Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00–18.00 WIB, Alamat: Sangkan Gunung, Kec. Sidemen, Kab. Karangasem, Bali; Map: Cek Lokasi

Bukit Asmara merupakan salah satu area wisata yang berada di Kecamatan Sedimen, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Tempat tersebut memang diketahui sangat ramai dikunjungi oleh pengunjung, baik itu hari biasa ataupun pada hari libur. Hal itu dikarenakan tempat ini memang luar biasa indah dan mampu menghadirkan sensasi yang berbeda.

Pesona keindahan dari tempat ini memang sangat recommended untuk Anda nikmati. Karena itu, sangat sayang sekali jika kebetulan Anda berada di Kota Karangasem dan melewatkan waktu untuk mengunjungi tempat wisata tersebut. Karena memang segala keindahan yang ditawarkan oleh bukit ini tiada duanya.

Jika Anda kebetulan mencari tempat liburan bersama dengan keluarga, maka Bukit Asmara merupakan salah satu destinasi yang patut dikunjungi. Dipastikan Anda akan memperoleh keseruan yang tidak mungkin bisa dilupakan dan hari libur Anda pun jadi makin bermakna.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Asmara

Daya Tarik Bukit Asmara
Image Credit: Google Maps Roy Ronie

1. Kumpulan Awan Gemawan yang Memukau

Salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh Bukit Asmara yaitu di tempat tersebut nantinya Anda akan menemukan kumpulan awan gemawan yang begitu indah. Anda akan mendapatkan pemandangan yang teramat cantik dari lautan awan dan matahari terbitnya.

Fenomena dari awan tersebut merupakan salah satu yang menarik para pengunjung berdatangan. Bahkan tidak berlebihan jika dikatakan lautan awan di kawasan bukit ini menjadi daya tarik utama.

Bila ingin melihat kumpulan dari Awan tersebut, maka sebaiknya Anda datang saat pagi hari. Tak perlu khawatir, karena nantinya Anda akan bertemu dengan banyak pengunjung yang juga sengaja datang saat pagi buta agar bisa menikmati momen itu.

2. Bukit yang Cantik Lagi Exotic

Bukit Asmara ini memang dikenal sebagai bukit yang sangat cantik dan memiliki sejuta daya tarik, sehingga sangat layak untuk Anda datangi. Pesona keindahan bukit memang seolah tiada duanya. Saat Anda mengunjungi tempat tersebut, maka Anda akan langsung disambut oleh keramahan dari penduduk sekitar.

Wisata perbukitan ini memang begitu cocok untuk Anda jadikan sebagai lokasi wisata bersama dengan teman ataupun kerabat. Melakukan berbagai macam aktivitas sambil lalu menyaksikan keindahan alam sekitar adalah keputusan paling tepat. Terlebih jika Anda sengaja datang ke tempat ini saat pagi maupun sore hari.

Pada saat itulah Anda bisa melihat senja langit yang tampak begitu elok dan cantik luar biasa. Perlu juga untuk Anda tahu, bahwa bukit ini merupakan salah satu jalur untuk menuju ke area Klungkung-Kintamani. Karena itu, tak jarang wisatawan singgah sebentar ke tempat tersebut untuk menyaksikan panorama alamnya.

Dari tempat inilah nantinya Anda akan memperoleh view yang begitu menarik dari sawah berbidang-bidang serta bentangan pegunungan sepanjang Kecamatan Sideman. Tidak hanya itu saja, tontonan matahari terbit dan tenggelam akan membuat Anda takjub dan tidak bisa melupakan Bukit Asmara ini.

3. Wisata Kuliner yang Menggugah Selera

Tempat wisata yang ada di provinsi Bali ini tidak hanya menawarkan daya tarik dari berupa kumpulan awan serta panorama alam yang begitu indah saja. Melainkan di tempat ini Anda pun juga akan ditawarkan wisata kuliner yang membuat siapa saja bersemangat. Di sepanjang jalan melintasi area perbukitan, terdapat beberapa warung makan serta restoran.

Oleh karena itulah, wisatawan yang sangat gemar dengan kuliner serta suka hunting aneka jajanan nikmat dan lezat, maka mendatangi tempat tersebut merupakan ide yang benar-benar tepat. Di sanalah Anda akan disuguhkan berbagai macam menu lezat yang mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Asmara
Image Credit: Google Maps anik tini

Seperti yang telah di singgung di atas, bahwa Bukit Asmara tersebut berada di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Lokasi tepatnya yaitu di Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen. Namun jika Anda masih merasa bingung mengenai letak dan lokasi dari tempat wisata tersebut, maka Anda bisa mencarinya melalui bantuan Google Maps.

Dengan bantuan fitur tersebut tentu untuk menemukan rute menuju bukit ini tidak terlalu susah. Jika Anda berasal dari Kota Karangasem, pastinya sudah tidak akan kesulitan lagi untuk mencari lokasi wisata. Namun berbeda lagi jika Anda berasal dari luar kota, maka Anda perlu memanfaatkan fitur baru tersebut agar nantinya tidak kesulitan.

Akses jalan untuk menuju ke Bukit Asmara sudah terbilang sangat baik, karena itu, Anda bisa menggunakan motor ataupun mobil untuk menuju ke sana. Menggunakan kendaraan pribadi memang lebih disarankan, perjalanan Anda akan lebih leluasa, Anda pun bebas memutuskan kapan harus berangkat ke tempat wisata.

Namun, jika kebetulan Anda datang ke Pulau Bali tanpa membawa kendaraan pribadi, maka di sana juga telah tersedia angkutan umum. Anda dapat menaiki bis untuk menuju ke Kecamatan Sidemen. Setelah itu gunakan ojek ataupun kendaraan sewa untuk bisa menuju ke lokasi bukit.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Bukit Asmara
Image Credit: Facebook Angga Agus

Tidak seperti tempat wisata lainnya, saat Anda memutuskan untuk datang ke Bukit Asmara tersebut Anda tidak akan dikenakan biaya tiket sama sekali. Inilah yang membuat tempat wisata tersebut selalu padat dikunjungi. Dengan begitu pastinya liburan Anda tidak akan terlalu menguras uang.

Namun, bagi yang kebetulan membawa motor ataupun mobil, nantinya akan dikenakan biaya parkir. Sebaiknya Anda mempersiapkan sejumlah uang untuk menikmati berbagai macam kuliner yang ada di sana. Karena tentu akan sangat sayang sekali jika berlibur ke tempat ini tanpa mencicipi kenikmatan kulinernya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Asmara

Aktivitas Bukit Asmara Karangasem
Image Credit: Google Maps anik tini

1. Berburu Foto Alam Sekitar

Beragam aktivitas menarik bisa dilakukan saat Anda mengunjungi Bukit Asmara Karangasem. Pemandangan indah yang disuguhkan oleh bukit ini memungkinkan bagi Anda untuk berburu foto. Anda dapat mengabadikan momen indah lautan awan yang berpadu langit senja pagi.

Pastinya keindahan tersebut tidak bisa Anda peroleh kecuali jika melancong ke tempat ini. Karena itu, jangan lupa untuk mempersiapkan kamera agar segala panorama indah yang tersaji di tempat ini bisa langsung Anda abadikan.

Selain pemandangan berupa lautan awan, pemandangan sawah berbidang-bidang serta deretan pegunungan megah yang ada di sekitar bukit juga tak boleh luput dari perhatian. Semua itu akan menjadi sebuah mahakarya yang begitu indah ketika Anda memotretnya dalam sudut yang tepat.

2. Merilekskan Diri

Untuk yang berasal dari area perkotaan, tentunya akan susah menemukan tempat tenang dan jauh dari kebisingan. Maka dari itu, datang ke Bukit Asmara merupakan salah satu keputusan yang tepat. Lokasi ini cocok bagi Anda yang ingin merilekskan diri. Tak jarang wisatawan yang datang ke tempat tersebut hanya sekedar untuk duduk santai.

Tempat ini menawarkan berbagai macam aktivitas menarik dan seru yang bisa Anda coba. Salah satunya yaitu merilekskan diri tersebut, sambil Lalu Anda menyaksikan wisata alam yang indah hasil maha karya Tuhan Maha Esa.

Terlebih jika Anda memutuskan datang ke tempat tersebut bersama dengan pasangan, maka sangat mudah sekali untuk menemukan momen romantis di tempat ini. Nuansa baru bisa Anda dapatkan, sehingga akan membuat liburan Anda jadi lebih berarti. Udaranya yang segar dan sejuk akan mampu menyegarkan otak Anda seketika.

3. Berburu Kuliner

Tak perlu ditanyakan lagi mengenai keistimewaan kuliner yang ada di Bukit Asmara. Anda yang merupakan pecinta kuliner juga akan mengamini bahwa tempat tersebut memiliki banyak sekali ragam kuliner khas yang menggugah selera. Warung dan restoran yang berdiri di sepanjang jalan menawarkan berbagai macam menu sedap.

Tidak hanya rasanya saja yang membuat Anda ketagihan, melainkan harga yang dipatok untuk tiap menu terbilang cukup ramah kantong. Karena itu, menikmati sajian kuliner di tempat tersebut tidak akan membuat anggaran Anda terkuras. Jadi daripada Anda harus repot membawa makanan dari rumah, maka sebaiknya Anda mencicipi makanan yang ada di sana.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bukit Asmara
Image Credit: Google Maps anik tini

Untuk membuat wisatawan merasa betah, Bukit Asmara telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas. Fasilitas-fasilitas tersebut sangat membantu dalam menunjang beragam aktivitas selama berada di sana. Area parkir yang luas serta aman membuat pengunjung tak perlu khawatir saat ingin memarkirkan kendaraannya.

Kamar mandi dan toilet yang ada di sana juga sangat bersih dan tidak akan membuat Anda risih saat menggunakannya. Bagi yang ingin bermalam, di tempat wisata ini pulalah Anda akan menemukan penginapan dengan ragam fasilitas yang lengkap. Untuk harga penginapan sendiri sangat variatif, tergantung dari fasilitas yang ditawarkan.

Bagi yang doyan berburu kuliner di sana Anda bisa menikmati beragam masakan nikmat dan pastinya membuat Anda ketagihan. Restoran yang terdapat di Bukit Asmara menyuguhkan berbagai macam menu lezat dengan harga bersahaja

Provinsi Bali merupakan salah satu tempat yang memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik yang patut dikunjungi. Salah satunya yaitu Bukit Asmara di Kabupaten Karangasem. Anda yang berencana pergi ke Bali, maka jangan lupa untuk menyempatkan waktu mengunjungi tempat tersebut.