebing. Spot menarik objek wisata alam ini juga beberapa dimanfaatkan untuk prawedding beberapa pasangan.

2. Kemah

Bagi yang ingin menikmati keindahan malam di lahangan, anda dapat bermalam dengan mendirikan tenda di sekitar area khusus yang disediakan. Menikmati suasana malam sambil melakukan beberapa kegiatan yaitu bersama-sama memanggang makanan ataupun menikmati spot pemandangan malam.

3. Bersantai

Kegiatan lainnya adalah bersantai di sepanjang area. Terdapat beberapa kursi ataupun pondok di kawasan Lahangan Sweet yang dapat dijadikan tempat bersantai. Anda juga dapat bersantai di gardu pandang sambil menikmati spot menunggu momen sunset maupun sunrise yang menakjubkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Lahangan Sweet Karangasem
Image Credit: Google Maps Stefan Berger

Objek wisata dengan menampilkan keindahan khas alam yang asri ini memiliki beberapa fasilitas yang tersedia. Di sekitar area tersedia parkir kendaraan motor, bahkan anda dapat memarkirkan motor di dekat area. Tetapi untuk kendaraan mobil bisa parkir di area khusus sebelum memasuki jalanan setapak.

Selain itu, Lahangan Sweet Karangasem juga menyediakan beberapa toilet yang cukup bersih untuk pria dan wanita. Tersedia juga beberapa warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman. Di sekitar area juga terdapat beberapa kursi untuk para wisatawan yang ingin beristirahat.

Lahangan juga menyediakan beberapa spot foto yang menarik. Spot foto alami maupun buatan seperti gardu pandang ataupun di bambu khusus seperti perahu. Anda dapat berfoto secara gratis di sepanjang spot foto. Terdapat juga beberapa tempat-tempat sampah di sekitar area.

Demikianlah beberapa ulasan singkat mengenai Lahangan Sweet di Karangasem. Lahangan ini merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan alami khas pegunungan disertai hamparan biru yang terpampang. Wisata yang cocok untuk anda kunjungi saat berlibur!