15 Tempat Wisata di Karangasem (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Karangasem Bali

Pesona Pulau Bali memang tidak ada habisnya. Seluruh daerah di Pulau Bali pasti memiliki banyak pilihan tempat wisata yang eksotis. Bahkan di pelosok-pelosoknya sekalipun. Kalau boleh dikatakan, Bali merupakan surga wisata.

Tidak hanya Kuta, Denpasar, atau Ubud saja tempat yang populer di Pulau Dewata. Masih ada daerah yang lain, yakni Karangasem. Sebuah kabupaten yang terletak di daerah timur Bali, memiliki 8 kecamatan. Destinasi wisata di Karangasem tidak kalah eksotis dan mempesona seperti daerah-daerah lain.

Daya tarik utama wisata di Karangasem terletak pada paduan eksotis alamnya dengan adat, budaya, dan tradisi yang masih kental. Karangasem juga memiliki gunung api vulkanik yang masih aktif, yakni Gunung Agung. Gunung tersebut juga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Karangasem. Untuk Anda yang liburan menyenangkan, berikut 15 rekomendasi tempat wisata di Karangasem, Bali yang lagi hits dikunjungi wisatawan.

1. Bukit Asah Bugbug

Bukit Asah Bugbug

Lokasi: Desa Adat Bugbug, Sengkidu, Kec. Manggis, Kab. Karangasem. – Image Credit by Kintamani.id

Destinasi wisata di Karangasem pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Bukit Asah Bugbug. Di puncak bukit ini terdapat dataran yang rata (Asah) dimana pada tempat tersebut dapat digunakan untuk berkemah. Lokasi bukit yang jauh dari hiruk pikuk kota ini membuat udaranya terasa begitu menyegarkan.

Panorama alam dari atas puncak bukit ini dijamin tidak akan mengecewakan. Dari puncak, Anda bisa menyaksikan keindahan pesona laut yang dipadu dengan tebing-tebing curam. Pesona pemandangan ini akan terlihat lebih eksotis ketika menyaksikannya di waktu sunrise atau sunset.

2. Padang Bunga Kasna

Padang Bunga Kasna

Lokasi: Pempatan, Kec. Rendang, Kab. Karangasem. – Image Credit by Travel.kompas.com

Lokasi wisata selanjutnya yang memiliki pesona pemandangan indah adalah Padang Bunga Kasna. Padang ini merupakan hamparan luas yang ditumbuhi begitu banyak bunga dengan warna putih.

Jika dilihat dari kejauhan, ribuan bunga ini terlihat seperti salju. Tempat ini sangat cocok dan instagramable untuk menjadi spot foto yang memukau.

3. Pura Candidasa

Pura Candidasa

Lokasi: Jl. Raya Candidasa, Sengkidu, Kec. Manggis, Kab. Karangasem. – Image Credit by Trip101.com

Lokasi wisata selanjutnya merupakan sebuah pura yang bernama Pura Candidasa. Pura ini merupakan salah satu pura tertua di Bali Timur yang dibangun pada tahun 1112 Saka atau 1190 Masehi. Dahulu pura ini dibangun dengan tujuan untuk menyatukan paham Bhuda dan Siwa di Bali.

BACA:  15 Tempat Wisata di Buleleng (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Saat ini, Pura Candidasa berfungsi sebagai tempat pemujaan Ida Sang Hyang Widi Wasa, selain sebagai tempat wisata. Seperti ketika berkunjung ke pura-pura lain, Anda harus menjaga sopan santun di tempat sakral dan suci umat Hindu ini.  Pemandangan di tempat ini begitu memukau, berhadapan langsung dengan hamparan laut yang indah.

4. Air Terjun Yeh Poh

Air Terjun Yeh Poh

Lokasi: Les, Kec. Tejakula, Kab. Buleleng. – Image Credit by Kintamani.id

Lokasi yang sedikit sulit untuk ditempuh menuju lokasi ini menjadi petualangan tersendiri bagi para wisatawan pecinta alam dan petualang.

Air terjun ini memiliki pemandangan yang begitu memukau. Udaranya masih segar dan alami. Pun air terjun ini begitu segar.

5. Pura Dalem Puri

Pura Dalem Puri

Lokasi: Gunung. Cotex, Bungkulan, Kec. Sawan, Kab. Buleleng. – Image Credit by Facebook.com @PURA DALEM PURI Besakih

Selain Pura Candidasa, Karangasem memiliki Pura Dalem Puri. Menurut sejarah, pura ini dahulu bernama Pura Dalem Kedewatan. Di pura ini sering diadakan berbagai upacara umat Hindu. Sesudah mengadakan upacara Ngaben dan Memukur pun biasanya mereka datang ke Pura Dalem Puri.

Pura ini memiliki cerita sejarah yang sangat menarik. Selain itu, arsitekturnya yang memukau berhasil menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke sini. Pura ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan ketika terdapat upacara Piodolan Pura Dalem Puri pada hari Buda Keliwon Ugu.

6. Bukit Jambul

Bukit Jambul

Lokasi: Pesaban, Kec. Rendang, Kab. Karangasem. – Image Credit by Kintamani.id

Lokasi wisata di Karangasem selanjutnya adalah Bukit Jambul. Nama Bukit Jambul ternyata memiliki asal-usul yang sangat unik. Konon nama itu merupakan pemberian turis asing yang berasal dari Belanda.

Keindahan panorama alam bukit ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Dari atas puncak bukit Anda bisa melihat pesona laut yang berpadu sempurna dengan hamparan lembah, persawahan yang berundak-undak serta perbukitan. Jika berkunjung ke Karangasem, bukit ini menjadi destinasi wajib yang harus dikunjungi.

BACA:  16 Tempat Wisata di Ubud (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

7. Pura Besakih

Pura Besakih

Lokasi: Tigawasa, Kec. Banjar, Kab. Buleleng. – Image Credit by Balipakettour.com

Pura Besakih merupakan salah satu pura yang paling terkenal di Karangasem. Konon dipercaya bahwa di Pura Besakih inilah menjadi cikal bakal agama Hindu Dharma Bali. Umat Hindu percaya di tempat inilah Hyang Resi Markendya menerima wahyu pertama dari Tuhan. Oleh karena itu, tempat ini merupakan tempat suci bagi umat Hindu.

Pura Besakih terdiri dari 1 pura utama serta 18 pura pendamping. Pura utama bernama Pura Penataran Agung dengan memiliki banyak bangunan pelinggih. Pemandangan di pura ini begitu mempesona dengan latar belakang Gunung Agung.

8. Gunung Agung

Gunung Agung

Lokasi: Paket Agung, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng. – Image Credit by Kompas.com

Destinasi wisata selanjutnya adalah gunung api vulkanik yang masih aktif, yakni Gunung Agung. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Bali yang tingginya mencapai 3.031 meter di atas permukaan laut. Bagi Anda para pecinta alam yang hobi mendaki, Gunung Agung menjadi tujuan yang wajib Anda kunjungi.

Dari puncak gunung tertinggi Pulau Bali ini, pemandangan alamnya begitu mempesona dan tak terlupakan. Di sisi timur terlihat Gunung Rinjani yang berada di Lombok. Di Selatan merupakan pesona indah Pulau Nusa Penida. Sementara di barat, Danau Batur dan Pantai Batur sudah menanti.

9. Taman Air Tirta Gangga

Taman Air Tirta Gangga

Lokasi: Jl. Raya Abang Desa Adat, Ababi,Kec. Abang, Kab. Karangasem. – Image Credit by Travelspromo.com

Tempat wisata menarik yang selanjutnya adalah Taman Air Tirta Gangga. Tempat ini merupakan taman air peninggalan Kerajaan Karangasem yang dibangun pada tahun 1963. Taman air ini memiliki luas 12 hektar.

Taman air ini menyuguhkan bukti peninggalan Kerajaan Karangasem berupa istana air yang menakjubkan, nyaman dan masih begitu asri. Sumber air dari taman ini berasal dari mata air Rejasa. Lokasi ini sangat cocok untuk mengenal sejarah Kerajaan Karangasem sekaligus spot foto yang mengagumkan.

10. Taman Sukasada

Taman Sukasada

Lokasi: Sukasada, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng. – Image Credit by Kintamani.id

Taman Suksada merupakan taman air lain peninggalan Kerajaan Karangasem. Tempat ini dibangun pada tahun 1901 dengan nama Kolam Dirah. Nama tersebut berarti tempat pembuangan orang yang menguasai ilmu hitam.

BACA:  12 Tempat Wisata di Jembrana (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Setelah dilakukan renovasi dan pemugaran, taman ini menjadi lokasi peristirahatan raja Karangasem. Pada saat ini, Taman Suksada menjadi destinasi wisata yang memiliki pemandangan mengagumkan.

11. Pura Lempuyangan

Pura Lempuyangan

Lokasi: Jl. Pura Lempuyang Luhur, Tri Buana, Kec. Abang, Kab. Karangasem. – Image Credit by Kintamani.id

Destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Pura Lempuyangan. Pura ini menjadi salah satu pura tertua di Bali Timur. Saking indahnya pura ini hingga sering disebut sebagai Gate to Heaven. Umat Hindu sering menggunakan pura ini sebagai tempat beribadatan, sehingga Anda harus menjaga sopan santun ketika berkunjung ke sini.

Pada puncak pura ini, pemandangannya begitu indah memukau. Banyak para wisatawan yang menggunakan Pura Lempuyangan sebagai spot foto karena bentuk bangunan dan arsitekturnya yang menakjubkan.

12. Savana Tianyar

Savana Tianyar

Lokasi: Tianyar, Kec. Kubu, Kab. Karangasem. – Image Credit by Mampirdulugengs.wordpress.com

Savana Tianyar merupakan destinasi wisata yang tergolong baru di Karangasem. Tempat ini merupakan hamparan padang hijau yang luas dengan latar belakang Gunung Agung serta barisan perbukitan lain. Namun pada saat musim kemarau, hamparan padang luas ini berubah menjadi gersang dan tandus.

Savana Tianyar menjadi lokasi yang cocok bagi Anda para pecinta fotografi. Lokasi ini sangat eksotis untuk menangkap gambar pemandangan yang memukau.

13. Pantai Blue Lagoon

Pantai Blue Lagoon

Lokasi: Ambengan, Pebantenan, Banyuasri, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng. – Image Credit by Baligetaway.co.id

Pantai mengagumkan selanjutnya yang berada di Karangasem adalah Pantai Blue Lagoon. Pantai ini memiliki pasir putih yang berpadu sempurna dengan air yang berwarna kebiruan.

Pantai Blue Lagoon menjadi lokasi favorit untuk berbagai aktivitas mulai dari memancing, snorkeling, hingga diving. Keindahan pemandangan bawah lautnya begitu menakjubkan sehingga menarik banyak wisatawan.

14. Pantai Tulamben

Pantai Tulamben

Lokasi: Tulamben, Kec. Kubu, Kab. Karangasem. – Image Credit by Baligetaway.co.id

Tempat wisata selanjutnya adalah Pantai Tulamben. Pantai ini merupakan destinasi wajib yang tak boleh terlewatkan. Tidak seperti pantai pada umumnya, Tulamben bukan pantai berpasir, melainkan berbatu-batu. Hal inilah yang membuat pantai tersebut menjadi unik.

Dari pantai ini, terlihat jelas pemandangan indah Gunung Agung yang begitu mempesona. Meski tidak bisa digunakan untuk berjemur atau bermain bola, Pantai Tulamben dapat dijadikan lokasi untuk menyelam. Keindahan bawah laut Pantai Tulamben ini begitu mengagumkan dengan keankeragaman biotanya.

15. Pantai Bias Tugel

Pantai Bias Tugel

Lokasi: Padangbai, Kec. Manggis, Kab. Karangasem. – Image Credit by Kintamani.id

Pantai Bias Tugel sering disebut dengan nama White Sand Beach. Memang pantai ini memiliki pasir putih yang begitu indah. Air laut di pantai ini berwarna biru yang begitu menggoda. Ditambah dengan ombak yang bersahabat, membuat wisatawan betah berlama-lama di pantai ini.

Asal-usul nama pantai ini berasal dari kata “Bias” dan “Tugel”. Bias mempunyai arti pasir, sementara Tugel adalah terpotong. Secara harfiah, pantai ini berarti pantai terpotong. Sesuai namanya, pantai ini memang terpotong di Balik dua karang tinggi.

Itulah tadi 15 pilihan tempat wisata di Karangasem, Bali yang memesona dan wajib untuk Anda kunjungi. Keindahan alam yang eksotis dan mempesona berpadu manis dengan kebudayaan, adat, serta tradisi lokal akan membuat liburan Anda terasa sempurna.