Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Silayukti, Padangbai, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali; Map: Cek Lokasi

Bali adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak objek wisata Karangasem menarik untuk dikunjungi. Tak hanya menawarkan keindahan saja, Bali masih kental dengan adat istiadat dan agama dengan tempat ibadah yang dikenal sebagai Pura. Rekomendasi satu ini adalah salah satu Pura suci Bali yaitu Pura Silayukti.

Pura ini berada di dataran tinggi dengan ketinggian 50 meter di atas permukaan laut. Pura ini menyuguhkan pemandangan lautan yang membiru. Untuk sebagian umat Hindu menjadikan pura ini sebagai salah satu tempat semedi mendekatkan diri ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi.

Kawasan yang berada di ketinggian menawarkan keindahan serta ketenangan jiwa. Pura Silayukti merupakan tempat suci sebagai tempat Parahyangann seorang tokoh religius yang memiliki kemampuan menata kehidupan sosial masyarakat Bali.

Daya Tarik yang Dimiliki Pura Silayukti

Daya Tarik Pura Silayukti
Image Credit: Instagram Tamás Szamosvári

1. Tempat Suci

Pura Silayukti adalah tempat ibadah suci umat Hindu. Kata dari Silayukti itu berasal dari kata sila yang berarti dasar serta yukti yang artinya benar. Jika kedua kata ini digabung dapat bermakna dasar dari sebuah kebenaran. Pengunjung yang datang untuk sembahyang di pura ini biasanya memegang teguh kebenaran.

Kebenaran yang mutlak dan yang sesuai dengan ajaran agama. Menurut sejarah Pura ini memiliki hubungan yang erat dengan keberadaan Mpu Kuturan Bali. Mpu Kuturan merupakan salah satu tokoh yang berjasa di hindu dengan memiliki keyakinan penuh tentang adanya hukum suatu karma.

Menurutnya setiap perbuatan baik ataupun buruk akan membuahkan suatu hasil yang baik maupun hasil yang buruk oleh karena itu Mpu Kuturan diberi gelar Brahmanasista. Pura ini dijaga dengan menghormati para guru-guru suci dari Brahmanasista. Ada beberapa hari di kalender hindu diadakan upacara-upacara tertentu.

Seperti disebut dengan Pujawali atau odalan yang sering diadakan setiap 210 hari atau sekitar 6 bulan sekali. Atau upacara-upacara lainnya yang sering diadakan di Pura. Biasanya saat upacara pura dipadati oleh banyak yang ikut upacara atau oleh yang sekedar menonton.

2. Panorama Pura

Pura Silayukti merupakan salah satu pura yang berada di atas dataran ketinggian. Pemandangan yang disaksikan pun sangat menarik. Di sekitar pura terdapat sebuah lembah seperti goa. Di dalamnya disediakan berbagai patung. Di luar sebuah lembah tersebut terdapat pepohonan yang menghijau.

Di sekeliling Pura ditumbuhi oleh tanaman-tanaman baik yang sengaja ditanam oleh pihak pengelola maupun yang tumbuh sendiri dengan subur. Tak jauh dari Pura yaitu di sisi tebing bukit tersebut ada hamparan lautan yang indah. Dari atas tebing anda dapat melihat semua aktivitas di tepi bawah.

Aktivitas seperti para nelayan yang berlayar dengan perahu warna-warni, beberapa wisatawan yang berjalan menyusuri pantai atau beberapa terdengar terjangan ombak yang menghantam batu karang. Pengunjung juga dapat melihat pemandangan pantai yang khas dengan pasir putih disertai air laut yang kebiruan jernih.

3. Pemandangan Sunset di Sekitar Pura

Pura Silayukti merupakan salah satu pura yang memiliki pesona keindahan dataran tinggi di dekat hamparan lautan. Di sekitar dataran itu terdapat beberapa tebing yang menawan menghiasi berwarna kehijauan. Di kawasan Pura pengunjung juga dapat menikmati suasana senja di sore hari.

Menikmati suasana senja di Pura sambil menunggu pemandangan langit jingga dengan suasana yang asri. Bagi yang beragama Hindu, anda dapat berdoa dan sembahyang sambil menunggu waktu senja ini, merasakan sensasi langit yang berwarna jingga di hiasi pemandangan alam.

Pemandangan sunset di Pura Silayukti merupakan sesuatu hal yang indah. Selain melaksanakan ataupun menikmati waktu ibadah untuk sembahyang, pengunjung juga dapat menenangkan pikiran dengan pemandangan yang disajikan seperti menyaksikan pemandangan langit yang berwarna jingga berhias hamparan laut dan pasir putih.

Bukan hanya itu, awan putih yang menghampiri bukit juga semakin cantik, apabila kabut putih menyerbu kawasan pura, kawasan akan seperti berada di antara awan. Di tepi bawah, hamparan laut dengan warna kebiruan dilengkapi dengan pasir putih itu memiliki keunikan sendiri ketika diterjang ombak, akan berbunyi sedikit keras.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pura Silayukti
Image Credit: Google Maps Cokorda Sarotama

Tempat suci umat Hindu yang khas dengan pemandangan menarik ini berada di Provinsi Bali, Kabupaten Karangasem tepatnya ada di Desa Padangbai, Jalan Silayukti Padangbai, Kecamatan Manggis.

Rute perjalanan menuju Pura Silayukti dapat ditempuh dari pusat titik Kota Denpasar menuju ke Dermaga Padangbai. Sebelum sampai ke dermaga ini terdapat simpang pertigaan, anda dapat belok ke arah kiri dari simpang dan melanjutkan perjalanan sampai ke lokasi pura.

Selama perjalanan anda tidak perlu khawatir karena terdapat banyak penunjuk jalan yang dapat di lihat. Tetapi bagi wisatawan yang baru datang lebih disarankan lagi untuk menggunakan aplikasi google maps sepanjang perjalanan agar lebih aman dan terkendali menghindari tersesat.

Perjalanan ini dapat dilakukan dengan kendaraan mobil ataupun kendaraan bermotor. Jalanan menuju lokasi Pura Silayukti sangat baik dengan aspal yang mulus. Perjalanan juga tidak berkelok-kelok langsung mengikuti petunjuk jalan utama yaitu jalan raya yang menuju ke lokasi pura.

Harga Tiket Masuk Wisata Religi

Harga Tiket Pura Silayukti
Image Credit: Instagram Katarína Ondrejková

untuk menikmati berwisata di Pura ini hanya dibanderol retribusi sebesar Rp 20.000 untuk orang dewasa dan retribusi sebesar Rp 10.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk Warga Negara Asing dibebankan harga tiket sebesar Rp 30.000 untuk orang dewasa dan sebesar Rp 20.000 untuk anak-anak.

Waktu berkunjung atau mendatangi pura paling banyak diminati saat menuju pagi hari atau sore hari. Selain itu pura ini juga padat dikunjungi pada waktu-waktu upacara yang sakral. Sementara itu, untuk waktu operasionalnya, Pura dibuka dari Hari Senin sampai dengan Hari Minggu selama 24 jam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pura Silayukti

AktivitasMenarik di Pura Silayukti
Image Credit: Google Maps Endika Parimbawa

1. Beribadah

Bagi umat Hindu Pura merupakan tempat suci untuk beribadah. Saat berkunjung ke Pura Silayukti adalah waktu yang baik untuk sembahyang sambil meminta sesuatu. Ibadah dengan kekusyukan hati dan jiwa meminta jauh dari bala, dari kesusahan dan dari kesengsaraan.

2. Menyusuri Pura

Pura Silayukti berada di ketinggian di atas dataran tinggi karena berada di dataran tinggi pesona yang dimiliki di sekitar pura sangat menarik. Anda dapat mengelilingi kawasan pura sambil menikmati pemandangan yang sejuk. Berkeliling dengan keluarga ataupun bersama dengan orang yang disayang.

Pemandangan sekitar pura ini tak kalah dari wisata lainnya, saat berkeliling anda dapat melihat beberapa pepohonan yang menghijau atau beberapa lembah yang basah. Tak cuma itu jika berjalan mendekati bibir tebing, terlihat juga hamparan laut di tepi bawah yang memiliki air jernih.

Aktivitas Dilakukan di Pura Silayukti
Image Credit: Instagram budiasadek

3. Berfoto

Menariknya, selain sebagai tempat suci ibadah, pura megah ini juga menyajikan pemandangan yang indah untuk diabadikan di kamera. Keberadaan pura yang terletak di atas dataran tinggi dengan pesona hamparan laut yang tersaji di depan mata. Di bawah tebing tersebut terdapat juga beberapa batu karang yang sering terdengar dihempas air.

Selain spot foto di pemandangan hamparan laut, anda juga dapat berfoto di sekitar pura yang memiliki keindahan menghijau. Terdapat juga beberapa tumbuhan-tumbuhan yang sengaja ditanam atau beberapa bunga jenis bunga kertas yang berwarna-warni.

4. Bersantai

Di sekitar Pura Silayukti terdapat beberapa pondok-pondok khusus yang digunakan untuk bersantai. Di pondok ini anda dapat menikmati suasana sekitar pura dengan hikmat. Suasana hening, tenang dan damai akan terasa di hari-hari biasa terkecuali hari libur yang banyak dipadati pengunjung baik yang untuk beribadah maupun tidak.

Pondok ini tidak besar hanya sekitar 2 meter dengan bentuk persegi. Alasnya menggunakan keramik dengan atap membentuk kerucut dari bahan seng. Di bagian bawah pondok ini diisi dengan bebatuan-bebatuan yang berwarna keabu-abuan. Pondok menghadap ke arah lautan yang membentang dengan air jernihnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pura

Fasilitas di Pura Silayukti
Image Credit: Instagram PesonaBali_

Wisata religius Pura Silayukti memiliki fasilitas-fasilitas yang cukup memadai. Di kawasan pura terdapat area parkir kendaraan yang luas bagi yang membawa kendaraan mobil ataupun motor. Selain itu tersedia juga toilet yang bersih bagi pria dan wanita.

Pura ini juga menyediakan tempat istirahat seperti pondok-pondok yang dapat diduduki oleh semua wisatawan. Terdapat juga beberapa rumah makan yang disajikan dengan berbagai macam makanan dan minuman khas daerah setempat. Rumah makan ini menghadap langsung ke arah lautan yang memiliki spot indah.

Fasilitas utama yang diberikan adalah tempat ibadah. Sebagai tempat ibadah suci umat Hindu, pura ini menyediakan tempat ibadah yang bersih dengan ketenangan yang damai ditambah pemandangan yang menarik serta udara yang sejuk. Banyak umat Hindu yang datang setiap hari untuk berdoa dan sembahyang di Pura ini.

Demikianlah uraian singkat mengenai Pura Silayukti. Pura yang tak hanya memberikan ketenangan dan kedamaian untuk ibadah juga memberikan pemandangan yang menarik sebagai spot yang indah dengan hamparan lautan yang biru. Dengan berbagai unggulan ini wisata religius yang satu ini juga layak untuk anda kunjungi bersama.