Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Subagan, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali; Map: Cek Lokasi

Karangasem merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Bali dengan memiliki banyak destinasi wisata yang menarik serta unik untuk dikunjungi. Wilayahnya berupa pegunungan dengan puncak Gunung Agung serta kepulauan Dewata. Sebagian daerah ini juga terletak di pesisir pantai, salah satu wisatanya yaitu Bali Chocolate Factory.

Tempat wisata Karangasem ini merupakan rumah coklat dengan menampilkan keindahan khas coklat yang berpadu dengan pemandangan pesisir laut. Tempat ini sangat banyak dikunjungi terlebih bagi muda dan mudi sebagai tempat tongkrongan dengan spot pemandangan laut yang menghampar di pinggir pasir putih.

Anda dapat berkunjung sambil menikmati beberapa sajian menu coklat yang dapat dirasakan. Terdapat banyak bangunan unik yang berwarna coklat dengan tampilan unik. Liburan akan semakin mengasyikkan saat berkunjung ke sini terlebih bagi pengunjung yang membawa anak. Berikut ada beberapa ulasan menarik tentang ini!

Daya Tarik yang Dimiliki Bali Chocolate Factory

Daya Tarik Bali Chocolate Factory
Image Credit: Instagram Made Dwi Priyatna Indrawan

1. Bangunan unik khas coklat

Bali Chocolate Factory menyajikan pandangan bangunan yang sangat unik terlihat seperti hobbit. Atap dari bangunan ini berbentuk runcing dengan jendela yang bundar atau melingkar. Bangunan ini terdiri dari 3 rumah bambu yang menarik. Anda dapat berkunjung melihat isi di dalam bangunan.

Bangunan unik khas bambu yang berwarna coklat ini bukan merupakan penginapan ataupun pondok melainkan sebagai tempat seperti dapur yang menyajikan menu-menu andalannya yaitu coklat. Sedangkan tempat duduk pengunjung adalah di sisi luar bangunan dengan menghadap ke arah pandangan pesisir pantai.

Pengunjung dapat memesan berbagai menu dengan olahan favorit coklat. Menu ini menyediakan beberapa bubuk-bubuk coklat. Uniknya bangunan Bali Chocolate Factory jadi salah satu tempat menarik untuk berfoto bersama-sama dengan keluarga ataupun teman-teman anda. Menjadi salah satu cafe di pinggir pantai yang indah.

Selain itu, di sisi depan bangunan yang berwarna coklat ini disediakan meja dan kursi yang berbentuk seperti tumbuhan jamur. Bentuknya terdiri dari empat kursi yang mengelilingi satu meja. Warna khas menampilkan kecoklatan. Bangunan ini merupakan ciri khas dari tempat wisata ini.

2. Pemandangan di pinggir pantai

Bali Chocolate Factory menampilkan keindahan yang menarik. Di sekitar kawasan dengan spot pemandangan pinggir pantai. Hamparan pasir putih membentang menjadi salah satu alas kaki pengunjung. Terlihat juga bentangan lautan biru yang jernih dengan air yang dingin.

Ombak di pantai ini tidak tinggi sehingga sangat bersahabat untuk para wisatawan yang ingin mendekati bibir pantai. Di sekeliling pantai terdapat juga pegunungan-pegunungan yang menghijau. Sekitar lokasi juga tersedia karang-karang besar yang terhantam ombak rendah laut.

Di sekitar kawasan juga tersedia pohon-pohon kelapa yang memiliki tinggi menjulang. Pohon ini merupakan salah satu dari keindahan pemandangan. Di tengah-tengah dari sisi kedua pohon dipasangkan ayunan-ayunan khas pantai yang dapat dijadikan tempat bersantai oleh para pengunjung.

Kawasan ini juga memiliki sebuah bangunan unik dan menjadi icon dari wisata, yaitu bangunan yang berbentuk kerucut dengan warna yang kecoklatan. Di depan bangunan terdapat meja dan kursi sebagai tempat duduk para pembeli. Terdapat juga kawasan replika kapal besar. Anda dapat berfoto di kapal tersebut dengan spot laut.

Di dekat kawasan bangunan unik Bali Chocolate Factory juga terdapat bangunan khusus untuk membeli oleh-oleh yaitu studi kecil. Studio ini menawarkan berbagai kerajinan tangan seperti dari berbagai sabun. Anda dapat membeli kenang-kenangan di studi kecil ini.

3. Kuliner Coklat

Wisata kuliner Bali Chocolate Factory menampilkan berbagai olahan coklat. Coklat ini dibuat khusus oleh para penjual. Bahan yang dipakai pada pembuatan coklat ini adalah dari biji kakao yang asli dan lokal. Melalui proses manual hingga menjadi sebuah coklat yang berwarna hitam.

Setelah itu, hasil olahan coklat hitam ini dibungkus dalam suatu tulisan Narkabo Chocholate Nibbles. Banyak pengunjung yang membeli ini sebagai oleh-oleh atau kenangan dari destinasi wisata ini.

Selanjutnya terdapat juga restoran khusus coklat yang bernama Restoran Charly Chalie Chocholate Factory Karangasem. Restoran ini menyajikan menu coklat yang menarik seperti ada coklat batangan yang berisi rice crunchy. Tersedia juga makanan khas Bali kruch dan coklat dark. Rasa coklat ini sangat manis dan renyah dimakan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bali Chocolate Factory
Image Credit: Google Maps Marc Jean

Wisata edukasi sekaligus liburan ini hanya terdapat di Provinsi Bali, tepatnya berada di Desa Jastri Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Lokasi wisata ini cukup jauh letaknya dari titik pusat kota Denpasar.

Jarak tempuh perjalanan dari titik pusat Kota Denpasar yaitu dari pusat Bandara Ngurah Rai ke lokasi wisata Bali Chocolate Factory berjarak sekitar kurang lebih 72 kilometer di perjalanan. Anda dapat mengikuti rute perjalanan dengan memasuki kawasan Jalan Tol dari Bali Mandara dan Ida Bagus Mantra.

Setelah itu sampai ke daerah Candidasa. Anda dapat meneruskan perjalanan selam berjarak 10 kilometer dari Candidasa menuju ke Desa Jastri yang letaknya berada di simpang pertigaan. Setelah sampai ke Desa Jasti, pengunjung dapat belok ke sisi kanan sepanjang 2 kilometer dengan menempuh jalanan yang berbatu.

Setelah berjalan dengan jalanan yang berbatu tersebut, anda akan menemukan sebuah pos jaga yang letaknya berarti sudah sampai ke lokasi wisata. Lokasi Bali Chocolate Factory cukup dekat dari depan pos jaga parkiran tersebut.

Walaupun perjalanan sangat jauh, tetapi jalanan menuju ke lokasi wisata sudah bagus dan beraspal. Selain itu ada beberapa jalanan yang berbatuan tetapi cukup baik untuk dilalui. Anda dapat menggunakan aplikasi google maps sepanjang perjalanan agar terhindar dari kesesatan berkendara.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Bali Chocolate Factory
Image Credit: Google Maps Ольга Абдрахманова

Wisata edukasi dengan pemandangan yang alami ini hanya memiliki biaya retribusi tiket sebesar Rp 10.000 per pengunjung. Dengan biaya yang super murah, anda sudah dapat menyaksikan tempat yang menarik dengan memiliki bangunan-bangunan unik ditambah berada di pinggir pantai.

Selain itu, dari tiket tersebut, pengunjung juga akan mendapatkan sebuah oleh-oleh kenang-kenangan yang diberikan pihak pengelola berupa sabun yang berbahan dasar herbal cocok untuk kesehatan. Jika ingin menyantap beberapa makanan dan minuman khas coklat, anda juga akan membayar biaya lebih tergantung dari pesanan.

Sementara itu, untuk jadwal operasionalnya, wisata edukasi yang menarik ini dibuka dari Hari Senin sampai dengan Hari Minggu pada pukul 08.00 WIB pagi hari sampai dengan pukul 16.00 WIB sore hari. Waktu terpadat yang dikunjungi oleh beberapa wisatawan adalah waktu sore hari sambil menikmati indahnya pantai.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bali Chocolate Factory

Aktivitas di Bali Chocolate Factory
Image Credit: Google Maps Aris Sánchez Moral

1. Mencicipi aneka olahan coklat

Karena spot utama dan icon dari tempat ini adalah coklat, jadi anda harus mencicipi berbagai olahan coklat yang sangat manis dan renyah di Bali Chocolate Factory. Bagi yang tak terlalu suka manis, tenang saja, ada olahan khusus dark coklat dengan komposisi yang sesuai dan tidak juga pahit.

2. Swafoto

Kawasan wisata sangat indah. Pengunjung dapat berfoto di berbagai spot yang ditawarkan seperti spot bangunan unik yang berbentuk kerucut dengan warna kecoklatan. Ada juga spot di ayunan yang khusus di bawah pohon kelapa, terdapat juga spot di replika kapal khusus dan spot foto lainnya yang tentu sangat menarik.

Aktivitas Menarik di Bali Chocolate Factory
Image Credit: Twitter anamazingbali

3. Bersantai

Pengunjung juga dapat bersantai sambil menikmati pemandangan Bali Chocolate Factory Terdapat beberapa kursi ataupun meja tempat istirahat. Selain itu, anda juga dapat istirahat di pasir putih langsung dengan menikmati keindahan pantai.

4. Berburu oleh-oleh

Kawasan ini juga menyediakan khusus tempat yang terbuat dari studio kecil. Di area tersebut ada berbagai kerajinan tangan yang dibuat dari sabun. Anda dapat membeli beberapa kerajinan tangan yang unik tersebut untuk oleh-oleh.

Selain kerajinan tangan, terdapat juga berbagai olahan-olahan coklat yang unik, manis, dan pastinya renyah dapat pengunjung beli di beberapa kedai coklat di sekitar kawasan pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bali Chocolate Factory
Image Credit: Google Maps Awaludin Jordan

Destinasi wisata yang menarik ini memiliki fasilitas yang cukup memadai dan baik bagi para pengunjung. Di sekitar kawasan Bali Chocolate Factory tepatnya dekat pintu masuk tersedia kawasan parkir yang lengkap dengan penjagaan yang ketat dari berbagai petugas yang menjaga. Selain itu tersedia juga toilet-toilet yang bersih untuk pria dan wanita.

Di sekitar wisata juga terdapat rumah makan dengan menyajikan berbagai makanan dan minuman. Selain itu ada beberapa olahan-olahan coklat yang menarik hati. Terdapat juga beberapa tempat istirahat seperti gazebo atau pondok-pondok untuk semua pengunjung.

Objek wisata ini juga menyediakan beberapa tempat yang bagus untuk berfoto seperti pemandangan berfoto di tengah bibir pantai. Terdapat juga beberapa ayunan yang didirikan di tengah pohon kelapa besar diserta tali. Ayunan khas ini menjadi spot sendiri untuk dinikmati.

Demikian beberapa ulasan singkat mengenai Bali Chocolate Factory. Wisata edukasi juga sebagai pusat rekreasi ini bisa menjadi salah satu objek kunjungi di waktu libur anda. Menyaksikan olahan-olahan coklat dengan mengunjungi bangunan unik serta pemandangan khas pantai merupakan sesuatu hal yang menyenangkan bukan?