Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Antiga, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali; Map: Cek Lokasi

Bali memiliki berbagai macam tempat wisata yang menarik. Banyak berdatangan pengunjung baik dari masyarakat setempat maupun mancanegara yang berlibur di Bali. Sebagai tempat yang memiliki berjuta wisata ini, salah satunya yang berada di Karangasem. Tempat yang baru dibuka ini bernama Rumah Bambu Pengalon.

Rumah ini merupakan salah satu destinasi wisata di Karangasem terbaru dengan pemandangan yang unik yakni memiliki rumah yang terbuat dari bambu. Rumah raksasa yang berbentuk kubah ini menarik. Banyak pengunjung yang berdatangan hanya untuk berfoto di rumah tersebut dengan keluarga, pasangan atau orang yang disayang.

Sebenarnya rumah ini tidak terselesaikan, artinya bentuknya hanya sekedar rangkaian dari bambu, tetapi justru itulah yang menjadi daya tarik utama rumah ini. Tempat yang memiliki luas terbentang ini menyuguhkan pemandangan yang indah cocok untuk mengisi waktu libur. Mari simak beberapa ulasan menarik mengenai rumah ini!

Daya Tarik yang Dimiliki Rumah Bambu Pengalon

Daya Tarik Rumah Bambu Pengalon
Image Credit: Instagram ricatambunan

1. Bangunan Rumah Raksasa

Rumah Bambu Pengalon ini merupakan tempat wisata yang dahulunya dibuat untuk menyelenggarakan acara musik tetapi karena gagal mendapat izin, rumah ini jadi terbengkalai dan tidak dilanjutkan lagi pembangunannya. Namun justru ini menjadi daya tariknya karena bangunan bambu rumah yang indah.

Rumah bambu ini memiliki bangunan sebanyak 4 buah, dari keempat buah bangunan semuanya memiliki bentuk atap yang melengkung mirip menyerupai sebuah kubah. Di bagian depan rumah membentuk pintu yang melengkung lonjong. Rumah ini memiliki pola yang unik.

Tinggi rumah seperti tinggi pohon kelapa, rumah raksasa ini hanya memakai material bangunan yang ramah di lingkungan dengan bahan utama dasar bambu. Di sepanjang sisi kanan dan kiri rumah terdapat pohon kelapa yang tumbuh dengan subur menjulang tinggi bersamaan dengan tinggi rumah.

Di semua bagian rumah terdiri dari bambu mulai dari atas, samping, belakang, dan depan bagian. Kerangka bambu ini tidak ditutupi oleh material tambahan oleh karena itu tidak bebas dari panas matahari ataupun dari air hujan yang turun. Untuk bagian lantai rumah masih diisi dengan tumbuhan seperti rerumputan yang menghijau.

2. Suasana yang Tenang dan Asri

Pemandangan di Rumah Bambu Pengalon memiliki panorama yang indah. Pemandangan khas dengan tumbuhan-tumbuhan hijau menambah daya tarik. Rumah ini terletak di antara perbukitan, oleh karena itu udara di tempat wisata ini masih alami serta sejuk.

Wisata dengan suasana tenang ini memiliki kenyamanan sendiri apalagi untuk para pengunjung yang ingin melepas penat dan stress dari kelelahan aktivitas di hari-hari kerja. Rumah ini juga terletak tidak dekat dengan permukiman penduduk, oleh karena itu menjadi tenang dari hirup pikuk suara.

Anda dapat memanfaatkan tempat ini untuk bersantai sekaligus sambil menikmati pemandangan yang disajikan. Selain itu, ada beberapa aktivitas menarik yang dapat dilakukan di suasana tenang, seperti yoga atau meditasi atau kegiatan lainnya yang akrab dengan ketenangan.

Pemandangan ini cukup mententramkan, beberapa mungkin akan terdengar kicauan burung dengan kawanannya yang menari di atas pohon-pohon besar di sekitar area rumah raksasa. Burung ini sesekali juga hinggap di atas atap bangunan dengan mengepakkan sayap yang cantiknya.

Daya Tarik Dimiliki Rumah Bambu Pengalon
Image Credit: Twitter IMY Tour And Travel

3. Sungai yang Jernih

Rumah Bambu Pengalon memiliki satu sungai yang mengalir di bagian samping bangunan. Sungai ini sangat jernih dengan memiliki warna jernih kehijauan. Pemandangan sungai sangat indah dengan panorama air yang jernih seperti segar untuk dirasakan.

Pengunjung dapat menikmatinya dengan berada di bibir sungai sambil menikmati aliran sungai yang mengalir mengikuti irama yang indah. Di dekat sungai juga terdapat sebuah jembatan kecil. Jembatan ini terbuat dari bahan dasar utama bambu. Arsitektur bangunan jembatan sangat indah cocok untuk berfoto.

Air sungai yang mengalir sangat tenang sesekali terdengar gemericik air yang debit airnya sedikit deras. Sungai ini memiliki air yang masih terjaga karena langsung berasal dari perbukitan di antara tebing. Selain terjaga air ini juga sangat bersih lepas dari polusi apapun.

4. Pesona Sunset

Pengunjung dapat merasakan keindahan sunset di kawasan Rumah Bambu Pengalon. Matahari di sore hari menampilkan warna yang jingga, warna ini terlempar di bangunan bambu membentuk suatu bayangan yang unik yang berbentuk selang seling panjang, mengikuti bentuk bambu.

Pesona sunset ini menjadi tawaran yang menarik. Di atas pemandangan langit yang berwarna jingga. Di bagian bawah terbalut dengan bangunan-bangunan rumah yang unik. Sinar jingga ini juga memantulkan cahaya ke sungai, menambah keindahan senja sore.

Anda dapat mengabadikan momen-momen ini bersama dengan keluarga ataupun dengan orang yang tersayang. Waktu terbaik mengunjungi destinasi wisata ini adalah saat sore menanti matahari yang sedikit demi sedikit beranjak turun membenam di antara awan malam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Rumah Bambu Pengalon
Image Credit: Instagram Lies Kartikawaty

Rumah Bambu Pengalon yang menarik ini hanya berada di Provinsi Bali, tepatnya terletak di Desa Antiga Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Lokasi wisata ini terletak sangat strategis yang tidak jauh dari pantai.

Rute perjalanan menuju ke lokasi wisata dari titik pusat kota Denpasar dapat mengambil rute menuju ke Pura Gua Lawah di Klungkung. Setelah itu anda akan melewati persimpangan di SPBU Yen Malet, dari persimpang tersebut ambil belok ke arah kanan menuju ke desa Antiga.

Anda dapat mengikuti perjalanan yang lurus sampai ke Balai desa. Setelah sampai dapat diteruskan mengambil arah ke Jalan Raya Amplura. Dari jalan tersebut dapat diteruskan lurus saja hingga sampai ke lokasi wisata. Jaraknya hanya sekitar 500 meter dari Jalan Raya Amplura.

Sebenarnya rute perjalanan menuju Rumah Bambu Pengalon cukup strategis tetapi sayangnya belum tersedia papan petunjuk arah yang cukup ke arah wisata. Disarankan untuk para wisatawan agar selalu menggunakan aplikasi google maps agar perjalanan lebih terpandu dan terarah.

Perjalanan menuju lokasi wisata dapat menggunakan kendaraan mobil ataupun motor pribadi karena belum tersedia akses untuk angkutan umum. Namun, bagi wisatawan asing dari luar dapat menyewa kendaraan beserta supirnya dari Bandara Ngurah Rai langsung ke lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Objek Wisata
Image Credit: Instagram Benjamin Dart

Untuk dapat menikmati keindahan yang menarik dari rumah bambu ini anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk sepeser pun karena gratis. Dengan biaya gratis tersebut sudah termasuk dengan menikmati pemandangan kawasan bangunan dengan pemandangan yang eksotis.

Selain tiket retribusi masuk yang gratis, pengunjung juga tidak perlu membayar biaya parkir ke area kawasan wisata ini. Parkir dengan lapangan yang luas tidak dipungut biaya sepeser pun.

Adapun untuk jam operasionalnya, destinasi wisata ini dibuka dari Hari Senin sampai dengan Hari Minggu selama 24 jam. Artinya, destinasi wisata Rumah Bambu Pengalon dibuka setiap saat. Pengunjung dapat berkunjung kapan saja untuk menikmati pemandangan kawasan wisata.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Rumah Bambu Pengalon

Aktivitas Menarik di Rumah Bambu Pengalon
Image Credit: Facebook Rian

1. Berkeliling Kawasan

Anda dapat melakukan aktivitas berkeliling kawasan destinasi wisata Rumah Bambu Pengalon. Menyusuri setiap bangunan rumah dari satu rumah ke rumah lainnya. Terdapat juga sungai yang mengalir di bagian sisi samping bangunan. Pengunjung dapat menyusuri sungai dengan merasakan dinginnya air sungai yang sejuk.

2. Swafoto

Rumah Bambu Pengalon memiliki pemandangan yang menarik untuk diabadikan. Khususnya di bangunan rumah. Rumah unik yang terbuat dari bambu ini memiliki arsitektur bangunan yang indah. Walaupun masih terlihat seperti kerangka saja tetapi justru itu merupakan pesona daya tarik utamanya.

Selain berfoto di bangunan, anda juga dapat berfoto di pinggir sungai atau di jembatan bambu, spot pemandangan berfoto di kawasan tersebut juga cantik dengan pesona wisata alam yang alami ditambah dengan keindahan bangunan.

3. Bersantai Menikmati Pemandangan

Anda dapat bersantai di sekitar lokasi wisata. Terdapat beberapa kursi yang didirikan khusus untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan yang indah. Merasakan ketenangan dengan pesona udara yang dingin serta lingkungan yang masih asri.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Rumah Bambu Pengalon
Image Credit: Instagram herlyrunworld

Bangunan ini merupakan proyek yang mangkrak, sebelumnya lokasi bangunan akan dibuat ruangan untuk musik tetapi karena mangkrak jadi proses bangunan terbengkalai. Tidak terdapat fasilitas yang memadai di wisata ini.

Sebelum memasuki destinasi wisata memang tersedia are yang luas untuk parkir secara gratis namun tidak terdapat penjagaan di area tersebut. Kawasan ini juga belum menyediakan toilet baik bagi pria maupun wanita.

Anda disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri, karena di sekitar kawasan belum tersedia rumah makan, hanya tersedia warung-warung kecil yang menjajakan camilan. Di sekitar kawasan di bangun sedikit kursi-kursi sebagai tempat singgah pengunjung.

Rumah Bambu Pengalon merupakan bangunan yang mangkrak tetapi disulap menjadi tempat wisata. Walaupun bangunan ini merupakan bangunan yang terbengkalai tetapi ternyata tetap menampilkan pesona yang indah. Anda dapat berkunjung ke tempat ini menikmati bangunan bambu raksasa bersama dengan keluarga.