Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pesaban, Kec. Rendang, Kab. Karangasem, Bali; Map: Cek Lokasi

Bali Merupakan salah satu provinsi yang memiliki destinasi indah dan wajib untuk dikunjungi. Beberapa destinasi ini menyebar di beberapa daerah di Bali. Sebagai tempat yang terkenal akan wisata alam yang menarik, Bali juga memiliki wisata alam lainnya yang baru seperti yang akan direkommendasikan Bukit Jambul di Karangasem.

Daerah Karangasem memang terkenal dengan wisatanya yang menyuguhkan pemandangan perbukitan yang menarik seperti gunung Agung dan pulau Dewata Bali. Salah satunya di bukit ini. Bukit yang menampilkan suasana asri alami khas perbukitan yang indah ditemani kehijauan pepohonan dan rerumputan.

Destinasi ini wajib menjadi salah satu tempat yang dikunjungi, karena selain menampikan keindahan perbukitan yang hijau juga terdapat beberapa pemandangan lembah, sawah serta lautan yang menghampar. Berikut ada beberapa ulasan menarik mengenai Bukit Jambul, Yuk simak bersama!

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Jambul

Daya Tarik Bukit Jambul
Image Credit: Google Maps Chandra P1

1. Panorama Bukit

Daya tarik utama yang disuguhkan di bukit adalah penampilan pesona dari Bukit Jambul sendiri. Saat memasuki lokasi kawasan bukit, pengunjung disuguhkan pemandangan khas dari pegunungan yang menghijau. Di bagian bawah bukit juga terdapat terasering sawah yang sangat menarik.

Di puncak bukit ini ditumbuhi oleh beberapa pepohonan dan rerumputan yang hijau. Hembusan angin yang sepoi-sepoi dan udara sejuk yang merasuki tubuh menambah keasyikan dalam berwisata. Suasana indah yang hanya dapat dirasakan di atas bukit yang memiliki ketinggian 500 meter dari permukaan tanah.

Di sekitar bukit juga terdapat pohon-pohon besar yang rimbun dan rindang. Pengunjung dapat bersantai di bawah pohon sambil menikmati keindahan panorama yang ditampilkan. Sekitar bukit juga didirikan berbagai pondok-pondok khusus atau kursi-kursi panjang sebagai tempat melepas lelah dari berjalan.

Bukit Jambul juga memiliki berbagai restoran khas yang menjadikan berbagai macam menu andalan khas daerah setempat. Pengunjung dapat makan di restoran sambil menikmati suasana keindahan bukit dengan spot langsung ke arah depan tebing. Wisatawan juga dapat mengabadikan momen ini.

Selain pundak bukit yang menghijau dikelilingi lembah dan sawah, langit yang kebiruan mendukung keindahan bukit. Langit biru disertai awan putih sangat cocok terlebih untuk yang ingin berfoto. Tetapi saat cuaca mendung, disarankan untuk tidak mendaki bukit dikhawatirkan jalanan akan terasa licin.

2. Terasering Sawah

Setelah sampai di puncak Bukit Jambul, terdapat hamparan terasering yang menghijau. Terasering persawahan yang hijau ini membentang sangat luas. Terasering merupakan tanaman yang tanam masyarakat setempat. Saat musim panen terhampar warnai kuning khas padi yang merunduk.

Terasering memiliki tanah yang miring dan dengan ketinggian tanah yang unik, panorama terasering menjadi salah satu daya pikat tersendiri. Hamparan terasering yang hijau ini membuat pola memanjang dengan bentuk meliuk-liuk memiliki luas hamparan yang sangat lebar menciptakan keindahan dan kesejukan mata memandang.

Hamparan terasering membentuk kotak-kotak persegi tetapi bentuknya meliuk-meliuk mengikuti bentuk tanah yang tidak rata. Pengunjung diperbolehkan untuk menapakkan kaki di sekitar terasering, menikmati langsung suasana berada di persawahan dengan udara yang sejuk dan menenangkan.

3. Pemandangan Sunset dan Sunrise di Bukit

Bukit Jambul memiliki pemandangan yang sangat indah. Cocok bagi pengunjung yang ingin menyaksikan suasana sunset dan sunrise. Salah satu daya tarik di bukit ini ialah memiliki panorama sunset yang menarik di sore hari. Di sekitar perbukitan disediakan khusus berbagai tempat penginapan untuk bermalam.

Menikmati waktu senja dengan langit yang kejinggaan adalah hal yang menarik, apalagi dapat menyaksikannya di atas ketinggian bukit yang menawan. Hamparan perbukitan yang hijau dengan dilengkapi lembah-lembah yang dikelilingi menambah suasana menarik. Terlebih terasering sawah yang meliuk-liuk.

Tak jarang juga suara kicauan burung yang menari di atas pepohonan, sesekali kawanan burung ini berlari di tepian sawah sambil berkeliling nyanyiannya. Selain menikmati suasana sunset, pengunjung juga dapat menikmati sunrise di pagi hari, bagi khusus yang bermalam di bukit.

Anda dapat menyewa beberapa penginapan yang disediakan di sekitar Bukit Jambul Karangasem. Namun, jika ingin menyaksikan alam yang asri langsung, pengunjung juga dapat mendirikan tenda di sekitar area perbukitan dengan tempat yang telah di sediakan pihak pengelola.

Menyaksikan sunrise di waktu pagi hari buta, sebelum pukul 6 pagi, pengunjung banyak yang telah bersiap menunggu keluarnya matahari pagi yang elok. Udara pagi sangat sejuk, beberapa pengunjung menjadikan salah satu alasan sambil berolahraga menyusuri berbagai area di bukit pada pagi hari.

Waktu terbaik mendatangi bukit adalah di kedua waktu tersebut yaitu waktu pagi hari dan sore hari. Selain menikmati udara yang sejuk juga akan melihat panorama langit yang jarang dapat dilihat di berbagai tempat. Padatnya aktivitas pengunjung juga terjadi kedua waktu tersebut sebagai waktu sore sebagai puncaknya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Jambul
Image Credit: Google Maps Adi Arifin

Wisata alam perbukitan yang menarik ini dapat didatangi di Provinsi Bali, letaknya berada di Desa Tradisional Pesaban Desa Nongan Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem.

Lokasi wisata Bukit Jambul Karangasem ini berjarak sekitar 30 kilometer dari tempat wisata Bukit Campuhan, sedangkan dari tempat wisata Badung Bali berjarak sekitar 49 kilometer di perjalanan ke lokasi.

Untuk rute perjalanan dengan kendaraan umum, pengunjung dapat menggunakan angkutan Bus yang menuju ke Kecamatan Rendang. Setelah sampai di halte yang dituju teruskan perjalanan anda menggunakan ojek yang tersedia menuju ke Desa Nongan sampai ke lokasi wisata. Jaraknya hanya sekitar 5 kilometer di perjalanan.

Untuk pengendara dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil, anda dapat menempuh perjalanan dengan mengikuti petunjuk dari jalur jalan raya. Disarankan juga untuk tetap menggunakan aplikasi google maps agar perjalanan lebih aman dan terhindar dari macet.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Bukit Jambul
Image Credit: Google Maps Adi Arifin

Wisata alam yang menarik dengan pemandangan khas perbukitan ini tidak memiliki retribusi biaya tiket masuk sepeser pun. Pengunjung dapat menikmati keindahan bukit secara seluruh dengan aman dan nyaman.

Adapun, pengunjung akan dibebankan biaya parkir kendaraan bagi yang membawa kendaraan. Seperti untuk biaya parkir kendaraan mobil dibanderol dengan harga senilai Rp. 5.000 per mobil dan untuk biaya parkir motor dibanderol dengan harga senilai Rp. 2.000 per motor.

Wisata ini menawarkan keindahan dan kepadatan wisata di waktu sore haru, jika anda ingin merasakan ketenangan dan damai dapat berkunjung di waktu pagi hari. Sementara untuk jadwal operasionalnya, Wisata alam Bukit Jambul dibuka dari Hari Senin sampai dengan Hari Minggu selama 24 jam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Jambul

Aktivitas di Bukit Jambul
Image Credit: Google Maps Adi Arifin

1. Bersantai di Puncak Bukit

Ada beberapa tempat yang bisa dijadikan sebagai laluan duduk pengunjung yang melepas penat di Bukit Jambul seperti kursi-kursi yang tersedia khusus untuk pengunjung di sekitar kawasan bukit. Duduk di kursi sambil menikmati pemandangan indah bukit.

Saat bersantai, pengunjung dapat mengamati seluruh wilayah Bukit yang indah. Terhampar terasering persawahan yang menghijau dengan dikelilingi lembah-lembah. Sungguh pemandangan yang menakjubkan. Selain itu ditambah dengan wisata alam dengan udara sejuk dan dingin.

2. Spot Foto

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan saat rekreasi adalah mengabadikan momen langkah yang jarang dilakukan. Wisata alam eksotis ini menjadi salah satu tempat yang menawarkan banyak kenangan menarik di potret. Terdapat beberapa spot foto menarik dengan pemandangan yang eksotis.

Pengunjung dapat mengabadikan foto di segala tempat Bukit Jambul secara gratis. Momen berfoto dengan keluarga atau dengan pasangan yang sangat dinantikan. Berfoto juga dapat bermanfaat untuk mengenang beberapa kejadian yang sering terlupa.

3. Menyusuri Bukit

Pengunjung dapat menyusuri bukit dengan bebas. Bukit ini menyediakan panorama rerumputan yang memiliki warna kehijauan. Selain rumput, terdapat juga beberapa pepohonan rimbun menghiasi isi bukit. Pengunjung dapat berjalan menyusuri bukit dengan menikmati pemandangan yang disajikan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bukit Jambul
Image Credit: Twitter Dewii NathaLiia

Bukit ini telah memiliki fasilitas – fasilitas yang memadai, seperti di depan kawasan tersedia area parkir yang luas disertai dengan penjagaan yang ketat. Tersedia juga beberapa warung-warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman sebagai camilan selama berada di puncak Bukit Jambul.

Sekitar bukit juga menyediakan beberapa tempat-tempat duduk seperti kursi panjang untuk wisatawan yang kelelahan berjalan atau mendaki bukit. Selain itu terdapat spot-spot foto menarik yang dapat pengunjung ambil seperti di tepi tebing bukit dengan spot terasering sawah yang menghijau.

Selanjutnya, terdapat juga penginapan-penginapan terdekat yang berada di sekitar bukit dengan biaya yang murah. Tersedia juga beberapa restoran-restoran yang menyajikan makanan-makanan khas daerah setempat. Spot view restoran menghadap ke ujung bukit.

Bukit Jambul adalah salah satu bukit menarik yang berada di Karangasem. Sebagai pesona bukit yang disertai hamparan terasering sawah yang melimpah di tepi bawah bukit. Cocok untuk anda yang menginginkan suasana alami khas pegunungan. Itulah ulasan singkat mengenai bukit ini yang layak untuk anda kunjungi.